Promo harbolnas atau hari belanja online nasional adalah event nasional yang ditunggu-tunggu oleh semua orang. Sudah tahu tips belanja harbolnas?

Pada saat harbolnas, banyak e-commerce dan marketplace yang memberikan promo harbolnas. Berbagai promo ini tentu saja akan sangat menggoda. Lalu bagaimana caranya agar budget tidak jebol selama harbolnas?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Hari Belanja Online Nasional

Tanggal 12 Desember atau 12.12 menjadi event tahunan bagi para pecinta belanja online dengan diadakannya harbolnas atau hari belanja online nasional.

Di hari tersebut berbagai e-commerce dan marketplace akan memberikan promo harbolnas. Bahkan tak jarang promo yang diberikan sangat besar dan menggoda.

Selain e-commerce dan marketplace, beberapa toko online juga tidak jarang ikut berpartisipasi dalam event harbolnas ini.

 

Bahkan terkadang ada beberapa toko yang memberikan diskon produk hingga mencapai 90 persen. Sangat menggoda bukan?

Siapa yang tidak tergoda melihat skin care seharga puluhan ribu atau gadget seharga ratusan ribu saja?

Namun, perlu diingat, meskipun menggoda, Anda juga perlu menyesuaikan antara keinginan Anda berbelanja dengan dana yang Anda miliki.

Jangan sampai kesenangan menikmati harbolnas malah menyebabkan masalah baru di kemudian hari karena Anda berbelanja melebihi budget yang seharusnya.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Tips Belanja Hemat di Harbolnas

Event harbolnas berlangsung pada tanggal 12 Desember. Namun, seringkali e-commerce memperpanjang waktu promosi hingga ke promo natal dan tahun baru.

Dengan begitu, orang-orang yang kelewatan event harbolnas masih bisa mendapatkan promo dengan mengikuti event promosi natal dan tahun baru.

Tentu saja adanya berbagai macam promo yang menarik membuat banyak orang menunggu-nunggu event harbolnas ini.

Berikut ini adalah beberapa tips belanja harbolnas hemat agar Anda bisa mendapatkan harga termurah, produk original, dan bahkan mungkin mendapat voucher harbolnas tambahan.

Promo Harbolnas 02 Online Shopping 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Dulu Sejarah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)]

 

#1 Daftar Menjadi Member E-Commerce

Promo harbolnas menjadi event belanja online yang bukan hanya dimeriahkan oleh satu e-commerce saja.

Tapi hampir seluruh e-commerce yang ada di Indonesia. Bahkan banyak e-commerce besar yang turut berpartisipasi memberikan promo harbolnas.

Salah satu cara untuk mendapatkan promo tambahan dari berbagai e-commerce adalah dengan mendaftar sebagai member atau anggota dari e-commerce tersebut.

Misalnya seperti Tokopedia, Matahari Mall, Lazada, Shopee, BukaLapak, JD.ID, Blibli, Elevenia, dan berbagai e-commerce juga merchant lainnya.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#2 Follow Akun Media Sosial E-Commerce

Tips belanja hemat harbolnas berikutnya adalah mengikuti media sosial e-commerce.

Seringkali, e-commerce bukan hanya memberikan informasi promo melalui situsnya saja, tapi juga melalui media sosial yang mereka miliki seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.

Bahkan tidak jarang e-commerce tersebut mengadakan kuis via sosial media yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan promo tambahan melalui voucher bonus atau kode promo tambahan yang tidak tercantum di situsnya.

Promo Harbolnas 03 Online Shopping 3 - Finansialku

[Baca Juga: Perlu Ditiru! Ini Dia Cara Bebas dari Godaan Belanja Online yang Bikin Kamu Bangkrut!]

 

#3 Berlangganan Promo Atau Voucher Melalui Email

Menerima email dari e-commerce tidak selalu mengganggu.

Ketika sudah menjelang waktu harbolnas, Anda bisa lebih rajin memeriksa pesan masuk di email Anda untuk memeriksa apakah ada email mengenai promo yang dikirimkan oleh e-commerce.

Tak jarang mereka mengirimkan info mengenai promosi yang sedang berlangsung.

Email berlangganan dari e-commerce ini sebenarnya bisa Anda sesuaikan dengan preferensi produk Anda.

Jika Anda menyukai produk tertentu seperti gadget misalnya, Anda dapat membuat pengaturan agar Anda hanya menerima pemberitahuan terkait produk tersebut saja.

Tips ini penting agar nantinya Anda tidak terlewatkan promo harbolnas yang sedang berlangsung. Selain itu, informasi mengenai diskon atau promo harbolnas yang diadakan oleh merchant juga akan cukup membantu.

Promo Harbolnas 04 Online Shopping 4 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Kartu Kredit, Ini Alat Bayar untuk Belanja Online yang Aman Digunakan]

 

#4 Menyiapkan Anggaran Khusus Harbolnas

Tips harbolnas hemat yang keempat ini bisa dibilang merupakan hal yang penting dalam menyambut event harbolnas nanti.

Event tahunan yang memberikan diskon gila-gilaan ini tentu saja akan sangat menggoda. Jika Anda tidak menyiapkan anggaran khusus, tidak mustahil pengeluaran Anda bulan ini akan sangat meledak.

Ada baiknya, anggaran ini sudah Anda siapkan sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Tentu saja jumlah anggarannya harus disesuaikan dengan kemampuan dan juga tabungan yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki bonus akhir tahun, anggaran harbolnas ini juga bisa Anda tambahkan sehingga menjadi lebih banyak.

 

Berbagai promo dan diskon besar-besaran selama harbolnas sebenarnya bisa menjadi momen yang tepat bagi Anda untuk melengkapi kebutuhan atau membeli hadiah untuk orang tersayang.

Karena itu, pastikan anggaran yang Anda buat sudah sesuai. Jika Anda berencana menggunakan kartu kredit, pastikan juga berapa jumlah yang bisa Anda gunakan.

Jangan sampai limit kartu kredit Anda nantinya tidak cukup untuk membayar tagihan bulanan atau cicilan yang Anda miliki.

Anda bisa membuat anggaran belanja dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Aplikasi ini akan mempermudah Anda dalam menyusun setiap budget sehingga kantong Anda tidak jebol nantinya.

Apakah Anda sudah memiliki Aplikasi Finansialku? Jika belum, ayo download sekarang juga secara gratis di Google Play Store, agar Anda bisa segera membuat anggaran belanja online Anda untuk menghadapi event harbolnas.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#5 Menyusun Daftar Produk Belanjaan

Membuat atau menyusun daftar produk yang akan Anda belanjakan adalah hal penting lain yang perlu Anda lakukan sebelum event harbolnas dimulai. Daftar ini dapat berisi barang-barang yang Anda butuhkan atau sangat berguna bagi Anda.

Daftar ini akan membantu Anda untuk menahan diri dari godaan promo harbolnas yang sangat murah dan beragam tersebut.

Dengan membuat daftar seperti ini, Anda jadi memiliki gambaran jelas mengenai barang-barang apa saja yang perlu Anda beli. Sehingga kemungkinan untuk lapar mata pada saat melihat-lihat promo dapat lebih tertahankan.

Jangan sampai Anda asyik belanja segala hal yang murah pada saat harbolnas, lalu kemudian tersadar bahwa benda-benda yang sudah Anda beli tersebut sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan juga.

Atau mungkin Anda malah terlewat membeli barang yang memang Anda butuhkan dan menyesal keesokan harinya.

Hemat Saat Belanja Online 04 Online Shopping 4 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Belanja Online yang Aman & Terhindar dari Toko Online Penipu]

 

#6 Gunakan Voucher Atau Kupon Yang Tepat

Untuk bisa mendapatkan harga sesuai promo, seringkali Anda perlu meng-input voucher promo yang merupakan kode unik tertentu.

Voucher ini bisa Anda dapatkan dari halaman situs, aplikasi, atau dari sosial media yang dimiliki e-commerce tersebut.

Seringkali kode voucher yang tersedia pada saat harbolnas ada banyak jenisnya. Anda perlu mengetahui voucher mana yang sesuai dengan barang yang Anda masukkan ke keranjang pembelian.

Menggunakan voucher yang tidak sesuai akan membuat kode voucher yang Anda miliki tidak valid dan Anda batal mendapatkan promonya. Kode voucher ini perlu Anda masukkan ke kolom voucher pada saat melakukan checkout.

 

#7 Bandingkan Harga Dengan E-Commerce Lain

Sebagai konsumen, Anda berhak mendapatkan harga terbaik menurut Anda. Salah satu caranya adalah dengan membandingkan harga suatu produk di e-commerce yang satu dengan lainnya.

Jika e-commerce lain bisa memberikan harga yang lebih murah, tidak ada salahnya jika Anda memilih untuk membeli di e-commerce dengan harga yang lebih murah tersebut.

 

Sudah Siap Menghadapi Event Harbolnas?

Itulah 7 tips belanja harbolnas yang bisa Anda terapkan pada saat berbelanja di Hari Belanja Online Nasional 12 Desember nanti.

Apakah Anda memiliki tips belanja harbolnas hemat lainnya? Rencanakanlah budget belanja Anda sebaik mungkin. Jangan sampai Anda melebihi anggaran tersebut ketika belanja hingga menyebabkan kantong Anda jebol.

Jangan lupa download Aplikasi Finansialku agar Anda bisa merencanakan budget belanja online Anda.

 

Apakah Anda memiliki tips belanja harbolnas lainnya? Tuliskan tanggapan dan pertanyaan Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda agar mereka juga siap menghadapi event harbolnas ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Riad Supriadin. Kapan HARBOLNAS 2017? 13 Tips Belanja Harbolnas 1212. Heyriad.com – https://goo.gl/nyuVM8

 

Sumber Gambar:

  • Online Shopping 1 – https://goo.gl/bhjWQL
  • Online Shopping 2 – https://goo.gl/8eYh4V
  • Online Shopping 3 – https://goo.gl/DYVS7h
  • Online Shopping 4 – https://goo.gl/8y1rmm