Islam mengajarkan umatnya mengelola dan menyimpan uang secara baik. Bagaimana cara menyimpan uang menurut Islam? Cari tahu di sini!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Inilah Prinsip Menyimpan Uang dalam Pandangan Islam

Dunia yang sedang kita tempati ini membutuhkan uang untuk mencukupi segala hal yang menyangkut kebutuhan sehari-hari dari mulai makanan hingga pakaian.

Hari esok, lusa, dan berikutnya memang sukar dibayangkan akan seperti apa. Meski begitu kita bisa mengukurnya dengan menyimpan uang sebagai rasa aman.

Rezeki itu ditangan Allah. Tugas kita sebagai umat Islam adalah mengatur rezeki yang diberikan supaya lebih berguna dan bermanfaat.

“Allah memberi rahmat kepada seseorang yang berusaha dengan baik, membelanjakan secara sederhana, dan dapat menyisihkan kelebihan untuk menjaga saat dia miskin dan membutuhkannya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Hadist tersebut menyatakan bahwa orang yang menabung bukan hanya boleh, tapi juga akan mendapat rahmat dari Allah SWT.

Dengan demikian dalam ajaran Islam menabung adalah perbuatan mulia. Lantas, bagaimana cara menyimpan atau menabung uang menurut Islam?

Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sederhana. Apa yang dirasa penting itu utamakan dan kebutuhan lainnya bisa belakangan.

7 Cara Investasi Ala Rasulullah dan Penjelasannya dalam Al-Quran 03

[Baca Juga: Ikuti Cara Rasulullah Mengelola Keuangan Rumah Tangga]

 

Rasulullah memberikan perintah untuk dapat hidup sederhana dan juga tidak berlebih-lebihan. Hal ini disampaikan sebagaimana dalam ayat Al-Quran.

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS Al A’raf : 31)

Tak bisa dipungkiri tujuan dari menabungkan atau menyimpan uang adalah untuk dipakai untuk jangka panjang, sebagaimana hadist yang diriwayatkan ini;

“Simpanlah sebagian dari harta kamu untuk kebaikan masa depan kamu, karena itu jauh lebih baik bagimu.” (H.R Bukhari)

Meski begitu, Sobat Finansialku juga jangan luput untuk melakukan hal-hal yang membantu mencapai tujuan tersebut. Di antaranya dengan mencatat keuangan secara berkala.

Sobat Finansialku bisa memulainya dengan dua cara, yang pertama, mempelajari bagaimana caranya mengatur keuangan lewat e-book yang bisa diunduh secara GRATIS di bawah ini.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Lalu yang kedua, mulailah mempraktekkan ilmunya dengan mencatat setiap penghasilan agar membantu kamu mengetahui berapa penghasilan yang diterima setiap bulannya.

Penghasilan tersebut bisa dari gaji pokok, hasil bisnis sampingan, bonus, dan lain sebagainya.

Selain itu dengan terbiasa mencatat keuangan kamu dapat melakukan evaluasi serta mengetahui berapa dari besaran penghasilan yang mesti disimpan.

Di era yang sebar mengandalkan ponsel pintar ini kamu tak perlu lagi bingung jika ingin mencatat keuangan secara digital. Kamu bisa gunakan Aplikasi Finasialku yang sudah ada di Google Play Store dan Apple Apps Store.

Aplikasi Finansialku ini menyediakan fitur-fitur pencatatan keuangan yang lengkap. Kamu bisa lakukan pencatat keuangan baik itu per hari atau per bulan.

Nantinya kamu juga dapat memeriksa kesehatan keuangan kamu lewat fitur Finansial Check Up.

Kami yakin aplikasi Finansialku ini dapat berguna bagi kamu. Untuk itu, silahkan download aplikasinya.

Menariknya bagi kamu yang pertama kali instal bisa nikmati free trial premium selama 30 hari.

 

Sobat Finansialku, simak juga salah satu video Finansialku mengenai perencanaan keuangan, khususnya di masa lebaran ini. Jangan sampai dompet kosong karena lebaran karena lupa merencanakannya ya.

 

Bagaimana Sobat Finansialku tentang artikel di atas, Kamu bisa lho tuangkan pendapat di kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini kepada kawan dan sanak-saudara lewat platform yang tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat, ya, dan juga jaga selalu kesehatan!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Menurut Islam Dalamislam.com – https://bit.ly/2THxUfB
  • Dwi Ratih. 31 Januari 2019. #AyoHijrah dalam Mengatur Keuangan Sesuai Ajaran Islam Dream.co.id – https://bit.ly/3d7xmHM
  • Iwan Rudi Saktiawan, SSi, MAg. 20 Desember 2013. Menabung Menurut Islam Kotaku.pu.do.id – https://bit.ly/2ZA0iEl