Moms, hari ini sudah banyak bisnis ibu rumah tangga yang berhasil bahkan menaikkan finansial keluarga lho. Apa saja itu? Yuk coba.

Kata siapa ibu rumah tangga hanya bisa mengurus rumah? Hari ini banyak hal yang bisa dilakukan seorang ibu rumah tangga, termasuk menambah penghasilan keluarga.

Apa saja bisnis ibu rumah tangga yang bisa Moms geluti? Simak artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bisnis Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga terkadang membuat kita kesulitan untuk mendapatkan penghasilan lebih. Alasannya, seorang ibu rumah tangga memiliki tanggung jawab yang sangat banyak di rumah.

Tanggung jawab itu bisa berupa memastikan semua bagian rumah bersih, memastikan anak terawat dengan baik, mencuci piring, memasak, mengantar dan menjemput anak sekolah, dan masih banyak lagi.

Hampir semua yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga melakukan pekerjaan rumah dari pagi sampai sore. Meskipun di antaranya ada waktu yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Tapi Moms, ibu rumah tangga juga tetap bisa mendapat pemasukan lebih seperti halnya wanita karier, lho. Caranya adalah dengan menjalankan bisnis.

 

Bisnis Anti Gagal Ala Ibu Rumah Tangga

Dengan menjalankan bisnis, waktu Moms untuk mengurus rumah tak akan terganggu karena menjalankan bisnis adalah pekerjaan yang sangat fleksibel.

Selain berbisnis, Moms juga bisa mengerjakan pekerjaan freelance yang juga sifatnya fleksibel.

Untuk bisa melakukan dan mengatur pekerjaan dan keuangan, Moms tentu harus tahu RAHASIAnya, dong! Nah, Finansialku punya, nih!

Semuanya dibahas secara lengkap di e-book yang bisa Moms unduh secara GRATIS cuma dengan menekan tombol di bawah ini!

Ebook Mommy and Money

UNDUH GRATIS DI SINI

 

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis atau pekerjaan yang bisa dicoba ibu rumah tangga. 

 

#1 Reseller dan Dropship

Di sela waktu luang, Moms bisa menjalankan bisnis reseller atau dropship yang keuntungannya besar jika rajin.

Produk apapun bisa dicoba untuk menjalankan bisnis reseller ini, bisa berupa pakaian anak, kosmetik, pakaian dewasa, makanan, dan lain sebagainya.

bisnis-online-dropship-affiliate-atau-reseller-mana-yang-paling-menguntungkan-2-finansialku

[Baca Juga: Model Bisnis Online Dropship, Affiliate atau Reseller, Mana yang Paling Untung ?]

 

Moms hanya perlu aktif di internet, baik itu sosial media maupun marketplace untuk menawarkan produk yang ia jual kembali dari perusahaan.

Tak hanya itu, barang yang dijual kembali ini juga bisa ditawarkan secara offline kepada tetangga atau teman.

 

#2 Jasa Rias

Bisa dikatakan semua wanita bisa berdandan, namun tak semua agenda membolehkan wanita untuk merias dirinya sendiri. Misalnya saja saat menikah, wisuda, pemotretan, dan agenda lainnya.

Moms bisa menjalankan bisnis jasa rias yang cukup fleksibel dan tak membuang banyak waktu.

 

#3 Katering

Bisnis kali ini sudah banyak dicoba oleh para ibu rumah tangga karena cukup menjanjikan selama masih ada orang membutuhkan jasa ini untuk menyiapkan konsumsi di acara yang mereka adakan.

Baik pada acara pernikahan, pengajian, arisan, rapat, pertemuan, dan lain-lain akan membutuhkan konsumsi.

Bisnis ini berpotensi memberikan kesempatan ibu rumah tangga mendapatkan pemasukan lebih. Karena bisa dinilai bisnis makanan adalah bisnis yang bisa memberikan profit besar.

Selain itu, saat mengerjakan pesanan catering, Moms bisa sekalian menyiapkan makanan rumah untuk suami dan anak.

 

#4 Berjualan Online

Cukup mirip dengan menjadi reseller, hanya saja cakupan bisnis berjualan online ini cukup luas. Moms bisa jual produk-produk handmade atau produk lainnya yang dibuat sendiri.

Menjalankan bisnis ini sangatlah mudah. Alasannya, sekarang ini sudah banyak sekali situs marketplace yang bisa diandalkan, banyak digunakan konsumen, dan tidak berbayar.

 

#5 Penulis Freelance

Moms yang suka menulis atau memiliki latar di bidang kepenulisan bisa menjadi penulis lepas yang juga menguntungkan.

Usaha ini bisa dikerjakan saat pekerjaan rumah sudah selesai semua, bisa dikerjakan di malam hari, dan waktu lain saat luang.

Terlebih di era digital ini banyak perusahaan yang menggunakan sebuah website atau aplikasi yang mana didalamnya dibutuhkan artikel-artikel yang dibuat oleh penulis freelance.

 

Mulailah Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Sesuai Hobi

Masih ada banyak lagi pilihan usaha atau pekerjaan yang cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga.

Bisa dicoba jasa pembuatan desain grafis, membuka spa atau salon, membuka daycare, membuka bisnis bimbingan belajar, menjahit pakaian, membuka toko, dan lain-lain.

Artikel ini terbagi dalam beberapa bagian, jika Moms ingin tahu lebih banyak pekerjaan apa saja yang cocok untuk Ibu Rumah Tangga, Moms bisa klik Part II, Part III, Part IV.

 

Dari daftar di atas, manakah yang paling menarik menurut Moms? Share artikel ini pada sesama ibu rumah tangga dan diskusikan bisnis apa yang paling cocok untuk Anda.

Masih ada bisnis lain yang bisa Moms lakukan selain yang tertulis di atas. Apa saja itu? Moms bisa klik tombol di bawah ini.

 

Selanjutnya >>

 

 

Sumber Referensi:

  • Profitable Venture. 50 Lucrative Home Based Business Ideas for Women in 2017. Profitableventure.com – https://goo.gl/GrbBR9

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis IRT – https://goo.gl/GyJHqQ
  • Bisnis IRT Reseller – https://goo.gl/k8ccWg