Moms, hari ini sudah banyak bisnis ibu rumah tangga yang berhasil bahkan menaikkan finansial keluarga lho. Apa saja itu? Yuk coba.

Kata siapa ibu rumah tangga hanya bisa mengurus rumah? Hari ini banyak hal yang bisa dilakukan seorang ibu rumah tangga, termasuk menambah penghasilan keluarga.

Apa saja bisnis ibu rumah tangga yang bisa Moms geluti? Simak artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bisnis Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga terkadang membuat kita kesulitan untuk mendapatkan penghasilan lebih. Alasannya, seorang ibu rumah tangga memiliki tanggung jawab yang sangat banyak di rumah.

Tanggung jawab itu bisa berupa memastikan semua bagian rumah bersih, memastikan anak terawat dengan baik, mencuci piring, memasak, mengantar dan menjemput anak sekolah, dan masih banyak lagi.

Hampir semua yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga melakukan pekerjaan rumah dari pagi sampai sore. Meskipun di antaranya ada waktu yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Tapi Moms, ibu rumah tangga juga tetap bisa mendapat pemasukan lebih seperti halnya wanita karier, lho. Caranya adalah dengan menjalankan bisnis.

banner_pebisnis,_ini_cara_mengatur_keuangan_bisnis_yang_benar

Bisnis Anti Gagal Ala Ibu Rumah Tangga

Dengan menjalankan bisnis, waktu Moms untuk mengurus rumah tak akan terganggu karena menjalankan bisnis adalah pekerjaan yang sangat fleksibel.

Selain berbisnis, Moms juga bisa mengerjakan pekerjaan freelance yang juga sifatnya fleksibel.

Untuk bisa melakukan dan mengatur pekerjaan dan keuangan, Moms tentu harus tahu RAHASIAnya, dong! Nah, Finansialku punya, nih!

Semuanya dibahas secara lengkap di e-book yang bisa Moms unduh secara GRATIS cuma dengan menekan tombol di bawah ini!

Ebook Mommy and Money

UNDUH GRATIS DI SINI

 

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis atau pekerjaan yang bisa dicoba ibu rumah tangga. 

 

#1 Reseller dan Dropship

Di sela waktu luang, Moms bisa menjalankan bisnis reseller atau dropship yang keuntungannya besar jika rajin.

Produk apapun bisa dicoba untuk menjalankan bisnis reseller ini, bisa berupa pakaian anak, kosmetik, pakaian dewasa, makanan, dan lain sebagainya.

bisnis-online-dropship-affiliate-atau-reseller-mana-yang-paling-menguntungkan-2-finansialku

[Baca Juga: Model Bisnis Online Dropship, Affiliate atau Reseller, Mana yang Paling Untung ?]

 

Moms hanya perlu aktif di internet, baik itu sosial media maupun marketplace untuk menawarkan produk yang ia jual kembali dari perusahaan.

Tak hanya itu, barang yang dijual kembali ini juga bisa ditawarkan secara offline kepada tetangga atau teman.

 

#2 Jasa Rias

Bisa dikatakan semua wanita bisa berdandan, namun tak semua agenda membolehkan wanita untuk merias dirinya sendiri. Misalnya saja saat menikah, wisuda, pemotretan, dan agenda lainnya.

Moms bisa menjalankan bisnis jasa rias yang cukup fleksibel dan tak membuang banyak waktu.

 

#3 Katering

Bisnis kali ini sudah banyak dicoba oleh para ibu rumah tangga karena cukup menjanjikan selama masih ada orang membutuhkan jasa ini untuk menyiapkan konsumsi di acara yang mereka adakan.

Baik pada acara pernikahan, pengajian, arisan, rapat, pertemuan, dan lain-lain akan membutuhkan konsumsi.

Bisnis ini berpotensi memberikan kesempatan ibu rumah tangga mendapatkan pemasukan lebih. Karena bisa dinilai bisnis makanan adalah bisnis yang bisa memberikan profit besar.

Selain itu, saat mengerjakan pesanan catering, Moms bisa sekalian menyiapkan makanan rumah untuk suami dan anak.

 

#4 Berjualan Online

Cukup mirip dengan menjadi reseller, hanya saja cakupan bisnis berjualan online ini cukup luas. Moms bisa jual produk-produk handmade atau produk lainnya yang dibuat sendiri.

Menjalankan bisnis ini sangatlah mudah. Alasannya, sekarang ini sudah banyak sekali situs marketplace yang bisa diandalkan, banyak digunakan konsumen, dan tidak berbayar.

 

#5 Penulis Freelance

Moms yang suka menulis atau memiliki latar di bidang kepenulisan bisa menjadi penulis lepas yang juga menguntungkan.

Usaha ini bisa dikerjakan saat pekerjaan rumah sudah selesai semua, bisa dikerjakan di malam hari, dan waktu lain saat luang.

Terlebih di era digital ini banyak perusahaan yang menggunakan sebuah website atau aplikasi yang mana didalamnya dibutuhkan artikel-artikel yang dibuat oleh penulis freelance.

 

#6 Voice Over Artist

Jika Anda tinggal di rumah dan memiliki suara merdu, Anda dapat mempertimbangkan menjadi suara Anda.

Anda dapat meminjamkan suara Anda untuk karya-karya seni besar seperti buku audio, jingle radio, dan lain sebagainya.

 

#7 Membuat Tas

Perkembangan bisnis fashion yang setiap harinya semakin meningkat, menjadi lahan penghasilan tambahan bagi ibu rumah tangga. Sebab hampir semua produk fashion, selalu laris diserbu para konsumen.

Begitu juga dengan produk tas, sekarang ini tas bukan hanya sebagai kebutuhan sekolah atau kerja saja. Kini tas menjadi bagian fashion yang banyak digemari konsumen.

[Baca Juga: 9 Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga yang Harus Diketahui oleh Setiap Calon Ibu Rumah Tangga]

 

Sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya Moms persiapkan terlebih dahulu modal yang dibutuhkan, baik uang maupun keterampilan.

Selanjutnya, Moms perlu mencari jaringan yang dapat diajak untuk bekerja sama untuk bahan baku hingga jaringan pemasaran.

 

#8 Bisnis Spa

Jika Moms memiliki keterampilan terhadap perawatan tubuh maupun pelayanan spa, maka tidak ada salahnya untuk membuka bisnis Spa.

Tidak perlu besar dan mewah, Moms dapat membuka sebuah perawatan atau spa rumahan yang unik dengan harga lebih terjangkau dari salon-salon kecantikan sekitar rumah.

 

#9 Bisnis DayCare

Anda tinggal di kota besar? Bisnis ini merupakan bisnis yang tengah marak.

Keberadaan daycare bisa menjadi solusi pengasuhan anak bagi para orang tua yang bekerja. Selain itu, bisnis ini juga bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Untuk day care kelas menengah atas, margin usahanya bisa mencapai 40-45%. Sedangkan untuk kelas menengah-bawah, margin usahanya bisa mencapai 20%.

 

#10 Desain Grafis

Desain grafis merupakan proses kreatif yang tersebar dalam segala hal. Mulai dari situs web, interface aplikasi hingga kemasan produk, tangan berbakat seorang desainer grafis tampak di mana-mana.

Ini dapat menjadi karier yang memuaskan, juga menantang. Bermodalkan komputer dan aplikasi desain, seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator, Moms dapat memulai mempelajari dan membuat desain-desain sendiri.

 

#11 Bisnis Tempat Les Belajar

Jika Moms senang mengajar dan memiliki kemampuan akademik yang baik pada mata pelajaran tertentu, maka Moms dapat membuka tempat les bagi anak-anak sekolah di sekitar rumah.

Pastikan Moms memiliki kemampuan akademik dan keyakinan yang kuat untuk menjalankan bisnis ini.

 

#12 Bisnis Menjahit

Jika Moms merupakan salah satu ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan menjahit, Moms dapat membuka jasa jahit pakaian.

Jasa jahit pakaian ini masih banyak dicari oleh orang karena sebagian orang sering kali tidak memiliki ukuran cocok untuk badan mereka.

Panduan Ajib Investasi Saham Untuk Ibu Rumah Tangga, Untung BESAR Menanti 02

[Baca Juga: Ingin Berinvestasi Saham? Inilah Tips Membeli Saham Untuk Investor Pemula]

 

Apalagi jika Moms bisa meningkatkan kemampuan tambahan seperti menjahit kebaya dalam berbagai model atau memiliki kemampuan membordir. Ini tentunya akan menjadi nilai tambah.

 

#13 Toko Kelontong

Membuka toko kelontong atau toko serba ada dengan skala kecil merupakan salah satu hal yang sangat mungkin dilakukan oleh ibu rumah tangga sambil mengurus rumah tangga, terutama bagi yang tinggal dalam lingkungan perumahan.

Biasanya orang membutuhkan sesuatu dengan skala kecil dan malas untuk membeli barang di toko besar karena jarak yang jauh.

Di sini fungsi toko kelontong yang menjual aneka barang dagangan. Modalnya pun tidak terlampau besar jika Moms membukanya di rumah.

 

#14 Bakery Business

Apakah Moms seorang yang suka membuat makanan ringan, camilan maupun kue dan jajanan ketika di rumah?

Kalau Moms hobi dan bisa membuat bermacam-macam jenis dan rasa kue maka hal ini bisa jadi modal untuk membuka usaha pembuatan kue ulang tahun.

Agar konsumen lebih tertarik, Moms dapat membuat kue ulang tahun dengan topping yang indah dan menarik.

 

#15 Bisnis Penerjemah

Bagi Moms yang mempunyai kemampuan berbahasa asing, baik itu bahasa Inggris, Mandarin, Jepang atau bahasa lainnya, Moms bisa membuka bisnis penerjemah untuk menghasilkan uang.

Moms bisa memperoleh pendapatan dari jasa penerjemah yang biasanya dibayar berdasarkan jumlah lembaran yang Moms kerjakan. Moms juga dapat melakukannya sendiri secara online melalui sebuah marketplace.

 

#16 Jasa Laundry Kiloan

Potensi usaha laundry saat ini tengah berkembang dengan pesat, terutama bagi Moms yang tinggal di kota besar.

Bila Anda ingin membuka usaha laundry kiloan, modal awal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar.

Dengan satu mesin cuci juga ruangan kecil tempat pelanggan menerima atau menyerahkan pakaian, usaha ini sebenarnya sudah bisa berjalan.

Moms mungkin hanya perlu memperhatikan lokasi agar usaha dapat bertahan lama. Beberapa lokasi strategis yang menjadi incaran yaitu kampus, kos-kosan hingga daerah perkantoran.

 

#17 Bisnis Aksesoris Rambut

Keahlian dalam membuat berbagai jenis kerajinan tangan juga dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan lho! Moms bisa menjual aksesoris buatan sendiri secara online.

 

#18 Event Organizer (EO)

Banyak wanita yang sukses mendirikan jenis usaha ini karena memang pada dasarnya wanita mempunyai kemampuan organisasi yang baik.

Moms bisa mencoba mengatur acara-acara seperti ulang tahun anak, tunangan, hingga pernikahan.

Tak perlu sendiri, Moms bisa merekrut orang lain untuk membantu dalam operasional.

Menjadi seorang event organizer, Moms harus menerima fakta kalau pekerjaan ini membutuhkan energi dan waktu yang sangat banyak.

Oleh karena itu, Moms tentu harus memiliki kemampuan untuk membagi waktu dan energi, serta keuangan dengan baik. Setuju?

Tenang, tidak perlu sulit mencari informasi dan wawasan di luar sana, karena Finansialku punya RAHASIAnya, yang bisa Moms ikuti dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Semuanya dibahas secara lengkap dan mendalam di e-book Finansialku Mommy and Money yang bisa didownload GRATIS!

Ebook Mommy and Money

GRATIS! UNDUH SEKARANG!

 

#19 Bisnis Forex Trading

Trading Forex adalah kegiatan menjual dan membeli mata uang dalam kurun waktu tertentu melalui sebuah perusahaan yang disebut dengan pialang atau broker.

Bisnis Forex memang cukup berbahaya, namun jika Moms bisa pelajari dan punya pengalaman, bisnis ini sangat menguntungkan.

 

#20 Bisnis Fotografi

Banyak bisnis atau perusahaan seperti majalah, biro iklan, desainer web, memanfaatkan situs-situs stok fotografi untuk mencari foto.

Moms bisa menjual hasil foto ke beberapa website, seperti istockphoto.com, 123rf.com, alamy.com, Shutterstock.com, dan website lainnya.

 

#21 Jual Produk Skin Care

Moms bisa memulai mencoba bisnis kosmetik ini dengan modal kecil terlebih dahulu, karena saat ini potensi penghasilan besar yang didapat dari menjual produk kosmetik sangat menggiurkan.

Moms hanya perlu mencari agen penjual kosmetik terpercaya dan bisa diajak bekerja sama dalam memasarkan produk tersebut, lalu lakukan pemasaran di marketplace.

 

#22 Toko Mainan

Bisnis ini juga bisa menjadi penambah pundi-pundi keuangan, lho!

Bisnis mainan mempunyai sifat musiman dari segi penjualan. Hal ini diartikan dengan ada kalanya penjualan mainan dapat melonjak tajam, namun ada kalanya bisnis ini akan sepi misalnya ketika musim masuk sekolah.

Untuk meminimalkan kerugian, Moms dapat menjalankan program cuci gudang atau dengan sistem bonus terhadap suatu produk.

Apa Saja Manfaat Bisnis Ibu Rumah Tangga 01 - Finansialku

[Baca Juga: Piramida Keuangan Itu Sangat Penting Lho! Apa Sajakah Itu?]

 

#23 Bisnis Public Speaking

Kalau Moms adalah orang yang pandai dalam berbicara punya kemampuan mempengaruhi lawan bicara, Moms dapat mengasah diri untuk menjadi seorang public speaker.

Public speaking adalah salah satu seni berbicara di muka umum. Ini adalah keterampilan yang harus diasah terus menerus. Jam terbang dari public speaker sangat berpengaruh pada kualitas dan cara penyajian.

 

#24 Bisnis Editing

Saat ini bermunculan penerbit-penerbit yang tergolong kategori self-publisher (seorang penulis yang sekaligus menjadi penerbit dari tulisannya sendiri) yang belum dapat mempekerjakan pegawai tetap.

Tentunya, ia membutuhkan jasa freelance seorang editor agar bukunya layak jual dan dapat bersaing dengan buku-buku terbitan penerbit terkenal.

Seorang editor perlu melakukan pengeditan naskah, yaitu kata yang salah, penggunaan tanda baca dan kata penghubung yang kurang tepat, sinkronisasi kalimat, koherensi paragraf, perpaduan isi atau materi secara keseluruhan, serta model layout atau susunan tata letak tulisan atau gambar.

 

#25 Musisi

Bila Moms punya kemampuan dalam bermusik, Moms dapat menggunakan bakat untuk menambah pemasukan.

Misalnya, dengan bermain pada tim musik untuk acara pernikahan, ulang tahun, dan acara lain sebagainya, atau Moms juga dapat memberikan les privat musik untuk anak-anak.

 

#26 Rental Perlengkapan Bayi

Harga perlengkapan bayi dan mainan anak berkualitas relatif mahal. Selain harga mahal, pertumbuhan balita cukup pesat dan sifat anak yang mudah bosan, menjadi pertimbangan orangtua sebelum membeli peralatan dan mainan.

Moms bisa memanfaatkan koleksi milik pribadi dan teman-teman yang sudah tidak dipakai untuk bisa disewakan, seperti stroller, tempat tidur bayi, mainan, dan barang lain-lain.

 

#27 Bisnis Hampers

Bisnis ibu rumah tangga lainnya adalah bisnis hampers atau bisnis membuat bingkisan.

Bingkisan yang dibuat bisa untuk acara ulang tahun anak, lamaran, hari besar keagamaan, pembuatan souvenir pernikahan, lahiran anak dan acara lainnya.

 

#28 Bisnis Frozen Food

Frozen food adalah makanan yang dibekukan dengan tujuan mengawetkan makanan hingga siap dimakan. Jadi, hanya perlu dihangatkan untuk dapat dikonsumsi.

Bentuknya yang praktis inilah yang membuat banyak orang memilih membeli frozen food. Modal untuk bisnis frozen food ini adalah freezer dan alat pembungkus (packing) yang cukup mahal.

Ibu Rumah Tangga Harus Bijak Dalam Berinvestasi! Kenali 5 Prinsip Dalam Berinvestasi 01 - Finansialku

 

[Baca Juga: Tips Dahsyat Investasi Bagi Freelancer Ibu Rumah Tangga]

 

#29 Agen PPOB (Payment Point Online Bank)

PPOB adalah sistem pembayaran online yang memanfaatkan fasilitas perbankan seperti pembayaran tagihan PLN, TELKOM, PDAM, pulsa semua operator, cicilan motor, dan lain-lain. Moms bisa membuka jasa pembayaran online di rumah.

 

#30 Usaha Fotokopi dan Alat Tulis Kantor

Moms bisa mulai membuka usaha fotokopi dengan modal kurang dari Rp 5 juta. Solusinya adalah dengan memanfaatkan jasa penyewaan mesin fotokopi.

Dengan menyewa mesin fotokopi, Moms bisa menekan besaran modal sehingga sangat minim dan sisanya bisa dibelanjakan untuk alat-alat tulis.

Bisnis ini sangat cocok bagi yang tinggal dekat sekolah atau kampus.

 

#31 Bisnis Jasa Penitipan dan Perawatan Hewan

Bisnis jasa penitipan dan perawatan hewan semakin banyak bermunculan. Usaha ini memiliki banyak potensi bisnis terutama di kota-kota besar.

Saat masa liburan, seperti Lebaran, Natal atau saat orang bepergian dalam waktu yang lama, jasa penitipan dan perawatan hewan banyak dicari dan laris manis.

Sebab para pemilik hewan peliharaan pastinya tidak bisa membawa hewan kesayangan mereka untuk berlibur bersama.

 

#32 Bisnis Sepatu Bayi dan Anak

Peluang bisnis sepatu bayi dan anak memang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan sepatu bayi dan anak sangat besar.

Apalagi jika produk sepatu yang dibuat diberi sentuhan kreativitas sehingga mampu memikat hati banyak konsumen dan juga para reseller.

 

#33 Waralaba/Franchise Makanan

Untuk ibu rumah tangga yang bingung mau memulai bisnis dapat mencoba untuk melakukan franchise.

Bisnis waralaba ini cocok bagi pebisnis yang menginginkan bisnis instan. Moms akan dibantu oleh pemilik atau perusahaan franchise, mulai dari pembekalan, training, proses awal hingga pengembangan usaha.

 

#34 Agen Travel

Untuk menjalankan usaha ini diperlukan pengetahuan seputar cara booking tiket pesawat dan juga mengetahui jadwal penerbangan. Jika Moms tidak memiliki modal yang cukup untuk menjadi agen, Moms bisa menjadi sub agennya.

Saat ini, banyak sekali agen travel yang bisa ditemukan di internet, tetapi pilihlah agen yang memiliki kredibilitas terpercaya.

 

#35 Bisnis Kursus Memasak

Moms memiliki kemampuan dalam memasak? Mungkin bisnis ini cocok buat Moms. Sekarang ini, cukup banyak orang yang ingin bisa memasak enak dan dibimbing oleh mereka yang ahli.

Mereka ingin belajar bagaimana meracik resep sampai proses penyajian supaya kelezatan nampak pada mata dan dirasa oleh lidah.

 

#36 Bisnis Hijab

Untuk penduduk yang mayoritas Muslim, bisnis ini boleh dibilang akan terus meningkat. Moms hanya perlu meng-update berbagai model jilbab terbaru serta menarik agar dapat menjadi ciri khas tersendiri.

Moms juga harus paham benar macam-macam kerudung dengan perkembangan dunia fashion.

 

#37 Bisnis Tanaman

Jika Moms suka menanam dan merawat tanaman, ini juga bisa dijadikan bisnis. Bahkan kalau teliti, penghasilannya bisa melebihi gaji kantoran lho!

Bisnis tanaman merupakan salah satu model bisnis yang paling cepat berkembang. Ada banyak varian yang bisa dijadikan bisnis seperti obat herbal dan rempah-rempah, atau menjual berbagai jenis bunga hias.

 

Mulailah Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Sesuai Hobi

Masih ada banyak lagi pilihan usaha atau pekerjaan yang cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga.

Bisa dicoba jasa pembuatan desain grafis, membuka spa atau salon, membuka daycare, membuka bisnis bimbingan belajar, menjahit pakaian, membuka toko, dan lain-lain.

 

Dari daftar di atas, manakah yang paling menarik menurut Moms? Share artikel ini pada sesama ibu rumah tangga dan diskusikan bisnis apa yang paling cocok untuk Anda.

Masih ada bisnis lain yang bisa Moms lakukan selain yang tertulis di atas. Apa saja itu? Moms bisa klik tombol di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Profitable Venture. 50 Lucrative Home Based Business Ideas for Women in 2017. Profitableventure.com – https://goo.gl/GrbBR9

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis IRT – https://goo.gl/GyJHqQ
  • Bisnis IRT Reseller – https://goo.gl/k8ccWg