Ada harus tahu ide-ide usaha rumahan yang keren dan menguntungkan ini untuk cepat meraih tujuan finansial Anda!

Apa saja jenis usaha rumahan tersebut? Simak ulasannya di artikel Finansialku berikut, siapa tahu Anda tertarik menjalankan salah satunya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Usaha Rumahan? Kapan Harus Memulainya?

Pemerintah tengah gencar mendorong perkembangan bisnis baru. Tak tanggung-tanggung, pemerintah melalui Bekraf mengakomodasi para pelaku usaha.

Upaya pemerintah tersebut tidak lepas dari usaha meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satunya dengan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya membuka peluang usaha baru.

Dengan begini, mereka tidak hanya meningkatkan kesejahteraan hidup diri sendiri, tetapi berpeluang besar membuka lapangan pekerjaan baru.

Tengok Kisah Pebisnis Gudeg Pejompongan Beromzet Ratusan Juta Sebulan 05 - Finansialku

[Baca Juga: Pebisnis Baru? 8+ Tips dan Strategi Mengembangkan Startup Di Tahun Pertama]

 

Stereotip masyarakat Indonesia sebagai pekerja memang sulit diubah. Kebanyakan masyarakat lebih nyaman menjadi karyawan daripada menjadi bos untuk usahanya sendiri.

Hal ini turut dipengaruhi oleh sulitnya mendapatkan modal untuk memulai usaha.

Informasi minim terkait bisnis tentu makin melemahkan niat mereka menjadi pengusaha.

Guna menepis anggapan tersebut, ternyata ada beberapa usaha yang dapat dimulai dengan modal kecil. Bahkan beberapa diantaranya bisa dilakukan sendiri dari rumah.

Model usaha seperti ini tentu cocok bagi para ibu rumah tangga atau pensiunan yang ingin bersantai namun tetap produktif.

Apalagi di tengah perekonomian Indonesia yang cukup bergejolak saat ini, tentu memiliki usaha jauh lebih menjanjikan.

Setidaknya, mereka bisa punya pegangan dan penghasilan tanpa harus bekerja dari luar rumah. Dengan pengelolaan dan perencanaan yang tepat, bukan tidak mungkin usaha tersebut kian berkembang.

Anda mungkin bisa membuka beberapa cabang lainnya di tempat berbeda. Atau menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar.

Keuntungan yang didapat tentu tidak perlu dipertanyakan lagi, mungkin lebih besar dari gaji Anda saat ini.

 

Mencoba Usaha Rumahan? Inilah 10 Pilihan yang Recommended

Bagi Anda yang masih bingung menentukan model usaha rumahan yang cocok, ada baiknya mempertimbangkan beberapa ide bisnis di bawah ini. Modal usaha yang diperlukan juga terjangkau, jadi tidak perlu khawatir.

 

Ide Usaha Rumahan #1 Dropshipper

Istilah dropship mungkin masih awam bagi sebagian orang. Dropshipper berarti menjual barang tanpa harus menyediakan stok terlebih dahulu. Anda bisa menawarkan barang atau jasa kepada konsumen.

Mau Untung Besar_ Cek Dulu 10 Ide Usaha Rumahan Kekinian 02

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Nantinya, supplier akan mengirimkan produk pesanan kepada konsumen langsung. Disini, Anda hanya bertindak sebagai marketing atau sales. Promosi produk dapat Anda lakukan secara online maupun offline.

 

Ide Usaha Rumahan #2 Katering

Kalau Anda punya kemampuan memasak, cobalah membuka usaha katering rumahan. Prospek usaha ini cukup besar, terutama di kota-kota besar atau lingkungan padat penduduk.

Mau Untung Besar_ Cek Dulu 10 Ide Usaha Rumahan Kekinian 03

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Di tengah kesibukan setiap hari dan tuntutan hidup instan membuat beberapa orang mendelegasikan tugas memasak pada jasa katering.

 

#3 Penulis

Manfaatkan kemampuan menulis Anda untuk meraup keuntungan besar. Beberapa perusahaan membuka lowongan pekerjaan untuk para penulis handal.

Anda dapat menawarkan jasa menulis untuk berbagai kebutuhan. Usaha ini tidak butuh modal sama sekali, hanya skill menulis berkualitas.

 

#4 Jasa Ketik

Bila Anda tinggal di area sekitar kampus atau perkantoran, usaha yang satu ini bisa dicoba. Usaha jasa ketik bukan usaha yang baru berkembang.

Laksanakan! Cara Mendapatkan Uang Tambahan di Pekerjaan Anda! 01 Komputer - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Sejak kemunculan komputer, banyak orang menggunakan jasa ketik untuk menyelesaikan berbagai urusan. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut sebagai sumber penghasilan tanpa harus meninggalkan rumah.

 

#5 Guru Private

Bagi lulusan perguruan tinggi dengan jurusan tertentu, membuka jasa guru private jadi pilihan menarik. Selain mengasah kemampuan mengajar, tentunya usaha ini efektif mencerdaskan anak bangsa.

Anda bisa membuka les di rumah atau mendatangi langsung para murid.

 

#6 Penerjemah

Mau Untung Besar_ Cek Dulu 10 Ide Usaha Rumahan Kekinian 04

[Baca Juga: 10+ Tips Mengelola Bisnis Waralaba Agar Semakin Berhasil Di Tahun 2019]

 

Derasnya arus informasi dan perkembangan teknologi yang pesat membuat orang harus beradaptasi. Informasi terkini seringkali disajikan dalam bahasa asing, terutama bahasa Inggris.

Meskipun sudah menjadi bahasa internasional, masih banyak dari kita yang tidak menguasainya.

Anda bisa memanfaatkan celah tersebut sebagai usaha rumahan. Syarat utama penerjemah hanya kemampuan berbahasa asing yang mumpuni. Jadi, Anda bisa menyediakan layanan jasa tersebut dengan tarif tertentu.

 

#7 Fotografer

Siapa bilang fotografer tidak memiliki masa depan? Sudah banyak fotografer kelas dunia yang membuktikan profesionalitas mereka.

Percaya atau tidak, fotografer di masa kini mampu meraup untung hingga ratusan juta dalam satu sesi.

Mau Untung Besar_ Cek Dulu 10 Ide Usaha Rumahan Kekinian 04 (1)

[Baca Juga: Begini Cara Berhasil Memulai Bisnis Ternak Ayam Broiler yang Menguntungkan]

 

Bayangkan jika Anda bisa mengembangkan hobi fotografi menjadi pekerjaan profesional? Tentu usaha tersebut tidak hanya mencukupi kebutuhan sehari-hari, tetapi juga mengembangkan hobi lebih lanjut.

 

#8 Laundry

Mau Untung Besar_ Cek Dulu 10 Ide Usaha Rumahan Kekinian 06

[Baca Juga: Ketahui Strategi-strategi Dasar Trading Komoditas]

 

Peluang usaha rumahan ini cocok untuk Anda yang tinggal di kawasan padat penduduk. Keterbatasan air bersih serta waktu yang sempit membuat banyak orang enggan mencuci bajunya sendiri.

Apalagi menyetrika pakaian yang terbilang rumit, tentu jadi alasan mereka menggunakan jasa laundry.

 

#9 Penitipan Hewan

Buat pecinta hewan, coba kembangkan kecintaan Anda menjadi peluang usaha rumahan menjanjikan. Tidak perlu menyewa ruko sendiri, manfaatkan saja rumah tinggal.

Anda bisa mempromosikan jasa penitipan dan perawatan hewan mulai dari orang terdekat. Jasa Anda akan sangat dicari oleh para pemilik hewan peliharaan.

 

#10 Service Peralatan Elektronik

Reparasi elektronik jarang sekali dijumpai di beberapa daerah. Keterbatasan sumber daya manusia jadi kendala utamanya.

Jika Anda merasa mampu memperbaiki peralatan elektronik yang rusak, mungkin usaha rumahan satu ini cocok untuk Anda.

 

Rencanakan Usaha Rumahan Anda Secara Cermat

Beberapa peluang usaha di atas bisa dimulai tanpa modal sedikitpun. Kunci utama memulai usaha ada pada pencarian informasi yang tepat. Bertanyalah pada para ahli atau teman yang lebih paham soal bisnis dan pengelolaannya.

Pertimbangkan beberapa ide yang masuk untuk memulai usaha sendiri di rumah. Niscaya, Anda bisa memulai usaha dengan modal kecil sendiri. Bila merasa kemampuan yang ada masih kurang, sebaiknya ikuti pelatihan tertentu.

Misalnya saja fotografi untuk para fotografer pemula yang ingin meningkatkan nilai jual. Sudah tersedia banyak pelatihan, mulai dari berbayar sampai gratis. Pemerintah sendiri mulai memfasilitasi beberapa UKM yang dikelola masyarakat untuk membuka lapangan pekerjaan baru.

Anda juga bisa memanfaatkan pengetahuan yang bisa Anda unduh secara gratis di internet seperti E-Book mengenai pentingnya mengelola keuangan pribadi dan bisnis dari Finansialku.

Ayo dapatkan manfaatnya dengan download e-book ini!

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Jadi, apakah Anda tertarik memulai usaha sendiri dan mengubah titel karyawan? Atau Anda ingin mencoba bisnis sampingan dengan tetap bekerja kantoran?

Bagikan dan diskusikan artikel menarik ini dengan teman-teman Anda, terima kasih!

 

Hati-hati terhadap penipuan mengatasnamakan Finansialku! Finansialku.com tidak pernah memungut biaya atau pun menjanjikan produk apa pun di luar aplikasi dan official media kami.

 

Sumber Gambar:

  • Ide Usaha Rumahan 1 – http://bit.ly/2mnFaQ0
  • Ide Usaha Rumahan 2 – http://bit.ly/2msHzsA
  • Ide Usaha Rumahan 3 – http://bit.ly/2laDskV
  • Ide Usaha Rumahan 4 – http://bit.ly/2lenAxR
  • Ide Usaha Rumahan 5 – http://bit.ly/2ms2SLa
  • Ide Usaha Rumahan 6 – http://bit.ly/2lmZZLa