Apakah Anda tertarik menyewa Penasihat Keuangan? atau Anda merupakan pengguna Penasihat Keuangan? Kali ini Finansialku akan membahas mengenai hal tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apakah Layak Menggunakan Jasa Penasihat Keuangan?

Banyak penasihat keuangan yang mendapat pertanyaan, “Mengapa kami harus membayar seorang penasihat keuangan, padahal kami bisa mengatur keuangan sendiri? Saya memiliki uang dan jika ingin berinvestasi, saya hanya tinggal melihat saja panduan dari internet.”

Wes Moss sepenuhnya mengerti pertanyaan tersebut. Biaya konsultasi dari penasihat keuangan biasanya seharga 0,5-1% dari portofolio klien per tahunnya. Oleh sebab itu, setiap orang ingin mengetahui apa saja yang mereka dapatkan.

Cari Bebas atau Cari Aman secara Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cari Bebas atau Cari Aman secara Keuangan?]

 

Vanguard, sebuah perusahaan investasi terbesar di dunia telah menguji pertanyaan ini selama 15 tahun. Berdasarkan penelitian, analisis dan percobaan, Vanguard telah menyimpulkan bahwa adanya peningkatan secara kuantitatif jumlah pendapatan yang diterima klien dari kerja sama dengan penasihat keuangan. Vanguard menyebut keuntungan ini sebagai The Advisor’s Alpha. Ketika beberapa langkah-langkah terbaik diikuti oleh klien, hasilnya menjadi suatu keunggulan dalam tempo 3% per tahun.

Sebuah studi terpisah yang dilakukan oleh Russell Investments, sebuah firma besar pengelola keuangan, mendapatkan kesimpulan yang mirip. Russells memperkirakan seorang penasihat keuangan yang baik dapat meningkatkan jumlah pendapatan klien sebesar 3,75%.

Tidak setiap orang menginginkan atau membutuhkan seorang penasihat keuangan. Sekitar seperempat dari klien investor yang benar-benar ingin mengelola keuangannya sendiri, berdasarkan Vanguard. Orang-orang tersebut benar-benar menikmati investasi yang dilakukan. Mereka terobsesi mengikuti pasar dan senang menciptakan serta melakukan proyek-proyek keuangan. Mungkin yang paling penting, para investor itu memiliki tingkat kedisiplinan yang luar biasa, yang dapat mencegah berbagai emosi mereka ikut campur dalam berstrategi pada investasi jangka panjang.

8 Mitos Cara Mengelola Keuangan Para Miliarder dan Wirausaha Muda Kaya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Awas, 6 Kebiasaan Mengelola Keuangan yang dapat Merusak Keuangan]

 

Tiga per empat dari mereka bukan orang yang ingin mengelola keuangannya sendiri. Ketika adanya pemasukan keuangan, investor mengetahui bahwa adanya pertolongan dari penasihat keuangan yang dapat dibayar.

Vanguard menyatakan ada beberapa cara seorang penasihat keuangan dapat menambahkan jumlah pemasukan kepada para investor. Diantaranya adalah memimpin ke arah strategi pembangunan investasi secara keseluruhan, alokasi aset, meminimalisasi pajak, penyeimbangan saldo kembali (rebalancing) dan bagaimana untuk menstrukturisasi pengambilan waktu dari dana pensiun.

Setiap layanan tersebut secara bertahap mendorong pendapatan untuk klien – terkadang stabil, terkadang juga sesekali.

Satu-satunya cara yang dilakukan oleh penasihat keuangan dalam menambah jumlah pemasukan, hingga 1,5% per tahun adalah pembinaan perilaku kepada investor.  Penasihat keuangan terbaik mampu menyimpan ketakutan dari para klien dengan menyediakan kestabilan.

Selain itu, mampu memberikan nasihat berdasarkan fakta dan mengasuransikan aset ketika pasar sedang goyah. Menurut kajian Russell, identifikasi hal tersebut menjadi keuntungan terbesar dari kerja sama dengan seorang penasihat keuangan.

3-rahasia-sukses-berbisnis-yang-harus-diketahui-oleh-entrepreneur-finansialku

[Baca Juga: 3 Rahasia Sukses Berbisnis yang Harus Diketahui oleh Entrepreneur]

 

Sebuah penelitian Vanguard kepada lebih dari 58.000 klien menunjukkan bahwa para investor yang membuat perubahan strategi keuangan mencapai kenaikan lebih dari 8% performanya. Penelitian ini sekali dalam periode lima tahun (2008-2012).

Ada sebuah kajian dari Morningstar yang menunjukkan bahwa para investor menerima pendapatan lebih rendah daripada jumlah dana yang mereka investasikan. Alasannya: mereka menggunakan dana dengan kurang baik. Dengan kata lain, mereka menjual investasinya dengan harga rendah dan membeli investasinya dengan harga tinggi. Dalam hal ini, seorang penasihat akan mencegah peristiwa seperti ini.

Saldo tidak menyediakan pajak, investasi atau layanan keuangan dan nasihat. Setiap informasi diperkenalkan tanpa mempertimbangkan tujuan investasi, toleransi risiko atau keadaan keuangan kepada investor tertentu dan mungkin tidak sesuai untuk setiap investor. Performa masa lalu tidak menunjukkan indikasi untuk hasil masa depan. Berinvestasi melibatkan risiko termasuk kemungkinan terjadinya kerugian.

 

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi Anda, Bagaimana pendapat Anda mengenai Penasihat Keuangan yang dapat membantu Anda dalam merencanakan keuangan? Silakan share pendapat dan komentar Anda!

 

Sumber Referensi:

  • Wes Moss. 12 Jan 2017. Is It Worth the Money to Hire a Financial Advisor? New Vanguard Study Calculates the True Value of a Financial Advisor. Thebalance.com – https://goo.gl/BDRTXU

 

Sumber Gambar:

  • Penasihat Keuangan – https://goo.gl/mIdxid

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang