Musim hujan, jangan lupa selalu cek dan rawat kondisi mobil, termasuk wiper. Ikuti cara merawat wiper berikut sebelum kena masalah.

Pada artikel kali ini, Finansialku akan beri beberapa tips pintar dalam merawat wiper mobil Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Merawat Wiper: Langkah Perawatan

Ada beberapa penyakit atau masalah yang bisa melanda wiper Anda seperti karet yang sudah aus atau gerakannya yang melambat atau bahkan sama sekali tidak bergerak.

Agar bisa menghindari penyakit wiper tersebut, Anda bisa baca lebih detail dalam artikel berikut:

Musim Hujan, Wajib Cek Kondisi Wiper Kendaraan!

 

Untuk mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan yang bisa saja terjadi pada mobil Anda, maka jangan malas untuk merawat wiper mobil Anda secara berkala.

Berikut Finansialku berikan beberapa langkah perawatan mudah yang bisa Anda lakukan sendiri:

 

#1 Cek Secara Berkala

Ingat, meski terlihat sepele, jangan pernah melewatkan pengecekan kondisi wiper Anda dengan rutin.

Karena dengan begitu, Anda dapat mendiagnosis kerusakan wiper sejak dini dan bisa mencegah kemungkinan Anda untuk mengeluarkan dana berlebih untuk ‘penyembuhan’.

 

#2 Bersihkan dengan Benar

Dilansir dari laman showroommobil.co.id, ketika membersihkan wiper, jangan sampai Anda turut mengelap pinggiran karet wiper.

Karena pada posisi itu terdapat bagian komponen lapisan kimia yang berfungsi untuk menjaga elastisitas karet wiper tersebut.

 

#3 Jangan Lewatkan Poros Wiper

Jangan lupa juga untuk memperhatikan bagian poros wiper dan pastikan tetap licin agar perputaran wiper tetap maksimal.

Anda dapat merawat poros wiper secara berkala dengan menyemprotkan cairan pelumas pada poros wiper.

Karena jika terjadi kerusakan pada poros wiper, akan menyebabkan aus dan perputaran wiper yang tidak maksimal dan terhambat.

 

#4 Terus Perhatikan Semprotan Wiper

Selain tiga langkah di atas, jangan lupa untuk mengecek keadaan semprotan air wiper dengan memastikan air semprotan selalu sesuai dengan tingkat ideal Anda.

Apabila terdapat kemacetan pada semprotan wiper, Anda dapat memperbaikinya dengan menggunakan jarum pentul untuk membersihkan saluran air agar tidak terhambat oleh kotoran-kotoran kecil.

 

#5 Gunakan Cairan Khusus

Penggunaan cairan khusus ini dimaksudkan untuk satu tangki khusus yang ada di dalam ruang mesin yang berfungsi sebagai pembersih kaca mobil. Umumnya, tangki ini diisi dengan air biasa.

Padahal, disarankan bagi Anda untuk mengisi tangki tersebut dengan cairan pembersih khusus yang kemudian ditambah dengan air biasa.

Hal ini disebabkan, cairan pembersih kaca mobil khusus biasanya memiliki kandungan yang mampu membuat kaca mobil menjadi licin, yang artinya membuat wiper bekerja dengan mudah dan tidak tersendat karena kaca mobil yang terlalu kesat.

 

#6 Periksa dan Isi Air Wiper Secara Berkala

Hal mendasar seperti ini biasanya banyak dilupakan oleh Anda dan para pemilik mobil lainnya. Padahal, pengecekan ini harus dilakukan secara berkala agar tidak terjadi kekosongan tangki.

 

#7 Cek Masa Kelayakan Wiper dan Ganti Karet Secara Berkala

Jangan lupa untuk terus mengecek masa kelayakan wiper agar Anda bisa mengganti yang sudah tidak layak pakai dengan wiper yang baru.

Hal ini perlu dilakukan agar kerja wiper terus maksimal dan tidak terjadi kerusakan-kerusakan yang mengakibatkan macetnya komponen lainnya yang berhubungan.

Punya Mobil, Ikuti Langkah Perawatan Wiper di Berikut Ini! 02

[Baca Juga: Pilih yang Mana: Asuransi Mobil TLO atau All Risk?]

 

Umumnya, karet wiper perlu diganti setiap setahun sekali atau tergantung pemakaian. Anda dapat memutuskan harus mengganti karet wiper atau tidak dengan melakukan pengecekan menyeluruh pada wiper Anda.

Meski begitu, ada kalanya Anda terkena apes dan wiper Anda tiba-tiba mengalami kerusakan yang parah.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda perlu mendaftarkan mobil Anda pada asuransi yang dapat melindungi Anda mengeluarkan biaya-biaya tidak terduga karena kerusakan wiper atau elemen lainnya yang mungkin saja bisa lebih parah.

Meski begitu, Anda juga tidak disarankan untuk terburu-buru dan gegabah dalam menentukan asuransi mana yang akan Anda pilih. Anda perlu mempelajari setiap asuransi yang ada untuk melakukan komparasi yang maksimal.

Salah satu asuransi terbaik di Indonesia adalah Autocilin.

Asuransi ini sudah banyak dijadikan pilihan oleh para pemilik kendaraan roda empat untuk melindungi mobil Anda dengan disediakannya banyak pilihan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Bagi Anda yang sulit meluangkan waktu untuk mengunjungi langsung kantor autocilin terdekat, Anda tidak perlu khawatir, karena kini, Anda dapat membelinya dengan mudah, cepat, dan akurat di aplikasi Finansialku yang tersedia di Google play.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Jangan lupa untuk terapkan moto ‘Mencegah lebih baik daripada mengobati’ dalam keseharian Anda, sehingga perencanaan keuangan Anda tidak terganggu, sekaligus dapat mencegah hal-hal di luar kendali terjadi pada Anda!

Apakah informasi ini bermanfaat untuk Anda? Jangan lupa tinggalkan jejak dan sebarkan pada rekan-rekan Anda, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 27 Januari 2020. 5 Cara Ampuh Merawat Wiper Agar Berfungsi Maksimal di Musim Hujan. Otospector.co.id – http://bit.ly/314eQuE
  • Admin. 24 April 2019. Ternyata Inilah Cara Merawat Wiper Mobil Dengan Benar. Ennergimotorsport.com – http://bit.ly/38GZCy7
  • Yogi Suherman. 2018. 7 Cara Merawat Wiper yang Benar Beserta Penjelasannya. Showroommobil.co.id – http://bit.ly/38FnIt8
  • Admin. 27 Januari 2020. 5 Penyakit Wiper yang Sering Muncul. Liputan6.com – http://bit.ly/2Ry63hr

 

Sumber Gambar:

  • Langkah Perawatan Wiper 01 – http://bit.ly/2vldjV0
  • Langkah Perawatan Wiper 02 – http://bit.ly/30ZFXXt