Musim hujan belum mau pergi, jangan lupa untuk selalu cek kondisi mobil Anda termasuk wiper sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada artikel kali ini, Finansialku akan beri beberapa tips pintar dalam merawat penyapu kaca mobil Anda tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kenali Penyakit-Penyakit Wiper dan Penanganannya

Musim hujan masih merundung sebagian besar wilayah di Indonesia. Di musim seperti ini, memang lebih aman untuk melakukan mobilisasi sehari-hari menggunakan mobil, karena tubuh Anda terlindung dari hujan dan banjir.

Oleh karena itu, penting untuk Anda melakukan perawatan intensif terhadap setiap komponen mobil seperti wiper mobil Anda.

Musim Hujan, Wajib Cek Kondisi Wiper Kendaraan! 02

[Baca Juga: Anda Pemilik Mobil, Ketahui Cara Klaim Asuransi Mobil Korban Banjir]

 

Meski terlihat sepele, kerja wiper mobil ini sebenarnya sangat berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan Anda selama berkendara. Karena dengan alat satu ini, kenyamanan visibilitas Anda ketika berkendara tetap terjaga.

Fungsinya sendiri adalah menyapu air yang menutupi kaca depan dan belakang mobil Anda. Oleh karena itu, bukan hal yang baik jika Anda menyepelekan kualitas kerja wiper mobil Anda.

Dilansir dari laman liputan6.com, terdapat beberapa penyakit atau masalah terkait wiper Anda seperti karet yang sudah aus atau gerakannya yang melambat atau bahkan sama sekali tidak bergerak.

Berikut Finansialku beri contoh beberapa masalah atau penyakit yang sering terjadi pada wiper mobil:

 

#1 Karet Aus

Karet wiper yang aus bisa menyebabkan ketidaknyamanan Anda dalam berkendara, karena karet yang aus akan mengeluarkan suara berdecit pada kaca mobil Anda, yang mana dapat mengganggu konsentrasi Anda dalam berkendara.

Jika ini terjadi, maka segeralah untuk mengganti karet yang lama dengan yang baru.

Karena jika hal ini dibiarkan, selain menyebabkan sapuan terhadap air di kaca mobil Anda tidak rata, juga akan menyebabkan kaca mobil Anda baret, dan membuat Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk pemulihan.

 

#2 Gerakan Lambat

Pernahkah Anda suatu hari menyadari kalau gerakan wiper Anda melambat? Dilansir dari laman liputan6.com, hal ini biasanya disebabkan oleh bagian dalam sistem penggerak yang kotor.

Fenomena ini juga berdampak pada arus listrik, kemudian menyebabkan engkolnya terhambat, yang mana akhirnya membuat gerakan wiper mobil Anda jadi melambat.

Punya Mobil, Ikuti Langkah Perawatan Wiper di Berikut Ini! 01

[Baca Juga: 7 Asuransi Mobil Terbaik dan Murah di Indonesia]

 

Selain itu, gerakan yang melambat juga bisa disebabkan oleh beberapa elemen yang berkarat, yang akhirnya membuat kinerja wiper mobil Anda tidak optimal.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa membersihkan engkol dari karat dan menyemprot bagian yang berkarat dengan cairan anti karat.

Kalau hal itu tidak mempan, Anda terpaksa harus me-las atau bahkan menggantinya dengan yang baru.

 

#3 Tidak Bergerak Sama Sekali

Beberapa dari Anda pasti pernah mengalami kemacetan wiper atau bahkan tidak bergerak sama sekali meski Anda sudah melakukan perintah dengan menekan tombol atau menggerakan sensor dari mobil Anda.

Hal ini bisa saja terjadi jika motor listriknya sudah aus. Selain itu, ada penyebab lainnya seperti sekring yang bermasalah seperti putus atau adanya masalah hubungan antar kabel yang terkait dengan sekring.

Masalah ini hanya dapat diatasi dengan mengganti wiper mobil Anda dengan yang baru.

 

#4 Dinamo (Motor) Rusak

Sama seperti dinamo atau motor pada umumnya, kerusakan yang sering terjadi pada wiper Anda juga tidak akan jauh dengan kumparan yang terbakar. Hal ini biasanya disebabkan oleh hubungan singkat arus listrik pada mobil.

Kalau Anda mengalami peristiwa seperti ini, tidak ada jalan lain selain mengganti wiper Anda dengan yang baru.

 

#5 Semburan Air Kurang Kuat

Penyakit lain yang biasa dialami adalah semprotan dari pusat washer yang tersimpan di dalam kap mobil kurang kuat atau bahkan tidak tepat.

Hal ini biasanya dikarenakan oleh lubang di kepala washer yang tersumbat.

Untuk mengatasinya, Anda dapat membersihkan kepala washer tersebut dengan melepas tabung lalu mencampurkannya dengan pasir kerikil untuk dikocok-kocok hingga kotoran yang menempel dinding tabung hilang.

Jangan lupa untuk lakukan berkali-kali agar dipastikan kotoran sudah sepenuhnya menghilang.

 

Langkah Perawatan 

Untuk mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan yang bisa saja terjadi pada mobil Anda, maka jangan malas untuk merawat wiper mobil Anda secara berkala.

Finansialku memiliki beberapa langkah perawatan mudah yang bisa Anda lakukan sendiri yang bisa Anda ikuti dalam artikel berikut ini.

Punya Mobil, Ikuti Langkah Perawatan Wiper di Berikut Ini!

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Jangan lupa untuk terapkan moto ‘Mencegah lebih baik daripada mengobati’ dalam keseharian Anda, sehingga perencanaan keuangan Anda tidak terganggu, sekaligus dapat mencegah hal-hal di luar kendali terjadi pada Anda!

Apakah informasi ini bermanfaat untuk Anda? Jangan lupa tinggalkan jejak dan sebarkan pada rekan-rekan Anda, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 27 Januari 2020. 5 Cara Ampuh Merawat Wiper Agar Berfungsi Maksimal di Musim Hujan. Otospector.co.id – http://bit.ly/314eQuE
  • Admin. 24 April 2019. Ternyata Inilah Cara Merawat Wiper Mobil Dengan Benar. Ennergimotorsport.com – http://bit.ly/38GZCy7
  • Yogi Suherman. 2018. 7 Cara Merawat Wiper yang Benar Beserta Penjelasannya. Showroommobil.co.id – http://bit.ly/38FnIt8
  • Admin. 27 Januari 2020. 5 Penyakit Wiper yang Sering Muncul. Liputan6.com – http://bit.ly/2Ry63hr

 

Sumber Gambar:

  • Rawat Mobil 01 – http://bit.ly/2U3hmQ8
  • Rawat Mobil 02 – http://bit.ly/36wcYM8
  • Rawat Mobil 03 – http://bit.ly/2vldjV0