Cara perpanjang SIM Online: Perpanjang SIM udah ga perlu repot dan harus antre!

Pemerintah sudah mempermudah layanan perpanjang SIM dengan cara online lho! Ini dia caranya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Perpanjang SIM

Setiap 5 tahun sekali, para pemilik dan pengendara kendaraan bermotor seperti biasanya harus memperpanjang atau memperbaharui masa berlaku SIM.

Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah Pasal 77 ayat 1 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 yang mengharuskan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan.

Untuk mengurus perpanjang SIM, tak jarang mereka harus mengatur waktu untuk segera mengurus perpanjang SIM dari pagi hari dan harus cuti.

Bahkan, tak jarang mereka harus pulang ke kampung halaman karena perpanjang SIM harus dilakukan berdasarkan domisili KTP.

Bayangkan jika mereka adalah seorang perantau. Pasti akan sangat merepotkan, belum lagi cuti kerja dan merogoh kocek lebih dalam untuk tiket perjalanan pulang pergi.

Tanpa Antre dan Ribet, Begini Cara Perpanjang SIM Online 02 - Finansialku

[Baca Juga: Terbukti Ampuh! Cara Kreatif Karyawan Milenial Mengatur Keuangannya (Gak Sampe 5 Menit!)]

 

Tapi, dengan berkembangnya teknologi, pemerintah telah mempermudah masyarakat untuk bisa memperpanjang SIM via online, tanpa harus pulang kampung untuk mengurusnya.

Cukup dengan melakukan pendaftaran SIM via website, memasukkan data yang diperlukan dan mendatangi kantor pelayanan pembuatan SIM di kota tempat ia berdomisili untuk melakukan pengambilan foto, sidik jari dan pengambilan kartu SIM yang baru.

Dengan kemudahan ini, sayangnya masih banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana mengurus proses perpanjangan SIM secara online.

Sebelum melanjutkan ke pembahasan cara memperpanjang SIM via online, simak pembahasan kebijakan SIM Online di bawah ini.

 

Kebijakan SIM Online

Kecanggihan di era milenial ternyata membuat pemerintah Tanah Air lebih melek terhadap teknologi, salah satunya digunakan untuk membangun, mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat agar lebih efektif dan efisien.

Dengan berbasis online, Kepolisian juga menggunakan fasilitas sistem digital untuk melakukan perpanjang SIM yang akan memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Kebijakan untuk perpanjang SIM via online sementara baru diberlakukan untuk pemohon SIM A & SIM C.

Hal ini sebetulnya telah diberlakukan pada bulan Oktober 2015 silam yaitu dengan tujuan untuk memberi kemudahan dan mempersingkat setiap prosedur yang dianggap konvensional sehingga lebih cepat, efektif dan juga efisien.

Cara Membuat SIM Mobil 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Menyiapkan Dana Pensiun, Menabung, dan Investasi saja Tidak Cukup! Mulai Buat Perencanaan Dana Hari Tua]

 

Tak perlu antre lagi, masyarakat yang akan memperpanjang SIM hanya perlu mengunjungi situs website dan melakukan pengisian berkas.

Setelah data diproses, maka pemohon akan diarahkan untuk datang ke kantor pengambilan SIM di semua kantor Satuan Penyelenggara SIM atau Satpas yang memiliki jaringan online di seluruh Indonesia (bukan alamat KTP) untuk melakukan proses selanjutnya termasuk pengambilan SIM yang baru.

 

Panduan Pendaftaran Perpanjang SIM Online

Berikut ini 4 langkah mudah pendaftaran perpanjang SIM Online yang bisa kamu lakukan!

 

#1 Persiapan Dokumen yang Diperlukan

Langkah pertama, kamu perlu melengkapi setiap kelengkapan. Berikut ini syarat untuk mengajukan dokumen perpanjang SIM online, yaitu:

  • Mengisi formulir pengajuan perpanjang SIM online (akan dijelaskan pada bagian selanjutnya).
  • Memiliki KTP asli setempat yang masih berlaku untuk WNI (Warga Negara Indonesia) atau KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara) bagi WNA (Warga Negara Asing).
  • SIM yang lama.
  • Surat keterangan lulus uji keterampilan simulator untuk SIM tertentu.
  • Surat keterangan kesehatan mata, surat ini bisa kamu dapatkan sesaat sebelum mengantre untuk melakukan pemotretan dan juga sidik jari di kantor Satpas yang kamu tuju.

 

Cara Membuat SIM Mobil 04 - Finansialku

[Baca Juga: Para HR, Edukasi 10 Tips Produktif Kerja di Musim Hujan Kepada Karyawan Anda]

 

#2 Buka Website Perpanjang SIM Online

Selanjutnya, kamu perlu mengakses website Korlantas Polri dan memilih menu “Pendaftaran SIM Online”.

Selanjutnya, kamu tinggal mengisi setiap kolom pertanyaan yang harus diisi mengenai data-data yang diperlukan untuk proses perpanjang SIM seperti di bawah ini.

Tanpa Antre dan Ribet, Begini Cara Perpanjang SIM Online 03 - Finansialku

Tampilan halaman website pendaftaran SIM Online

 

Setelah mengisi setiap kolom yang diwajibkan untuk diisi, pada akhirnya kamu harus mengonfirmasi data yang telah kamu masukkan sehingga kamu mendapatkan bukti registrasi SIM online yang akan masuk ke inbox email-mu secara otomatis.

 

#3 Bayar Biaya Perpanjang SIM Online

Pembayaran biaya pembuatan SIM Online sangatlah mudah.

Kamu tidak perlu melakukan pembayaran di kantor Satpas/Gerai/SIM Keliling karena kamu dapat melakukan pembayaran via transfer ATM atau E-Banking atau transaksi melalui teller bank.

Simpan bukti pembayaran dan juga konfirmasi pendaftaran untuk proses selanjutnya.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Berikut ini adalah tarif pembuatan SIM baru dan perpanjangan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 50 Tahun 2010 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan Negara bukan pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

  • Biaya pembuatan SIM A Baru sebesar Rp120.000 dan perpanjang sebesar Rp80.000
  • Biaya pembuatan SIM B I Baru sebesar Rp120.000 dan perpanjang sebesar Rp80.000
  • Biaya pembuatan SIM B II Baru sebesar Rp120.000 dan perpanjang sebesar Rp80.000
  • Biaya pembuatan SIM C baru sebesar Rp100.000 dan perpanjang sebesar Rp75.000
  • Biaya pembuatan SIM D baru sebesar Rp50.000 dan perpanjang sebesar Rp30.000

 

#4 Datangi Kantor Layanan Perpanjang SIM

Setelah melakukan setiap langkah di atas, kamu tinggal mendatangi kantor layanan perpanjang SIM yang telah kamu sepakati dan isi pada website sebelumnya.

Jangan lupa untuk membawa setiap berkas dokumen yang telah dipersiapkan, termasuk bukti pembayaran dan form pengajuan perpanjang SIM online yang telah kamu cetak sebelumnya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, surat keterangan sehat mata perlu kamu sertakan dengan cara mendatangi Puskesmas atau biasanya akan akan kantor layanan pemeriksaan kesehatan mata di sebelah kantor layanan perpanjang SIM.

Kenali Prosedur Membuat SIM C 02 SIM Motor 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Hak Karyawan Berdasarkan UU Ketenagakerjaan yang Perlu Diketahui]

 

Mengenai kantor layanan perpanjang SIM, ada tiga pilihan tempat layanan perpanjang SIM online yang dapat kamu datangi, diantaranya sebagai berikut:

 

#1 Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas SIM)

Satpas SIM yang terintegrasi secara online, diantaranya:

  1. Polrestabes Surabaya, Bandung, Makassar, Semarang, dan Medan.
  2. Polrestro Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Bekasi.
  3. Polresta Palembang, Bandar Lampung, Ambon, Denpasar, Jayapura, Tangerang, Depok (Pasar Segar), Depok (Margonda), Ternate, Banda Aceh, Padang, Pontianak, Pekanbaru, Bengkulu, Banjarmasin, Jambi, Kendari, Mamuju, Manado, Palu, Gorontalo, Pangkal Pinang, dan Balerang.
  4. Polres Kupang, Serang, Mataram, Bulungan, Palangkaraya, Tangerang Kabupaten, Tangerang (Tigaraksa), Manokwari, Bekasi, dan Sleman.
  5. Satpas SIM Polda Metro Jaya

 

#2 Mobil SIM Keliling

Jika kamu tidak sempat untuk datang ke kantor Satpas, kamu dapat mengunjungi mobil SIM keliling yang akan berkeliling secara nomaden di kota tempat tinggalmu.

Tapi, karena sifatnya yang nomaden alias berpindah-pindah, kamu perlu mengetahui informasi keberadaan SIM keliling melalui official media sosial SIM Keliling.

 

#3 Gerai SIM

Bagi kamu yang berhalangan untuk meluangkan waktu di hari kerja atau weekday, kamu dapat mendatangi gerai SIM yang tetap buka saat weekend.

Setelah menyerahkan semua data kelengkapan di Satpas tujuanmu, kamu hanya tinggal melakukan beberapa proses selanjutnya, seperti:

  • Pengambilan Foto
  • Pengambilan Sidik Jari
  • Pengambilan Tanda Tangan

 

Setelah itu, proses pengambilan SIM baru pun tidak terlalu lama. Hanya terpaut satu jam, biasanya kamu dapat membawa pulang kartu SIM baru-mu.

 

Tak Perlu Ribet, Perpanjang SIM Online Saja

Bagaimana, mudah bukan?

Tidak perlu antre panjang bahkan kamu tidak perlu pulang kampung untuk mengurusnya karena kamu bisa memperpanjang SIM via online                                               

Hanya pastikan jaringan internetmu stabil dan nikmati kemudahan dalam memperpanjang SIM online.

 

Pernahkah kamu melakukan registrasi perpanjang SIM via online? Tuliskan pengalamanmu yang dapat memberikan panduan bagi para pembaca lainnya!

Kamu juga dapat membagikan informasi tentang paduan registrasi perpanjang SIM online di atas kepada rekan atau kenalanmu yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Korlantas Polri. Pendaftaran SIM Online. Sim.korlantas.polri.go.id – https://bit.ly/2D3Jjhr
  • Fitriana Monica. 21 Februari 2019. Begini Cara Perpanjang SIM Online Tanpa Antre dan Tak Pakai Ribet. Liputan6.com – https://bit.ly/2WXl5Nr
  • Merna Arini Nurizzati. 6 June 2018. Cara Perpanjang SIM Online: Lokasi, Syarat, dan Prosesnya. Halomoney.co.id – https://bit.ly/2uUzzlb

 

Sumber Gambar:

  • Perpanjang SIM Online – https://bit.ly/2Z237em
  • Perpanjang SIM Online – https://bit.ly/2YYbKH3