Apakah Anda sudah tahu apa saja syarat perpanjang STNK? Apa benar proses perpanjang STNK akan ribet dan merepotkan?

Bagi Anda pemilik kendaraan bermotor, setiap tahunnya tentu saja Anda perlu melakukan pembayaran pajak bersama dengan perpanjangan STNK.

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

Mengapa Harus Perpanjang STNK?

Pernahkah Anda mengurus proses perpanjang STNK secara langsung di Samsat? Banyak orang berpikiran bahwa proses pembayaran pajak tahunan di Samsat akan memakan banyak waktu dan pungli dimana-mana.

Tentu saja bayangan ini akan membuat siapapun merasa malas karena terasa membuang-buang waktu.

Karena bayangan akan kerepotan mengurus STNK ini, banyak orang yang akhirnya malah lebih memilih untuk menyewa calo daripada mengurus sendiri.

Mengurus perpanjang STNK dengan calo mungkin akan cukup memudahkan, tapi biaya yang harus Anda bayarkan akan menjadi lebih besar dan tentu saja menjadi tidak tertib aturan.

Padahal sebenarnya, mengurus perpanjangan STNK tidak terlalu repot jika Anda tahu apa saja syarat perpanjang STNK yang harus Anda siapkan sebelum ke Samsat.

Cara dan Syarat Perpanjang STNK 02 STNK 2 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Kredit Kendaraan, Kenali Dulu Pajak Kendaraan Bermotor]

Sebelum mengetahui bagaimana proses perpanjangan STNK, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu mengapa memperpanjang STNK harus Anda lakukan.

Setiap warga negara yang memiliki kendaraan bermotor diwajibkan untuk mendaftarkan kendaraan bermotor yang dimiliki ke Samsat daerahnya.

Pendaftaran ini dilakukan agar Anda bisa memiliki Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK), dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

STNK dan TNKB ini memiliki masa berlaku yang akan kedaluwarsa setelah 5 tahun. Dan setiap tahunnya, Anda perlu datang ke Samsat untuk mendapatkan pengesahan tahunan.

Pengesahan ini biasanya ditandai dengan pembubuhan cap atau stiker pada kotak yang tersedia. Setelah 5 tahun, kotak tersebut akan penuh dan Anda perlu melakukan penggantian STNK dan TNKB.

Persyaratan Perpanjang STNK Tahunan

Sebelum datang ke Samsat untuk melakukan perpanjang STNK, ada baiknya Anda menyiapkan persyaratan perpanjang STNK dan beberapa barang lainnya yang dapat membantu. Berikut ini adalah persyaratan yang perlu Anda siapkan:

  1. STNK asli dan fotokopinya 1 lembar.
  2. KTP asli sesuai STNK dan fotokopi KTP sebanyak 1 lembar.
  3. BPKB asli dan fotokopinya 1 lembar.
  4. Motor yang ingin dibayar pajaknya.

Setelah seluruh persyaratan tersebut lengkap, Anda siap datang ke Samsat. Selain persyaratan wajib, ada baiknya Anda membawa alat tulis seperti pulpen sendiri.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mengantre lebih lama saat mengisi formulir.

Sebelum Kredit Kendaraan 02 Pajak 2 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Syarat dan Cara Membuat SIM Mobil (SIM A) Dengan Benar]

Prosedur Perpanjang STNK

Ada beberapa tahap yang perlu Anda lewati sebelum melakukan pembayaran STNK.

#1 Cek Fisik Motor Atau Gesek

Begitu Anda sampai di lokasi Samsat, ada baiknya Anda tidak langsung mencari parkiran. Tapi langsung saja datang ke loket pendaftaran cek fisik dan mengambil nomor antrean.

Kemungkinan akan ada banyak motor yang mengantre dan menunggu giliran. Akan tetapi, biasanya ada lebih dari dua jalur antre, sehingga proses mengantre tidak akan terlalu lama. Bahkan biasanya tidak lebih dari 10 menit.

Secara umum, pemeriksaan cek fisik kendaraan ini tidak akan dikenakan biaya. Akan tetapi, jika ternyata Anda perlu membayar sejumlah uang dan merasa terkena pungli, Anda bisa melaporkan kejadian tersebut.

Beli Motor Bekas STNK Finansialku

[Baca Juga: Tata Cara dan Prosedur Klaim Asuransi Mobil Supaya Tidak Ditolak]

#2 Validasi Hasil Cek Fisik

Setelah selesai proses cek fisik, Anda bisa memarkirkan motor Anda di parkiran. Selanjutnya, Anda perlu memberikan hasil cek fisik dan STNK asli Anda ke bagian legalisasi hasil cek fisik.

Biasanya, lokasi tempat ini tidak terlalu jauh dari lokasi gesek. Dan Anda bisa mengurus hal-hal di tempat ini hanya salam waktu 15 menit saja.

 

#3 Mengisi Formulir Perpanjangan STNK

Tahapan selanjutnya adalah mengambil dan mengisi formulir dari loket pendaftaran pengambilan formulir STNK.

Lengkapi semua bagian yang perlu Anda isi. Jika bingung, Anda bisa bertanya pada petugas bagian mana yang perlu Anda isi.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#4 Mendaftar Pembayaran Pajak

Siapkan berkas-berkas yang telah Anda persiapkan sebelumnya, gabungkan dengan berkas cek fisik yang telah dilegalisasi, serta formulir pendaftaran yang sudah diisi. Kemudian berikan seluruh berkas tersebut ke loket pendaftaran.

Di tempat ini, Anda akan mendapat nomor antrean dan harus menunggu beberapa lama.

Biasanya Anda perlu menghabiskan waktu sekitar 30 sampai 60 menit hingga nomor Anda dipanggil. Semakin sedikit yang mengantre tentu saja akan semakin cepat Anda dipanggil.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

#5 Melakukan Pembayaran Pajak

Begitu nama Anda dipanggil, Anda perlu membayar pajak di kasir sesuai angka yang tercetak di lembar pajak. Setelah Anda membayarkan beban pajak, Anda akan mendapatkan dua lembar bukti bayar.

Yang pertama adalah lembar putih untuk ambil plat nomor, yang kedua adalah lembar biru untuk mengambil STNK baru.

#6 Ambil STNK Dan Plat Nomor Baru

Sampai sini proses perpanjang STNK Anda sudah hampir selesai. Anda hanya tinggal mengambil STNK dan plat nomor baru. STNK bisa Anda ambil di tempat pengambilan STNK dan plat nomor bisa Anda ambil di loket TNKB.

Sebelum membawa STNK Anda pulang, pastikan data yang tertera di STNK sudah sesuai dengan data-data Anda. Mulai dari nama, plat nomor, dan juga jenis kendaraannya.

Di samping itu, Anda juga akan mendapatkan bukti bayar pajak yang baru. Keseluruhan proses ini dapat memakan waktu sekitar 1-2 jam. Dan seharusnya tidak ada biaya lainnya selain biaya pajak yang harus Anda bayarkan.

Selain itu, dari pemerintah pun sebenarnya sudah mengimbau untuk tidak melakukan pembayaran yang tidak ada kuitansi dengan cap PNPB (Penerimaan Negara Bukan Pajak).

Dibandingkan dengan menggunakan calo, mengurus STNK, TNKB, dan plat nomor sendiri tentu saja lebih mudah dan murah.

Jika Anda menggunakan calo, biasanya Anda akan dikenakan biaya calo mulai dari Rp200 ribu hingga Rp500 ribu. Biaya tersebut adalah biaya di luar pajak yang harus Anda bayarkan.

Di samping itu, meskipun menggunakan calo, sebenarnya proses pengurusan perpanjangan STNK tersebut juga bisa memakan waktu lebih dari satu hari.

Apalagi, jika Anda menggunakan calo, seluruh berkas dan dokumen Anda perlu Anda titipkan kepada calo tersebut, apakah Anda merasa hal tersebut cukup aman?

Bayar Pajak DriveThru

Bahkan saat ini, Anda juga bisa membayar pajak tanpa harus turun dari motor. Dengan memanfaatkan sistem ini, Anda bisa mengurusnya hanya dalam waktu 5-10 menit saja.

Tapi sebelum itu, pastikan kalau seluruh persyaratan yang diperlukan sudah siap.

Yaitu orang yang membayar sesuai nama yang tertera di STNK atau diwakilkan oleh orang yang memiliki alamat tinggal yang sama, motor yang mau dibayar pajaknya, BPKB dan STNK asli, serta KTP asli sesuai STNK atau KTP yang mewakili.

Setelah semua persyaratan siap, Anda tinggal datang ke loket pembayaran pajak Drivethru di Samsat. Di loket pertama, seluruh berkas Anda akan diperiksa, dan di loket kedua, Anda tinggal membayar pajaknya dan selesai.

 

Ingin Respon Cepat dalam berkonsultasi seputar pernikahan di KUA atau apapun masalah keuangan Anda? UPGRADE Aplikasi Finansialku ke versi premium dengan harga Rp350.000 untuk satu tahun penuh. Anda dapat berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku yang sudah tersertifikasi (Certified Financial Planner™).

Tapi tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan kode voucher: UNTUNGTERUS untuk mendapatkan potongan harga Rp50.000. Hemat bukan? Tunggu apalagi, Yuk konsultasikan Masalah Keuanganmu dengan ahlinya sekarang juga.

Konsultasi Keuangan

Dengan UPGRADE aplikasi Finansialku Premium kamu bisa CURHAT apapun seputar masalah keuangan kamu dengan Ahlinya. Gunakan kode voucher: UNTUNGTERUS untuk dapatkan diskon Rp 50.000. Yuk segera berlangganan Aplikasi Finansialku Premium!

 

Itulah cara dan syarat perpanjang STNK di Samsat tanpa menggunakan calo atau perantara.

Jika Anda memiliki informasi terkait proses perpanjang STNK di daerah Anda, silahkan bagikan informasi tersebut dengan menuliskannya pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

Sumber Referensi:

  • Ulfa Sekar. 27 April 2018. Cara dan Biaya Ganti Plat Motor serta Perpanjang STNK Tahunan. Moneysmart.id – https://goo.gl/YxKR9p

Sumber Gambar:

  • STNK 1 – https://goo.gl/61VhfX
  • STNK 2 – https://goo.gl/aSZLpQ