Apakah Anda pernah berinvestasi emas lokal (cukim)? Istilah emas lokal (cukim) mungkin terdengar asing bagi Anda, investor pemula. Sebenarnya investasi emas lokal ini sudah banyak dan lazim ditemui di Indonesia. Yuk kita bahas investasi emas lokal (cukim). 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Renovasi Dapur Minimalis dengan Biaya yang Terbatas

Rumah idaman tentu tidak bisa dipisahkan dari sebuah dapur yang bersih dan nyaman. Semua orang ingin dapur mereka selalu menjadi area yang tertata rapi dan menyenangkan, barangkali Anda juga salah satunya. Kondisi dapur yang seperti ini, akan membuat rumah Anda menjadi lebih lengkap dan nyaman bagi Anda serta anggota keluarga lainnya.

Ketika dapur Anda bersih, maka Anda akan lebih betah berada di sana saat akan mengolah berbagai makanan yang Anda sukai. Bukan hanya itu saja, dapur yang bersih juga akan jauh lebih sehat dan bisa mendukung Anda untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang baik dan sehat sepanjang waktu. Lalu, apakah Anda sudah memiliki dapur yang seperti ini di rumah Anda?

 

Lakukan renovasi dengan tepat

Jika ternyata Anda merasa area dapur Anda masih belum sesuai dengan harapan Anda, maka renovasi adalah langkah tepat yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya. Anda dapat menata, merapikan, dan bahkan membuat suasana dapur menjadi baru dan berbeda. Namun, semua rencana renovasi ini tentu akan membutuhkan sejumlah biaya yang jumlahnya terbilang cukup besar.

dapat-warisan-rumah-ingat-bayar-pajak-dan-bphtb-dulu-finansialku

[Baca juga : Cermati 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Asuransi Properti]

 

Mengingat tingginya biaya renovasi yang mungkin akan Anda butuhkan, maka penting bagi Anda untuk menyusun anggaran yang tepat untuk kebutuhan ini. Jika dilakukan dengan terencana, maka dengan sejumlah anggaran yang terbatas sekalipun, Anda tetap bisa melakukan renovasi dan mengubah dapur Anda menjadi lebih rapi dari sebelumnya. Langkah pertama yang wajib Anda tentukan sejak awal adalah menetapkan jumlah anggaran yang akan digunakan untuk renovasi tersebut. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, agar Anda dapat menyiapkan dana tersebut dengan baik, sehingga kegiatan renovasi ini tidak akan mengganggu keuangan Anda.

Bila Anda telah menetapkan jumlah biaya yang akan dialokasikan untuk renovasi tersebut, maka Anda sudah bisa mulai memikirkan sumber dana tersebut. Akan sangat baik jika ternyata Anda memang memiliki sejumlah dana tunai yang bisa dialokasikan dengan segera. Namun jika ternyata Anda tidak memilikinya, maka untuk pendanaan renovasi ini, dapat Anda siapkan dengan beberapa cara, seperti: mulai menabung dan memisahkan sejumlah penghasilan setiap bulannya, melakukan renovasi dengan cara mencicil setiap bulannya (bertahap), atau Anda bahkan dapat mengajukan sejumlah pinjaman ke bank.

 

Ide renovasi yang mudah dan murah

Jika Anda telah memiliki dana yang dapat dialokasikan untuk renovasi tersebut, maka Anda dapat memulai kegiatan ini dengan segera. Pastikan Anda tidak melakukan berbagai renovasi yang berlebihan, mengingat jumlah dana yang Anda miliki mungkin saja sangat terbatas. Jika biaya renovasi ini melebihi budget yang Anda tetapkan, maka besar kemungkinan Anda akan tekor dan mengalami masalah keuangan di kemudian hari.

para-suami-ini-7-cara-mengatasi-istri-yang-boros-1-finansialku

[Baca juga : Para Suami, Ini 7 Cara Mengatasi Istri yang Boros]

 

Tidak perlu berlebihan, Anda bahkan dapat melakukan renovasi pada beberapa bagian dapur saja, namun hal tersebut membuat tampilan dapur menjadi lebih bersih dan nyaman. Simak beberapa bagian yang dapat Anda sentuh dengan kegiatan renovasi, agar dapur Anda menjadi terlihat lebih cantik dari sebelumnya:

 

Lakukan pengecatan ulang

Cat selalu menjadi salah satu alat ajaib yang dapat membuat tampilan sebuah ruangan menjadi lebih baru dan berbeda, termasuk dapur Anda juga. Jika mau, Anda bisa mengganti warna dapur Anda dengan warna yang baru dan lebih cerah, sehingga dapur terlihat lebih terang dan bersih. Namun jika Anda telah nyaman dengan warna dapur Anda sekarang, maka Anda hanya perlu melakukan pengecatan ulang tanpa mengganti warna cat sebelumnya. Kegiatan pengecatan ini akan membuat semua menjadi terlihat lebih baru dan bersih, apalagi jika ternyata Anda memiliki selera yang baik dalam pemilihan warna yang tepat.

 

Ganti peralatan dapur yang lama

Untuk melakukan hal ini, Anda harus sangat berhati-hati dan tetap menyesuaikan pengeluaran ini dengan budget yang Anda miliki. Jangan sampai Anda kalap dan mengganti berbagai peralatan dapur yang lama dengan berbagai barang yang baru tanpa sebuah perhitungan. Penggantian ini harus dilakukan dengan penuh pertimbangan, di mana Anda mempertimbangkan beberapa hal, seperti: fungsi perelatan yang baru, kelebihannya dari peralatan yang lama, harga yang harus dibayarkan, serta berbagai poin lainnya yang Anda anggap penting.

 

Mengganti ubin dapur

Warna dan tampilan lantai juga dapat membuat sebuah ruangan menjadi lebih menarik dan indah. Hal ini bisa Anda pertimbangkan untuk lantai dapur Anda, di mana Anda mengganti dan memilih beberapa motif yang cantik dan terlihat menarik untuk dipasang di sana. Pastikan Anda memilih ubin yang tepat, dengan ukuran dan harga yang sesuai dengan budget yang Anda sediakan.

6-cara-mengelola-kartu-kredit-untuk-ibu-rumah-tangga-yang-benar-dan-menguntungkan-1-finansialku

[Baca Juga : Ini 6 Cara Mengelola Kartu Kredit untuk Ibu Rumah Tangga]

 

Ganti lampu

Dapur Anda terasa sedikit suram dan membosankan? Barangkali lampu adalah penyebabnya. Ganti lampu dapur anda dengan lampu LED yang lebih hemat energi, sehingga kondisi dapur terlihat lebih cerah, mengingat dapur memang seharusnya dalam kondisi terang dan nyaman untuk melakukan aktifitas yang banyak.

 

Tata ulang perabotan

Jika dapur terasa membosankan, Anda juga bisa mengubahnya dengan cara menata ulang kembali berbagai perabotan yang terdapat di sana. Anda dapat melakukan ini dengan mudah, terutama jika Anda memang memiliki selera seni yang lumayan untuk mengatur segala sesuatunya menjadi lebih indah. Jika dibutuhkan, Anda juga bisa membeli rak, gantungan, atau bahkan beberapa hiasan dinding yang dapat membuat segala seuatunya di dapur Anda menjadi lebih cantik lagi.

Tidak ada salahnya melakukan renovasi yang sederhana, sebab jika ditangani dengan baik, kegiatan ini juga dapat memberikan efek yang cantik dan nyaman di dapur Anda. Rencanakan dan siapkan budget renovasi Anda sejak awal, agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

 

Menurut Anda lebih untung berinvestasi logam mulia bersertifikat atau emas lokal (cukim)? Silakan tinggalkan opini Anda, terima kasih.

 

Sumber Gambar : 

  • Kitchen minimalist – https://goo.gl/xBzNdG dan https://goo.gl/5tmDVI

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang