Sobat Finansialku, tahukah bahwa catatan keuangan bagi entrepreneur memiliki peranan yang sangat penting?

Simak dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Manfaat dan Kegunaan Catatan Keuangan Bagi Entrepreneur

Banyak orang saat ini memimpikan menjadi pengusaha dan menjalankan bisnis dengan harapan punya bebas uang (bebas finansial) dan bebas waktu.

Tapi tahu tidak bahwa proses seseorang menjadi pengusaha tidaklah sesederhana itu.

Permasalahan waktu, sumber daya, manusia hingga masalah keuangan adalah hal yang akan ditemui saat menjalankan bisnis.

Menjalankan bisnis berarti kita bekerja untuk diri sendiri. Tidak akan ada yang mengeluarkan tenaga sebesar yang kita keluarkan, memberikan waktu sebesar yang kita beri, apalagi mengeluarkan uang sebesar yang kita keluarkan.

Oleh karena itu, bebas uang dan bebas waktu mungkin adalah hasil yang kita dapatkan dari bisnis kita jauh di masa yang akan datang.

Tapi, jika disiapkan secara matang sedini mungkin, memperoleh kebebasan finansial dan waktu tidaklah sejauh itu. Bagaimana caranya?

Pada artikel kali ini, saya akan mencoba membahas dari sudut pandang keuangan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, persiapan yang matang akan memudahkan kita mencapai kebebasan keuangan.

PENTINGNYA Jasa Konsultan Keuangan Bagi Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Alasan Keuangan Pribadi Harus Baik Sebelum Jadi Entrepreneur]

 

Nah, saya akan membicarakan tentang persiapan menuju kebebasan keuangan. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencatat keuangan.

Hal yang kesannya sepele ini kadang menjadi bom waktu apabila tidak di persiapkan sedini mungkin dan se-awal mungkin.

Melakukan pencatatan keuangan zaman sekarang tidak lagi sulit. Dulu mencatat keuangan memang ribet karena harus mengeluarkan buku catatan dan pensil atau pulpen.

Tap hari ini, ada banyak software yang membantu para pengusaha untuk melakukan pencatatan keuangan dengan lebih cepat dan sederhana, seperti aplikasi Finansialku.

Belum tahu aplikasi Finansialku? Finansialku adalah aplikasi yang bisa membantu kita mencatat keuangan di smartphone kita masing-masing.

Tidak hanya mencatat, di aplikasi ini, kita bisa menganggarkan, merencanakan dana kebutuhan kita di masa depan. Selain itu, kita juga bisa menerima edukasi mengenai keuangan lewat artikel, podcast, video, bahkan kelas online.

Lebih lagi, aplikasi Finansialku menyediakan layanan konsultasi dengan para CFP untuk membicarakan kondisi keuangan atau pun rencana keuangan di masa depan.

Tertarik? Download di Google Play Store atau Apple Apps Store berikut.

Nah, dengan adanya kemudahan ini, malas mencatat tidak lagi jadi alasan ya!

Yuk, kita bahas satu persatu apa saja manfaat dan kegunaan catatan keuangan bagi pengusaha.

 

#1 Mengetahui Posisi Keuangan Perusahaan

Dengan adanya catatan keuangan, pengusaha dapat melihat seberapa sehat kondisi keuangannya, banyaknya utang dan piutang, pertumbuhan aset, dan sebagainya.

 

#2 Untuk Mengambil Keputusan Usaha

Setelah mengetahui kondisi keuangan, hal ini menjadi landasan untuk strategi yang akan diambil di jangka pendek, menengah dan panjang.

Bayangkan apabila pengusaha tersebut merencanakan suatu program yang akhirnya tidak sukses dikarenakan kehabisan dana akibat salah perhitungan.

 

#3 Merencanakan Cashflow Serta Mengetahui Jumlah Keuntungan

Melalui laporan inilah Anda bisa melihat dan menganalisa berapa jumlah keuntungan dari bisnis, apakah memiliki keuntungan yang tinggi atau malah mengalami kerugian?

Melalui lajur debit dan kredit yang ada, Anda bisa melihat semuanya dengan transparan.

 

#4 Informasi Untuk Penghitungan Pajak

Dengan catatan keuangan yang jelas mempermudah untuk penghitungan pajak perusahaan dan mampu mengatur untuk perencanaan pajak ke depannya juga.

 

#5 Sebagai Laporan Untuk Pihak Luar

Seiring berjalannya waktu, ada saja kemungkinan calon partner bisnis atau pun investor yang tertarik dengan bisnis kita, dan dengan adanya catatan keuangan yang jelas akan mempermudah orang tersebut menilai valuasi perusahaan dan sebagainya.

 

Jadi sangat penting kan memiliki catatan keuangan? Nah karena hari ini kita tahu pentingnya pencatatan dalam mengatur keuangan, yuk, kita mulai catat keuangan supaya bebas finansial bisa diraih!