Jika kamu ingin jadi entrepreneur, perhatikan 3 alasan mengapa keuangan pribadi kamu harus baik sebelum membuka usaha sendiri berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menjadi Seorang Entrepreneur

Zaman sekarang, menjadi entrepreneur adalah pekerjaan keren yang banyak diminati oleh anak muda. Kenapa tidak? Dengan menjadi entrepreneur, kita bisa jadi pemilik perusahaan dan punya jam kerja yang fleksibel.

Dengan menjadi entrepreneur juga kita bisa mendapatkan uang yang lebih banyak daripada kita bekerja di perusahaan orang.

Tetapi, apakah saat kita menjadi seorang entrepreneur bisa langsung mendapatkan keuntungan tersebut?

Tentu saja tidak, dibalik keindahan dari menjadi seorang entrepreneur, tentu ada perjuangan untuk mencapai hal tersebut.

Banyak orang bilang, bahwa langkah pertama menjadi entrepreneur adalah lakukan terlebih dahulu. Saat sudah menjalankan menjadi entrepreneur, ternyata muncullah masalah yang sering dialami para entrepreneur.

Salah satunya adalah merasa barangnya laku tapi di akhir bulan, rekening malah semakin tipis.

Padahal kan seharusnya seiring dengan semakin besar penjualan maka seharusnya untung pun akan semakin besar. Mengapa hal itu bisa terjadi?

3 Alasan Keuangan Pribadi Harus Baik Sebelum Jadi Entrepreneur 02

[Baca Juga: Info Penting! Sebelum Kamu Sudah Siap Untuk Resign?]

 

Ternyata, dalam beberapa kasus yang sering ditemui, entrepreneur masih memiliki kesulitan untuk mengurus keuangan pribadinya, sehingga keuangan bisnisnya pun berantakan.

Lalu, apa saja alasan keuangan pribadi harus benar sebelum menjadi entrepreneur?

Yuk kita simak alasannya di bawah ini. Sebelum menyimak artikel lanjutannya, kamu bisa loh tanya-tanya ke perencana keuangan di finansialku dengan cara men-download aplikasi finansialku terlebih dahulu.

 

Alasan Kenapa Keuangan Personal Kamu Harus Baik Sebelum Menjadi Entrepreneur

Seperti yang kita tahu, masalah keuangan sering menjadi akar utama permasalahan di mana pun. Terutama dalam urusan berbisnis.

Seringnya, kesalahan keuangan ini terjadi karena memang dari awalnya keuangan personal dari pebisnis tersebut masih belum baik.

Berikut ini adalah alasan mengapa keuangan personal para pemilik bisnis harus baik terlebih dahulu sebelum memperbaiki keuangan usahanya.

 

Alasan #1 Mudah Membuat Keputusan Keuangan

Dengan kamu mulai sadar betapa pentingnya pengelolaan keuangan pribadi yang baik maka akan mempermudah kamu dalam membuat segala keputusan keuangan baik personal maupun bisnis.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena kamu memiliki kendali penuh terhadap keuanganmu, kapan kamu harus menambah investasi dan kapan kamu harus menahan uang kamu.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk mulai peduli dengan kondisi keuangan pribadi. Semakin cepat akan semakin baik. Lalu, langkah apa yang sebaiknya kamu lakukan pertama kali dalam mengelola keuangan kamu?

Langkah awal adalah mengecek kesehatan keuangan terlebih dahulu. Dengan melakukan cek kesehatan keuangan, kamu tahu sebenarnya keuangan kamu sehat atau tidak.

Kamu bisa cek kesehatan keuangan di aplikasi Finansialku atau bisa juga dengan klik tombol di bawah ini.

Cek Kesehatan Keuangan

 

Jika kamu mendapat kesulitan dalam membaca hasil tes kesehatan keuangan, jangan ragu untuk langsung bertanya ke perencana keuangan, supaya kamu pun semakin jelas dalam mengambil keputusan.

 

Alasan #2 Tidak Ada Lagi Penjualan Naik Tapi Rekening Kosong Di Akhir Bulan

“Perasaan penjualan naik, tapi kok di akhir bulan rekening malah jadi kembali ke awal ya?”

Apakah pertanyaan tersebut sangat berkaitan dengan kamu? Apakah kamu ingin tahu alasan kenapa rekening kamu tetap disitu-situ saja meskipun penjualan kamu di bulan ini bombastis?

Hal ini sering terjadi ketika kita tidak memiliki laporan keuangan dan tidak tahu bagaimana kondisi keuangan perusahaan dan pribadi kamu sebenarnya.

5 Cara Saya Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi dengan Aplikasi Finansialku 04 - Finansialku

[Baca Juga: Resolusi 2020: Apa yang Harus Dilakukan Untuk Mengatur Uang?]

 

Karena baru menjadi entrepreneur, kamu membuat investasi besar-besaran karena berpikir bisnis awal pasti mengeluarkan uang besar untuk berinvestasi pada usaha kamu di awal.

Biasanya, kita berinvestasi terhadap hal yang sebenarnya belum dibutuhkan. Karena tidak adanya kendali terhadap keuangan, maka kita melakukan investasi besar-besaran tanpa melihat kondisi keuangan kita saat ini dan ke depannya.

Dengan mengatur keuangan sendiri, membuat kita merefleksikan pengaturan keuangan pribadi sama dengan pengaturan keuangan bisnis kita.

Untuk menghindari hal tersebut, sudah saatnya kamu mulai melakukan pengaturan keuangan pribadi.

Setelah kamu cek kesehatan keuangan, kamu bisa mulai membaca ebook mengenai pengaturan keuangan untuk usia 30an di bawah ini.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Alasan #3 Kamu Bisa Menikmati Uang Hasil Usaha Kamu, Tanpa Mengganggu Keuangan Usaha Kamu

Banyak para pengusaha yang bingung, “Apakah seharusnya saya mendapatkan gaji atau tidak?”

Banyaknya tagihan yang harus dibayar dan uang yang disisihkan untuk investasi, sehingga sering kali pemilik usaha tidak menggaji diri mereka sendiri.

Padahal tujuan pertama kamu membuka usaha ini supaya bisa mendapatkan gaji sendiri yang lebih besar daripada bekerja pada orang lain.

Karena kamu tidak tahu bagaimana kondisi keuangan, kamu bingung berapa gaji yang seharusnya kamu dapatkan dari usaha tersebut.

5 Cara Saya Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi dengan Aplikasi Finansialku 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Memperbaiki Keuangan Buat Kamu Si Korban Promo dan Diskon]

 

Meskipun kamu tetap berpikiran bahwa uang usaha harus diputar ke usaha, jangan lupa untuk menggaji diri kamu sendiri, supaya kamu juga bisa menjaga arus kas keuangan pribadi kamu.

Untuk mengetahui berapa sebenarnya gaji yang pantas, kamu harus melihat dari laporan keuangan usaha kamu, bagaimana rencana kamu ke depannya sehingga bisa diputuskan berapa gaji yang tepat untuk kamu.

Sama ketika kamu akan menggaji para karyawan, jangan lupa untuk menggaji diri kamu sendiri ini. Berikanlah gaji yang pantas untuk kamu tanpa perlu mengganggu keuangan usaha.

 

Apalagi Yang Ditunggu? Yuk Atur Keuangan Pribadi Kamu, Sekarang!

Dengan mengetahui alasan kenapa kamu harus mengatur keuangan pribadi, tentu akan berpengaruh besar terhadap keuangan usaha kamu. Semakin cepat kamu menyadari, akan semakin mudah juga memperbaikinya.

Kalau kamu yang masih memikirkan bisnis apa yang sesuai dengan kamu, kamu bisa memulai dengan mengatur keuangan pribadi terlebih dahulu. Supaya kamu tahu juga sebenarnya kemampuan keuangan kamu seperti apa.

Jangan lupa, hal pertama yang harus kamu siapkan adalah modal awal. Dengan adanya kendali terhadap keuangan kamu, tentu akan semakin mudah untuk menentukan keputusan keuangan kamu juga.

Untuk lebih jelas mengenai pengelolaan keuangan bisnis dan pribadi, kamu bisa baca ebook gratis Finansialku berikut ini.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui alasan mengapa keuangan personal harus baik terlebih dahulu sebelum memulai bisnis.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tentang alasan mengapa keuangan personal harus baik terlebih dahulu sebelum memulai bisnis. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Keuangan pribadi 01 – http://bit.ly/2FXc8gD
  • Keuangan pribadi 02 – http://bit.ly/3aca16u