Update kinerja perusahaan PT Multipolar Tbk. sepanjang 2020 dan prospeknya ke depan. Hanya di Finansialku.

 

Business Profile

PT Multipolar Tbk. (MLPL), berdiri pada tahun 1975 dengan fokus awal sebagai perusahaan ritel elektronik.

Saat ini berevolusi menjadi sebuah perusahaan investasi strategis dengan cakupan bisnis meliputi segmen ritel, telekomunikasi, multimedia dan teknologi (TMT), serta Bisnis lain dan investasi.

Company Update_ Analisis Prospek PT Multipolar Tbk. (MLPL) 02

Sumber: https://bit.ly/3iuTDER

 

Emiten ini bergerak di bidang jasa telekomunikasi, industri informatika, perdagangan umum meliputi perdagangan impor, ekspor, interinsulair, lokal dan ritel (eceran), jasa pengembangan dan pengelolaan properti/real estate, penyewaan ruang-ruang dalam bangunan, dan investasi. 

Pada segmen Ritel, Perseroan berinvestasi pada PT Matahari Department Store Tbk. (MDS) dan PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) yang merupakan pemimpin pasar terutama di kategori konsumen kelas menengah.

Matahari sebagai pionir konsep department store modern di Indonesia dan tetap menjadi pilihan utama untuk produk-produk fashion, kecantikan dan barang-barang keperluan rumah tangga dengan harga terjangkau.

[Baca Juga: Analisis Ritel dan Trade: PT Matahari Dept Store (LPPF)]

MPPA mengoperasikan berbagai gerai multiformat, yaitu jaringan ritel hipermarket Hypermart, gerai grosir SmartClub, supermarket Foodmart yang terdiri dari Foodmart Primo untuk segmen premium dan Foodmart Fresh untuk produk segar berkualitas, Boston Health and Beauty untuk produk perawatan dan kesehatan pribadi, convenience store FMX, dan e-commerce melalui aktivitas online-to-offline (O2O).

 

Pada segmen Ritel, PT Gratia Prima Indonesia (GPI), mengoperasikan jaringan toko buku Books and Beyond (B&B), yang menawarkan berbagai koleksi buku, mainan, serta alat tulis impor dan lokal dalam konsep gerai yang modern.

PT Matahari Graha Fantasi (MGF) mengelola jaringan pusat hiburan keluarga Timezone yang menawarkan pengalaman bermain game arcade.

Platform edukasi teknologi (edutech) Ruangguru pada 2021 resmi menjadi salah satu portofolio emiten Grup Lippo, PT Multipolar Tbk. (MLPL).

 

Informasi Segmen Operasi

Company Update Analisis Prospek PT Multipolar Tbk. (MLPL) 1

 

Kinerja Keuangan PT Multipolar Tbk. (MLPL)

Dari sisi likuiditas nilai aset MLPL mengalami peningkatan tipis jika dibandingkan tahun 2019 dengan Arus kas pada 2020 mengalami penurunan menjadi minus 180.670, untuk kas yang tersedia pada akhir periode Q4 2020 mengalami penurunan 10,56%.

Company Update Analisis Prospek PT Multipolar Tbk. (MLPL) aset

Sumber: Cheat Sheet RK Team

 

Dari sisi profitabilitas, penghasilan per Q4-2020 mengalami peningkatan dari kuartal sebelumnya namun turun jika dibandingkan Q4 2019, penghasil per Q4 2020 senilai 2.698.887 M dengan keuntungan bersih masih minus 7.029 M.

Disamping meningkatnya pendapatan perusahaan, beban pokok mengalami peningkatan -16,54% jika dibandingkan akhir periode 2019.

Laba kotor menyusut 54,11% masih dalam posisi minus dengan posisi gross profit margin 20%.

Company Update Analisis Prospek PT Multipolar Tbk. (MLPL) liability

Sumber: Cheat Sheet RK Team

 

Liabilitas perusahaan mengalami peningkatan 21,24% pada Q4 2020.

Company Update Analisis Prospek PT Multipolar Tbk. (MLPL) btr

Sumber: Cheat Sheet RK Team

 

Rasio DER berada pada posisi yang tidak bagus di 2,6x, DER MLPL mengindikasi jumlah liabilitas perusahaan lebih banyak dibandingkan dengan ekuitas (berisiko)

Jika melihat ROE dari perusahaan per Q4 2020 masih diposisi minus, dibawah 10% yang mengindikasi hubungan dan konsisten antara kinerja perusahaan yang tidak bagus (ROE rendah) dengan kenaikan harga sahamnya.

Sobat Finansialku ingin tahu bagaimana membaca laporan keuangan perusahaan akan berpengaruh pada investasi saham Anda?

Dengarkan audiobook berikut ini yang dipersiapkan khusus oleh Finansialku.

banner -laporan keuangan dan manfaat bagi investor

 

Outlook Multipolar (MLPL)

Walaupun kinerja perseroan masih belum baik dengan liabiltas yang masih tinggi, perseroan sebagai Induk usaha Grup Lippo semakin gencar melakukan transformasi digital untuk segmen bisnis ritel.

Strategi ini ditandai dengan serangkaian aksi korporasi yang belakangan ini gencar dilakukan.

[Baca Juga: VIDEO: Mochtar Riady Jadi Konglomerat Dari Jagain Toko (Bos Lippo Group)]

MLPL menyiapkan infrastruktur untuk menunjang digitalisasi bisnis grup di segmen ritel melalui Grup Multipolar. Kemudian, LPPF dan MPPA menjadi eksekutor Grup Lippo dalam penjualan melalui omnichanel yang tengah dikembangkan.

Grup Lippo semakin serius memaksimalkan omnichannel di segmen ini demi membangkitkan kembali bisnis ritel grup dengan wajah yang baru.

Berbagai aksi korporasi yang dilakukan perseroan, Multipolar sebagai perusahaan investasi telah membangun kompetensi dalam melihat dan berinvestasi pada perusahaan-perusahaan yang dianggap sesuai dengan strategi perseroan ke depannya.

 

Seiring dengan program vaksinasi yang tengah berjalan memberikan pemulihan signifikan, fokus perseroan untuk meningkatkan nilai portofolio dan investasi.

Secara terperinci pihak MLPL belum bisa memberika informasi detail karena sebagian besar investasi yang dilakukan masih dalam tahap pengembangan, tahap startup, serta tahap merger dan akuisisi, meningkatnya harga saham MLPL sejak Maret 2021 menjadi salah satu top gainers di market, MLPL bertengger di posisi Rp 675 (per 10 Juni 2021) dengan kapitalisasi pasar Rp 5,3 triliun.

Saham MLPL sudah melesat 1084,21% sepanjang 2021.

 

Katalis

Indonesia dengan populasi yang besar dan usia rata-rata muda, merupakan segmen kelas menengah yang cukup besar, dan digitalisasi yang cepat mengarah kepada sentimen positif bagi industri ritel dan sektor e-commerce negara ini.

Dengan tingkat pengguna e-commerce nomor 1 didunia pada tahun 2019, hampir 90 persen pengguna internet dengan range umur 16 hingga 64 tahun di Indonesia pernah membeli produk atau jasa secara online.

Konsumen di era sekarang lebih cenderung memiliki kebiasaan belanja dengan menggunakan platform online sekaligus offline, pelanggan Indonesia cenderung melakukan riset tentang produk yang akan dibeli di toko online, kemudian membelinya di toko offline.

 

Industri e-commerce di Indonesia didominasi oleh penjualan ritel, pertumbuhan yang pesat ini difasilitasi oleh hadirnya marketplace, karena mudahnya membuka toko secara online, para pelaku bisnis bisa menawarkan barang dan jasanya secara digital dan menjangkau calon konsumen secara lebih luas.

Industri ritel Indonesia akan membukukan Laju Pertumbuhan Majemuk Tahunan (CAGR) hampir 6% hingga 2023.

Populasi muda, segmen kelas menengah yang kuat, meningkatnya e-commerce dan pengembangan ritel di Indonesia semuanya bersatu mendorong  pertumbuhan industri ritel.

Di antara faktor-faktor tersebut, ekspansi ritel mendorong pengembangan lebih lanjut dengan memanfaatkan potensi bisnis dari daerah-daerah baru di seluruh Nusantara.

 

Kesimpulan

Prospek PT Multipolar Tbk. (MLPL) di tahun ini sepertinya mulai positif seiring dengan kabar ekspansi bisnis dan berbagai aksi korporasi yang dilakukan perseroan.

Peluang bisnis MLPL yang merambah lini bisnis stratup dan digitalisasi akan semakin menarik di tahun ini dengan melihat besarnya potensi dari bonus demografi Indonesia.

Melesatnya harga perseroan di market sebagian besar berasal dari rumor yang memang belum semuanya di benarkan oleh perseroan.

Pihak manajemen MLPL belum bisa memberika informasi detail karena sebagian besar investasi yang dilakukan masih dalam tahap pengembangan, tahap startup, serta tahap merger dan akuisisi,

Posisi keuangan MLPL yang belum baik saat ini menjadikannya belum menarik untuk diinvestasikan long-term, seiring dengan pertumbuhan produksi dan pertumbuhan pendapatan kelak Emiten diharapkan bisa mencetak pertumbuhan laba bersih yang konsisten.

 

Disclaimer: Penyebutan nama saham tidak bermaksud memberikan opsi buy/sell atau pun rekomendasi untuk saham tertentu. Artikel menunjukkan fakta dan analisa dari penulis berdasarkan laporan keuangan dan diambil dari sumber dianggap terpercaya. Data dapat berubah tergantung kondisi. Seluruh tulisan dan tanggapan adalah opini pribadi.

 

Itulah analisis saham MLPL dan prospeknya ke depan yang bisa membantu pertimbangan investasi Anda. Punya pertanyaan? Anda bisa tanyakan dalam kolom komentar.

Anda juga bisa bergabung dalam grup komunitas belajar saham Finansialku untuk info terbaru dan diskusi mengenai saham dengan praktisi dan pakarnya.

 

Sumber Referensi:

  • Aplikasi IPOTGO
  • Annual Report Multipolar Tbk, 2020 (www.idx.co.id)
  • Bisnis.com

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/3zmCoLN