Duh, gimana sih contoh catatan keuangan sederhana di Excel? Catatan keuangan tentunya akan sangat membantu Anda.

Yuk cari tahu cara sederhana untuk membuatnya di sini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bingung Membuat Catatan Keuangan?

Bagi sebagian orang, mengelola keuangan tentu menjadi hal yang baru. Banyak orang bingung harus memulai dari mana.

Saya pun demikian, saya baru belajar mengelola keuangan setelah menikah. Suami saya mengajarkan saya mencatat keuangan serta membuat anggaran keuangan.

Ternyata catatan keuangan itu sangat bermanfaat lho, catatan ini menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan kita.

Catatan ini jugalah yang dapat kita gunakan sebagai panduan dalam menganggarkan keuangan rumah tangga, mulai dari mengetahui mana pengeluaran yang perlu diprioritaskan hingga yang dapat dieliminasi.

Membuatnya juga ternyata tidak sulit, Anda bisa memulai membuat catatan keuangan sederhana di Microsoft Excel. Dengan demikian, catatan keuangan akan lebih rapi dan tersimpan dengan aman.

Bagi Anda yang baru mulai membuat catatan keuangan, jangan khawatir. Finansialku siap memandu Anda dalam pembuatan catatan keuangan sederhana. Nah, berikut contoh catatan keuangan sederhana yang bisa Anda gunakan sebagai panduan:

catatan keuangan sederhana

[Baca Juga: 8 Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga Pasangan Baru Menikah, Agar Keuangan Anda Sehat]

 

Jika melihat contoh tadi, maka catatan keuangan terbagi 2 yaitu laporan laba rugi dan neraca. Pada laporan laba rugi ada beberapa komponen catatan keuangan sederhana yang perlu Anda masukan yaitu sebagai berikut:

  • Pemasukan rutin
  • Pengeluaran rutin
  • Pendapatan lain-lain
  • Pengeluaran/biaya lain-lain

 

Sementara pada neraca ada beberapa komponen catatan keuangan sederhana yang perlu Anda masukan yaitu sebagai berikut:

  • Harta/aset (lancar dan tidak lancar)
  • Harta/aset lain-lain
  • Kewajiban/cicilan/hutang (lancar dan jangka panjang)

 

Seluruh data ini dapat Anda masukkan dalam Microsoft Excel untuk mempermudah perhitungan. Sebagai contoh:

hasil laporan sederhana

[Baca Juga: Cara Instan Menghitung Keuntungan Deposito Pakai Aplikasi Finansialku]

 

Anda bisa menggunakan rumus dalam perhitungan sehingga input data setiap bulan semakin mudah dengan hasil perhitungan otomatis. Bagaimana, mudah bukan?

Nah, setelah mengenal catatan keuangan sederhana, tentunya banyak yang bertanya-tanya harus memulai darimana dalam membuat laporan keuangan. Pastinya terlihat sulit bagi kita yang hanya orang awam bukan?

Jangan khawatir, Finansialku punya solusinya!

Aplikasi Finansialku merupakan sebuah aplikasi yang akan membantu memberikan gambaran lengkap kondisi keuangan Anda. Anda dapat mengelola keuangan dan merencanakan keuangan dengan cara yang mudah. Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda dalam beberapa hal berikut:

  • Membuat anggaran
  • Mencatat keuangan
  • Merencanakan keuangan
  • Memantau kinerja investasi
  • Mengecek kesehatan keuangan
  • Mengikuti kursus online keuangan
  • Live chat dengan perencana keuangan, dan masih banyak lagi

 

Dengan berbagai fitur tersebut, Anda bisa mengelola keuangan dengan lebih praktis dan mudah. Tidak perlu lagi menghitung secara manual, di sini Anda bisa memperoleh hasil perhitungan hanya dengan klik tombol saja.

Jadi tunggu apa lagi? Langsung download aplikasi Finansialku sekarang juga!

Takut mahal? Tenang, aplikasi Finansialku tersedia GRATIS bagi Anda. Yuk download aplikasi Finansialku sekarang dari Google Play Store maupun Apple Apps Store atau dengan klik ikon berikut ini:

 

Siapapun bisa Membuat Catatan Keuangan Sederhana dengan Aplikasi Finansialku

Catatan keuangan akan memberikan gambaran keuangan Anda setiap bulannya, dan jika Anda tidak melakukannya Anda akan kesulitan mengelola keuangan rumah tangga.

Yuk mulai buat catatan keuangan dan menganggarkan keuangan dengan Finansialku, cara mudah dan cerdas mengelola keuangan Anda!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai contoh catatan keuangan sederhana Excel lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Contoh Laporan – https://bit.ly/2yYSD7i