Sering kali perusahaan meminta surat rekomendasi kerja. Apa dan bagaimana contoh surat rekomendasi kerja tersebut?

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, simak artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Apa Itu Surat Rekomendasi Kerja?

Ketika melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, biasanya pihak perusahaan akan meminta surat rekomendasi kerja.

Hal ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana kinerja calon karyawan di perusahaan sebelumnya.

Setiap pelamar kerja sebaiknya memahami surat ini karena bisa saja diminta secara mendadak. Untuk membuatnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Surat Keterangan Kerja 04 Surat Keterangan Kerja 4 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Serba-serbi Gaya Kepemimpinan Otentik yang Mendunia]

 

Secara sederhana, surat rekomendasi kerja dapat diartikan sebagai surat yang dibuat oleh pimpinan mengenai seseorang berdasarkan fakta di lapangan.

Hal-hal di dalam surat rekomendasi biasanya telah didiskusikan terlebih dahulu dengan pemohon agar sesuai tujuan.

Sebab, berkas ini umumnya menjadi dokumen pelengkap ketika seseorang mendaftar ke perusahaan baru.

 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Surat Rekomendasi Kerja

Untuk keperluan melamar pekerjaan, kamu diperkenankan meminta surat rekomendasi dari perusahaan lama sebagai dokumen pendamping CV di perusahaan baru.

Dengan begitu, perusahaan yang akan dimasuki akan secara umum mengetahui etos kerjamu di perusahaan sebelumnya.

Namun, sebelum membuat, ada beberapa poin yang bisa kamu perhatikan.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan ketika membuat surat rekomendasi kerja:

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#1 Pihak yang Dimintai Rekomendasi

Kamu harus tahu dengan siapa nantinya kamu bekerja sehingga preferensi pihak yang dipilih untuk memberi rekomendasi bisa tepat.

  1. Profesional yang tepat di perusahaan. Meminta rekomendasi langsung dari orang bekerja di bidang tersebut adalah pilihan bijak. Beberapa pihak yang dapat kamu mintakan dokumen tersebut adalah HRD, manager, atau supervisor.
  2. Di luar perusahaan. Ternyata, kamu juga bisa meminta surat rekomendasi dari mereka yang secara teknis tidak berada di perusahaan. Misalnya, kolega bisnis, pelanggan, atau profesor kuliah.

 

#2 Cara Meminta Surat Rekomendasi

Mungkin sebagian orang akan malu ketika meminta surat rekomendasi kerja untuk mencari kerja. tetapi, kamu tak perlu khawatir sebab ada cara yang lebih efisien.

Contoh Surat Quotation dan Cara Membedakannya dengan Invoice 04 - Finansialku

[Baca Juga: Fix! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Hari Ini]

 

  1. Utara-kan maksudmu secara langsung. Sebaiknya, berbicaralah secara terbuka secara individu dengan pihak yang kamu tuju. Jangan lupa awali dengan ucapan terima kasih. Jika orang tersebut menyetujui, kamu bisa memberikan informasi agar berkas kamu cepat diselesaikan, seperti pengantar yang melatarbelakangi keinginanmu, CV, posisi lama, alasan mengapa kualifikasi kamu harus diterima perusahaan, keterampilan kerja.
  2. Jika diperlukan, berilah contoh surat rekomendasi.
  3. Ucapkan terima kasih terhadap orang yang membantu kamu. Ucapan tersebut akan mewakili rasa hormat dan apresiasi kamu terhadap partisipasi mereka dalam pertumbuhan karier kamu.

 

Contoh Surat Rekomendasi Kerja

#1 Bahasa Indonesia

Surat Rekomendasi Kerja

No.: 281/HRD/VIII/2020

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Rafael Tan

NIK                  : 77659685

Jabatan           : Direktur HRD

 

Atas nama PT Makmur Jaya memberikan rekomendasi kepada mantan karyawan dengan keterangan:

Nama              : Rommy Danian

Alamat            : Jl Mangga III, No. 4, Metro

 

Kepada perusahaan tempat Saudara Rommy nanti bekerja. Surat rekomendasi ini dikeluarkan berdasarkan penilaian terhadap kinerja, ke disiplin-an, sifat, dan sikap baik serta loyalitas selama 5 tahun bekerja di PT Makmur Jaya dengan jabatan terakhir Marketing Manager.

Saya yakin Saudara Rommy akan memberikan hal yang sama kepada perusahaan tempat Saudara Rommy bekerja nantinya.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Bandar Lampung, 10 Agustus 2020

 

Hormat Kami,

 

Rafael Tan

HRD

 

#2 Bahasa Inggris

Letter of Recomendation Work

No.: 095/HRD/VIII/2020

 

Name : Ramadhani Salam

The parent number of employees: 9869797877

Position: Head Of Human Resources

 

Acted in this matter on behalf of PT Sari Industri

 

Provide recommendations over the former employee (staff):

Name: Radit Silalahi

Address: JL. Bali No. 19

 

To any corporate place Mr. Radit Silalahi later worked. A letter of recommendation to this work we remove it with based on the assessment of the performance, quality, discipline, loyalty and Radit Silalahi for 3 years working in PT. Sari Industri with the title as a Marketing Manager.

We strongly believe that the Mr. Radit Silalahi would still give the same to the company Mr. Radit Silalahi work later.

Such a letter of recommendation to this work we create to be used properly.

 

Jakarta, August, 10th 2020

Sincerely,

 

Ramadhani Salam

Head Of Human Resources

 

Pastikan Semua Berkas Lengkap

Itulah beberapa contoh mengenai surat rekomendasi kerja yang bisa kamu pelajari. Pastikan, semua berkas yang dibutuhkan lengkap dan sesuai fakta agar kehidupan karier kamu tetap baik.

Sebagai sahabat yang baik, Finansialku berikan saran yang mungkin sesuai dengan kebutuhan kamu, yaitu CV atau Resume yang baik. Untuk itu silakan buka link berikut ini.

 

DOWNLOAD GRATIS Curriculum Vitae (CV) atau Resume

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 2 - Finansialku

1 Step 1
Apa tujuan keuangan Bapak ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Bapak, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswa, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswi, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Bunda, apa tujuan keuangan Anda? (silakan pilih salah satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

 

Demikian pembahasan kita hari ini,semoga bermanfaat. Bila kamu masih ingin menanyakan sesuatu silakan bertanya melalui kolom komentar yang telah kami sediakan.

Kami akan menjawab-nya untuk kamu. 

 

Sumber Referensi:

  • Crissila Jessica. 11 Juni 2020. 6 Contoh Surat Rekomendasi Kerja untuk Beragam Kebutuhan. glints.com – https://bit.ly/2DBbIis
  • Jensen Topata. Contoh Surat Rekomendasi. Mypurohith.com – https://bit.ly/3iu1BLh
  • Maria Tri Handayani. 30 Mei 2020. Contoh surat rekomendasi kerja dan cara menyiapkannya. Ekrut.com – https://bit.ly/30HfxLA
  • Yona May. 14 April 2020. 3 Contoh “Surat Rekomendasi” Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya Lengkap. Kuliahbahasainggris.com – https://bit.ly/3irkwGp