Pendaftaran kartu prakerja gelombang 4 dibuka hari ini. Sekarang bisa daftar offline, lho! Gimana caranya?

Ketahui jawabannya di berita Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka Hari Ini

Akhirnya hari ini, Sabtu (08/08), pemerintah kembali buka pendaftaran kartu prakerja gelombang empat.

Pendaftaran kartu prakerja gelombang 4 ini bisa dilakukan pada pukul 12.00 tepat nanti, dengan persiapan kuota 800.000 peserta.

“Besok siang, gelombang 4 akan dibuka, pukul 12.00 WIB dengan kuota peserta sebanyak 800.000 orang.” Kata Susiwijono, Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, dikutip laman money.kompas.com, Jumat (07/08).

 

Adapun, besaran insentif kartu prakerja yang diberikan masih sama dengan gelombang-gelombang program kartu prakerja sebelumnya, yaitu total Rp 3,55 juta.

Di mana peserta akan mendapatkan Rp 600.000 per bulan dalam kurun waktu tiga bulan berturut-turut setelah peserta menyelesaikan pelatihan.

Kemudian, peserta juga akan mendapatkan Rp 150.000 apabila mengisi survei sebanyak tiga buah.

 

Sementara itu, yang berbeda dari program kartu prakerja gelombang 4 dengan gelombang-gelombang sebelumnya adalah peningkatan jumlah kuota penerimaan.

“Jadi kuota ini sudah ditetapkan sebesar 800.000 per batch dan ke depannya akan tetap 800.000, kecuali nanti ada keputusan lain yang ditetapkan oleh komite.” Kata Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja, Rudy Salahuddin, dikutip laman cnbcindonesia.com, Jumat (07/08).

Resmi Dibuka, Ini Cara Daftar Kartu Prakerja! Yuk Ikutan! 01

[Baca Juga: Jokowi Keluarkan Aturan Baru Kartu Prakerja, Simak Di Sini]

 

800.000 calon penerima insentif kartu prakerja ini 80 persen di antaranya berasal dari 2,1 juta orang yang di-PHK yang benar-benar terdaftar di data Kementerian Ketenagakerjaan.

Sementara untuk 20 persen sisanya, dialokasikan untuk calon peserta umum atau yang tidak terdaftar di data Kementerian Ketenagakerjaan.

“Prioritasnya setiap batch 80 persen akan diisi dari data-data yang memang betul-betul clensing dari data Kemnaker, 80 persen dari jumlah kuota tiap minggunya diprioritaskan yang terdampak.” Lanjut Rudy, dikutip laman yang sama.

 

Sebagaimana kita ketahui, pendaftaran kartu prakerja gelombang 4 ini sempat molor dari jadwal sebenarnya, yaitu akhir Juli lalu.

Alasan keterlambatan ini dikatakan oleh pihak Manajemen Pelaksana program Kartu Prakerja karena adanya pergantian Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian yang merupakan turunan dari Peraturan Presiden No. 76 Tahun 2020, dan sedang dalam tahap penyelesaian.

Adapun sebelumnya, program Kartu Prakerja ini didasarkan pada Perpres nomor 36 Tahun 2020 beserta peraturan turunan, Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020.

“Beberapa kesepakatan dari berbagai Kementerian dan Lembaga juga sedang diproses. Di sini operasi, Manajemen Pelaksana sedang menyiapkan hal-hal teknis untuk mengakomodasi Perpres, Permenko baru dan arah kebijakan Komite.” Pungkas Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman money.kompas.com, Sabtu (01/08).

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 (Offline dan Online)

Selain jumlah kuota dan payung hukum, Kartu Prakerja gelombang 4 ini juga menyediakan metode pendaftaran baru.

Jika sebelumnya calon peserta hanya bisa melakukan pendaftaran secara daring, maka kini, peserta bisa melakukannya secara luring atau offline.

Adapun, cara pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4 secara online atau daring adalah:

 

  • Membuka situs resmi Prakerja, prakerja.go.id
  • Bagi Anda yang belum terdaftar, maka lakukan pendaftaran di menu Daftar Sekarang dan masukkan nama lengkap, email dan nomor telepon, serta password untuk mengakses akun nantinya.
  • Setelah itu, cek kotak masuk Klik tautan yang diberikan untuk melakukan konfirmasi akun.
  • Setelah konfirmasi akun berhasil, Anda bisa langsung login menggunakan akun tersebut.
  • Setelah berhasil masuk, Anda harus melengkapi data diri, termasuk nomor KTP dan tanggal lahir sesuai KTP.
  • Setelah itu, lampirkan foto KTP Anda dan swafoto Anda memegang KTP. Pastikan wajah dan data diri yang tertera terlihat dengan jelas.
  • Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim lewat SMS.
  • Sementara untuk Anda yang sudah terdaftar sebelumnya, bisa langsung melewati langkah 1-3, dan melakukan langkah 4 saja.
  • Setelah itu, Anda diharuskan untuk mengikuti serangkaian tes dan survei sampai selesai.

Yes! Insentif Kartu Prakerja Segera Cair, Catat Persyaratannya! 01

[Baca Juga: KPK Temukan 4 Aspek Program Kartu Prakerja yang Bermasalah]

 

Sementara itu, pendaftaran secara luring atau offline, bisa dilakukan dengan cara mendatangi langsung kantor Kementerian Ketenagakerjaan atau Pemerintah Daerah setempat melalui Dinas Ketenagakerjaan, dan mengisi formulir secara manual.

 

Oh ya, bagi Sobat Finansialku yang ingin belajar bagaimana caranya merencanakan keuangan untuk karyawan, Anda bisa melihat video berikut ini juga yaa…

 

Apakah Sobat Finansialku sudah siap untuk mendaftarkan diri? Biasanya, apa persiapan yang dilakukan? Bagikan cerita persiapan ala Sobat Finansialku, di kolom komentar, yuk!

Jangan lupa untuk membagikan informasi ini pada rekan-rekan yang membutuhkan secepatnya, agar bisa turut mendapatkan kesempatan untuk ikut daftar kartu prakerja gelombang 4.

 

Sumber Referensi:

  • Lidya Julita Sembiring. 08 Agustus 2020. Hari Ini Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka!. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3knfiNG
  • Cantika Adinda Putri. 07 Agustus 2020. Kuota Kartu Prakerja 800.000 Peserta, Ini Alasannya. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3ifozW4
  • Admin. 08 Agustus 2020. Buat Akun hingga Foto Selfie, Simak cara Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang 4 di www.prakerja.go.id. Tribunnews.com – https://bit.ly/3ilbwCA
  • Mutia Fauzia. 07 Agustus 2020. Pendaftaran Gelombang 4 Kartu Prakerja Dibuka Besok, Kuota 800.000 Peserta. Money.kompas.com – https://bit.ly/30Cxnzk
  • Admin. 07 Agustus 2020. Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Secara Offline. Money.kompas.com – https://bit.ly/33Fw44S

 

Sumber Gambar:

  • Pendaftaran Kartu Prakerja – https://bit.ly/33FHPZ8