Apa itu cyronium milik Mardigu Wowiek? Ternyata sempat viral lho! Yuk, ketahui penjelasannya di artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Awal Mula Cyronium

Cyronium merupakan platform digital yang memanfaatkan teknologi blokchain. Platform ini memfasilitasi para pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) untuk meningkatkan bisnisnya melalui penggunaan mata uang kripto.

Dalam kata lain, platform ini memfasilitasi scale up bisnis UKM. Tujuan dari Cyronium ini adalah untuk membantu meningkatkan omzet bulanan sebuah bisnis sampai bisa keluar dari Zona UKM.

Cyronium ini menerbitkan mata uang digital atau token yang bisa dibeli oleh member Cyronium. Mata uang tersebut memiliki harga yang fluktuatif seperti saham pada umumnya.

Anggota yang memegang uang CYRO atau yang disebut token holders juga akan menerima keuntungan dari program scale up UKM Cyronium dalam bentuk reward yang dibagikan setiap 6 bulan.

Cyronium ini ditemukan oleh Mardigu Wowiek Prasantyo. Beliau adalah pengusaha asal Bandung. Beliau dulunya lebih dikenal sebagai Pengamat Terorisme dibandingkan dengan Praktisi Cryptocurrency.

Sempat Viral, Apa Itu Cyronium Milik Mardigu Wowiek 01 Finansialku

[Baca Juga: Yuk! Kenalan dengan Investasi]

 

Selain itu, beliau juga sudah menerbitkan beberapa buku yang sebagian adalah tentang bisnis dan motivasi. Beberapa buku tersebut meliputi Sadar Kaya, Tajir Melintir, dan Jangan Pernah Berkata Saya Tidak Pernah Memperingatkan Anda.

Dari berbagai title yang dimiliki oleh dimiliki Mardigu Wowiek Prasantyo, beliau menambah menjadi praktisi cryptocurrency dengan Cyronium.

 

Perkembangan Cyronium

Founder Cyronium ini mengatakan bahwa usaha kecil dan menengah adalah salah satu tonggak dari perekonomian bangsa. Oleh karena itu, beliau mengatakan UKM perlu didukung perkembangannya dengan melalui teknologi terbaru.

Bahkan, founder Cyronium ini mengatakan bahwa jika semakin banyak UKM yang berkembang maka pendapatan negara akan semakin banyak juga. Platform Cyronium ini membantu UKM, tidak hanya menguntungkan dengan profit sharing melainkan juga menjadi agen penggerak perekonomian.

Mardigu Wowiek Prasantyo menjelaskan bahwa Cyronium adalah kombinasi teknologi blockchain dan logam mulia yang bisa digunakan sebagai investasi berbasis mata uang kripto.

Investasi crypto di Cyronium ini dikatakan lebih aman karena ada jaminan fisiknya yakni berupa emas. Mekanisme penyesuaian emasnya dilakukan setelah penawaran koin perdana (ICO/ Initial Coin Offering).

Sesudah itu, emas akan dibeli dari ANTAM sesuai dengan jumlah koin Cyro yang terjual. Kesesuaian jumlah emas fisik dengan jumlah koin Cyro akan dilakukan audit oleh auditor independen. 

Sempat Viral, Apa Itu Cyronium Milik Mardigu Wowiek 03 Finansialku

[Baca Juga: Contoh Business Plan dan Cara Membuat Rencana Bisnis]

 

Founder dari Cyronium berpendapat bahwa keberadaan emas fisik tersebut berfungsi sebagai pengurang risiko dan mencegah nilai mata uang CYRO untuk jatuh ke titik dalam.

Teknologi blokchain yang diterapkan oleh Cyronium ini difungsikan untuk mendukung adanya transparansi dalam investasi. Sedangkan untuk penyebaran dan jual beli, Cyronium menggunakan sistem desentralisasi.

Hal inilah yang membuat Cyronium menjadi transparan serta bisa diawasi oleh seluruh investor. Sehingga, bisa jauh dari unsur manipulasi harga.

Sempat Viral, Apa Itu Cyronium Milik Mardigu Wowiek 04 Finansialku

[Baca Juga: 6 Modal Usaha Penting Untuk Membangun Usaha Kecil-kecilan]

 

Menurut founder dari Cyronium, pembelian, penjualan, serta pencairan Cyronium menjadi mudah dilakukan dengan platform yang canggih. Jadi, pengguna bisa melakukan transaksi hanya dengan saku klik melalui komputer atau smartphone mereka.

Mungkin sekarang masih cukup asing untuk mendengar tentang cryptocurrency. Namun, siapa tahu jika suatu saat cryptocurrency ini menjadi bisnis masa depan.

Cryptocurrency ini bisa menjadi sumber pendapatan lain bagi kaum milenial. Oleh karena itu, Mardigu Wowiek menyarankan teman-teman untuk mengenal lebih jauh tentang dunia sejenis cryptocurrency ini.

Sempat Viral, Apa Itu Cyronium Milik Mardigu Wowiek 05 Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Trading, Kenali Dulu Perbedaan Forex dengan Bitcoin]

 

Namun, sayangnya Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jas Keuangan (OJK) masih belum memberikan izin bagi seluruh cryptocurrency di Indonesia karena berbagai alasan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika untuk tetap berhati-hati dalam bertransaksi atau pun investasi cryptocurrency. Hal ini juga dikarenakan regulator juga sudah memperingatkan bahwa cryptocurrency memiliki risiko yang tinggi.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Praktis Investasi Reksa Dana Pertama

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

Download Ebook Sekarang

 

4 Tahapan Scale Up Cyro UKM Indonesia

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Cyronium memfasilitasi scale up UKM. Berikut 4 tahapan scale up Cyro UKM Indonesia.

 

#1 Screening Awal

Tahapan pertama adalah screening awal. Tahap ini merupakan tahap dimana tim scale up Cyronium melakukan screening terhadap proposal-proposal yang masuk ke dalam pendaftaran seleksi UKM.

 

#2 Seleksi Berkas

Tahapan kedua adalah seleksi berkas. UKM akan mengajukan pendanaan ke koperasi yang ditunjuk oleh Cyronium. UKM yang mengajukan pendanaan harus melampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan.

 

#3 Seleksi Wawancara

Setelah seleksi berkas maka selanjutnya adalah seleksi wawancara. Pada tahap ini, hanya UKM yang lolos seleksi berkas saja yang akan masuk.

Perwakilan dari UKM tersebut akan dipanggil ke kantor koperasi yang menjadi partner bisnis Cyronium. Nantinya, perwakilan UKM tersebut akan mempresentasikan usahanya.

 

#4 Kolaborasi Awal

Cyronium akan mencoba melakukan Pilot Project dengan UKM pada proses kolaborasi awal. Ada simulasi dalam satu hingga dua bulan untuk menjalankan strategi bisnis sekaligus masuk ke dalam manajemen.

 

Jenis-jenis Scale Up Cyro UKM Indonesia

Terdapat beberapa jenis-jenis scale up yang dilakukan oleh Cyronium. Berikut jenis-jenis scale up Cyro UKM Indonesia.

 

#1 Marketing

Dalam marketing, meliputi strategi perencanaan pemasaran untuk produk jasa atau pun barang yang dimiliki UKM. UKM yang dimaksud adalah UKM yang sudah terdaftar di scale up Cyro.

 

#2 Manajemen

Dalam manajemen, mencakup strategi perencanaan personalia, serta sistem dan pembangunan (building) team yang menjadi penopang UKM berkembang.

 

#3 Pendanaan

Jika diperlukan selain marketing dan manajemen yang sudah ada maka, pendanaan merupakan pilihan terakhir untuk modal UKM scale up lebih tinggi lagi.

 

Mengenal Cyronium Milik Mardigu Wowiek

Setelah mengetahui apa itu cyronium milik Mardigu Wowiek, maka sekarang Anda sudah semakin mengenalnya, kan? Kita tentunya bersyukur memiliki orang-orang yang hebat di negeri kita untuk bisa membantu sesama.

Dengan adanya Cyronium diharapkan UKM di Indonesia dapat lebih maju dan berkembang dengan pesat. Harapannya kita dapat turut serta membantu untuk memajukan UKM di Indonesia.

Sebelum investasi, apakah Anda pernah cek kesehatan finansial? Penting lho untuk tahu keadaan keuangan saat ini. Jangan sampai investasi jalan, tapi kebutuhan utama berantakan.

Kamu bisa lakukan financial check-up lewat aplikasi Finansialku. Yuk download dulu aplikasinya pada tautan berikut!

playstore icon
appstore icon

 

Penasaran dengan bitcoin? Finansialku sudah pernah bahas lho pada video berikut!

 

Jadi, langkah apa yang Anda ambil untuk memajukan UKM kita?

Anda dapat menuliskan pendapat pada kolom di bawah ini. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda ya! Semoga artikel ini bermanfaat.

Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2019. CYRO Untuk UKM Indonsia. Cyronium.com – https://bit.ly/3hmcGOF
  • Kompas. 22 Mei 2018. Pengusaha Indonesia Ini Bikin Mata Uang Digital Cryonium. Kompas.com – https://bit.ly/3hoCM3m
  • Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia. 5 Juni 2018. Mengenal Sosok Pengusaha yang Ciptakan Uang Digital Cyronium. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/30AoV4b
  • Syaiful Millah. 19 November 2018. Mata Uang Digital Cyronium Fasilitasi Pelaku Usaha Kecil Menengah. Bisnis.com – https://bit.ly/2AxerIf

 

Sumber Gambar:

  • Crypto 01 – https://bit.ly/2YvbvFj
  • Crypto 02 – https://bit.ly/3dqtPTZ
  • Crypto 03 – https://bit.ly/3erABKM
  • Crypto 04 – https://bit.ly/2CAP8pm
  • Crypto 05 – https://bit.ly/2VdmAIR