Apa saja aplikasi pembukuan bisnis yang dapat membantu pebisnis? Yuk, Simak penjelasan berikut dan ketahui daftar aplikasinya.

 

Pembukuan Bisnis

Pembukuan bisnis menjadi salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis. Bisnis yang dijalankan baik skala besar ataupun kecil tetap memerlukan pembukuan bisnis.

Pembukuan itu sendiri merupakan suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan informasi serta data keuangan.

Dengan melakukan pembukuan bisnis, maka pebisnis dapat mengetahui informasi keuntungan/kerugian suatu bisnis, efektivitas dan efisiensi bahan baku, dan berbagai manfaat lainnya. 

Anda dapat melakukan pembukuan mulai dari pencatatan pengeluaran, pencatatan pemasukan, pembuatan buku kas utama, pencatatan stok barang, pencatatan inventaris, dan pencatatan laba rugi.

Berdasarkan informasi yang tersedia pada pembukuan bisnis tersebut, maka pelaku bisnis dapat mengambil keputusan bisnis, serta menentukan strategi untuk kedepannya.

Daftar Aplikasi Pembukuan Bisnis Untuk Memudahkan Pebisnis 02-Finansialku

[Baca Juga: Contoh Pembukuan Sederhana Untuk UMKM]

 

Menariknya, di zaman yang sudah semakin maju dan berkembang ini, sekarang sudah ada berbagai aplikasi yang dapat membantu Anda untuk melakukan pembukuan bisnis.

Aplikasi pembukuan bisnis merupakan teknologi yang memudahkan pemilik bisnis untuk memonitor keuangan bisnis mereka yang masuk melalui data pada sebuah aplikasi.

Di dalam aplikasi tersebut, ada program yang dibutuhkan oleh bisnis Anda untuk mencatat semua transaksi sampai menyediakan laporan keuangan.

Biasanya, aplikasi pembukuan ini dilengkapi oleh fitur integrasi dengan pencatatan kasir, rekonsiliasi bank, pemantauan stok barang di gudang, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk memudahkan pemilik bisnis mengelola laporan keuangan bisnisnya dengan cepat, akurat, dan transparan.

Selain itu, di beberapa aplikasi juga ada yang menyediakan layanan laporan keuangan berdasarkan kategori. Jadi, pemilik bisnis bisa memantau pemasukan dan pengeluaran dari masing-masing kategori.

Dengan begitu, pemilik bisnis dapat merencanakan anggaran dan tagihan dengan lebih mudah.

Jika aplikasi pembukuan yang Anda pilih memang mumpuni, Anda akan terbantu dalam menentukan strategi keuangan terbaik untuk bisnis Anda yang dapat menunjang kesuksesan bisnis Anda.

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan, maka Anda juga dapat menghemat biaya untuk pembukuan dibandingkan dengan menyewa jasa akuntan.

 

4 Tips Cara Memilih Aplikasi Pembukuan Bisnis

Sebelum menentukan aplikasi pembukuan bisnis apa yang akan Anda gunakan, Anda perlu mengetahui cara memilihnya terlebih dahulu. Berikut beberapa tips cara memilih aplikasi pembukuan.

 

#1 Menyesuaikan Dengan Kebutuhan Bisnis

Setiap bisnis memiliki kebutuhan aplikasi pembukuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat daftar apa saja yang saat ini sedang Anda butuhkan untuk bisnis Anda.

Apakah Anda perlu untuk pelacakan persediaan dan pesanan pembelian, menagih invoice yang sudah jatuh tempo, memerlukan transaksi mata uang asing, melakukan konversi mata uang asing, ataupun kebutuhan lainnya.

Misalnya, jika bisnis Anda membutuhkan aplikasi yang bisa mencatat stok barang maka Anda dapat mencari aplikasi yang menyediakan fitur tersebut.

Hal ini untuk menghindarkan Anda mengeluarkan biaya yang besar untuk langganan aplikasi yang ternyata fiturnya tidak digunakan karna tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

 

banner -pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis

 

#2 Memeriksa Keamanan Data Aplikasi

Jika Anda menggunakan aplikasi untuk pembukuan bisnis Anda, berarti Anda telah mempercayakannya kepada penyedia layanan aplikasi tersebut untuk mengelola data bisnis Anda.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengecek kredibilitas penyedia layanan aplikasi tersebut untuk melihat bagaimana sistem keamanan datanya.

Anda disarankan untuk memilih aplikasi yang sudah memiliki sertifikat resmi ISO 27001 yang mampu menjaga keamanan data bisnis Anda.

 

#3 Memperhatikan Tampilan Penggunaan

Jika Anda atau karyawan Anda tidak terlalu mengerti tentang ilmu pembukuan bisnis, Anda perlu memilih aplikasi yang memiliki tampilan yang mudah untuk digunakan oleh siapapun.

Daftar Aplikasi Pembukuan Bisnis Untuk Memudahkan Pebisnis 03-Finansialku

[Baca Juga: Pakai Kartu Kredit untuk Modal Usaha Cek Dulu Deh Informasi Ini]

 

#4 Memastikan Aplikasi Dapat Digunakan Untuk Jangka Panjang

Bisnis Anda akan mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu. Oleh  karena itu, Anda harus memastikan bahwa aplikasi pembukuan yang Anda pilih bisa mengikuti kondisi bisnis.

Hal ini berarti jika nanti bisnis Anda semakin besar, maka aplikasi tersebut masih bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan pembukuan bisnis anda.

 

#5 Menentukan Budget

Walaupun ada beberapa aplikasi yang gratis, jika Anda memerlukan aplikasi pembukuan yang digunakan bisnis kelas menengah untuk hasil yang lebih kompleks dan lengkap maka Anda perlu menyiapkan budget tersendiri.

Anda dapat menyesuaikan budget untuk aplikasi pembukuan ini sesuai dengan kondisi keuangan bisnis Anda.

 

Daftar Aplikasi Pembukuan Bisnis

Sekarang sudah ada berbagai aplikasi pembukuan bisnis yang dapat memudahkan para pemilik bisnis.

Dengan menggunakan aplikasi, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi untuk melakukan pembukuan. Berikut beberapa aplikasi pembukuan bisnis yang dapat dipertimbangkan.

 

#1 BukuKas

BukuKas adalah aplikasi pembukuan bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang dapat memudahkan pencatatan transaksi.

Aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 5 juta pelaku UMKM yang tersebar di 750 kota di Indonesia. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di smartphone Anda melalui google play store atau app store ya.

Dengan menggunakan BukuKas, Anda dapat mencatat transaksi dan rekap secara otomatis, mengetahui langsung keuntungan di setiap penjualan, menerima dan mengirim uang tanpa membayar biaya admin bank, memantau performa bisnis dengan lebih mudah, membuat laporan keuangan otomatis, mengirim invoice dan menagih piutang melalui WhatsApp/SMS, serta mengelola stok barang otomatis.

 

#2 BukuWarung

BukuWarung merupakan aplikasi catatan keuangan harian dan pembukuan usaha UMKM untuk mencatat keuntungan penjualan dari transaksi bisnis. Aplikasi ini gratis dan sudah digunakan lebih dari 3,5 juta UMKM di Indonesia.

Dengan menggunakan aplikasi Buku Warung, Anda bisa mencatat pemasukan, pengeluaran, hutang, piutang, serta membuat laporan keuangan bisnis dengan mudah. Selain itu, Anda dapat menagih utang pelanggan dengan lebih cepat dan mudah melalui SMS atau WhatsApp secara otomatis melalui aplikasi.

Dari segi keamanan, semua catatan dalam aplikasi BukuWarung ini tersimpan dengan aman.

 

#3 Paper.id

Paper.id merupakan aplikasi pembukuan gratis yang berbasis di Indonesia dan sudah digunakan lebih dari 40 ribu UKM.

Selain pembukuan, Anda bisa menggunakan aplikasi Paper.id ini untuk membuat dan mengirim invoice ke mitra atau supplier, serta memiliki sistem pengelolaan stok yang sudah terintegrasi dengan invoice.

Jadi, jika Anda mengirimkan invoice, maka stok barang akan berkurang secara otomatis. Aplikasi ini juga menggunakan Bahasa Indonesia, sehingga akan lebih mudah dipahami.

 

#4 Jurnal 

Jurnal merupakan aplikasi akuntansi online untuk mengatur sistem pembukuan bagi UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Jurnal memiliki tampilan yang sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula.

Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan perbankan seperti BNI, BRI, BCA, dan bank-bank lainnya.

Aplikasi Jurnal dapat digunakan oleh berbagai kalangan pebisnis, mulai dari pemula yang khusus untuk bisnis kecil, medium dan enterprise bagi Anda yang perlu pencatatan keuangan yang lebih kompleks dan lengkap.

Daftar Aplikasi Pembukuan Bisnis Untuk Memudahkan Pebisnis 05-Finansialku

[Baca Juga: Tiru Contoh Catatan Keuangan Sederhana Excel Disini]

 

Beberapa fitur dari aplikasi Jurnal yang dapat Anda gunakan adalah membuat invoice seperti faktur penjualan, pesanan dan pembelian, surat jalan professional secara otomatis, pembuatan laporan keuangan dan aktivitas bisnis secara real time, memonitor stok dan melakukan stok opname untuk laporan dengan tepat, dan dapat menambah pengguna lainnya.

Selain itu, aplikasi jurnal ini juga menyediakan fitur online live chat untuk pengguna yang ingin menanyakan informasi lebih lanjut.

Dari segi keamanan, aplikasi ini juga sudah menggunakan fitur keamanan berstandar tinggi yaitu ISO 27001. Jadi, data yang tersimpan di aplikasi ini sangat aman. Untuk harga berlangganannya mulai dari Rp 199 ribu sampai Rp599 ribu per bulan, tergantung spesifikasinya. Bagi Anda yang ingin all in, Anda dapat mempertimbangkan aplikasi Jurnal ini.

 

#5 Accurate

Accurate merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda untuk menghasilkan laporan keuangan dengan lebih mudah dan cepat.

Beberapa fitur andalan dari Accurate adalah manajemen surat penawaran, manajemen pesanan penjualan, pembuatan surat jalan, pembuatan faktur, dan manajemen piutang.

Selain itu, aplikasi Accurate ini juga memiliki fitur smart link internet banking, sehingga memungkinkan Anda untuk menarik data rekening koran dari internet banking dan melakukan rekonsiliasi bank jika memiliki rekening bank BCA, BRI, Mandiri, dan bank DBS.

Harga berlangganan aplikasi Accurate ini sekitar Rp200 ribu per bulannya. Namun untuk pengguna baru, Accurate ini memberikan layanan gratis untuk 1 bulan. Dengan begitu, Anda dapat mencobanya terlebih dahulu.

 

#6 Kledo

Kledo merupakan aplikasi untuk mengelola keuangan dan pembukuan bisnis yang sangat user friendly. Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa membuat invoice, mengontrol kas, persediaan, penawaran, mendapatkan laporan keuangan  dan lain sebagainya yang bisa dilakukan secara real time.

Jika Anda mengalami kendala maka bisa ada Tim Hebat Kledo yang akan selalu siap membantu dan menyelesaikan masalah Anda.

Jadi, aplikasi ini sangat cocok untuk pebisnis pemula. Untuk harga berlangganannya mulai dari Rp 0 – Rp 149.000 per bulannya tergantung spesifikasi yang diperlukan.

 

#7 Quickbooks

Quickbooks merupakan aplikasi keuangan yang disesuaikan untuk bisnis kecil. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur seperti melacak jumlah penjualan, pendapatan, pengeluaran, pengelolaan gaji kayawan dan pajak, membuat faktur, menerima pembayaran kartu kredit atau debit.

Selain itu, Anda juga bisa mengunggah tanda tangan dan menerapkannya pada cek yang Anda buat di aplkasi Quickbooks.  

Daftar Aplikasi Pembukuan Bisnis Untuk Memudahkan Pebisnis 06-Finansialku

[Baca Juga: Manfaat Utama Pembukuan Bisnis]

 

Memilih Aplikasi Pembukuan

Setiap aplikasi pembukuan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing–masing. Dari segi fitur dan harga berlangganan nya juga berbeda-beda. Anda dapat memilih aplikasi pembukuan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda ya.

Jika Anda masih pebisnis pemula yang sedang merintis bisnis maka Anda dapat memilih aplikasi yang gratis terlebih dahulu. Namun, jika bisnis Anda sudah besar dan mapan, Anda dapat mulai menggunakan aplikasi berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.

 

Jadi, aplikasi pembukuan apa yang Anda gunakan untuk pembukuan bisnis? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan bisnis Anda agar bisa melakukan pembukuan dengan lebih mudah.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih. 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Cara Pilih Aplikasi Pembukuan Usaha Kecil Terbaik. Jurnal.id – https://bit.ly/3dnu5Xb
  • Rhiel ID. 12 September 2020. Ini Cara Memilih Software Akuntansi Bisnis Terbaik 2021. Rhiel.id – https://bit.ly/3wZ2LXf
  • Admin. 2021. 5 Juta Lebih UMKM dan Warung Beralih ke BukuKas. Bukukas.co.id – https://bukukas.co.id/home/
  • Admin. 2021. Cara Baru Mencatat Pembukuan Usaha. Bukuwarung.com – https://bukuwarung.com/beranda/
  • Admin. 2021. 10 Software Akuntansi Terbaik Gratis dan Berbayar, Rekomendasi Pribadi !. Folderbisnis.com – https://bit.ly/3twne3w
  • Admin. Aplikasi Gratis Atau Berbayar, Pastikan Pilih Yang Dapat Menunjang Kegiatan Bisnis Anda. Jurnal.id – https://bit.ly/3tt3ldy
  • Ayunindya Annistri. 17 Desember 2020. 8 Software Akuntansi Terbaik untuk Pemilik Bisnis. Cekaja.com – https://bit.ly/3x3VJ3m
  • Admin. 28 November 2020. Rekomendasi Aplikasi Keuangan Terbaik Untuk Bisnis. Qwords.com – https://bit.ly/3dqvKLG

 

Sumber Gambar:

  • Aplikasi pembukuan bisnis – https://bit.ly/3aNEM3w
  • Makanan – https://goo.gl/ZcCHk4
  • Kartu kredit – https://goo.gl/97vy3n
  • Kebebasan keuangan – https://bit.ly/3e05acK
  • Ide usaha pensiunan PNS- https://bit.ly/3dOD6HE
  •