Gelaran pemilihan presiden (pilpres) makin seru dengan hadirnya nama-nama pengusaha pendukung tiga poros pasangan capres-cawapres.

Siapa saja daftar pengusaha pendukung capres 2024 mendatang? Simak ulasannya berikut ini!

 

Summary:

  • Menjelang pemilihan presiden 2024, sejumlah pengusaha resmi bergabung menjadi tim sukses untuk pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.
  • Tiga kandidat calon presiden-cawapres mendapat dukungan dari pengusaha dan konglomerat

 

Daftar Pengusaha Pendukung Capres di Pemilu 2024

Menjelang Pilpres 2024, sederet nama pengusaha resmi bergabung menjadi tim sukses pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Dukungan para pengusaha hingga konglomerat itu terpecah ke dalam tiga pasangan capres-cawapres.  Ada yang merapat ke kubu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, hingga Ganjar Pranowo.

daftar pengusaha pendukung capres 2024 1

Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) berpegangan tangan usai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Sumber: bbc.com

 

Namun dari tiga paslon tersebut, hanya Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD yang memiliki banyak dukungan dari pengusaha. 

Bahkan deretan pengusaha tersebut perusahaannya merupakan emiten alias terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Meski tak sebanyak dua pasangan lainnya, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar atau Cak Imin juga memiliki timses yang tak kalah menarik.

Penasaran siapa saja nama-nama pengusaha yang mendukung Anies, Prabowo, dan Ganjar? Berikut adalah daftar pengusaha pendukung capres 2024.

 

#1 Surya Paloh

Ketua Umum Partai NasDem sekaligus Pimpinan Media Group, Surya Paloh, bisa kita identifikasi sebagai pengusaha di balik Anies dan Cak Imin.

Pemilik gurita bisnis media massa, mulai dari Metro TV hingga Media Indonesia itu adalah orang yang pertama mengusung Anies Baswedan bertarung di kontestasi 2024. 

Surya Paloh juga yang menjodohkan Anies dengan Cak Imin. Bukan hanya bergerak di bidang media, Media Group juga memiliki anak perusahaan di bidang makanan, tepatnya di bisnis katering. 

Beberapa perusahaan miliknya seperti PT Dunia Daging Food Industries, PT Pangansari Utama Food Industri, PT Pangansari Utama Food Distribution, PT Pangansari Utama Patisserie.

Ada juga bisnis penginapan dan perhotelan, seperti PT Citragraha Nugratama (The Papandayan), PT Grahasari Suryajaya (The Media Hotel & Towers), dan Intercontinental Bali Resort.

Surya Paloh juga mempunyai usaha di bidang pertambangan. Di antaranya, PT Pusaka Marmer Indahraya (Pumarin), PT Indoenergi Platinum (IP), PT Surya Energi Raya (SER), dan PT Emas Mineral Murni (EMM).

 

#2 Leontinus Alpha Edison

Selain Surya Paloh, ada juga pengusaha Leontinus Alpha Edison yang menjadi co-captain di Timnas Pemenangan AMIN. Ia adalah salah satu pendiri Tokopedia.

Leontinus dan William Tanuwijaya mendirikan Tokopedia 14 tahun silam yang kini menjadi salah satu unit bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO).

Kini, ia menjabat sebagai presiden komisaris di perusahaan IT bernama Dekara sejak Juli 2022.

 

#3 Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong

Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong juga merupakan co-captain Timnas Anies – Muhaimin. 

Ia adalah sosok pengusaha kelas kakap yang sempat menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada 2015-2016, serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) 2016-2019.

Jejak bisnis Tom salah satunya menjadi bagian pendiri, serta CEO dan managing partner di Quvat Management. Ini adalah perusahaan dana ekuitas swasta yang eksis sejak tahun 2006.

Ia juga pernah menjadi presiden komisaris di PT Graha Layar Prima Tbk (BLTZ) atau Blitz Megaplex pada 2012-2014. 

Tom Lembong juga sempat menjadi komisaris utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA).

 

#4 Gede Widiade

Kemudian, ada Gede Widiade yang merupakan bendahara Timnas AMIN. Ia terkenal sebagai pengusaha teras Surabaya yang berasal dari Bali. 

Gede merupakan seorang pebisnis di bidang properti, hotel, serta kafe di berbagai daerah di Indonesia.

Gede Widiade juga bergelut di industri sepak bola Indonesia. Ia sudah malang melintang di pucuk kepemimpinan klub sepak bola tanah air, mulai dari Bhayangkara FC hingga Persija Jakarta.

 

#5 Aburizal Bakrie

Aburizal Bakrie merupakan pengusaha dan anak dari konglomerat pendiri Grup Bakrie, Achmad Bakrie. 

Tak hanya sebagai pengusaha, ia juga sempat berkarier sebagai politisi senior Golkar, hingga pejabat pemerintahan. 

Mulai dari Menteri Koordinator bidang Perekonomian, hingga Menko bidang Kesra era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Emiten milik Aburizal Bakrie yang menjadi Pembina Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka ini di antaranya:

  • PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR).
  • PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR).
  • PT Bumi Resources Tbk (BUMI).
  • PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS).
  • PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG).
  • PT Darma Henwa Tbk (DEWA).
  • PT Visa Media Asia (VIVA).
  • PT Intermedia Capital Tbk (MDIA).
  • PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP).
  • PT Bakrieland Development Tbk (ELTY).
  • PT Graha Andrasentra Propertindo Tbk (JGLE).
  • PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL).

 

#6 Rosan Roeslani

Rosan merupakan mantan Wakil Menteri BUMN yang kini mendukung Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo – Gibran sebagai Ketua Umum.

Sebelumnya, ia terkenal sebagai ‘pentolan’ para pengusaha karena pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia (2015-2021). 

Ia mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Belgia sebagai Panglima dalam rangka Leopold Belgia atas inovasi dan kontribusinya dalam memajukan hubungan perdagangan dan industri antara Indonesia-Belgia.

Ia juga aktif sebagai pengusaha kondang nasional, dan usahanya merambah ke berbagai sektor lewat bendera Recapital Group.

PT Recapital Advisors adalah perusahaan yang ia bangun bersama Sandiaga Uno dan Hasbi Habibi pada tahun 1996. 

Perusahaan ini bergerak di bidang jasa keuangan dan investasi, termasuk manajemen aset, asuransi, dan sekuritas.

 

#7 Hashim Djojohadikusumo

Hashim Djojohadikusumo merupakan seorang pengusaha yang bergerak di bidang pertambangan, program bioethanol, perkebunan karet, di kelompok perusahaan Arsari Group.

Adik dari Prabowo Subianto ini juga merupakan tokoh politikus Indonesia yang kini menjabat sebagai wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Saat ini, Hashim mendukung pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming dalam Pilpres 2024 sebagai Wakil Ketua Pengarah tim pemenangan Prabowo-Gibran.

 

#8 Erwin Aksa

Lahir dari keluarga pengusaha, Erwin Aksa menjadi pengusaha nasional mengikuti jejak sang ayah bersama Bosowa Group.

Keponakan dari mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Strategis di DPP Partai Golongan Karya (Golkar).

Pengusaha sekaligus politikus Indonesia ini mendukung pasangan capres nomor urut 02 sebagai Wakil Ketua Koordinator Strategis Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo – Gibran.

 

#9 Pandu Patria Sjahrir

Pandu Patria Sjahrir merupakan pengusaha yang aktif di pasar modal. Ia menjabat sebagai komisaris Bursa Efek Indonesia.

Salah satu pengusaha batu bara ini mendukung pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024 sebagai wakil bendahara umum.

Keponakan dari Menko Merves, Luhut Binsar Pandjaitan, ini merupakan Direktur PT TBS Energi Utama (TOBA). 

Ia juga menjadi ketua umum Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia periode 2018-2021.

Selain itu, Pandu menjabat sebagai Presiden Komisaris di SEA Group Indonesia yang menaungi lokapasar Shopee.

 

#10 Putri Kuswisnu Wardani

Putri Kuswisnu Wardani adalah seorang pengusaha dan pemilik PT Mustika Ratu Tbk. (MRAT) yang juga masuk dalam daftar TKN Prabowo – Gibran.

Meski tak lagi menjadi komisaris utama Mustika Ratu, ia mendapat kepercayaan untuk mengisi jabatan sebagai anggota Dewan Penasihat tim pemenangan capres-cawapres Koalisi Indonesia Maju.

Di pemerintahan, ia turut berkiprah sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden Joko Widodo periode 2019-2024.

 

#11 Maher Algadri

Maher Algadri bukan nama asing di kalangan pengusaha elit. 

Sepak terjangnya dalam bisnis terkenal berkat perusahaan Kongsi Delapan (Kodel Group) yang membuat namanya melambung sebagai salah satu konglomerat terbesar di Indonesia.

Ia juga merupakan taipan yang moncer pada era Orde Baru. Namanya tercatat dalam laporan Forbes sebagai konglomerat kelas kakap pada era itu.

Maher yang terkenal dekat dengan Prabowo Subianto ini juga menunjukkan dukungannya terhadap pasangan Prabowo – Gibran dalam Pemilihan Presiden 2024.

 

#12 Bayu Priawan Djokosoetono

Bayu Priawan Djokosoetono merupakan cucu dari Mutiara Fatimah Djokosoetono yang merupakan pendiri taksi PT Blue Bird Tbk. (BIRD).

Saat ini, ia menjabat sebagai Komisaris Utama Blue Bird dan Ketua Umum Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS).

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2015-2018 ini juga memantapkan diri menjadi pendukung pasangan Prabowo – Gibran sebagai Wakil Bendahara.

 

#13 Theo L. Sambuaga

Nama Theo Sambuaga tentu sudah tidak asing lagi di dunia bisnis Tanah Air. 

Saat ini, Theo merupakan Presiden Komisaris sebuah perusahaan properti ternama di Indonesia, PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) yang diangkat pada Juni 2018.

Di pemerintahan, Theo pernah menjabat sebagai Menteri Negara Perumahan dan Permukiman (1998-1999) dan Anggota DPR RI (1982-2004).

Kini, Theo mendukung pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024 sebagai anggota Dewan Penasihat TPN Prabowo – Gibran.

 

#14 Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyatakan bakal mendukung calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Erick Thohir adalah seorang pengusaha dan politikus Indonesia. Ia juga merupakan pendiri dan pemilik Mahaka Group, sebuah konglomerasi yang berfokus pada media, olahraga, dan hiburan.

 

#15 Hary Tanoesoedibjo

Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo, resmi membawa partainya mendukung Ganjar pada Jumat, 9 Juni 2023 lalu.

Hary Tanoe merupakan konglomerat bisnis media Indonesia yang menurut majalah Forbes 2022 memiliki total kekayaan mencapai Rp16,35 triliun.

Saham emiten milik Grup HT di antaranya:

  • PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV).
  • PT Indonesia Transport & Infrastructure Tbk (IATA).
  • PT MNC Investama Tbk (BHIT).
  • PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP).
  • PT MNC Land Tbk (KPIG).
  • PT MNC SKY Vision Tbk (MSKY).
  • PT Global Mediacom Tbk (BMTR).
  • PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP).
  • PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN).
  • PT MNC Studios International Tbk (MSIN).

 

Melihat angka kekayaan yang bernilai fantastis, apakah Sobat Finansialku tertarik mengikuti jejak sukses Hary Tanoe dan deretan konglomerat lainnya?

Yuk, tonton video YouTube Finansialku yang tersemat berikut ini untuk memperluas referensi Anda dalam membangun mindset menjadi orang kaya di masa depan!

 

 

#16 Arsjad Rasjid

Arsjad Rasjid mendapat kepercayaan sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo pada 5 September 2023. 

Arsjad Rasjid merupakan Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk. (INDY).

Sebelumnya, ia telah menduduki berbagai posisi kunci dalam perusahaan energi terintegrasi terkemuka ini, termasuk Wakil Direktur Utama sejak 2014-2016, dan Direktur Utama (2007-2014).

Arsjad Rasjid juga memegang posisi penting di beberapa perusahaan lain. Ia adalah Presiden Komisaris PT Tripatra Engineers & Constructors dan PT Tripatra Engineering sejak April 2021.

Pada Juni 2020, ia menjabat sebagai Komisaris PT Indika Infrastruktur Investindo, PT Indika Multi Properti, dan PT Indika Inti Corpindo.

Kini, Arsjad Rasjid menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia periode 2021-2026.

 

#17 Sandiaga Uno

Sandiaga Uno kini bergabung sebagai pendukung Ganjar-Mahfud sejak bergabung bersama PPP pada 14 Juni 2023 lalu. Menurut LHKPN, Sandiaga tercatat memiliki kekayaan mencapai Rp10,99 triliun.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini memiliki sejumlah saham emiten, baik yang secara langsung dan tidak langsung, di antaranya:

  • PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG).
  • PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG).
  • PT Nusa Raya Cipta Tbk (NRCA).
  • PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO).
  • PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA).
  • PT Provident Agro Tbk (PALM).
  • PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX).
  • PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII).

 

#18 Denon Prawiraatmadja

CEO Whitesky Group, Denon Prawiraatmadja juga menunjukkan dukungannya terhadap pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Pilpres 2024.

Sosoknya resmi bergabung dan menjabat sebagai Deputi Operasi 247 TKN Ganjar – Mahfud.

Pengusaha ternama di bidang penerbangan ini merupakan Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) untuk periode 2022-2025.

Sebagai informasi, Whitesky Group merupakan perusahaan yang mengelola Bandara Udara Internasional Halim Perdanakusuma setelah sukses mengakuisisi PT Angkasa Transportindo Selaras.

 

#19 Happy Hapsoro

Sosok Happy Hapsoro terkenal sebagai suami dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani.

Happy merupakan seorang pebisnis dan memiliki beberapa perusahaan yang tercatat di BEI, yaitu:

  • PT Rukun Raharja Tbk. (RAJA).
  • PT Red Planet Indonesia Tbk. (PSKT).
  • PT Sanurhasta Mitra Tbk. (MINA).
  • PT Fortune Indonesia Tbk. (FORU).

 

#20 Orias Petrus Moedak

Orias Petrus Moedak adalah seorang pejabat dengan pengalaman luas di berbagai perusahaan. Ia terkenal karena perannya dalam mengambil alih sebagian besar saham PT Freeport.

Dengan latar belakang keuangan dan investasi, Orias telah memimpin berbagai perusahaan di berbagai sektor.

Sebelumnya, ia pernah menjabat Direktur Keuangan PT Bukit Asam Tbk, dan Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

Komisaris Independen PT Rukun Raharja Tbk ini juga menjadi Bendahara Umum Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

 

#21 Bagas Adhadirga

Bagas Adhadirga adalah Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar – Mahfud dan pengusaha di industri penerbangan.

Ia adalah pendiri sekaligus CEO PT Asia Aero Technology, perusahaan yang berfokus pada pengembangan dan layanan di bandara udara.

Selain itu, Bagas juga terkenal sebagai Design Engineering Aerodinamika di BIRU System Infrastructure IT dan Dinamika Aviasi Indonesia.

 

#22 Regi Wahyu

Kepala Staf di Tim Pimpinan TPN Ganjar – Mahfud ini merupakan seorang pengusaha di bidang teknologi dan blockchain

Ia adalah co-founder dan CEO di perusahaan teknologi, seperti HARA Token dan Dattabot, dengan pengalaman di berbagai posisi di sektor bisnis.

Dengan latar belakang sebagai serial entrepreneur, Regi tercatat sebagai pemenang Bloomberg New Economy 2021. 

Ini karena tekadnya untuk menciptakan dampak yang mengubah dunia melalui teknologi eksponensial.

Regi mengaku bersedia membantu TPN Ganjar – Mahfud karena ia percaya sosok capres dan cawapres ini akan mencetak CEO-CEO muda di masa depan. 

Ia juga percaya paslon nomor urut 03 ini dapat mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) hingga pasar internasional.

 

#23 Dharmaji Suradika

Darmaji Suradika adalah Ketua Tim Pemenangan Muda (TPM) Ganjar dan co-founder serta CEO Pemimpin.id, sebuah organisasi nirlaba yang memberdayakan pemuda Indonesia.

Pada tahun 2019, ia juga sempat bekerja sebagai Executive Director di DeepTech Foundation. Ia juga memiliki pengalaman di bidang teknologi blockchain.

Di TPN Ganjar – Mahfud, Dharmaji tidak sendirian. Salah satu Direktur yang membantunya adalah Fitria Aldiani dengan latar belakang di Lembaga Swadaya Masyarakat nasional dan internasional.

 

Keuntungan dan Kerugian Pengusaha Mendukung Capres

Seorang pengusaha memiliki kebebasan untuk bergabung dengan 48 partai politik yang ada di Indonesia. 

Beberapa pengusaha terkenal seperti Harry Tanoe, Aburizal Bakrie, hingga Erwin Aksa bahkan telah terjun langsung ke dunia politik.

Namun, terdapat stigma lama yang menyarankan agar pengusaha tetap fokus menjadi pengusaha dan jangan turun ke politik.

Hal ini mengarahkan para pengusaha untuk mencari koneksi dan hampir wajib mempunyai koneksi politik daerah yang menjabat posisi strategis.

Di sisi lain, sejumlah asosiasi pengusaha menyampaikan kriteria, harapan, dan rekomendasi terkait calon pemimpin Indonesia ke depan menjelang Pilpres 2024.

Dalam rangkaian upaya pemulihan dan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi, pemilihan calon pemimpin yang mampu mengatasi tantangan ekonomi menjadi krusial.

[Baca Juga: Alternatif Investasi di Tahun Politik, Angin Segar Biar Tetap Cuan!]

 

Investasi di Tahun Politik

Itulah tadi daftar pengusaha pendukung capres 2024. Menghadapi tahun politik, sudahkah Anda menentukan investasi yang tepat sesuai kondisi perekonomian?

Untuk menambah pengetahuan Anda mengenai investasi, simak ebook Cara Mendapatkan Uang dari Pemasukan Investasi.

Jika masih ragu dalam memilih investasi yang tepat di tahun politik, konsultasikan langsung bersama ahlinya, yakni Perencana Keuangan Finansialku.

Segera hubungi WhatsApp di nomor 0851 5866 2940 untuk buat janji temu atau klik banner di bawah ini sekarang!

konsul- INVESTASI Q3 23

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Punya pendapat terkait sejumlah pengusaha yang bergabung dalam Tim Pemenangan Nasional pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di 2024? Tuliskan tanggapan Anda di kolom komentar.

Bagikan juga artikel ini untuk menambah referensi orang lain sebelum menentukan pilihan mereka di Pilpres 2024 mendatang. Semoga bermanfaat!

 

Editor: Muhammad Dicky Syaifudin

Sumber Referensi:

  • Romys Binekasri. 14 November 2023. Daftar Emiten Konglomerat di Lingkaran Prabowo – Gibran. Cnbcindonesia.com – https://shorturl.at/hsGMT 
  • Romys Binekasri. 14 November 2023. Daftar Emiten Konglomerat Pendukung Ganjar – Mahfud MD. Cnbcindonesia.com – https://shorturl.at/hsGLX 
  • Tim Redaksi. 14 November 2023. Deret Pengusaha di Balik Anies, Ganjar, dan Prabowo di Pilpres 2024. Cnnindonesia.com – https://shorturl.at/mwGW2 
  • Tim Redaksi. 12 November 2023. Daftar Pengusaha Dukung Anies, Ganjar, dan Prabowo di Pilpres 2024. Cnnindonesia.com – https://shorturl.at/fqENY