Tahukah Anda apa saja pengaruh dan dampak startup terhadap UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia saat ini?

Apakah Anda memiliki salah satu dari kedua jenis usaha tersebut? Jika ya, simak dulu yuk artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Perkembangan Startup dan UMKM di Indonesia

Startup adalah perusahaan yang baru berdiri dan dalam tahap pengembangan untuk menemukan pasar yang tepat.

Pada umumnya, perusahaan jenis ini berbasis teknologi. Mereka melakukan pengembangan model bisnis meliputi layanan, produk, hingga platform yang inovatif.

Seperti yang kita ketahui sekarang, banyak aplikasi-aplikasi baru yang memudahkan seseorang untuk memenuhi kebutuhannya.

Perilaku konsumtif masyarakat terhadap internet saat ini, tentunya masuk dalam pertimbangan para pengusaha startup untuk mengembangkan bisnisnya.

Sebut saja, Go-Jek. Startup yang satu ini kini sudah berstatus Decacorn. Adalah status tingkat lanjut yang diberikan pada perusahaan rintisan dengan valuasi lebih dari 10 miliar dolar.

 

Kisah Start Up yang Sukses di Indonesia

Go-Jek yang mulanya hanya melayani jasa berbasis sepeda motor, telah menambah fitur-fitur baru seperti layanan pulsa, belanja, massage, juga pembayaran tagihan dan pembayaran di outlet yang bekerja sama dengan startup ini melalui fitur Go-Pay.

Perusahaan startup lain seperti Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak, juga menawarkan layanan yang beragam, bertujuan untuk memudahkan manusia dalam usaha pemenuhan kebutuhannya, mempertemukan para penjual barang atau jasa dengan para pembelinya.

Sementara UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah usaha produktif milik perorangan atau badan usaha yang sesuai dengan kriteria usaha mikro, yang berperan dalam memajukan perekonomian di Indonesia.

Ada sebagian orang yang memilih untuk mendirikan start up, dan sebagian lagi memilih UMKM. Semuanya berhubungan dengan jumlah modal, keinginan, lingkungan kompetisi dan sebagainya.

 

Ketahui 3 Pengaruh dan Dampak Startup Terhadap UMKM Indonesia Berikut

Dengan adanya UMKM para pencari kerja tidak perlu kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan di daerahnya sendiri yang mungkin jauh dari kota.

Karena banyaknya UMKM yang telah menyediakan lapangan pekerjaan. Para pelaku UMKM inilah yang nantinya bisa ikut meningkatkan devisa negara.

Kedua model bisnis ini merupakan ide dan inovasi ekonomi yang terus berkembang. Oleh karena itu, banyak orang selalu melakukan updating dan pembaruan untuk memulai usahanya.

Pada tahun 2017, dari data Kementerian Koperasi dan UKM, tercatat senilai Rp88,45 miliar. Lantas, bagaimana pengaruh dan dampak kehadiran Startup terhadap UMKM Indonesia? Berikut ulasannya.

 

#1 Memudahkan Pemasaran

Kehadiran startup berbasis teknologi internet atau startup digital tentunya memudahkan para pemilik UMKM untuk memasarkan barang atau jasa.

Dengan adanya startup, tentunya produk atau jasa milik para UMKM akan bisa tersebar luas melalui tayangan-tayangan iklan pada platform digital.

Kemungkinan datangnya pembeli dari dalam dan luar negeri tentunya akan meningkatkan pendapatan pengusaha UMKM, yang berimbas pula pada kesejahteraan para pekerjanya.

3 Pengaruh dan Dampak Startup Terhadap UMKM Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Tidak hanya dari tayangan iklan dan kemudahan transaksi secara online saja. Jasa pengiriman yang juga berbasis digital tentunya bisa menjadikan pelayanan pengusaha UMKM semakin prima.

Dengan adanya startup divisi transportasi yang sudah terpercaya, para konsumen tidak akan ragu lagi untuk membeli produk UMKM yang diinginkannya melalui platform digital milik  startup.

 

#2 Membuat Pekerjaan Lebih Efektif dan Efisien

Beberapa startup juga merilis aplikasi. Seperti aplikasi games, aplikasi belajar, bahkan aplikasi kasir. Aplikasi kasir ini tentunya akan sangat membantu para pelaku UMKM dalam melakukan transaksi.

Aplikasi kasir bernama Moka POS ini adalah sistem POS berbasis mobile yang tepat untuk pelaku UMKM.

Fiturnya mulai dari inventory, membuat kategori harga, stok produk, penjualan, hingga transaksi pembayaran yang bisa melayani debit dan juga kredit.    

 

Sial! Startup Satu ini Bangkrut Akibat Covid-19 01

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Terdapat pula fitur manajemen karyawan, data dan feedback konsumen. Software Akuntansi bernama Jurnal baru-baru ini bergabung bersama Moka POS.

Tentunya, hal ini membuat pencatatan semakin mudah. Karena dengan adanya jurnal, seluruh data yang tercatat seperti informasi seputar produk, baik itu harga maupun stok, jumlah penjualan dan pembayaran konsumen akan langsung ter-input ke dalam Jurnal.

Kemudahan ini akan sangat membantu pelaku UMKM dalam usahanya.

 

#3 Mendapatkan Dukungan

Dukungan terhadap UMKM juga datang langsung dari Daniel Witono salah seorang Chief Product Officer Mekari.

Dalam wawancaranya, Daniel menyatakan bahwa sektor UMKM Indonesia membutuhkan solusi yang modern untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis  perusahaan.

Dari 59,2 juta unit UMKM, baru 6,5 juta unit usaha yang sudah menggunakan platform digital.

Solusi dan Panduan Membuat Bisnis Startup Untuk Pemula 03 Bisnis Startup 3 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Platform berbasis cloud seperti Klikpajak, Sleekr, Talenta, dan Jurnal adalah perusahaan yang bergabung dengan Mekari untuk membantu UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital dalam hal  keuangan dan sumber daya manusia.

Baik UMKM maupun startup pastinya sama-sama bertujuan baik, salah satunya adalah membantu rakyat Indonesia dari semua kalangan dalam hal penyediaan lapangan kerja. Keduanya sama-sama bisa saling membantu.

Produk-produk Startup dalam bidang perdagangan akan memudahkan UMKM dalam pemasaran dan operasional kerja.

Sementara banyaknya pelaku UMKM dan calon pembeli produk-produk UMKM yang menggunakan layanan e-commerce sebagai bentuk produk dari startup, tentunya akan menjadikan sumber pemasukan bagi perusahaan rintisan (startup) itu sendiri.

 

Meningkatkan Daya Saing dan Kerja Sama Startup – UMKM

Pada dasarnya motif dari dua jenis badan usaha ini adalah sama yaitu dalam hal inovasi atau pengembangan. Titik perbedaannya adalah pada awal usaha.

Startup lebih menekankan pada inovasi produk, dan berbagai macam layanan untuk memudahkan konsumennya. Sementara UMKM pada awalnya mengutamakan pengembangan Sumber Daya Manusianya.

Mereka adalah para pekerja UMKM yang pada umumnya berasal dari golongan yang sama sekali tidak memiliki keahlian untuk membuat suatu produk.

Tapi, dengan bimbingan yang mendapat dukungan dari pemerintah tentunya, orang-orang ini dapat membuat produk-produk yang kualitasnya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Sebagai contoh banyak produk dari UMKM yang diekspor ke mancanegara atau diminati oleh turis-turis yang sedang menghabiskan liburan di Indonesia.

Dengan adanya kerjasama yang baik antara UMKM dan startup, maka akan lebih banyak lagi lapangan pekerjaan tercipta.

Ini akan meningkatkan kemungkinan untuk bersaing, apalagi dengan didukung oleh sumber daya manusia yang ahli di bidangnya.

Agaknya pemerintah juga perlu membantu dalam hal sosialisasi agar semua pelaku UMKM aktif menggunakan produk startup untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka.

Ingin memulai bisnis UMKM? Pelajari dulu cara mengatur keuangan dalam berbisnis lewat e-book gratis yang dapat di-download di bawah ini. Dapatkan e-book gratis lainnya di perpustakaan kami!

Perpustakaan dan Download E-book Finansialku

 

Itulah 3 pengaruh dan dampak startup terhadap UMKM yang pastinya membuat kita sebagai penggiat usaha harus ekstra hati-hati bukan? Jadi, bagikan informasi ini kepada semakin banyak pebisnis muda baik yang start up maupun penggiat UMKM, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Gilang Kharisma. 13 Agustus 2019. Dampak Inovasi Startup Terhadap Tumbuh Kembang UMKM Indonesia. Id.techinasia.com – http://bit.ly/2kA8uSJ

 

Sumber Gambar:

  • Startup UMKM – http://bit.ly/2kApQij
  • Startup UMKM 02 – http://bit.ly/2lZUSAx

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG