Sudah tahu berapa jumlah dana darurat untuk fresh graduate yang ideal? Penasaran? Yuk, simak penjelasan dan jawabannya berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Jumlah Dana Darurat Untuk Fresh Graduate

Setelah menempuh pendidikan sarjana selama 4 tahun, Rina kini siap untuk memasuki dunia kerja. Ia melamar ke berbagai perusahaan, mengirimkan puluhan CV, datang dari satu job fair ke job fair lainnya, juga telah mengikuti berbagai panggilan kerja dan psikotes.

Satu bulan… dua bulan… 3 bulan berlalu…

Untungnya, masih ada orangtua yang berikan financial support untuk biaya hidup selama beberapa bulan terakhir.

Penolakan… Penantian… Digantungin… Gak cocok… Dan akhirnya ada yang diterima. Penantian berbuah manis…

Akhirnya, Rina diterima di sebuah perusahaan yang ‘sepertinya’ sesuai dengan kriterianya.

Perjuangan seorang fresh graduate seperti Rina mungkin juga dialami pembaca dan banyak fresh graduate di Indonesia.

Setelah memasuki dunia kerja, banyak dari kita mendapati bahwa ternyata dunia kerja tidak semudah dan sesuai dengan yang awal kita bayangkan.

Ada yang lingkungan kerja bebas, tapi gaji pas-pasan. Ada yang gajinya lumayan, tapi kerjanya lembur dan atasannya gak asyik. Dan berbagai lika-liku dunia kerja.

Karyawan Menjadi Pengusaha__ BISA Lho! Ini Rahasia Suksesnya 04

[Baca Juga: Fresh Graduate & Professional, Mau Financial Freedom?]

 

Belum lagi ditambah dengan kenyataan bahwa meskipun telah kerja keras dalam pekerjaan pun ternyata belum tentu cukup untuk memenuhi standar hidup yang fresh graduate cita-citakan.

Ternyata belum akhir bulan, gaji sudah habis. Mau jalan-jalan uangnya gak ada. Dan banyak kebutuhan yang sifatnya darurat dan perlu uang.

Bagi yang punya bala bantuan dari orangtua, fresh graduate mungkin bisa mengharapkan subsidi sebagian dari orangtua untuk biaya hidup. Namun, setelah memasuki dunia kerja, barulah kita tahu bahwa “cari uang” itu tidak semudah yang dibayangkan.

Yuppphh… Cari uang memang ada tantangan. Tetapi berapa pun uang yang kita dapatkan, jika tidak disertai dengan kemampuan mengelola uang yang baik maka uangnya akan habis juga.

Untuk itu, Fresh Graduate perlu belajar sedini mungkin untuk meningkatkan skill dalam pekerjaan (agar jumlah pendapatan meningkat) dan belajar mengelola keuangan. Tantangan ini adalah proses yang akan membuat kita lebih bertanggung jawab sebagai pribadi.

Salah satu goal awal yang bisa dilakukan untuk Fresh Graduate adalah mengumpulkan untuk Dana Darurat.

Adapun jumlah Dana Darurat untuk Fresh Graduate yang diperlukan adalah 3 bulan sampai dengan 6 bulan dikalikan biaya hidup bulanan.

Jika biaya hidup bulanan fresh graduate adalah Rp4 juta per bulan, maka jumlah Dana Darurat untuk Fresh Graduate yang diperlukan berkisar antara Rp12 juta hingga Rp24 juta.

Mengapa tolok ukur yang digunakan dana darurat Untuk Fresh Graduate antara 3 s/d 6 bulan biaya hidup? Karena rata-rata waktu yang dibutuhkan di Indonesia jika kehilangan pekerjaan dan perlu mencari pekerjaan baru, yaitu 3-6 bulan (tergantung pada industri).

Dengan demikian, dalam kondisi terburuk tidak memiliki penghasilan pun, fresh graduate memiliki waktu 3 s/d 6 bulan untuk bertahan hidup dan mencari pekerjaan baru.

Para HR, Ini 8 Cara Efektif Meningkatkan Loyalitas Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Dana Darurat dan Cara Mudah Mempersiapkannya]

 

Selain itu, dana darurat bisa juga digunakan jika kamu mengalami kondisi yang penting dan darurat sifatnya. Misalnya: kendaraan rusak dan perlu segera diperbaiki, beli obat karena tiba-tiba sakit atau kecelakaan, servis laptop kerja, dan lain-lain.

Dengan adanya dana darurat, kamu tidak perlu mencairkan investasi jangka panjangmu. Bahkan kamu tidak perlu berutang, sekalipun kamu ada di masa kondisi terburukmu.

Jika kamu baru dalam awal-awal merintis karier, ini adalah waktu yang paling tepat untuk memiliki dasar yang kuat untuk keamanan keuanganmu.

Sekalipun pendapatan yang dimiliki saat ini baru sedikit, namun jika bisa dikelola dengan tepat maka hasilnya akan efektif untuk kehidupan kamu.

 

Rencanakan Dana Darurat Melalui Aplikasi Finansialku

Kabar baiknya, kamu bisa rencanakan dan persiapkan dana darurat kamu melalui Aplikasi Finansialku lho!

Caranya mudah banget!

  1. Pilih menu Rencana Keuangan
  2. Pilih tanda (+)
  3. Pilih Rencana Keuangan, kemudian Dana Darurat
  4. Ketik jumlah “Pengeluaran Bulanan” dan Status Pernikahan kamu. Kemudian pilih Hitung
  5. Kesimpulan: Jumlah Dana Darurat yang Anda butuhkan

 

 

Bagaimana? Mudah bukan?

Nah, buat kamu yang belum punya Aplikasi Finansialku, kamu bisa banget download aplikasinya di Google Play Store atau Apple App Store.

playstore icon
appstore icon

 

Selain bisa menghitung dana darurat, kamu juga bisa menggunakan fitur yang gak kalah menariknya sebagai bekal kamu menjadi fresh graduate.

Misalnya untuk:

  1. Mencatat keuangan
  2. Mengecek kesehatan keuangan
  3. Membeli produk keuangan
  4. Dan masih segudang keuntungan lainnya

 

Tunggu apa lagi?

Mulai dari hal-hal kecil supaya kamu bisa menjadi orang yang sukses di masa depan. Kalau tidak dimulai dari sekarang, mau mulai kapan?

 

Oh ya, kalau kamu ingin mengetahui gimana caranya menyiapkan dana darurat, kamu bisa cek video berikut ini ya:

 

Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu. Gak ada salahnya dong buat berbagi informasi kepada rekan seperjuangan kamu sebagai seorang fresh graduate.

Biarkan mereka juga mendapatkan berkat yang besar ini melalui hal-hal kecil. Terima kasih! Sukses terus buat kamu!

 

Sumber Gambar:

  • Asian Fresh Graduate – https://bit.ly/2VarUh6