Bagaimana cara membiaya dana pendidikan anak? Apa saja yang harus dipertimbangkan orang tua saat menyiapkan dana pendidikan anak.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Seberapa Besar Dana Pendidikan Anak?

Saat ini biaya pendidikan adalah salah satu barang mahal di Indonesia. Pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi di kota besar setidaknya membutuhkan biaya lebih dari Rp 30.000.000. Biaya kuliah di kota-kota besar bisa mencapai lebih dari Rp 100.000.000. Berapa besar biaya pendidikan, ketika anak Anda masuk sekolah?

Dana Pendidikan Anak, Bagaimana Cara Membiayainya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Berapa yang Harus Disiapkan untuk Dana Pendidikan Anak?]

 

Tidak heran jika pendidikan di Indonesia menjadi barang yang mahal, karena tingkat kenaikan biaya pendidikan bisa mencapai 15% – 20% per tahun. Sebagai gambarang uang senilai Rp 1.000.000 akan menjadi empat kali lipat dalam waktu 10 tahun. Jika Anda perhatikan uang Rp 1.000.000 dalam waktu 18 tahun, bisa menjadi Rp 27.000.000, jika kenaikan biaya 20% per tahun.

 

Dana Pendidikan Anak, Bagaimana Cara Membiayainya - Ilustrasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Jika saat ini biaya kuliah di perguruan tinggi swasta di Jakarta bisa mencapai Rp 100.000.000. Maka 18 tahun yang akan datang, harga tersebut bisa naik 27 kali lipat atau Rp 2.7 Milliar (asumsi kenaikan biaya 20% per tahun).

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

Bagaimana Cara Membiayai Dana Pendidikan Anak?

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk membiayai pendidikan anak, antara lain:

 

Batasi Jumlah Anak

Anda sudah tahu seberapa mahal biaya pendidikan saat ini. Ingat pendidikan yang baik adalah tanggung jawab orang tua. Jika saat ini Anda merasa berat dengan biaya yang harus disiapkan untuk dana pendidikan anak, maka sesuaikan jumlah anak dengan kemampuan finansial Anda. Langkah pembatasan jumlah anak ini juga turut mendukung program KB (keluarga berencana) yang dicanangkan oleh pemerintah.

 

Segera Mulai Merencanakan Keuangan

Tidak ada kata nanti, besok, lusa tetapi Segera. Mulai lakukan perencanaan kebutuhan biaya pendidikan anak. Anda dapat berkonsultasi dengan perencana keuangan untuk menyiapkan rencana persiapan pendidikan anak.

Contoh Merencanakan Keuangan dan Memantau Perkembangannya - Dana Pendidikan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Contoh Rencana Keuangan Dana Pendidikan Anak]

 

Segera Mulai Berinvestasi

Rencana keuangan tidak ada gunanya jika hanya dibuat dan dipajang. Setelah Anda memiliki rencana keuangan, segera lakukan action. Lakukan investasi pada produk yang tepat, jumlah yang tepat dan strategi yang tepat. Jika Anda sudah memiliki rencana keuangan, investasi menjadi semakin fokus dan terarah.

[Baca Juga: Membiayai Dana Pendidikan Anak dengan Reksadana]

 

Jangan Gambling dengan Pendidikan, Siapkan Mulai Sekarang

Apa pun keputusan Anda, jangan pernah gambling (judi) mengenai pendidikan anak. Ingat pendidikan adalah bekal yang paling baik untuk masa depan Anak. Harta warisan dapat habis jika diserahkan kepada anak, tetapi pendidikan tidak akan pernah habis. 

Jika Anda sudah berinvestasi untuk kebutuhan dana pendidikan anak, apakah Anda yakin investasinya sudah mencukupi kebutuhan biaya pendidikan anak?

 

Sumber Gambar:

  • Children – https://goo.gl/Lsz2od

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang