Halal atau haramkah dana pendidikan anak menurut Islam?

Yuk, cari tahu pembahasannya dalam artikel Finansialku kali ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Dana Pendidikan Anak: Halal atau Haram?

Setujukah Anda jika dana untuk pendidikan anak menjadi prioritas utama orang tua, bahkan saat anak baru lahir?

Dana untuk pendidikan anak memiliki metode yang sama dengan asuransi, di mana program ini membantu perencanaan keuangan untuk kebutuhan masa depan anak.

Apakah dana untuk pendidikan anak halal atau haram? Asalkan diperolehnya dari perputaran uang yang halal, maka tentunya dana ini sangat dianjurkan.

Tanpa perlu khawatir, saat ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah membantu memberikan label halal atau tidak dari pengecekan secara hukum syar’i.

Jadi, selama sudah dilabeli halal oleh MUI, tentu sifat dana tersebut adalah halal.

 

Pertimbangan dan Jenis Dana Pendidikan Anak Menurut Islam

Orang tua juga dapat memberi perencanaan pada anak di usia yang tepat. Sebagai orang tua, Anda dapat mengamankan masa depan anak dengan paket yang mencakup paket asuransi plus paket pendidikan anak.

 

#1 Dana Pendidikan Anak Terpercaya Bank Muamalat

Dana pendidikan anak yang bagus adalah salah satu cara terbaik untuk menabung cukup dengan investasi reguler untuk masa depan anak, seperti kebutuhan pendidikan tinggi yang semakin mahal dari tahun ke tahun.

Di sini, Bank Muamalat memberikan layanan dengan akad Mudharabah Muthlaqah.

Pahami Dana Pendidikan Menurut Ajaran Islam, Halal atau Haram 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Sederhana Menggunakan Mandiri Mobile Banking Untuk Pemula]

 

Fitur perlindungan finansial dalam paket pendidikan anak harus Anda pastikan, dimana anak mendapatkan yang terbaik untuk masa depan, bahkan saat Anda sudah tidak lagi berada pada usia produktif, atau Anda tidak dapat lagi membiayainya.

Apabila Anda memilih paket Bank Muamalat yang beragam, tentu dana ini bisa dioptimalkan.

 

#2 Mempersiapkan Dana Pendidikan Bersama Bank Syariah Mandiri

Orang tua pasti bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi anak.  Tidak hanya dalam bidang pendidikan, tetapi juga kesehatan

Namun, memang benar jika kesehatan dan pendidikan terbaik itu pasti perlu biaya jauh lebih mahal, ketimbang yang ‘biasa’ atau standar.

Hal inilah yang dipahami oleh Bank Syariah Mandiri. Investasi dan perencanaan keuangan Anda harus dipilih dengan cermat. Dengan demikian, perlindungan yang terbaik bagi buah hati semuanya tercakup di tiap tahunnya. 

Bank Syariah Mandiri sendiri memberikan pilihan tabungan 1-10 tahun. Jadi, hal ini akan bisa mengakomodasi kebutuhan untuk anak sudah muncul ketika anak siap bersekolah—bahkan di tingkat terendah.

Biaya wajib juga mulai bermunculan dan tidak akan berhenti hingga tingkat perguruan tinggi. Dana untuk pendidikan anak harus menjadi bagian dari perencanaan keuangan Anda, selain asuransi jiwa lainnya.

 

#3 Dana Pendidikan Dari Asuransi Syariah

Biasanya, orang tua memiliki asuransi atau dana untuk pendidikan yang sesuai dengan syariat Islam, di mana hal ini sudah diatur dalam fatwa MUI.

Dana untuk pendidikan berbasis syariah memberi manfaat dalam perlindungan dana untuk pendidikan anak, tanpa mengandung riba.

Asuransi syariah biasanya dibentuk dengan investasi berbentuk tabarru (aset) dengan metode pengembalian sesuai akad yang berdasarkan syariat Islam.

Pengawasannya di bawah Dewan Syariah Nasional dan Dewan Pengawas Syariah.

Pahami Dana Pendidikan Menurut Ajaran Islam, Halal atau Haram 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Sakti Menabung Uang Receh Koin Supaya Lebih Bermanfaat]

 

#4 Bebaskan Kekhawatiran Dari Ancaman Bersama BCA Syariah

Bahkan lembaga yang mengklaim sebagai lembaga asuransi berbasis syariah juga tidak selalu menjalankan syariat Islam. Hati-hati dalam memilih.

Ada baiknya melakukan riset menyeluruh terlebih dahulu, dengan membuat perbandingan tentang fitur, review pengguna, dan terutama kantor dari asuransi atau pemberi jaminan.

Hal ini penting, karena Anda—sebagai orang tua—harus membayar sejumlah uang dalam jumlah tertentu sebagai modal awal asuransi atau dana pendidikan.

Salah memilih penyedia jasa asuransi dapat merugikan Anda puluhan juta rupiah!

Untuk itulah, BCA Syariah menawarkan produk keuangan yang bermanfaat. Adapun setorannya sebanyak 40 kali dalam jangka waktu tertentu.

 

#5 CIMB Niaga Syariah dan Dana Pendidikan Anak

Dana untuk pendidikan biasanya memiliki beberapa fitur yang juga mendanai persyaratan jangka panjang seperti pendidikan tinggi, kesehatan dan juga asuransi jiwa.

Tetapi detail untuk dana pendidikan anak harus Anda cermati, yakni elemen perlindungan jiwa sekaligus poin untuk menumbuhkan investasi. 

Asuransi pendidikan harus dapat menjadi bentuk investasi bagi masa depan anak. Jumlah yang dibayarkan kepada penerima polis, seandainya terjadi kecelakaan atau meninggal, harus tersedia sesuai premi yang dibayarkan oleh perusahaan.

Hal ini untuk memastikan bahwa masa depan anak dilindungi seefektif mungkin.

Salah satu penyedia tabungan pendidikan yang bermanfaat dan pasti syariah adalah CIMB Niaga Syariah. Adapun tenornya mulai 2-20 tahun.

Pahami Dana Pendidikan Menurut Ajaran Islam, Halal atau Haram 03 - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Murabahah Adalah]

 

Bijaksana Dalam Menentukan 

Penyedia jasa pendidikan bagi buah hati yang terbaik belum tentu yang termahal. Pastikan Anda hanya membandingkan lembaga terpercaya saja, supaya tidak membuang waktu dan energi Anda.

Jangan sampai Anda mengabaikan kemampuan untuk membayar, karena kelalaian sedikit dapat menghanguskan seluruh investasi pendidikan.

 

So, smart parents wajib baca artikel ini bukan? Tentunya, banyak hal yang bisa Anda peroleh setelah membaca info di atas.

Jadi, yuk bagikan agar makin banyak smart parents yang sadar akan pentingnya dana untuk pendidikan anak, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rio. 18 September 2018. 6 Tabungan Pendidikan Anak Syariah Terbaik. Duwitmu – https://bit.ly/2MpmWYi

 

Sumber Gambar:

  • Dana 1 – https://bit.ly/2zSlv1C
  • Dana 2 – https://bit.ly/2XuZWxr
  • Dana 3 – https://bit.ly/302MbaK