Definisi insecure adalah salah satu kepribadian dengan timbulnya perasaan tidak aman. Apakah Anda sering mengalami hal seperti ini?

Insecure dapat menghambat aktivitas dan perkembangan diri Anda, hal ini akan berdampak negatif pada sosial dan karier Anda. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan insecure?

Pada artikel ini, Finansialku akan membahas pengertian, penyebab dan tanda-tanda insecure. Simak artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Insecure

Insecurity atau insecure adalah sebuah kepribadian di mana timbul perasaan tidak aman (insecure) yang dapat terjadi kapan saja namun dipicu oleh sebuah kejadian.

Insecurity dapat timbul pada situasi di mana Anda merasa malu, bersalah, tidak mampu atau lebih kurang atau rendah dibandingkan orang lain. Insecurity biasanya akan memicu rasa takut.

Rasa takut ini akan berkembang menjadi rasa tidak percaya diri dan takut untuk berinteraksi dengan orang lain. Tentunya, hal ini sangat mengkhawatirkan, terlebih interaksi dengan orang lain adalah hal yang cukup penting.

 

Tanda-tanda Insecure

Jika Anda ragu apakah diri Anda atau teman Anda dalam kondisi insecure, berikut adalah tanda-tanda yang dapat Anda perhatikan di diri seorang yang insecure.

 

#1 Rendah Diri dan Tidak Percaya Diri

Seseorang yang insecure biasanya akan memandang rendah diri sendiri. Mereka akan merasa bahwa mereka di bawah orang lain. Hal ini juga mempengaruhi kepercayaan diri mereka.

Ayo Kenali dan Pahami, Definisi Insecure Adalah… 01- Finansialku

[Baca Juga: Tipe Pekerjaan Berdasarkan 16 Tipe Kepribadian, yang Kamu?]

 

#2 Menghindari Interaksi

Seseorang yang insecure akan berusaha untuk menghindari interaksi atau dikenal dengan nama ‘ansos’ atau ‘anti sosial’. Hal ini sebenarnya berkaitan dengan poin pertama.

Misalnya, jika orang lain sedang berbicara mengenai pencapaian mereka, orang yang insecure akan cenderung diam dan merasa ‘down’. Hal ini terjadi karena mereka merasa ‘tidak ada apa-apanya’.

 

#3 Ingin Selalu Di Zona Nyaman

Seseorang yang insecure pastinya merasa tidak ingin keluar dari zona nyaman. Mereka tidak menyukai tantangan dan lingkungan baru.  Mereka lebih cenderung melakukan hal yang itu-itu saja.

Pandangan buruk mereka terhadap diri sendiri membuat orang yang insecure ketakutan. Tentunya tidak ingin keluar dari zona nyaman dapat menghambat pengembangan diri dan kemampuan komunikasi dan sosial seseorang.

 

#4 Selalu Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Ada saatnya di mana membandingkan diri dengan orang lain adalah hal yang harus Anda lakukan agar Anda dapat menjadi lebih baik, namun jika Anda terlalu sering melakukannya, jangan-jangan Anda dalam tahap insecure.

Yang membedakan perbandingan diri positif dan negatif adalah hasil dari perbandingan tersebut. Jika Anda lebih termotivasi, maka Anda berada pada jalur yang benar. Jika Anda malah merasa ‘down’ mungkin saja Anda sedang insecure.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Penyebab Insecure

Pastinya semua orang pernah merasa insecure, namun celakanya adalah jika Anda terus menerus merasa insecure. Hal ini akan berpengaruh negatif pada aktivitas sehari-hari dan juga pada kepribadian Anda.

Apa sebenarnya penyebab insecure? Di bawah ini adalah beberapa penyebab insecurity yang paling umum dan cara untuk mengatasinya.

 

#1 Kegagalan dan Penolakan

Salah satu kontributor negatif terbesar dalam hidup adalah penolakan dan kegagalan yang misalnya terjadi pada hubungan yang gagal, kehilangan pekerjaan atau kesehatan yang buruk.

Mungkin ada beberapa yang dapat bangkit dari kegagalan tersebut, namun tidak sedikit yang justru menjadi terpuruk, rendah diri, malu dan merasa gagal. Di situlah insecurity timbul dan mempengaruhi perilaku dan kebiasaan Anda.

Untuk itu, selalu berikan diri Anda waktu untuk ’sembuh’ dan beradaptasi dengan fakta baru. Selain itu, interaksi dengan keluarga, teman dan ‘curhat’ tentang masalah Anda dapat membantu Anda mengatasi kegagalan penolakan.

Ayo Kenali dan Pahami, Definisi Insecure Adalah… 03- Finansialku

[Baca Juga: 5 Kepribadian R. A. Kartini yang Patut Diteladani Wanita Indonesia]

 

#2 Terlalu Perfeksionis

 Standar yang terlalu tinggi juga tidak selalu baik. Mungkin Anda ingin mendapatkan nilai tertinggi, rumah terindah, pangkat terbesar dan lain sebagainya.

Namun pada kenyataannya, tidak selamanya hal yang kita inginkan dapat tercapai. Hasil dari usaha dan kerja keras kita tidak berada pada kontrol diri Anda.

Terlalu keras pada diri sendiri dan terus menerus khawatir karena Anda tidak ‘cukup baik’ dapat menimbulkan depresi, ketakutan dan gangguan fisik. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mencari zona ‘abu-abu’.

Zona ini membantu Anda untuk lebih mengerti dengan keadaan. Zona ini juga membantu Anda untuk mencintai diri sendiri bahkan ketika Anda berada di saat yang buruk.

Ayo Kenali dan Pahami, Definisi Insecure Adalah… 02- Finansialku

[Baca Juga: Para Manajer! Ketahui Cara Mengawasi dan Mengontrol Psikologi Kepribadian Karyawan]

 

#3 Fobia Sosial

Pasti banyak dari Anda yang pernah merasa kurang percaya diri di situasi sosial seperti pesta, kumpul keluarga atau bahkan ketika wawancara pekerjaan. Ketakutan akan penilaian buruk orang lain dapat membuat Anda menghindari situasi sosial yang akhirnya akan menimbulkan fobia sosial.

Fobia sosial ini sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa kebiasaan sederhana. Pertama, Anda dapat terus mengingatkan diri sendiri bahwa tidak ada manusia sempurna.

Kedua, Anda dapat menyiapkan mental sebelum bertemu atau berinteraksi dengan orang lain. Misalnya Anda dapat memikirkan hal menarik yang dapat dibicarakan misalnya, film atau musik terbaru, hobi yang menyenangkan atau bahkan berita terkini.

 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda keluar dari kepribadian dan kebiasaan insecure. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

 

Sumber Referensi:

  • Melanie Greenberg. 6 Desember 2015. The 3 Most Common Causes of Insecurity and How to Beat Them. Psychologytoday.com – https://bit.ly/32SXhQs
  • Habsi. 23 April 2020. Mengenal Istilah Insecure dan Memahami Tanda-tandanya. Quipper.com – https://bit.ly/3mJmIMf

 

Sumber Gambar:

  • Insecure 1 – https://bit.ly/2EK89Hd
  • Insecure 2 – https://bit.ly/3ikFm9Y
  • Insecure 3 – https://bit.ly/3jn0PAE