Definisi manajemen adalah sebuah ilmu dan seni untuk mengendalikan sebuah kegiatan agar bisa selesai dengan melibatkan orang lain.

Seperti apa definisi manajemen lebih jelasnya dan bagaimana sejarahnya? Kamu bisa mengetahuinya melalui artikel Finansialku berikut ini.

 

Apa Itu Manajemen?

Secara etimologi, kata manajemen berasal dari Bahasa Perancis kuno yakni ménagement, yang berarti seni melaksanakan dan mengatur.

Namun ada juga kemungkinan lain jika istilah manajemen berasal dari Bahasa Italia, yaitu dari kata meneggiare yang memiliki arti “mengendalikan”, dan biasanya digunakan dalam konteks mengendalikan kuda kala itu.

Lalu kemungkinan dari Bahasa Italia inilah kemudian Bahasa Perancis mengadopsinya menjadi ménegement.

Definisi-Manajemen-Adalah-1-Revolusi-Inggris-Finansialku

[Baca Juga: Definisi Sistem Informasi Adalah]

 

Untuk definisi dari manajemen sendiri, para ahli dalam ilmu manajemen ini mengemukakan pendapat yang cukup berbeda-beda yakni seperti berikut ini:

  • Henry Fayol

Menurut Henry Fayol, manajemen merupakan ilmu yang mengandung gagasan atau pun ide mengenai lima fungsi utama, yakni merancang, mengorganisir, memerintah, mengkoordinasi dan juga mengendalikan

  • George R. Terry

Jika berdasarkan George R. Terry, manajemen ialah suatu proses yang khas, yakni yang terdiri dari tindakan-tindakan: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang dilakukan dengan maksud menentukan dan mencapai sasaran-sasaran yang sebelumnya telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya

  • Marry Parker Follet

Menurut Marry Parker Follet, manajemen merupakan seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Dari definisi yang ia kemukakan, dapat diketahui bahwa ada seorang yang bertugas untuk mengatur serta mengarahkan orang lain demi melakukan sesuatu yang dapat mendukung tercapainya tujuan sebuah organisasi.

  • Eiji Ogawa

Ahli yang berasal dari Jepang ini mendefinisikan manajemen sebagai sebuah perencanaan, pengimplementasian, serta pengendalian untuk setiap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau pun organisasi, dan dengan menetapkan setiap sasaran yang disempurnakan sesuai dengan kondisi atau fleksibel.

  • Ricky W. Griffin

Sedangkan menurut Ricky W. Griffin, manajemen merupakan sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, serta pengontrolan terhadap sumber daya untuk mencapai sasaran dengan efektif dan juga efisien.

 

Meskipun mengungkapkannya dengan cara yang berbeda, bukan berarti dari kelima pendapat ahli manajemen tersebut ada yang salah dan ada yang benar, sebab secara sekilas maksud dan tujuannya hampir bisa dikatakan sama.

Selain dari definisi yang diungkapkan oleh para ahli, ada juga definisi manajemen secara umum, yang mengatakan bahwa:

“Manajemen merupakan proses perencanaan, mengorganisasi, mengarahkan dan mengendalikan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan dari organisasi dengan efektif serta efisien dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh organisasi.”

 

Sejarah Manajemen

Manajemen diyakini sudah ada sejak lama, meskipun mungkin tidak dikenal dengan istilah yang kita gunakan seperti sekarang ini.

Namun keyakinan ini dapat dibuktikan dengan adanya peninggalan sejarah seperti halnya piramida di Mesir, atau pun peninggalan sejarah lainnya.

Tentu saja tanpa adanya orang yang mampu untuk merencanakan, mengorganisir pekerja dan bahan baku, memimpin dan mengarahkan begitu banyaknya pekerja, pastinya peninggalan sejarah seperti piramida tidak akan pernah dapat terselesaikan.

Selain itu, bentuk sejarah lainnya juga membuktikan bahwa praktik dari manajemen sendiri sudah ada sejak dahulu, meski terlepas dari istilah apa yang digunakan untuk penyebutan seorang yang menjadi manajer.

Dikenal juga 3 era dari sejarah manajemen, yakni seperti yang akan dibahas secara singkat berikut ini.

 

#1 Era Abad 19

Pada awal abad 19, muncul tokoh manajemen seperti Adam Smith dan John Stuart Mill, mereka memberikan teori mengenai pengaturan sumber daya manusia, produksi, serta penetapan harga.

Kemudian di pertengahan abad 19 muncul pula Robert Owen, M. Laughlin dan Henry Poor yang turut mengembangkan teori pelatihan, struktur organisasi, motivasi, dan kontrol pengembangan pekerja.

Dan di akhir abad muncul Alfred Marshall dan Leon Walras yang turut memberikan teori baru.

 

#2 Era Awal Abad 20

Di era ini muncullah seorang ahli yang bernama Henri Fayol yang mengemukakan teori manajemen secara lengkap, dan dikenal dengan teori fungsionalisme yang ia kemukakan.

Fayol membedakan kegiatan manajemen ke enam bagian, yakni teknik produksi dan manufakturing produk, keuangan, komersial, keamanan, akuntansi dan manajerial.

Kemudian terjadi lagi perubahan pada akhir abad yang membedakan manajemen menjadi:

  • Manajemen SDM
  • Manajemen Strategi
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Produksi
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Informasi Teknologi

 

#3 Era Modern

Era ini dimulai dengan adanya konsep manajemen kualitas total yang diperkenalkan oleh W. Edward Deming dan Joseph Juran.

Deming menekankan betapa pentingnya peningkatan kualitas melalui lima langkah reaksi berantai.

Sedangkan Joseph mengembangkan trilogi manajemen yang memasukkan perencanaan, kontrol, dan juga peningkatan kualitas.

 

Seberapa Pentingkah Manjemen Menurut Kamu?

Ada begitu banyak pendapat mengenai definisi manajemen dan dari pembahasan diatas, dapat diketahui bahwa manajemen adalah sesuatu yang penting.

Lalu menurutmu seberapa pentingkah manajemen tersebut?

 

Itu dia definisi manajemen yang perlu kamu ketahui. Bagaimana menurutmu? Kamu bisa mengemukakannya dalam kolom komentar di bawah ini.

Kamu juga bisa bagikan artikel informatif ini pada teman-temanmu agar pengetahuan mereka bisa lebih luas mengenai manajemen. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Michael Putra. Pengertian Manajemen – Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis, Makalah. Sayanda.com – https://goo.gl/pb61nH
  • Dr. Mamduh Hanafi. Konsep Dasar dan Perkembangan Teori Manajemen. Repository.ut.ac.id – https://goo.gl/Fd7g9u
  • Admin. 4 Februari 2018. 20 Definisi Manajemen Menurut Para Ahli. Rocketmanajemen.com – https://goo.gl/ghCm1K
  • Citra Dara. 17 Desember 2013. Makalah Sejarah Manajemen – https://goo.gl/jYqYyh
  • Admin. Manajemen. Id.wikipedia.org – https://goo.gl/qrKJPY

 

Sumber Gambar:

  • Henri Fayol – https://goo.gl/RFU96W
  • Piramida Mesir – https://goo.gl/KbZ8MM
  • Revolusi Inggris – https://goo.gl/z5Q4UH
  • Manajemen – https://goo.gl/jmJG5B