Pernah dengar tentang SIPP Online? Lalu apa definisi dari SIPP Online ini?

Simak artikel berikut untuk pembahasan selengkapnya.

 

Definisi SIPP Online Adalah

SIPP online adalah sebuah website pelaporan peserta online yang membantu perusahaan untuk melakukan pengelolaan data kepesertaan berkaitan dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Data ini dapat mencakup data perusahaan, tenaga kerja, upah, hingga penghitungan iuran BPJS Ketenagakerjaan secara cepat dan akurat.

Sebelumnya, terdapat SIPP Desktop sebagai platform BPJS ketenagakerjaan namun secara offline.

SIPP Online adalah pengembangan dari SIPP Desktop tersebut. SIPP Online dapat diakses dengan mudah. SIPP Online dapat diakses melalui website https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Berdasarkan Peraturan Presiden No. 109/2013 tentang Tahapan Kepesertaan Program Jaminan Sosial, setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Hal tersebut untuk mengikuti program jaminan kecelakaan kerja, program jaminan hari tua, program jaminan pensiun, serta program jaminan kematian secara bertahap.

Oleh karena itu, sebagai seorang pengusaha ataupun pemimpin perusahaan maka Anda perlu memahami SIPP Online.

Quiz 3 Tipe Pengusaha Startup Dalam Berbisnis 01 Young Asian business - Maximuz Foto - shutterstock - 717021853 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Syaratnya Jika Mau Mengubah Data-Data BPJS Kesehatan?]

 

BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri adalah program perlindungan sosial ekonomi yang ditujukan untuk tenaga kerja di Indonesia dengan penyelenggaraan yang menerapkan mekanisme asuransi ideal.

Secara ideal, pengelolaan keanggotaan karyawan dalam BPJS Ketenagakerjaan dibantu oleh perusahaan. Sehingga setiap bulan perusahaan akan memberikan bantuan iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Namun jika pada perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan akan mengalami kesulitan dalam mengelola BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Oleh karena itu, terciptalah SIPP Online untuk membantu perusahaan mengelola data keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan karyawannya.

 

Kelebihan SIPP Online Ketenagakerjaan

Terdapat beberapa kelebihan dari penggunaan SIPP Online yang menguntungkan pengguna. Berikut kelebihan dari SIPP Online Ketenagakerjaan.

  • Mudah untuk digunakan karena sistemnya online
  • Pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan cepat selama dokumen persyaratan sudah dipenuhi oleh peserta dan di upload oleh pengelola data tenaga kerja
  • Sistem yang digunakan lebih user friendly yang memudahkan HR (Human Resources) untuk mengelola data karyawan yang didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Jika ada kendala dalam mengelola data karyawan, Anda bisa langsung menghubungi customer care ataupun relationship officer di nomor yang telah terdapat pada website SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan yaitu 1500910

 

6 Komponen yang Menjamin Keamanan Informasi SIPP Online

Sebagai pengguna SIPP Online Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanannya. Terdapat beberapa komponen yang menjamin keamanan informasi dari SIPP Online.

Berikut 6 komponen yang menjalin keamanan informasi SIPP Online:

 

#1 One Time PIN

Untuk dapat melakukan aktivasi akun SIPP Online, pengguna harus memasukkan PIN (Personal Identification Number). PIN tersebut akan dikirim melalui SMS ke handphone dan email pengguna.

Hal ini merupakan metode challenge-response test untuk memastikan bahwa pengguna yang melakukan registrasi bukan merupakan agen virtual (virtual agent).

 

#2 Email Konfirmasi

Saat melakukan registrasi maka calon pengguna akan mendapatkan kiriman link aktivasi melalui email yang hanya dapat diaktifkan menggunakan one time PIN yang telah disebutkan diatas.

Gimana-Etika-Email-Lamaran-Kerja-3-Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Aktivasi Kartu BPJS yang Diblokir?]

 

#3 Automatic Logout

Koneksi dari aplikasi SIPP Online akan terputus secara otomatis jika pengguna tidak melakukan tindakan apapun selama lebih dari 5 menit pada website. Jadi, akun Anda akan logout secara otomatis.

 

#4 User ID dan Password

Untuk bisa log in ke website SIPP Online maka pengguna harus memasukkan user ID dan password.

Dengan begitu, maka pengguna dapat meminimalisasi risiko penyalahgunaan oleh orang lain pada saat komputer ditinggalkan dalam keadaan terhubung dengan aplikasi SIPP Online.

 

#5 Firewall

Dengan adanya firewall maka dapat memastikan bahwa hanya pengguna lah yang mempunyai hak akses untuk log in ke platform ini.

 

#6 SL 128-bit Encryption

Setiap data pada SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan maka akan dikirimkan melalui protokol Secure Socket Layer (SSL). SSL adalah suatu standar pengiriman data dengan metode enkripsi.

Saat website mengirimkan data maka protokol SSL akan mengacaknya menjadi kode-kode rahasia menggunakan 128-bit encryption.

Hal ini berarti terdapat 2 pangkat 128 kombinasi angka kunci, namun hanya ada 1 kombinasi yang dapat membuka kode-kode tersebut.

 

Manfaat Menggunakan SIPP Online

Jika Anda merupakan salah satu perusahaan yang mengikuti program BPJS, Maka dengan menggunakan SIPP Online maka Anda dapat mendapatkan berbagai manfaatnya. Berikut manfaat dari SIPP Online:

 

#1 Pendaftaran, Mutasi, Serta Memasukkan Data Karyawan Baru

Dengan menggunakan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan, Anda dapat memasukkan data baru. Misalnya menambahkan tenaga kerja yang juga merupakan anggota BPJS Ketenagakerjaan yang bekerja di perusahaan Anda.

Terdapat 2 pilihan menu untuk menambahkan nama baru. Kedua pilihan tersebut adalah secara individu dan massal.

Disisi lain, Anda juga dapat mengedit ataupun melengkapi data karyawan pada laman profil tenaga kerja dan anggota keluarga.

Kenali Metode Penilaian Kinerja Karyawan yang Efektif dan Efisien 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Benar Dapat Diskon Pakai Kartu BPJS Ketenagakerjaan Saat Berbelanja?]

 

#2 Membuat Laporan Upah Tenaga Kerja Bulanan dan Memonitor Iuran

Pada SIPP Online Anda juga dapat mengatur laporan gaji ataupun tenaga kerja non aktif dengan mengunduh template yang sudah tersedia.

Selain itu, Anda juga dapat memonitor iuran perusahaan dari jumlah total iuran serta status pembayarannya.

Dengan begitu, maka perusahaan akan sangat dipermudah ketika berhubungan dengan uang serta perputarannya yang cepat dapat menimbulkan kebingungan untuk jangka waktu yang panjang.

Informasi yang ada juga akan terjaga dari segi validitas, kualitas, ketepatan, serta integrasinya.

 

#3 Melakukan Pembayaran

Dengan menggunakan SIPP Online maka akan lebih praktis dalam melakukan transaksi pembayaran BPJS Ketenagakerjaan secara online. Sehingga Anda dapat melakukan pembayaran melalui layanan dengan mudah dan cepat.

Terdapat beberapa pilihan metode pembayaran yang dapat dipilih. Ada metode pembayaran transfer melalui ATM, internet banking, ataupun melalui minimarket terdekat.

 

#4 Mencegah Potensi Kecurangan

Dengan adanya SIPP Online juga dapat mencegah potensi kecurangan pengambilan Jaminan Hari Tua (JHT) bodong.

JHT bodong yang dimaksud adalah karyawan seolah-olah keluar dari perusahaan dengan surat keterangan palsu demi bisa mencairkan dana Jaminan Hari Tua.

 

Cara Mendaftar SIPP Online

Untuk dapat merasakan manfaat dari SIPP Online maka Anda harus mendaftar SIPP Online terlebih dahulu. Berikut cara mendaftar SIPP Online:

  1. Buka website SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan pada alamat https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Klik “Daftar” dan Anda akan langsung masuk ke halaman https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/daftar
  3. Isi kolom dengan Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) dan divisi Anda. Jika sudah, silahkan klik “Next” dan lanjut ke tahap berikutnya.
  4. Isi kolom untuk data user login, kemudian klik “Next” dan lanjutkan ke tahap berikutnya
  5. Isi kolom untuk daftar user KPJ, kemudian selesaikan pendaftaran dan tunggu hingga Anda mendapatkan email untuk aktivasi akun.

 

SIPP Online Membantu Anda

SIPP Online sangat membantu Anda dalam mengelola kepesertaan BPJS Karyawan di perusahaan. SIPP Online dapat membantu dari pembayaran online hingga pembuatan laporan upah bulanan.

Dengan begitu, maka pengelolaan BPJS Ketenagakerjaan dapat lebih mudah dan transparan.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 1 Maret 2018. SIPP Online: Panduan & Cara Pendaftaran Keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan. Sleekr.co – https://bit.ly/2JlelpM
  • Ferry Rinaldi. 2018. Cara Daftar dan Menggunakan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan 2018. Kembar.pro – https://bit.ly/2VkeUlv
  • Admin. 2018. Mengenal SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan, Manfaat dan Cara Penggunaan. Karyaone.co.id – https://bit.ly/2Vyihu1
  • Admin. 24 Februari 2019. Cara Antri Online BPJS Ketenagakerjaan. Bpjs-online.com – https://bit.ly/2WIlSCh

 

Sumber Gambar:

  • SIPP Online – http://bit.ly/2YLMnr9