Bagaimana cara aktivasi kartu BPJS Kesehatan yang diblokir? Kali ini Finansialku akan membahas bagaimana solusi untuk aktivasi kartu BPJS yang diblokir.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Memanfaatkan Fasilitas BPJS Kesehatan

Memiliki BPJS Kesehatan adalah hal yang lumrah saat ini. Baik bagi kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas, semua dapat menggunakan layanan BPJS Kesehatan dengan tarafnya masing-masing. Dengan menggunakan BPJS Kesehatan Anda dapat mengakses fasilitas kesehatan yang terjangkau.

Walaupun terkadang terjadi beberapa kendala dalam praktik penggunaannya, tetap ada banyak masyarakat yang sangat terbantu dengan keberadaan BPJS Kesehatan. Sekarang masyarakat yang kurang mampu pun tidak perlu khawatir untuk berobat karena telah memiliki BPJS Kesehatan. Iuran yang dibayarkan pun relatif tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan fasilitas yang bisa didapatkan. Hanya saja, banyak orang yang terkadang hanya mengingat hak namun tidak mengingat kewajibannya.

Bagaimana Cara Aktivasi Kartu BPJS yang Diblokir 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kecewa dengan Layanan BPJS Kesehatan yang Buruk? Bagaimana Solusinya?]

 

Seringkali pemilik BPJS Kesehatan lupa membayar iuran bulanannya. Keterlambatan ini bisa terjadi karena berbagai alasan, mulai dari lupa, hingga memang sengaja tidak membayar iuran. Padahal iuran tersebut yang digunakan untuk membayar fasilitas-fasilitas kesehatan yang digunakan oleh seluruh peserta BPJS Kesehatan. Jika iuran terlambat dibayarkan maka proses kerja BPJS Kesehatan pun akan menjadi terhambat. Jika hanya satu atau dua peserta yang terlambat membayarkan iurannya mungkin tidak akan terlalu menjadi masalah, tetapi bagaimana jika semua orang terlambat membayar iurannya? Dari mana dana yang dapat digunakan oleh BPJS Kesehatan untuk membayar fasilitas kesehatan yang diberikan kepada masyarakat?

Karena itu membayar iuran secara tepat waktu adalah kewajiban yang harus diprioritaskan oleh Anda selaku peserta BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan telah memberikan aturan yang jelas mengenai keterlambatan pembayaran iuran setiap bulannya. Jika Anda terlambat membayar iuran maka akan dikenakan denda sebesar 2% dari iuran yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Tetapi jika Anda terlambat hingga lebih dari 3 bulan maka kartu BPJS yang Anda miliki akan diblokir.

Apa Saja Syaratnya Jika Mau Mengubah Data-Data BPJS Kesehatan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Syaratnya Jika Mau Mengubah Data-Data BPJS Kesehatan?]

 

Beruntungnya jika terlambat membayar selama kurang dari 3 bulan Anda masih dapat menggunakan kartu BPJS Kesehatan tersebut seperti biasa di fasilitas-fasilitas kesehatan yang ditunjuk. Hanya saja jika tunggakan telah lebih dari 3 bulan otomatis kartu tersebut tidak dapat digunakan untuk sementara.

 

Kartu Diblokir, Bagaimana Solusinya?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika Anda terlambat membayar iuran selama lebih dari 3 bulan maka kartu BPJS Kesehatan Anda akan secara otomatis dinonaktifkan. Tetapi tidak perlu khawatir, kartu tersebut hanya akan diblokir untuk sementara. Anda dapat kembali mengaktivasi kartu tersebut. Sayangnya hanya ada satu cara untuk kembali mengaktifkan kartu BPJS Kesehatan Anda, yaitu dengan melunasi seluruh tunggakan iuran yang Anda tumpuk selama tiga bulan atau bahkan lebih. Pelunasan ini bukan saja membayar sejumlah iuran selama tiga bulan (atau berapa bulan pun Anda menunggak) tetapi juga beserta bunga 2% setiap bulannya.

Untuk melunasi tunggakan tersebut Anda dapat tetap menggunakan sistem pembayaran iuran BPJS Kesehatan seperti biasa.  Misalnya saja melalui ATM, kantor pos, berbagai Minimarket dan fasilitas pembayaran lainnya. Jika Anda telah melunasi tunggakan tersebut biasanya sistem akan secara otomatis mengaktivasi kartu BPJS Kesehatan Anda yang sebelumnya diblokir. Namun, tidak jarang juga terjadi kendala dalam sistem sehingga kartu Anda tidak otomatis teraktivasi. Umumnya Anda dapat menunggu hingga 2×24 jam sejak melunasi pembayaran iuran.

Para Penderita Kanker Mendapatkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS Kesehatan 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Para Penderita Kanker Mendapatkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS Kesehatan]

 

Jika dalam 2×24 jam setelah pelunasan kartu Anda belum juga diaktivasi, Anda terpaksa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan setempat untuk mengaktivasi kartu yang diblokir secara manual. Jangan lupa untuk membawa kartu BPJS Kesehatan serta bukti pelunasan iuran Anda. Setelah itu petugas BPJS Kesehatan akan membantu Anda mengaktivasi kartu tersebut. Segera setelah kartu diaktifkan kembali, Anda dapat menggunakan kartu BPJS Kesehatan pada fasilitas-fasilitas kesehatan BPJS.

 

Pentingnya Membayar Iuran Tepat Waktu

Membayar iuran adalah hal yang kurang menyenangkan bagi semua orang. Terkadang bukan hanya jumlah yang harus dibayarkan yang menjadi masalah, tetapi meluangkan waktu untuk membayar tagihan-tagihan pun cukup menyulitkan. Tetapi Anda perlu tahu bahwa iuran itu bukan hanya mempengaruhi hidup Anda, melainkan mempengaruhi kegiatan banyak orang. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bisakah Anda bayangkan bagaimana jika semua peserta BPJS Kesehatan memiliki pemikiran yang sama untuk malas membayar iuran BPJS tepat waktu?

Tentu saja pihak BPJS Kesehatan akan kesulitan untuk menjamin layanan kesehatan bagi para pesertanya. Selain itu Anda juga dapat mengganggu kebutuhan orang lain yang membutuhkan layanan kesehatan dari BPJS. Jangan sampai karena sekelompok orang terlambat membayar iuran, terpaksa peserta lain pun ikut terganggu dan tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. 

Daftar Operasi yang Ditanggung oleh BPJS Kesehatan 1 - Finansialku

 [Baca Juga: Daftar Operasi yang Ditanggung oleh BPJS Kesehatan]

 

Keterlambatan pembayaran iuran hingga kartu diblokir pun dapat sangat mengganggu Anda. Ketika berbicara tentang asuransi, Anda berhadapan dengan risiko. Risiko tidak dapat dipastikan, tidak ada yang tahu kapan Anda akan jatuh sakit. Bagaimana jika Anda jatuh sakit ketika kartu BPJS Kesehatan Anda berada dalam kondisi terblokir akibat menunggak iuran selama lebih dari 3 bulan. Kartu tersebut tidak bisa digunakan. Sementara itu dalam kondisi sakit Anda akan kesulitan jika harus melunasi iuran BPJS dan menunggu aktivasi kartu, mengingat dalam kondisi terburuk aktivasi kartu BPJS yang diblokir bisa mencapai 2×24 jam atau bahkan lebih. Akibatnya Anda terpaksa harus membayar seluruh biaya pengobatan sendiri dengan jumlah normal. Tentu saja Anda akan mengalami banyak kerugian finansial akibat biaya pengobatan yang begitu mahal. Padahal jika uang tersebut digunakan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan secara tepat waktu sebelumnya, Anda tidak perlu mengalami kerugian tersebut.

 

Tertib Membayar Iuran

Jika Anda terlambat membayar iuran BPJS Kesehatan hingga lebih dari 3 bulan maka kartu BPJS Kesehatan Anda akan diblokir dan tidak dapat digunakan untuk sementara. Anda dapat kembali mengaktifkannya dengan melunasi seluruh tunggakan, namun dibutuhkan waktu dan usaha jika aktivasi berjalan tidak sesuai rencana. Karena itu sebenarnya solusi terbaik untuk menghindari kendala ini adalah dengan selalu membayar iuran tepat waktu. Jangan sampai keterlambatan pembayaran yang seolah sepele mengakibatkan kerugian finansial yang besar untuk Anda.

 

Apakah Anda pernah mengalami peristiwa kartu BPJS Kesehatan diblokir? Langkah apa yang Anda lakukan untuk proses aktivasi? Berikan pengalaman Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Boby Chandro Oktavianus. 12 Januari 2017. Solusi Aktifkan Kartu BPJS yang Terblokir Akibat Telat Bayar. Cermati.com – https://goo.gl/l6Sz0L

 

Sumber Gambar:

  • BPJS Kesehatan – https://goo.gl/Imxr41
  • Kantor BPJS Kesehatan – https://goo.gl/1t1XWl

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang