Aksi demo mahasiswa di Jakarta kemarin, 30 September 2019, berakhir ricuh dan sempat menimbulkan ketegangan antara demonstran.

Kali ini Finansialku akan membahas berita tentang aksi demo mahasiswa di Jakarta. Agar lebih jelas, mari simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Demo Mahasiswa di Jakarta

Aksi demo yang dilakukan oleh para mahasiswa di Indonesia ini terus berlanjut pada Senin (30/9/2019) di gedung DPR. Kali ini aksi diikuti oleh beberapa pihak termasuk Aliansi Mahasiswa Indonesia, kelompok buruh dan beberapa pelajar.

Demo kali ini merupakan kelanjutan dari demo mahasiswa yang berlangsung pada tanggal 23-24 September lalu terkait penolakan RUU KUHP dan Revisi KPK.

Aksi Demo Mahasiswa di Jakarta Makin Memanas Hingga Hari Ini 02

[Baca Juga: Berlaku 1 Januari 2020, Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Ditolak Buruh]

 

Elang, Kepala Departemen Kajian Strategis BEM Universitas Indonesia (UI), mengatakan:

“Jadi kayak tuntutan RUU Pertanahan, untuk RKHUP sebenarnya juga kita melihat penundaan sudah cukup tapi idealnya di situ ada pencabutan draf dan dikaji ulang. Terus juga tuntutan terkait RUU lain juga nggak berubah.”

 

Untuk mengantisipasi aksi demonstrasi ini, pihak kepolisian telah melakukan sejumlah pengamanan mulai dari kawat berduri hingga kendaraan taktis.

Di depan gedung DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, terlihat kawat berduri dipasang melintang di jalan tersebut. Hal ini mengakibatkan lalu lintas di depan gedung DPR tidak dapat dilewati kendaraan.

Selain itu, ribuan personel pun telah kendaraan taktis seperti barracuda dan water cannon milik polisi juga telah disiagakan di area depan gedung DPR.

Polda Metro Jaya sendiri telah menyiapkan 20.500 personel gabungan untuk mengamankan demo di depan gedung DPR.

Aksi demonstrasi di Jakarta ini berpusat di depan Gedung DPR, namun ada beberapa kelompok yang memutuskan untuk berkumpul di beberapa titik sebelum kemudian bergerak ke arah gedung DPR.

Aksi Demo Mahasiswa di Jakarta Makin Memanas Hingga Hari Ini 03

[Baca Juga: Konglomerat Edward Soeryadjaya Dihukum MA 15 Tahun Penjara]

 

Di Jalan Gatot Subroto sebelum Halte JCC Senayan, massa yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai kampus terlihat bergerak secara bergelombang menuju gedung DPR.

Mahasiswa dari Universitas Nasional (Unas) bergabung dengan massa petani dan pemuda berdemo di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Hal ini menyebabkan lalu lintas di Jalan Gatot Subroto menuju Slipi pun menjadi tersendat.

Tak hanya itu, lalu lintas di tol juga ikut tersendat karena massa demo mahasiswa berlarian menuju arah Tol Dalam Kota untuk menghindari tembakan gas air mata.

Akses Tol Dalam Kota menuju Slipi pun ditutup. Kendaraan dari arah Cawang ke Slipi diputarbalikkan di Km 8 Jalan Tol Dalam Kota.

Selain itu, karena Stasiun Palmerah yang ditutup sementara, perjalanan KRL dari dan menuju Stasiun Tanah Abang ikut dihentikan sementara.

 

Pantau Demo Jakarta Melalui CCTV

Jika Anda ingin melihat kondisi lalu lintas Jakarta, warga bisa melihat secara langsung CCTV milik Pemprov DKI Jakarta untuk menghindari demo tersebut.

Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan layanan CCTV yang bisa dikses melalui situs https://smartcity.jakarta.go.id/. Terdapat puluhan kamera CCTV yang secara langsung dapat menyiarkan kondisi terkini di seluruh Jakarta.

Anda bisa meng-klik kolom ‘Peta’ yang ada di sebelah kanan atas website, kemudian akan muncul pilihan menu ‘CCTV Online’.

Selain itu, Anda bisa memilih CCTV milik yang akan dilihat. CCTV tersebut akan memperlihatkan situasi terkini secara langsung di Jakarta.

Khusus untuk CCTV yang berada di sekitar Gedung DPR, berikut link yang bisa diakses warga:

Kamera 1 : https://cctv.balitower.co.id/Bendungan-Hilir-003-700014_1/embed.html
Kamera 2 : http://cctv.balitower.co.id/Bendungan-Hilir-003-700014_2/embed.html
Kamera 3 : http://cctv.balitower.co.id/Bendungan-Hilir-003-700014_3/embed.html
Kamera 4 : http://cctv.balitower.co.id/Bendungan-Hilir-003-700014_4/embed.html

 

Demo Mahasiswa di Jakarta Berakhir Ricuh

Demo yang dilakukan oleh para mahasiswa dan beberapa kelompok buruh di Jakarta yang terjadi pada 30 September 2019 berakhir dengan ricuh setelah massa melempari polisi dengan benda-benda berbahaya.

Penyulut emosi demo mahasiswa berawal saat tronton dan mobil taktis yang berisikan anggota Brimob melewati Tol Dalam Kota.

Massa yang sedang mendengarkan orasi pun langsung berdiri dan mengejar kendaraan tersebut. Mereka melempari kendaraan itu dengan botol, kayu, dan batu.

Aksi Demo Mahasiswa di Jakarta Makin Memanas Hingga Hari Ini 04

[Baca Juga: Denda-Denda dalam Pasal Kontroversial RUU KUHP 2019]

 

Kericuhan ini terjadi di beberapa titik yaitu Jalan Tentara Pelajar, Senayan (belakang gedung DPR), Jalan Gatot Subroto arah Slipi (depan gedung DPR), dekat kantor TVRI dan di belakang BPK.

Melihat kericuhan yang terjadi, polisi menembakkan gas air mata kepada massa aksi.

Akibat kericuhan ini juga Stasiun Palmerah yang berada dekat gedung DPR ditutup sementara hingga waktu yang tidak ditentukan.

Penutupan tersebut dilakukan untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan terhadap calon penumpang.

Situasi Jalan Gatot Subroto dan kawasan Semanggi, tepatnya di sekitar Kampus Atma Jaya, Plaza Semanggi, dan gedung Polda Metro Jaya mulai kondusif pada pukul 23.00, setelah kerusuhan antara demonstran dan polisi pecah selama hampir tujuh jam.

Polisi mulai membuka arus lalu lintas dari arah Cawang menuju Slipi dan sebaliknya. Kendaraan bermotor sudah dapat melintas. Kendaraan yang melintas tampak ramai lancar.

 

Apa tanggapan Anda terkait berita di atas? Silakan tulis komentar Anda pada  kolom di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Muhammad Fida UI Haq. 1 Oktober 2019. Ada Demo Lagi Hari Ini, Ini Cara Pantau CCTV Jakarta. Detik.com – https://bit.ly/2nhtZsX
  • Virgina Maulita Putri. 30 September 2019. 5 Fakta Demo Hari Ini di Jakarta yang Berakhir Ricuh. Detik.com – https://bit.ly/2oHFDh0

 

Sumber Gambar:

  • Demo Mahasiswa 01 – http://bit.ly/2njtdM5
  • Demo Mahasiswa 02 – http://bit.ly/2o1HE7E
  • Demo Mahasiswa 03 – http://bit.ly/2oSHsYR
  • Demo Mahasiswa 04 – http://bit.ly/2o75oaa

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang