Deposito Syariah bisa menjadi pilihan buat kamu yang sedang mencari investasi Syariah.

Simak info lengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Investasi Dana Pendidikan Anak Tapi Harus Syariah?

Investasi apa sih yang terbaik untuk menyimpan dana pendidikan anak? Investasi dana pendidikan anak merupakan salah satu investasi yang perlu dipikirkan oleh para orang tua, karena biaya pendidikan anak setiap tahunnya akan meningkat.

Kenaikan biaya pendidikan ini tidak akan cukup jika hanya menabung di bank saja. Para orang tua harus mencari investasi untuk dana pendidikan yang terbaik demi masa depan buah hati yang lebih cemerlang.

Pilihan investasi tentu saja banyak, namun mungkin ada beberapa orang tua yang sangat mempertimbangkan mengenai halal atau tidaknya investasi tersebut.

Jika ingin menggunakan investasi yang sesuai dengan syariat Islam, maka carilah investasi syariah. Nah investasi syariah yang bisa digunakan adalah deposito syariah.

5+ Manfaat Simpanan Deposito Bejangka yang Menguntungkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Jumlah Uang Deposito Pada Bilyet Bisa Berubah?]

 

Deposito adalah produk perbankan dalam bentuk layanan simpanan berjangka yang menawarkan tingkat bunga tetap sesuai dengan perjanjian sebelumnya.

Setoran dan penarikan setoran pada deposito hanya bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

Semakin besar dana dan semakin lama waktu penarikan deposit, semakin besar bunga yang akan diperoleh. Namun, jika diambil dalam jangka waktu yang tidak sesuai maka akan dikenakan penalti

 

Deposito Syariah dan Konvensional, Apa Bedanya?

Deposito syariah merupakan produk perbankan yang menggunakan akad mudharabah yang artinya tabungan dengan sistem bagi hasil (nisbah) antara nasabah dan bank.

Akad mudharabah biasanya memakai perbandingan 60:40 untuk nasabah dan bank. Bisnis atau investasi yang dijalankan sudah masuk kategori halal dalam agama.

Keuntungan BCA Deposito Berjangka yang Perlu Diketahui 02

[Baca Juga: 5+ Manfaat Simpanan Deposito Berjangka yang Menguntungkan]

 

Ada dua jenis akad mudharabah yaitu yang bersifat mutlaqah dan bersifat muqayyadah. Bedanya adalah soal batasan dan persyaratan untuk bank melakukan investasi. Jika deposito konvensional, ada bunga yang akan diterima nasabah.

Nilai bunga pada deposito konvensional tetap. Artinya, imbal hasil dari investasi sudah bisa diprediksi sejak awal menaruh dana. Perlu diketahui pula bahwa setoran awal untuk deposito di bank syariah berbeda-beda di setiap bank.

 

Deposito Syariah Terbaik Mana yang Sudah Sesuai Syariat Islam?

Ada beberapa deposito syariah yang bisa kamu ketahui sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Tentunya sudah sesuai dengan prinsip Islami. 

 

BCA Syariah Deposito

Deposito yang diperkenalkan bank BCA ini sangat kompetitif dan memberikan manfaat berdasarkan prinsip Mudharabah (bagi hasil).

Kamu dapat memilih sendiri jangka waktu deposito sesuai dengan keinginan kamu yaitu 1, 3, 6, dan 12 bulan. Pada deposito syariah BCA ini kamu bisa memindahkan bagi hasil Deposito iB secara otomatis ke rekening Giro iB/Tahapan iB.

Keuntungan BCA Deposito Berjangka yang Perlu Diketahui 01

[Baca Juga: Cara Menambah Saldo Deposito yang Jarang Diketahui Orang]

 

Program lain yang tidak kalah menariknya adalah tersedia layanan pemotongan zakat. Bagi kamu yang gak mau sampai kelupaan untuk berzakat program ini cocok banget buat kamu.

Untuk pembukaan BCA Syariah Deposito kamu hanya perlu datang ke bank langsung dan isi formulir permohonan.  Setoran awal minimum adalah Rp 8.000.000.

 

BSM Deposito

Selain memiliki bank konvensional, Bank Mandiri juga mendirikan Bank dengan system syariah yaitu Bank Syariah Mandiri. Dalam Bank Syariah Mandiri ini juga terdapat deposito yang sesuai dengan syariat.

BSM Deposito adalah Investasi berjangka waktu tertentu dalam mata uang rupiah yang dikelola berdasarkan prinsip Mudharabah Muthlaqah.

Memilih-Deposito-yang-Tepat-Bagi-Mahasiswa-02-Finansialku

[Baca Juga: Mudah! Gini Cara Menghitung Bunga Deposito BRI]

 

Pada BSM deposito ini nasabah mendapatkan hasil yang kompetitif dengan system bagi hasil. Untuk kamu yang tertarik untuk menjadi nasabah BSM deposito hanya cukup membayar setoran awal sebesar Rp 2.000.000 dalam jangka waktu 1-12 bulan.

Manfaat dari investasi BSM deposito ini adalah kamu bisa menyimpan dana dengan lebih aman.

 

Danamon Deposito Syariah

Berbeda dengan kedua deposito syariah di atas, di Danamon system investasi syariah mengharuskan nasabah untuk menyetorkan dana minimal Rp 8.000.000 untuk perorangan dan Rp 100 juta untuk badan hukum.

11 Jenis Tabungan Bank Danamon, Mana yang Cocok Buat Anda 01

[Baca Juga: 8 Keuntungan BCA Deposito Berjangka yang Perlu Diketahui]

 

Tidak perlu khawatir, bank ini memiliki sistem keamanan yang sangat professional dengan cara kerja yang fleksible. Danamon juga menggunakan system bagi hasil dan menawarkan persentase nisbah yang tidak memberatkan untuk kedua belah pihak.

 

BNI Syariah Deposito Ib Hasanah

Deposito selanjutnya ditawarkan oleh Bank BNI. Untuk kamu yang akan menjadi nasabah BNI, kamu akan menerima berbagai keuntungan.

Termasuk memperoleh nisbah bagi hasil yang kompetitif dengan persentase 50% : 50% dalam jangka waktu 12 bulan, 49% : 52% dalam jangka waktu 6 bulan, dan 47% : 53% dalam jangka waktu 3 bulan.

BNI Syariah juga menawarkan mata uang lainnya yaitu terdapat pilihan mata uang Rupiah dan US Dollar.

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Merencanakan Dana Pendidikan Anak Dengan Matang

Pendidikan sangat penting bagi masa depan anak. Jangan sampai korbankan pendidikan anak karena keterbatasan dana. Untuk itu, mulai persiapkan dari sekarang agar tidak terlalu membebani keuangan kamu di waktu yang akan datang.

Kamu bisa merencanakan dana pendidikan anak dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Dengan menggunakan Aplikasi ini kamu jadi mengetahui berapa estimasi dana yang harus diinvestasikan setiap bulannya. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

Kamu juga bisa mengetahui cara mempersiapkan dana pendidikan anak secara detail dengan menonton online course dana pendidikan anak dari Finansialku.

Mau Ikut Online Course Dana Pendidikan

 

Untuk lebih banyak tahu tentang investasi syariah, yuk tonton video Finansialku berikut ini!

 

Pilihan deposito Syariah diatas bisa kamu pilih ya, Sobat Finansialku. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-temanmu agar mereka juga terinspirasi untuk investasi.

 

Sumber Referensi:

  • Aswin Dewantoro. 7 Deposito Syariah Terbaik Yang Bisa Hindarkan Kamu Dari Riba. Gopinjol.com – https://bit.ly/2zoQXEG
  • Abdul Rahman. 17 Februari 2018. Ini Keunggulan Deposito Syariah dari Deposito Konvensional? Finansial.bisnis.com – https://bit.ly/2UuIJSS