Apakah Anda melakukan berinvestasi berupa emas? Pernahkah Anda ragu mengenai keamanan dalam menjual emas?

Berikut beberapa informasi yang Finansialku rangkum untuk Anda pelajari mengenai tempat yang aman untuk bertransaksi emas.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Tempat yang Aman Untuk Menjual Emas

Bagi ibu rumah tangga, investasi adalah sangat berharga dan salah satu investasi yang sangat digemari adalah investasi emas. Investasi emas dapat berupa dua jenis, yaitu emas perhiasan atau emas batangan.

Selain untuk investasi, emas perhiasan juga dapat digunakan untuk mempercantik diri dan sebagai aksesori tubuh.

Di lain sisi, keuntungan emas batangan dibandingkan emas perhiasan adalah emas batangan memiliki standar internasional.

Gaji 2 Juta Nabung Emas BISA Banget! Pahami Jurus Ampuhnya! 01

[Baca Juga: Moms, Mana yang Lebih Menguntungkan Investasi Perak atau Investasi Emas?]

 

Baik investasi emas perhiasan atau pun emas batangan, keduanya memiliki keuntungan sebagai berikut:

  • Tahan terhadap inflasi, yang artinya semakin tinggi tingkat inflasi, semakin tinggi pula harga emas.
  • Tidak mudah rusak atau tahan lama.
  • Risiko minimum karena likuiditas emas yang sangat tinggi.
  • Mudah didapatkan dan dijadikan transaksi (dijual atau dibeli).
  • Modal yang dibutuhkan tidak perlu besar karena Anda dapat membeli emas dengan berat yang sangat ringan.

 

Tentunya segala investasi memiliki risikonya masing-masing, salah satu risiko yang dimiliki dalam berinvestasi emas adalah pemalsuan emas.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencari tempat yang terpercaya untuk melakukan transaksi emas. Berikut beberapa tempat yang aman untuk melakukan transaksi emas:

 

#1 Pegadaian

Anda dapat membeli emas dengan sistem pembayaran tunai atau pun kredit di Pegadaian konvensional maupun syariah.

Jika Anda tinggal di daerah, maka kemungkinan besar Pegadaian di tempat Anda tinggal hanya melayani transaksi dengan sistem kredit, sedangkan bagi Pegadaian yang memiliki outlet galeri 24 jam, biasanya juga dapat melayani pembelian dengan sistem tunai.

Tidak hanya secara fisik, Pegadaian juga melayani pembelian emas secara online melalui situs resminya www.pegadaian.co.id dengan segala petunjuk dan cara membeli, telah berada di informasi di dalam situs.

Salah satu alasan mengapa emas yang dijual di Pegadaian adalah aman karena emas tersebut seluruhnya berasal dari PT Aneka Tambang (ANTAM).

Apakah Cocok Untuk Investasi Emas Saat New Normal 02 - Finansialku

[Baca Juga: Dimana Tempat Membeli Emas yang Aman dan Terpercaya?]

 

Selain pembelian emas, Pegadaian juga melayani penjualan emas.

Pegadaian akan membeli emas dengan harga 97% dari harga pasar apabila Anda melampirkan bukti yang menyatakan bahwa Anda membeli emas tersebut dari Pegadaian dan juga melampirkan sertifikat keaslian.

Tingkat persentase tersebut sudah cukup tinggi mengingat harga yang ditawarkan tempat lainnya, seperti PT Aneka Tambang hanyalah 95% dari harga pasar.

 

#2 Unit Bisnis PT Aneka Tambang (ANTAM)

Unit Bisnis Antam bertempat di daerah Pulo Gadung, Jakarta Timur dan tempat ini melayani pembelian emas batang. Emas batang yang dijual merupakan olahan langsung dari produsen dan biasanya harga yang diberikan lebih murah.

Salah satu kerugian dari membeli emas melalui tempat ini adalah antreannya yang cukup panjang.

Selain itu, terdapat kuota pelanggan tiap harinya, yaitu 150 orang saja dan setiap orangnya akan diperiksa ketat untuk menghindari hal-hal yang bersifat kriminal.

Cuan Emas Berbagai Pilihan Investasi Emas di Saat Resesi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hindari 6 Hal Ini Saat Membeli Emas untuk Investasi, Agar Anda Tidak Rugi]

 

Selain mengunjungi Unit Bisnis ANTAM, Anda juga dapat membeli melalui sistem delivery order dan dikenakan biaya antar sesuai dengan jarak yang perlu ditempuh.

Selain pembelian emas, Unit Bisnis ANTAM juga melayani penjualan emas. Harga buyback (pembelian kembali) emas produksi ANTAM adalah 95% dari harga pasaran dengan syarat bahwa emas yang akan Anda jual, adalah emas yang telah dibeli dari ANTAM.

 

#3 Gedung Pusat PT Aneka Tambang

Tidak hanya di Unit Bisnis ANTAM, Gedung Pusat ANTAM yang bertempat di Jl. Simatupang, Jakarta Selatan juga melayani jual beli emas.

Walaupun harga yang dikenakan untuk transaksi emas di sini lebih tinggi dibandingkan Unit Bisnis ANTAM, Anda akan lebih nyaman mengantre di gedung pusat ini.

Di Gedung Pusat ANTAM, jumlah pembeli akan lebih sedikit dibandingkan Unit Bisnis ANTAM karena harganya yang lebih tinggi, tetapi keuntungannya, Anda dapat membeli emas tanpa batas, yang berarti dengan jumlah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Untuk tingkat harga buyback yang ditawarkan Unit Bisnis ANTAM dengan Gedung Pusat ANTAM adalah sama.

 

#4 Cabang PT Aneka Tambang

Walaupun Unit Bisnis ANTAM dan Gedung Pusat ANTAM keduanya berlokasi di Jakarta, bagi peminat yang tinggal di luar Jakarta juga dapat membeli emas dengan aman, dengan mengunjungi Kantor Cabang ANTAM yang ada di kota-kota besar Indonesia.

Dibandingkan di Jakarta, harga emas di Butik Emas ANTAM di daerah memang lebih tinggi, tetapi sesama daerah, harganya sama. Biasanya di daerah, antreannya akan lebih panjang.

Jika daerah Anda dapat mudah terjangkau, mungkin saja Anda dapat memesan melalui layanan delivery order di daerah dan Anda hanya perlu membayar biaya ekstra yaitu biaya pengiriman. Untuk harga pembelian kembali ANTAM di daerah dan di pusat adalah sama.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI EMAS BATANGAN/PERHIASAN Untuk PEMULA

6 Panduan Berinvestasi Emas Batangan/Perhiasan Untuk Pemula

 

#5 Butik Emas Mobile

PT Aneka Tambang juga membuka Butik Emas Mobile, disebut mobile karena Butik Emas tersebut sering berpindah-pindah tempat dengan jadwal tempat yang dapat dilihat melalui situs resmi ANTAM.

Walaupun sering berpindah tempat, bukan berarti Butik Emas ini berbentuk mobil atau kendaraan yang pangkal, melainkan berupa gerai-gerai yang dapat Anda temukan di tempat keramaian, contohnya pusat perbelanjaan.

Butik Emas melayani penjualan dan pembelian emas dengan harga pembelian emas yang sama dengan Gedung Pusat ANTAM. Akan tetapi, jumlah emas yang dijual di Butik Emas biasanya terbatas dan seringkali pembeli akan kehabisan.


 

#6 Toko Emas

Mungkin Anda mengira toko emas hanya melayani transaksi emas perhiasan, tetapi nyatanya, toko emas juga melayani jual beli emas batangan.

Walaupun mudah diakses, harga emas batangan yang ditawarkan oleh toko emas mayoritas lebih tinggi dari pasaran karena terdapat biaya pengolahan ekstra.

Selain transaksi jual beli biasa, toko emas juga melayani penitipan emas ke pihak ketiga, namun transaksi ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari penipuan.

 

Menurut Anda, apakah nilai jual emas saat ini sedang menguntungkan? Silakan memberi tanggapan pada kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk selalu membagikan informasi yang Anda dapatkan kepada rekan-rekan atau kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Asian People Trading Gold – https://goo.gl/xlgb27