Investasi perak atau investasi emas? Mana yang lebih menguntungkan? Bagaimana perbandingan antara investasi perak dan investasi emas? Sebelum bertindak, Moms perlu membaca artikel ini terlebih dahulu agar tidak salah tujuan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Sebagai ibu rumah tangga, tentunya Anda adalah menteri keuangan keluarga di mana investasi sudah bukan merupakan hal yang unik bagi Anda. Salah satu investasi yang digemari oleh ibu rumah tangga adalah emas, selain karena return investasi yang cukup tinggi, emas juga mudah didapatkan. Pastinya serba serbi mengenai investasi emas sudah Anda pahami dengan baik, tetapi apakah Anda pernah mendengar tentang investasi perak?

 

Investasi perak

Layaknya investasi emas, investasi perak juga ditawarkan dalam 2 bentuk investasi, logam batangan atau dalam bentuk perhiasan. Biasanya perak dalam bentuk perhiasan akan mempunyai kadar murni yang lebih rendah dibandingkan pada perak batangan.

daftar-website-dan-platform-yang-harus-anda-coba-untuk-investasi-online-finansialku

[Baca Juga: Daftar Website dan Platform Investasi Online di Indonesia yang Harus Anda Kunjungi]

 

Pada perak batangan tingkat kemurniannya dapat melebihi 92,5% dan akan semakin baik untuk dijadikan investasi bila kadar kemurniannya meningkat. Perak batangan dibagi menjadi 2 jenis tergantung pada kadar kemurniannya, perak dengan kadar 99,9% dan kadar 99,95%.

 

Jenis Perak yang Beredar untuk Investasi

Terdapat beberapa jenis perak yang beredar untuk investasi:

  1. Perak granule: Perak ini adalah jenis perak butiran yang dijual oleh PT ANTAM yang bentuknya kecil sehingga mudah dileburkan dan biasa digunakan untuk kebutuhan industri atau kerajinan berbasis perak. Harga perak granule biasanya murah dan dapat dijual kembali pada produsen atau pengrajin perak.
  2. Perak Batangan
    1. HMV Silver Bullion: Nama perak ini disesuaikan dengan asal perak tersebut, yaitu perusahaan HMV di Batam. Perak yang dikeluarkan oleh HMV biasanya berbentuk rapi dan disertai oleh sertifikat keluaran ANTAM sehingga keasliannya terjamin.
    2. Perak batangan impor: Berbeda dengan perak HMV yang berharga lebih murah, perak batangan impor biasanya mempunyai harga beli yang tinggi dan dijual dengan kemasan dan tampilan yang menarik sehingga digemari oleh banyak investor. Namun kerugiannya adalah patokan harga perak batangan impor sangat bervariasi.
    3. Perak batangan lokal: Bertolak belakang dengan perak batangan impor, perak batangan lokal mempunyai bentuk yang kurang menarik tetapi harganya jauh lebih murah.

 

Keuntungan Perak Dibandingkan Emas

Berikut adalah beberapa alasan investasi perak lebih digemari dibandingkan investasi emas batangan.

Sebelum Memulai Investasi Logam Mulia Antam Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Memulai Investasi Logam Mulia Antam]

 

Alasan 1: Harga perak lebih stabil

Banyak sebab yang menjadikan harga perak lebih stabil. Pertama, pasar internasional untuk perak lebih kecil dibandingkan emas batangan. Terbatasnya pasar global yang tersedia untuk perak ini membuat manipulasi harga menjadi lebih sulit.

Kedua, sejarahnya, bank sentral di dunia lebih fokus sebagai pemegang emas, tidak heran mereka kurang berminat untuk menstabilkan harga perak. Terlebih lagi faktanya, sejak pertengahan tahun 1970, bank sentral lebih memilih portfolio yang terbentuk dari obligasi dan sekuritas.

Kondisi makro ekonomi (ekonomi secara keseluruhan) dan tujuan penggunaan perak sebagai bahan produksi dibandingkan aset menjadikan harga perak tidak terlalu fluktuatif. Walaupun emas juga banyak dijadikan sebagai alat produksi, pasar perak yang kecil menjadikan dampak yang dirasakan tidak sebesar pada pasar emas.

Moms, Mana yang Lebih Menguntungkan Investasi Perak atau Investasi Emas 3 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Sudah Tahu Untung Ruginya Investasi Perhiasan Emas]

 

Alasan 2: Harga beli yang lebih terjangkau

Jika Anda ingin berinvestasi perak, Anda tidak memerlukan modal sebesar ketika berinvestasi emas batangan. Ini berarti Anda masih dapat menyisihkan sebagian dana untuk keperluan rumah tangga lainnya. Tentunya harga beli yang murah dan risiko yang minimal menjadikan investasi perak sangat menarik.

 

Alasan 3: Kenaikan harga yang cepat

Perak memiliki tingkat kenaikan harga yang lebih tinggi dibandingkan emas batangan. Misalnya emas batangan mengalami kenaikan harga hingga 2 kali lipat, perak batangan dapat mengalami kenaikan harga hingga 3 kali lipat. Ini juga menjadi salah satu alasan perak lebih populer dibandingkan emas

 

Alasan 4: Kebutuhan perak untuk industri

Seperti yang telah disebutkan di alasan pertama, perak sangat berperan penting pada dunia industri karena perak sering dijadikan bahan baku, mulai dari pembuatan kawat hingga onderdil mesin kendaraan. Tingginya kebutuhan perak ini membuat perak diminati oleh banyak orang. Tidak hanya sebagai bahan baku industri, perak pun dipakai sebagai bahan perhiasan atau pembuatan kerajinan tangan yang beragam.

Moms, Sudah Tahu Untung Ruginya Investasi Perhiasan Emas 2 - Finansialku

[Baca Juga: Perhiasan Emas Apakah Bisa Dijadikan untuk Investasi?]

 

Alasan 5: Jumlah yang terbatas

Walaupun industri perak terus berkembang, perak mempunyai jumlah yang terbatas, oleh karena itu komoditas ini termasuk pada komoditas yang berharga. Alasan ini juga menjadikan perak cocok sebagai investasi Anda.

 

Kerugian Perak Dibandingkan Emas

Akan tetapi, layaknya investasi pada umumnya, terdapat beberapa kekurangan pada investasi perak.

 

Alasan 1: Perawatan perak tergolong sulit

Tidak seperti emas, perak lebih mudah teroksidasi terutama jika tidak dirawat dengan baik. Oksidasi perak akan membuat perak menjadi lebih kusam sampai dengan bernoda hitam, hal ini akan membuat perak tidak laku di pasaran.

 

Alasan 2: Informasi penjualan perak yang terbatas

Pasar perak termasuk pasar yang kecil, oleh karena itu informasi mengenai perak sulit didapatkan. Keterbatasan informasi ini yang menjadikan investor kurang berminat pada perak. Walaupun begitu, Anda masih dapat membeli perak secara resmi melalui PT ANTAM atau tempat penjualan emas atau perak resmi lainnya. Sedangkan untuk pembelian perak dalam bentuk perhiasan, Anda dapat membelinya melalui toko perhiasan pada umumnya.

Moms, Mana yang Lebih Menguntungkan Investasi Perak atau Investasi Emas 2 - Finansialku

[Baca Juga: Perbedaan Emas Putih dengan Emas Kuning (Biasa)?]

 

Alasan 3: Mudah dipalsukan

Baik perak batangan lokal maupun perak batangan impor, keduanya sangat mudah dipalsukan. Bagi investor yang kurang paham akan cara membedakan perak asli dan palsu, investasi perak akan sangat membahayakan.

 

Pilih Perak atau Emas?

Setelah Anda memahami lebih dalam mengenai pasar emas dan perak, Anda akan lebih mudah memilih investasi mana yang sesuai dengan kemampuan dan tujuan investasi Anda. Yang terpenting adalah tetap melakukan investasi.

 

Moms, setelah membaca artikel tadi, apakah investasi perak merupakan pilihan yang baik untuk berinvestasi? Hal apa saja yang membuat orang ingin berinvestasi perak? Bagikan pengalaman Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tim The Gold. Asia. 8 September 2016. Sebelum Investasi di Perak Batangan Baca Dulu Ini. https://goo.gl/xnuVBT
  • Siska Amelie F. Deil. 23 Juli 2013. Mana Lebih Menguntungkan, Investasi Emas atau Perak? https://goo.gl/XdPRSf

 

Sumber Gambar:

  • Perak Batangan – https://goo.gl/HNaUJI
  • Emas dan Perak – https://goo.gl/KTQvI3
  • Koin Emas dan Perak – https://goo.gl/rURIwk

 

Download E-Book Panduan Investasi Emas Untuk Pemula (GRATIS)

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang