Membaca doa agar dagangan laris bisa menjadi salah satu bentuk ikhtiar untuk menjemput rezeki dan keberkahan dari Allah SWT.

Dalam artikel ini, Finansialku telah merangkum 10 doa yang bisa kamu panjatkan ketika sedang berjualan atau berdagang. Amalkan, yuk!

 

Summary:

  • Segala aktivitas yang kita lakukan sebaiknya kita awali dengan memanjatkan doa agar mendapat keberkahan, termasuk ketika berdagang.
  • Ada kumpulan doa agar dagangan laris yang sebaiknya diamalkan oleh para pebisnis atau pedagang setiap harinya.

 

Memanjatkan Doa untuk Kelancaran Usaha

Berdagang adalah pekerjaan yang sangat dianjurkan untuk mencari nafkah dalam Islam.

Bahkan, Rasulullah SAW juga terkenal sebagai pedagang yang ulung, beliau berdagang untuk menafkahi keluarganya.

Sebagai pedagang, harapannya barang dagangan kita laris-manis. Namun, untuk mencapai hasil tersebut, perlu usaha dan strategi yang tepat.

Selain itu, alangkah baiknya jika kita juga berdoa kepada Allah SWT untuk meminta kemudahan dalam menjemput rezeki ketika berdagang.

Dengan memohon kepada Allah SWT, niscaya bisnis atau usaha yang Sobat Finansialku jalankan akan mendapat perlindungan, keuntungan, dan terhindar dari orang-orang jahat.

[Baca Juga: 3 Etika Bisnis Rasulullah Ini Bisa Bawa Berkah dan Keuntungan]

 

Kumpulan Doa Agar Dagangan Laris

Sambil menyelam minum air, berdoa mengingat Allah SWT ketika kita berdagang, juga menjadi jalan untuk mencari keberkahan-Nya.

Lantas, doa apa saja yang bisa kita panjatkan agar dagangan laris manis? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

#1 Doa Saat akan Pergi Berdagang

Sebelum keluar rumah dan berkegiatan, kita sebaiknya membaca doa terlebih dahulu. Begitupun ketika kita akan pergi berdagang.

Berikut adalah doa saat akan pergi berdagang:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ الْعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ

 

Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi laa haula wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah, Tuhan Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.”

 

#2 Doa Agar Selalu Optimis dalam Berusaha

Berdagang harus kita sertai dengan rasa optimis dan yakin bahwa hasilnya merupakan pilihan terbaik dari Allah SWT.

Berikut adalah doa agar selalu optimis dalam berusaha, terutama saat berdagang:

اللَّهُمَّ لاَ خَيْرَ إِلاَّ خَيْرُكَ وَلاَ طَيْرَ إِلاَّ طَيْرُكَ وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ

 

Allaahumma laa khaira illa thairuka wa laa khaira illa khairuka wa laa ilaaha ghairuka.

Artinya: “Ya Allah, tiada rasa pesimis, kecuali yang Engkau tetapkan, dan tiada kebaikan kecuali kebaikan-Mu, dan tiada Tuhan, kecuali Engkau.”

 

#3 Doa Agar Dagangan Laris dan Menguntungkan

Setiap pedagang pasti ingin keuntungan maksimal. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengamalkan doa berikut ini.

Agar dagangan laris dan menguntungkan, serta berkah bagi diri sendiri dan orang lain.

اَللَّهُمَّاِنِّيأَسْئَلُكَأَنْتَرْزُقَنَىرِزْقًاحَلَالًاوَاسِعًاطَيِّبًامِنْغَيْرِتَعْبٍوَلَامَشَقَّةٍوَلَاضَيْرٍوَلَانَصَبٍاِنَّكَ عَلَىكُلِّشَيْءٍقَدِيْرٌ

 

Allaahumma inni as’aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairi ta’bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka ‘alaa kulli syai’in qadir.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki untukku berupa rezeki yang halal, luas, dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa meletihkan dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

[Baca Juga: 3 Tips Bisnis untuk Pertahankan Eksistensi, Yuk Terapkan!]

 

#4 Doa Saat Merintis Suatu Bisnis

Merintis tentu bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan usaha maksimal dan doa yang khusyuk kita bisa mendapatkan hasil yang sempurna.

Berikut adalah doa yang bisa kamu panjatkan saat merintis suatu bisnis:

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ

 

Robbanaa aa-tinaa milladunka rohmataw wa hayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa. Robbisyrohlii shodrii wa yassirlii amrii.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku.”

 

Selain memanjatkan doa, keberhasilan kita dalam merintis bisnis juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya. Salah satunya strategi pebisnis dalam mengatur keuangan, agar operasional bisa tetap berjalan lancar.

Sebagai referensi mengenai hal ini, kamu bisa cari tahu lebih lengkap lewat ebook Finansialku di bawah ini!

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

14 Ebook Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

#5 Doa Agar Terhindar dari Penipu dan Hal Jahat

Tipu daya dan kecurangan adalah hal yang sering kita temui dalam perdagangan, penjual maupun pembeli harus waspada dengan modus penipuan serta kejahatan yang muncul akibat rasa iri dan dengki.

Berikut adalah doa agar terhindar dari penipu dan hal jahat:

لا إلهَ إلَّا اللهُ وحدَهُ لَا شرِيكَ لَهُ، لَهُ الملْكُ، ولَهُ الحمْدُ، وهُوَ عَلَى كُلِّ شيءٍ قديرٌ

 

La ilaha illallahu wahdahu la syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyi wa yumitu, biyadihil khoir, wa huwa ‘ala kulli syai’in qodir.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nya lah kekuasaan dan milik-Nya lah segala pujian. Dia yang menghidupkan dan yang mematikan. Atasnya kebaikan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

 

#6 Doa Agar Dagangan Lancar dan Berkah

Bukan berdagang kalau tidak ada hambatan yang menghadang. Berikut adalah doa agar dagangan lancar dan mendapat berkah dari Allah SWT.

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

 

Wa yarzuq-hu min haisu la yahtasib, wa may yatawakkal alallahi fa huwa hasbuh, innallaha baligu amrih, qad ja’alallahu likulli sya’ing qadra.

Artinya: “Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-Nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS At-Talaq: 3).

 

#7 Doa Agar Ada Penglaris

Mendapatkan pelanggan pertama bisa menjadi awal mula yang baik bagi kelangsungan usaha. Doa ini bisa kita panjatkan saat pagi hari dan mengawali hari.

Berikut adalah doa agar mendapatkan penglaris yang dapat mengundang pelanggan lainnya:

اَللَّهُمَّ زِدْنَا وَلاَ تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلاَ تُوْهِنَا وَأَعْطِنَا وَلاَ تَحْرِمْنَا وَاٰثِرْنَا وَلاَ تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَأَرْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

 

Allaahumma zidnaa wa laa tanqushnaa wa akrimnaa wa laa tuuhinaa wa a’thinaa wa laa tahrimnaa wa aatsirnaa wa laa tu’tsiru ‘alainaa wa ardhinaa wadha ‘annaa.

Artinya: “Ya Allah, tambahkan rezeki kepada kami, jangan Engkau kurangi. Muliakanlah kami dan janganlah Engkau binasakan kami. Berilah kami dan janganlah Engkau halangi kami. Pilihlah kami dan janganlah Engkau tinggalkan kami, dan janganlah Engkau cegah kami.”

 

#8 Doa Saat Dagangan Sepi Pembeli

Ada kalanya dagangan sepi, oleh karena itu Rasulullah SAW selalu mengajarkan umat Islam untuk berdagang secara jujur dan amanah supaya dagangan tidak sepi.

Selain berusaha, sebaiknya kita juga memanjatkan doa agar dagangan dapat untung terjual. Berikut doa saat dagangan sepi pembeli:

اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

 

Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ika, wa bârik lî fîmâ quddira lî hattâ lâ uhibba ta‘jîla mâ akhkharta, wa lâ ta’khîra mâ ‘ajjalta.

Artinya: “Ya Allah, ridhailah aku dengan ketentuan-Mu dan berikanlah aku apa-apa yang telah ditentukan, sehingga aku tidak menginginkan dipercepatnya sesuatu yang telah Engkau tangguhkan dan ditangguhkannya sesuatu yang telah Engkau percepat.”

 

#9 Doa Saat Mengalami Kerugian

Kerugian adalah risiko yang harus siap dihadapi para pedagang. Namun, selama kita masih terus berusaha dan memperbaiki kesalahan, maka setiap masalah akan selalu menemukan titik terang.

Agar tidak resah, kita bisa meminta pertolongan dari Allah SWT. Berikut doanya:

عَسَىٰ رَبُّنَا أَنْ يُبْدِلَنَا خَيْرًا مِنْهَا إِنَّا إِلَىٰ رَبِّنَا رَاغِبُونَ

 

Asa rabbuna ayyubdilana khoiram minha inna ila rabbina raghibun.

Artinya: “Mudah-mudahan Tuhan kami memberikan ganti kepada kami dengan yang lebih baik daripada itu. Sesungguhnya kami mengharapkan ampunan dari Tuhan kami.”

[Baca Juga: 7+ Etika Bisnis dalam Dunia Kerja, Pebisnis Wajib Tahu!]

 

#10 Doa Agar Mudah dalam Melunasi Utang

Dalam merintis bisnis, tak jarang para pedagang terlilit utang. Nah, agar selalu tercukupi dan dijauhkan dari tumpukan utang kita juga bisa memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Berikut adalah doa agar mudah dalam melunasi utang:

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

 

Allaahummak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-MU dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563).

 

Selain memanjatkan doa tersebut, sebagai bentuk usaha dan ikhtiar untuk bisa terlepas dari jeratan utang.

Kamu juga bisa mengikuti tips dan panduan lengkap yang ada di ebook Finansialku Cara Terbebas dan Terhindar dari Utang.

Klik banner di bawah ini untuk download ebook-nya, gratis!

Banner Iklan Ebook Cara Terbebas dan Terhindar dari Utang - PC
Banner Iklan Ebook Cara Terbebas dan Terhindar dari Utang - HP

 

Sudahkah Kamu Mengamalkan Doanya?

Itulah beberapa doa yang bisa kamu panjatkan kepada Allah SWT ketika sedang berbisnis atau berdagang.

Setelah memanjatkan doa-doa tersebut, jangan lupa untuk melakukan ibadah sosial seperti zakat dan bersedekah. Sebab, rezeki yang kita dapatkan, bukan sepenuhnya milik kita.

Sehingga kita perlu menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Akan lebih baik jika kamu masukkan pos pengeluaran untuk ibadah sosial ini ke dalam anggaran keuangan bulananmu.

Agar cash flow tetap right on the track dan kamu lebih mudah dalam mengatur keuangan.

Untuk menunjang itu semua, kamu bisa melakukannya hanya dalam genggaman yaitu di Aplikasi Finansialku.

Ada beragam fitur di dalamnya yang akan membantu kamu dalam mengelola dan merencanakan keuangan secara lebih terstruktur.

Jika kamu memerlukan advice seputar keuangan atau investasi dari ahlinya, Perencana Keuangan Finansialku siap membantu.

Klik banner di bawah ini untuk buat janji konsultasinya, ya.

Banner Konsultasi WA - TM Big

 

Dengan meminta hanya kepada Allah SWT yang Maha Membuka maupun Menutup Rezeki, maka setiap usaha akan lebih mudah dan menjadi berkah.

Jangan lupa bagikan informasi ini agar orang lain bisa merasakan manfaat yang sama. Terima kasih.

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

  • Syasa. 23 Februari 2022. Baca 10 Doa Ini Agar Dagangan Laris, Berkah, dan Ramai! Zakat.or.id – https://bit.ly/3UYlD4m
  • Amira Salsabila. 30 September 2022. Kumpulan Doa Agar Dagangan Laris, Baca Agar Bisnis Lancar dan Berkah Yuk Bunda. Haibunda.com – https://bit.ly/3yg7GFj
  • Rheza Aditya Gradianto. 19 September 2022. Bacaan Doa agar Dagangan Laris dan Berkah Menurut Islam. Bola.com – https://bit.ly/3fuiNE0