Bagaimana keutamaan dan doa setelah sholat dhuha? Kupas tuntas jawaban lengkap pertanyaan tersebut dalam artikel Finansialku ini.

 

Summary:

  • Waktu terbaik untuk menjalankan sholah dhuha menurut para ulama adalah jam 10.00 hingga 15 menit sebelum zuhur.
  • Doa bisa kita panjatkan dalam bahasa apa pun, akan tetapi lebih utama mengamalkan bacaan sesuai sunahnya.

 

Apa Itu Sholat Dhuha?

Doa setelah sholat dhuha dasarnya adalah harapan mendapatkan ampunan seluas-luasnya dan kemudahan dalam mencari rezeki yang halal dan baik.

Seperti kita ketahui, kita dianjurkan membaca doa ini selepas melaksanakan sholat dua rakaat di waktu dhuha, yaitu sholat dhuha. 

Sebagaimana sempat kita bahas sebelumnya, sholat Dhuha adalah sholat pada waktu dhuha. Yaitu, sekitar 15 sampai 20 menit setelah matahari terbit (syuruq) hingga setinggi satu tombak sebelum zawal (masuk waktu zuhur). 

Untuk waktu terbaiknya, para ulama menyebut bahwa sholat ini utamanya pada jam 10.00 hingga 15 menit sebelum zuhur.

Meski merupakan sunnah, Rasulullah SAW. menganjurkan umatnya untuk senantiasa melaksanakan ibadah ini. 

Dari hadits riwayat Bukhari, menjelaskan bahwa Rasulullah SAW. telah mewasiatkan tiga perkara yang tidak boleh kita tinggalkan hingga ajal tiba. 

Di antara perkara tersebut adalah sholat dhuha, puasa sunah tiga hari setiap bulan, dan tidur setelah melaksanakan sholat witir. 

Ketiga perkara tersebut sangat dianjurkan untuk kita kerjakan setiap hari sebab keutamaan yang begitu banyak. Sehingga, akan sangat disayangkan jika waktu-waktu terbaik itu kita lewatkan begitu saja. 

Di antara banyaknya keutamaan tersebut, salah satu khasiat yang paling manusia butuhkan adalah ampunan Allah SWT. Dengan melaksanakan tiap-tiap perkara tadi, Allah SWT. akan membukakan pintu ampunan selebar-lebarnya.

Dalam pelaksanaannya, muslim juga dianjurkan untuk banyak-banyak berdoa, tidak sekadar melakukan ibadah itu saja. Sebab, doa yang kita panjatkan saat sedang berpuasa dan setelah sholat akan lebih mudah Allah ijabah. 

Pada dasarnya, doa di saat berpuasa, doa setelah sholat dhuha ataupun witir bisa kita panjatkan dalam bahasa apa pun. Akan tetapi, lebih utama mengamalkan bacaan sesuai sunahnya.

Untuk kamu ketahui, berikut ini adalah ulasan seputar bacaan doa setelah sholat dhuha.

[Baca juga: 99 Asmaul Husna, Latin, Arti, dan Keutamaannya]

 

Doa Setelah Sholat Dhuha dan Terjemahannya

Sebagai informasi, Dhuha bisa kita lakukan dua rakaat, empat rakaat, enam rakaat, delapan rakaat, sepuluh rakaat, hingga dua belas rakaat.

Setelah mengucap salam, dalam kitab I’anah Ath-Thalibin dianjurkan untuk membaca doa setelah Sholat Dhuha berikut. 

اَللّٰهُمَّ إِنَّ الضَّحَآءَ ضَحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَــالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللّٰهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِيْ فِي السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ، وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ، وَإِنْ كَانَ مُعْسَرًا فَيَسِّرْهُ، وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ، وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ، بِحَقِّ ضَحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِيْ مَآ أَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

 

Allahumma innadh-dhuhaa-a dhuhaauka, wal bahaa-a bahaauka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka.

Allahuma inkaana rizqii fis-samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa akhrijhu, wa inkaana mu’siron fa yassirhu.

Wa in kaana harooman fa thohhirhu, wa in kaana ba’iidan fa qorribhu, bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika, wa quwwatika, wa qudrotika. Aatini maa ataita min ‘ibaadikash-shaalihiin.

 

Artinya: 

Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, dan keindahan adalah keindahan-Mu. Kekuatan adalah kekuatan-Mu dan penjagaan adalah penjagaan-Mu. 

Ya Allah, bila rezeki hamba ada di atas langit maka turunkanlah, bila di dalam bumi maka keluarkanlah, dan bila sukar maka mudahkanlah. Apabila rezeki itu haram maka sucikanlah dan apabila jauh maka dekatkanlah.

Dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, dan kekuatan-Mu. Berikanlah kepada hamba apa yang Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.

[Baca juga: Bacaan Tahiyat Akhir Lengkap dengan Latin dan Terjemahan]

 

Keutamaan Sholat Dhuha

Sebelum mengetahui doa setelah sholat dhuha, ada baiknya jika kamu tahu beberapa keutamaannya terlebih dulu. Dengan begitu, kamu bisa makin khusyuk saat melaksanakan ibadahnya. 

 

#1 Sebagai Sedekah Terbaik

Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadits tentang keutamaan sholat dhuha dengan mengumpamakannya seperti sedekah. Bahkan, menyebutkan pula bahwa sholat sunah ini sebagai sedekah terbaik, karena nilai ibadahnya begitu besar. 

Hadits riwayat Muslim menjelaskan, Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan sholat dhuha dua rakaat.”

 

#2 Memperlancar Rezeki

Dalam bacaan doa setelah sholat dhuha, banyak sekali permohonan agar kita mendapat kemudahan ketika mencari rezeki.

Selain kita mudahkan, sebagian besar isi doa juga mengarah pada harapan agar rezeki yang kita dapatkan bisa memberikan berkah. 

Karena hal itu, sholat dhuha memiliki keutamaan dalam memperlancar rezeki dan menjadikan hati selalu merasa berkecukupan.

Mengenai ini, riwayat hadis oleh Imam Ahmad, Imam Daud, dan Imam Tirmidzi menegaskan firman Allah ‘Azza wa Jalla. 

“Wahai Anak Adam, jangan sekali-kali kamu malas mengerjakan empat rakaat pada awal siang. Yakni, sholat dhuha, nanti akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya, yaitu sore hari.” 

 

#3 Waktu Terbaik Memohon Ampunan

Dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi dari Abu Hurairah ra., menyebutkan bahwa Rasul SAW. telah bersabda. 

“Barang siapa yang menjaga sholat dhuha maka dosa-dosanya akan diampuni walaupun itu (dosanya) sebanyak buih di lautan.” 

 

Dari hadis tersebut, dapat kita simpulkan bahwa sebanyak apa pun dosa seseorang, ketika melaksanakan sholat dhuha dan beristigfar maka akan mendapat ampunan. 

 

#4 Ibadahnya Setara Melaksanakan Haji dan Umrah

Keutamaan berikutnya dari melaksanakan sholat sunah ini adalah mendapatkan pahala seperti orang yang berhaji sekaligus umrah. Dari Anas ra., Rasul shallallahu alaihi wasallam bersabda, 

“Barang siapa mengerjakan shalat fajar (Subuh) berjamaah, kemudian (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari. Lalu, sholat dua rakaat (dhuha) maka akan mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi) 

 

#5 Ladang Mendapatkan Keuntungan

Saking besarnya pahala orang melaksanakan sholat sunah dua rakaat di waktu dhuha, Allah menjanjikan keuntungan yang lebih banyak pada hamba-Nya.

Bahkan, pahala yang bisa manusia dapatkan dari ibadah ini disebut lebih besar daripada pahala para mujahid perang. 

Rasulullah SAW. menegaskan, 

“Barang siapa berwudhu, kemudian masuk ke masjid untuk sholat dhuha, dialah yang paling dekat tujuannya (tempat perangnya). Lebih banyak ghanimahnya (keuntungannya) dan lebih cepat kembalinya.”

 

#6 Dhuha adalah Waktu Terbaik untuk Berdoa

Dalam Al-Qur’an surah Al-Isra ayat 78, Allah SWT. menegaskan bahwa dhuha adalah waktu terbaik untuk berdoa.

Jika waktu tersebut digunakan untuk memohon dan mengharapkan doa, malaikat akan membantu mendoakannya agar doa diterima-Nya. 

 

#7 Terhindar dari Marabahaya

Sholat dhuha bisa menjadi tolak bala bagi setiap orang yang rutin melaksanakannya. Marabahaya yang dimaksud di sini tidak hanya dari kejahatan manusia atau makhluk lainnya, tetapi dari berbagai ancaman lain.

Seperti penyakit, bencana, dan lain sebagainya. 

 

#8 Mendapat Emas dan Istana di Surga

Keutamaan lain dari sholat sunah ini adalah mendapatkan emas dan istana di surga kelak. Dalam hadis riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah menyebutkan hal berikut.

“Barang siapa shalat dhuha dua belas rakaat maka Allah akan membangun baginya istana dari emas di surga. Hadis ini menjadi bukti bahwa betapa bermanfaatnya dhuha sehingga sayang jika ibadah tersebut dilewatkan begitu saja.“

 

Nah, itulah bacaan doa setelah sholat dhuha dan berbagai keutamaannya. Jadi, coba sempatkan sholat dhuha, yuk, supaya bisa mendapatkan berbagai keutamaannya.

Jangan lupa simak informasi artikel-artikel bermanfaat lainnya yang bisa kamu akses di website Finansialku.com atau lewat aplikasi Finansialku.

Tak hanya artikel yang informatif, kamu juga bisa menggunakan banyak fitur keuangan yang tersedia. Yuk, download aplikasi Finansialku supaya lebih praktis, semua dalam satu genggaman saja.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Setelah membaca artikel di atas, apakah ada dorongan yang lebih kuat untuk menjalankan ibadah sholat dhuha? 

Share artikel ini melalui sosial media, agar semakin banyak orang yang mengetahui info bermanfaat tersebut. 

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Arif Abdurahman. 11 Mei 2022. Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin dan Arti Indonesia. Rumah123.com – https://bit.ly/3AF1b0V 
  • Laudia TysaraLaudia Tysara. 2 Mei 2022. Bacaan Doa Sesudah Sholat Dhuha Arab, Latin, dan Artinya. Hot.liputan6.com – https://bit.ly/3O1LDY1
  • Chyntia Sami Bhayangkara. 31 Mei 2022. Niat Sholat Dhuha dan Artinya, Lengkap dengan Doa Setelah Sholat Dhuha. Suara.com – https://bit.ly/3uFDWQw