E-Filing: Lapor SPT Online Mudah Apabila Sudah Memiliki EFIN

Saat ini Wajib Pajak dapat melaporkan SPT nya secara online melalui sistem electronic filing (e-filling), syaratnya yaitu harus memiliki EFIN.

Apa yang dimaksud dengan EFIN mungkin menjadi pertanyaan di benak Anda yang baru pertama kali ingin melaporkan pajaknya secara online. Kali ini Finansialku akan membahas mengenai EFIN yang kami siapkan untuk Anda!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengenal E-Filing dan EFIN Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melakukan terobosan baru dalam dunia perpajakan dengan meluncurkan E-Filing.

Melalui E-Filing, wajib pajak dapat dengan mudah melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) nya. Dengan begitu, tidak perlu antri untuk proses pelaporan SPT di kantor pajak (KPP).

E-Filing Lapor SPT Online Mudah Apabila Sudah Memiliki EFIN 02 Wajib Pajak - Finansialku

[Baca Juga: Kring Pajak, Layanan Call Center Untuk Kemudahan Urusan Perpajakan]

 

E-Filing merupakan suatu cara penyampaian SPT PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website DJP.

Pelaporan pajak secara online ini sangat efektif. Anda hanya perlu menyediakan komputer dan internet untuk mengaksesnya.

Namun, terkadang wajib pajak (terutama pemula) bingung saat hendak melaporkan pajaknya secara online melalui website DJP, pasalnya untuk bisa masuk ke website tersebut wajib pajak harus mengisi EFIN (Electronic Filing Identification Number).

Electronic Filing Identification Number atau yang biasa disebut dengan EFIN merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh DJP untuk diberikan kepada Wajib Pajak.

EFIN terdiri dari 10 digit nomor yang dapat digunakan sebagai identitas Wajib Pajak. Wajib Pajak yang memiliki kode EFIN maka dapat melakukan pelaporan SPT secara online melalui website DJP atau Online Pajak.

EFIN terdiri dari dua jenis, diantaranya EFIN Pajak Badan dan EFIN Pajak Pribadi.

E-Filing Lapor SPT Online Mudah Apabila Sudah Memiliki EFIN 03 Contoh EFIN - Finansialku

Contoh EFIN

 

#1 EFIN Pajak Badan

EFIN Pajak Badan adalah Electronic Filing Identification Number yang diperuntukkan Wajib Pajak Badan Usaha atau suatu perusahaan.

Jika seseorang memiliki sebuah usaha (perusahaan tertentu) maka dalam melakukan kewajiban perpajakannya di wajibkan untuk memiliki EFIN.

Memiliki EFIN agar memudahkan dalam proses pelaporan pajak secara online tanpa harus menggunakan antrean di Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

 

#2 EFIN Pajak Pribadi

Seseorang yang memiliki usaha selain membuat EFIN untuk Pajak Badan, juga diharuskan membuat EFIN untuk dirinya sendiri sebagai Wajib Pajak Orang Pribadi.

EFIN Pajak Pribadi dibuat untuk Wajib Pajak Pribadi atau perseorangan untuk mempermudah dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

 

Fungsi EFIN Pajak

Apa yang dimaksud dengan EFIN dan manfaatnya bagi wajib pajak mungkin menjadi pertanyaan bagi mayoritas masyarakat yang baru pertama kali berurusan dengan langkah lapor pajak online.

E-Filing Lapor SPT Online Mudah Apabila Sudah Memiliki EFIN 04 EFIN Pajak - Finansialku

[Baca Juga: Online Pajak, Platform yang Mempermudah Wajib Pajak Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan]

 

EFIN memiliki dampak positif bagi Wajib Pajak yang akan melaksanakan kewajiban perpajakannya. Berikut manfaat diterbitkannya EFIN bagi wajib pajak:

  • Wajib Pajak dapat menghemat waktu dalam pelaporan SPT tanpa harus mengantre di Kantor Pelayanan Pajak (KPP).
  • Dengan melaporkan pajak secara online menggunakan EFIN, Wajib Pajak dapat menyimpan data bukti lapor dalam basis data web dan dalam jangka panjang, karena bukti lapor dikirim ke email Wajib Pajak yang bersangkutan.
  • EFIN berfungsi sebagai autentikasi agar transaksi online pajak dapat dienkripsi sehingga menjamin kerahasiaan data perpajakan Wajib Pajak yang bersangkutan.
  • EFIN dapat menjamin kerahasiaan data yang terdapat dalam sistem pajak online.
  • Selain itu, apabila Wajib Pajak sudah melakukan pelaporan SPT secara online dengan mengaktifkan kode EFIN, maka data akan terekam di database pajak sehingga untuk pelaporan SPT Tahunan tahun berikutnya tidak perlu melakukan pengisian data dari awal lagi

 

Lalu, Bagaimana Cara Mendapatkan EFIN?

Ketentuan yang tertuang dalam Pasal 2 Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor PER-04/PJ/2015 tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online.

Menyebutkan, Wajib Pajak diharuskan mengajukan permohonan pembuatan EFIN menggunakan formulir yang formatnya sudah diatur dan melengkapi lampiran yang sudah dipersyaratkan kemudian disampaikan langsung ke KPP terdekat untuk mendapatkan EFIN.

E-Filing Lapor SPT Online Mudah Apabila Sudah Memiliki EFIN 05 Formulir Aktivasi EFIN - Finansialku

Formulir Aktivasi EFIN

 

Untuk membuat EFIN, Anda harus datang langsung ke KPP terdekat dan tidak bisa diwakilkan. Berikut langkah untuk mendapatkan EFIN Orang Pribadi maupun Badan:

 

  1. Unduh formulir aktivasi EFIN. Sebelum datang ke KPP, Anda harus download terlebih dahulu formulir aktivasi EFIN. Formulir ini bisa didapatkan di website DJP maupun Online
  2. Isi formulir aktivasi EFIN tersebut. Lengkapi formulir aktivasi EFIN dengan data yang benar, kosongkan bagian kolom nomor EFIN, bagian tersebut akan diisi oleh petugas di KPP.
  3. Ajukan formulir dan dokumen yang dibutuhkan ke KPP. Dalam hal ini, Anda sebagai wajib pajak harus datang langsung ke KPP dan tidak boleh diwakilkan. Dokumen yang dimaksud terdiri dari:

                        – Formulir aktivasi EFIN yang sudah diisi

                        – Alamat email yang aktif untuk mengirimkan verifikasi

                        – Identitas diri asli serta fotokopi

                        – NPWP asli serta fotokopi

  1. Aktivasi EFIN. Setelah mendapatkan kode EFIN (berupa 10 digit nomor), maka langkah selanjutnya yaitu melakukan aktivasi melalui website resmi DJP Online. Pada tautan kirimkan link aktivasi.
    Kemudian Anda akan mendapatkan email konfirmasi yang didalamnya terdapat password Anda dapat mengubah password sesuai yang diinginkan dengan cara mengklik tautan pada email yang diterima.
  2. Daftarkan EFIN Anda. Setelah mengkonfirmasi untuk mengaktifkan EFIN, maka EFIN bisa langsung digunakan untuk lapor pajak secara online.

 

Perlu diperhatikan bahwa EFIN harus langsung diaktivasi pada website pajak yang resmi. Apabila sudah 30 hari lupa untuk melakukan aktivasi, maka Anda harus melakukan pembuatan EFIN baru.

 

Memiliki EFIN Memudahkan Pekerjaan Anda

Jika saat ini Anda merasa waktu sangat berharga terlebih lagi pekerjaan yang Anda lakukan cukup menguras waktu, masa pelaporan pajak sudah didepan mata tetapi Anda tidak memiliki waktu yang banyak untuk pergi ke KPP, maka lapor pajak secara e-filing merupakan solusi yang harus Anda lakukan.

E-Filing dapat memudahkan Anda dalam menyelesaikan kewajiban Pajak.

Apabila Anda sudah memiliki EFIN, maka pelaporan pajak secara online dapat langsung Anda lakukan dimana pun dan kapan pun tanpa menguras waktu dan tenaga.

Apakah Anda sudah memiliki perencanaan keuangan yang tepat? Anda dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS, agar rencana keuangan Anda dapat tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Anda juga bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apakah Anda sudah mengaktifkan Electronic Filing Identification Number (EFIN)? Apa manfaat yang Anda rasakan ketika melakukan pelaporan pajak secara online dengan menggunakan EFIN?

Berikan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini.

Bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hardi Aji. Apa yang Dimaksud dengan EFIN Pajak?. Online-pajak.com – https://goo.gl/rhRbrx
  • Admin. 12 Maret 2018. E-Filing: Biar Enggak Bingung, Ini Cara Mendapatkan EFIN untuk Lapor SPT Pribadi Online. Jabar.tribunnews.com – https://goo.gl/CFNy3b

 

Sumber Gambar:

  • E-Filing – https://goo.gl/DSzHfi
  • Wajib Pajak – https://goo.gl/bqpdnM
  • Online Pajak – https://goo.gl/rhRbrx
  • EFIN Pajak – https://goo.gl/wJftXd

 

By |2019-02-07T12:43:10+00:00February 7th, 2019|Categories: Pajak|Tags: , , , , , , |0 Comments

About the Author:

Wiwi Hartika S.E., CTT
Wiwi Hartika S.E., CTT memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Akuntansi , Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Achmad Yani dan mengambil pendidikan pasca sarjana di Magister Akuntansi Universitas Kristen Maranatha dengan konsentrasi perpajakan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan dan perpajakan.

Leave A Comment