Kabar gembira untuk Anda, karena kini e-Klim hadir memanjakan Anda, para nasabah Taspen.

Selama ini Anda repot dengan bolak-balik kantor cabang hanya untuk ngecek saldo? Nah, ini waktunya Anda untuk dimanjakan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Program Pelayanan Taspen

Salah satu Badan Usaha Milik Negara, PT Taspen, selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Salah satunya dengan menciptakan inovasi yang memudahkan para nasabah.

Nasabah Taspen sendiri dapat menikmati program pelayanan dari usaha milik negara ini dengan tenang. Program pelayanan PT Taspen ada berbagai macam. Berikut ini program pelayanan tersebut.

 

#1 Tabungan Hari Tua (THT)

Layanan Tabungan Hari Tua (THT) merupakan program asuransi yang disertakan dengan asuransi kematian dan dibayarkan sekali saat peserta pensiun, meninggal, atau saat keluarga peserta meninggal dunia.

 

#2 Dana Pensiun

Layanan dana pensiun adalah dana yang diterima nasabah Taspen selama menjalankan dinas pemerintahan. Sama seperti THT, dana pensiun Taspen diberikan kepada nasabah atau peserta saat mencapai Batas Usia Pensiun (BUP).

 

#3 Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Layanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) adalah layanan perlindungan atas risiko kecelakaan kerja atau sakit akibat kerja berupa perawatan, santunan, dan tunjangan cacat.

 

#4 Jaminan Kematian (JKM)

Layanan Jaminan Kematian (JKM) adalah layanan yang diterima nasabah sebagai perlindungan atas risiko kematian yang bukan akibat kecelakaan kerja dalam bentuk santunan kematian.

E-Klim 2

[Baca Juga: Ini Lho Cara Mengetahui Besaran Dana Pensiun Anda]

 

Keempat layanan Taspen tersebut menjamin hari tua Anda supaya mandiri dalam hal finansial. Jika Anda peserta layanan Taspen tersebut, sudah bisa dipastikan Anda dapat mengakses e-Klim.

 

Apa Itu e-Klim?

Nasabah Taspen sendiri masih banyak yang belum tahu mengenai e-Klim. Padahal e-Klim adalah inovasi Taspen yang menguntungkan nasabah.

Oleh karena itu artikel Finansialku kali ini akan menolong Anda, mengetahui apa itu e-Klim dan supaya Anda dapat menikmatinya

e-Klim merupakan layanan Taspen yang dapat diakses melalui smartphone. Digunakan untuk mengecek saldo. Peserta dapat mengakses e-Klim dimana pun dan kapan pun saat membutuhkannya.

Jadi, tidak perlu repot-repot datang ke kantor cabang Taspen. Dengan menggunakan e-Klim, peserta dapat menghemat waktu dan tenaga.

 

Cara Cek Saldo Lewat e-Klim Taspen

Selain melalui aplikasi MOBILE Taspen di ponsel, Anda juga dapat melakukan pengecekan di halaman e-klim Taspen. Untuk mengetahui berapa saldo Tabungan Hari Tua dan dana pensiun yang Anda miliki.

E-Klim 3

[Baca Juga: Apa Itu Dana Pensiun Syariah? Cek Jawabannya Di Sini!]

 

Berikut ini adalah langkah-langkah cek saldo Taspen di website e-klim Taspen.

  • Buka halaman e-Klim Taspen di browser smartphone ataupun desktop.
  • Setelan halaman terbuka, nasabah diminta memasukkan Nomor Taspen (NOTAS), Tanggal Lahir, dan Nomor Urut Kartu (3 digit terakhir) yang ada di kartu peserta Taspen bersebelahan dengan barcode
  • Kalau semua telah terisi, pilih tombol Login

  • Sejumlah menu ditampilkan mulai dari Informasi Peserta, Estimasi Manfaat, Informasi Program, Informasi Rumah Sakit, Lokasi, Program Loyalty, Hubungi Kami, hingga Tentang Kami
  • Pilih menu Estimasi Manfaat
  • Pilih menu Estimasi Hak Usia Pensiun (BUP)
  • Setelah dipilih, muncul halaman yang menyajikan informasi saldo Taspen dalam keterangan dana pensiun dan Tunjangan Hari Tua (THT)

 

Persiapkan Masa Pensiun dengan Cermat Bersama Taspen

Masa tua tidak dapat dihindari, begitu juga masa pensiun. Tak sedikit pula yang terkena post power syndrome. Salah satu penyebabnya yaitu masalah finansial.  Maka dari itu, masa pensiun perlu dipersiapkan. Pada dasarnya, Anda dapat menyisihkan penghasilan masa kini untuk keperluan di masa depan.

E-Klim 4

[Baca Juga: Hindari 8 Kesalahan Merencanakan Dana Pensiun Ini! Part 2]

 

Namun, tak ada salahnya jika Anda mulai melirik perusahaan keuangan dalam negeri, Taspen. Pada awalnya, Taspen hanya untuk Pegawai Negeri Sipil saja. Namun seiring perkembangan zaman, banyak orang yang sudah melek finansial.

Tingginya minat masyarakat untuk memiliki jaminan hari tua membuat Taspen turut mengayomi pekerja non-PNS.

Inilah saatnya Anda bisa mandiri di hari tua. Menjadi pribadi yang mandiri meski sudah berusia senja sangat mungkin dilakukan dengan layanan Taspen. Jangan bergantung pada anak-anak untuk bisa hidup. Nantinya, justru akan menjadi sandwich generation.

Nah, jika ingin berkonsultasi mengenai dana pensiun, Anda dapat bertanya pada perencana keuangan Finansialku. Hanya dengan mengunduh aplikasi Finansialku dan berlangganan bulanan atau tahunan, Anda akan mendapatkan pencerahan tujuan hari tua Anda. Aplikasi tersebut bisa Anda download di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Jangan tunggu sudah tua untuk Anda membuka tabungan Taspen. Justru selagi masih muda perlu dipersiapkan. Untuk Anda yang sudah tidak muda lagi, jangan patah harapan. Anda belum terlambat.

 

Itu dia cara mudah cek saldo Taspen lewat e-Klim, mudah bukan? Yuk, share artikel ini.

Siapa tahu ada rekan atau kerabat yang belum mengetahui cara praktis mengecek saldo Taspen. Dengan begitu, Anda bisa menjadi penyelamat mereka dari kerepotan.

 

Sumber Referensi:

  • Boby. 5 September 2019. Buat Pegawai Negeri, Ini Lho Cara Mengetahui Besaran Dana Pensiun dan THT dari Taspen. Lifepal.co.id – https://bit.ly/2uJRUFa

 

Sumber Gambar:

  • E-Klim 1 – http://bit.ly/2PlBYzU
  • E-Klim 2 – http://bit.ly/37V6RBU
  • E-Klim 3 – http://bit.ly/2HRDk1a
  • E-Klim 4 – http://bit.ly/2w32Eyw