Jangan sampai Anda melakukan kesalahan merencanakan dana pensiun Anda, nanti bisa kacau. Apa saja sih kesalahannya? Simak dalam artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watcah

 

Realitas: Masa Pensiun Harus Disiapkan

Mari buka mata besar-besar untuk menyimaknya:

Apabila selama ini Anda cemas akan masa pensiun, Anda tidak sendirian!

Studi Kompas menunjukkan bahwa kurang dari 10% pekerja berada dalam jalur yang tepat demi menjamin tujuan masa pensiunnya. Nilai ini tergolong sangat kecil.

Terlebih lagi, laporan dari Financial Finesse menunjukkan bahwa 61% dari pekerja tidak tahu apakah simpanan mereka akan cukup untuk menjamin masa pensiun yang bahagia.

Kelompok ini tersesat dalam ketidaktahuan karena kurangnya perencanaan. Dalam kondisi terburuk, akibatnya Anda harus menunda pensiun sementara atau selamanya untuk bisa bertahan hidup.

Hindari 8 Kesalahan Merencanakan Dana Pensiun Ini! 02

[Baca Juga: Para Freelance, Mau Bebas Keuangan? 20 Usaha Sampingan yang Dapat Anda Jalankan]

 

Untuk melihat perbandingan mereka yang mempersiapkan dana pensiun sejak dini dan mereka yang terlambat, mari kita simak bersama ilustrasi berikut:

Pada saat musim gugur, keluarga semut bekerja keras mengumpulkan bahan makanan untuk nanti saat musim dingin. Lain cerita dengan belalang yang kerjanya bermalas-malasan.

Ketika musim dingin tiba, semut tidak mati kelaparan, karena mereka sudah memiliki cadangan makanan. Belalang yang malas-malasan dan tidak memiliki persiapan, kesulitan mencari makanan dan akhirnya mati tak bisa bertahan hidup.

 

Hal yang sama juga bisa terjadi kepada manusia dan kepada Anda. Nah, apakah Anda memilih untuk menjadi semut atau belalang?

Jika Anda ingin menjadi semut, maka Anda perlu mempersiapkannya sejak dini, jauh sebelum Anda memasuki masa pensiun. Mengapa?

Karena perencanaan masa pensiun bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan proses yang cukup panjang untuk menjamin gaya hidup Anda tetap sejahtera pada masa pensiun nanti.

Nah, mari kita melihat penjelasan mengenai perencanaan masa pensiun ini yuk:

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, 90% orang berada di jalur yang salah dalam persiapan masa setelah grafik penghasilan mulai menurun. Kok bisa?

Salah satu penyebab 90% orang yang tidak siap menghadapi pensiun adalah karena kurangnya persiapan sejak usia muda. Di sinilah pentingnya sebuah PERENCANAAN PENSIUN (retirement plan).

Persiapkan Tabungan Dana Pensiun Anda Untuk Tetap Sejahtera Di Hari Tua 01

[Baca Juga:Mahasiswa, Punya Sisa Uang Jajan Rp 100.000 Mending Investasi Reksa Dana atau Jajan]

 

Dengan perencanaan pensiun, Anda akan memperoleh beberapa benefit berikut:

  1. Anda dapat mengetahui estimasi berapa jumlah uang yang Anda butuhkan saat pensiun.
  2. Anda dapat mengetahui berapa lama Anda harus berinvestasi untuk menyiapkan dana pensiun tersebut.
  3. Perencanaan dana hari tua akan berperan sebagai peta (penunjuk jalan), untuk memperjelas arah investasi Anda. Tahukah Anda banyak orang terkena investasi bodong karena mereka tidak tahu arah dan tergoda dengan “JANJI” atau “IMING-IMING” keuntungan besar.
  4. Sangat memungkinkan Anda dapat mempertahankan gaya hidup (lifestyle) Anda saat pensiun, sehingga Anda bisa menjalani masa pensiun dengan sejahtera.Syaratnya, jangan terlambat melakukan perencanaan dana hari tua.
  5. Memungkinkan Anda untuk TETAP memiliki sumber pendapatan saat memasuki masa pensiun. Misalnya bunga deposito, pendapatan pasif dan lain sebagainya.
  6. Anda dapat terhindar dari kesalahan-kesalahan dalam mempersiapkan dana hari tua, jika Anda memiliki perencanaan dana hari tua.

Kabar baiknya, kini sudah banyak tools yang dapat membantu Anda membuat perencanaan pensiun, misalnya dengan menggunakan aplikasi Finansialku. Dengan demikian masa pensiun bisa dihadapi dengan tenang dan sejahtera.

Bagi Anda pengguna baru, unduh aplikasi Finansialku sekarang secara GRATIS!!

Seperti apa sih merencanakan dana pensiun ini? Jangan khawatir, Finansialku sudah merangkum 8 kesalahan merencanakan dana pensiun yang harus Anda hindari.

 

8 Kesalahan Merencanakan Dana Pensiun

Jika Anda juga cemas akan masa pensiun Anda, jangan khawatir. Anda bisa segera merencanakan dana pensiun dengan menghindari 8 kesalahan merencanakan dana pensiun berikut ini:

 

#1 Estimasi Biaya yang Terlalu Rendah

Umumnya, dalam merencanakan dana pensiun kita perlu mengestimasi biaya yang dibutuhkan. Sayangnya, banyak orang yang gagal merencanakan dana pensiunnya karena estimasi yang tidak sesuai dengan realitasnya.

CNBC mengungkapkan bahwa 81 persen dari warga Amerika tidak tahu sama sekali berapa uang yang mereka butuhkan untuk menikmati masa pensiun secara sejahtera.

Fakta Penting Tentang Jaminan Pensiun yang Wajib Anda Ketahui 01 - Finansialku

[Baca Juga:8 Bisnis yang Menguntungkan untuk Pensiunan yang Dapat Menambah Pemasukan]

 

Padahal banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam estimasi biaya atau dana pensiun, mulai dari standar hidup, tingkat inflasi, tanggungan, biaya kesehatan tak terduga, dan sebagainya.

Jadi, perhatikan lebih baik berbagai faktor yang mungkin terjadi saat merencanakan dana pensiun. Lebih banyak dana lebih baik daripada kekurangan di masa pensiun kelak.

 

#2 Tidak Paham Akan Kebutuhan Masa Pensiun dan Tujuannya

Nah, dalam merencanakan dana pensiun Anda perlu sesuatu yang namanya tujuan. Tanpa tujuan, Anda akan bingung menentukan jumlahnya dan kembali pada kesalahan poin pertama tadi.

Di sinilah saatnya Anda harus meluangkan sedikit waktu untuk menentukan tujuan dan kebutuhan masa pensiun Anda.

Seperti apa masa pensiun yang akan Anda butuhkan, apa rencana Anda setelah menginjak usia pensiun, dan pertanyaan lainnya yang mengganjal pikiran Anda.

Jadi, mulailah bayangkan beberapa scenario berikut berapa biaya yang Anda butuhkan untuk menghitung kebutuhan dana dalam masa pensiun Anda.

 

Selanjutnya >>