Presiden Joko Widodo telah menunjuk Ridha Wirakusumah yang sebagai CEO Sovereign Wealth Fund (SWF).

Ketahui selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Ridha Wirakusumah Akan Nahkodai Indonesia Investment Authority (INA)

Presiden Joko Widodo telah menunjuk Ridha Wirakusumah sebagai CEO Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia atau dikenal dengan Indonesia Investment Authority (INA).

“SWF atau INA mempunyai posisi strategis dalam percepatan pembangunan yang berkelanjutan, meningkatkan dan mengoptimalkan nilai aset negara dalam jangka panjang dalam menyediakan alternatif pembiayaan dalam pembangunan berkelanjutan,” kata Jokowi.

“INA akan menjadi mitra strategis bagi dalam dan luar negeri agar tersedia pembiayaan berkelanjutan,” kata Jokowi, mengutip dari Cnbcindonesia, Rabu (17/02).

Eks Dirut PermataBank, Ridha Wirakusuma Resmi Jadi CEO SWF 02

[Baca Juga: 6 Kewenangan Lembaga Pengelola Investasi (LPI)]

 

Sementara itu, Ridha Wirakusumah menyatakan akan bekerja secara profesional, penuh integritas, dan mengelola secara baik INA.

“Kami tekankan bahwa dalam menjalankan INA, kami secara tegas dan jelas akan menjalankan tugas ini dengan integritas tertinggi dan sesuai tata kelola yang berlaku, sehingga kami dapat menjalankan tugas dengan baik dan benar,” kata Ridha.

Ridha juga berjanji akan menciptakan iklim investasi yang nyaman dan meyakinkan sehingga akan dapat menarik investor berpartisipasi pada program pembangunan di Indonesia.

“Kami akan berusaha keras untuk menjaring investor-investor asing dan dalam negeri agar bisa berpartisipasi bersama dengan INA untuk mengembangkan lagi program-program pemerintah secara lebih cepat sehingga pembiayaannya akan lebih lancar dan menyeluruh, juga meringankan beban pembiayaan atau pinjaman yang tentunya merupakan bagian dari pembangunan,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, INA sebagai institusi juga akan berupaya keras untuk dapat meningkatkan dan mengoptimalkan nilai investasi yang dikelola secara jangka panjang dalam rangka mendukung pembangunan secara berkelanjutan.

Dana yang akan dikelola INA, lanjutnya, bukanlah pinjaman melainkan modal atau investasi.

“Yang kami cari itu adalah dana modal, bukan dana pinjaman. Dana yang kalau bisa bernilai tambah, dana yang tentunya juga dari sumber-sumber dengan tata kelola yang baik dan bersih,” kata Ridha, sebagaimana mengutip bisnis.com.

Ia menambahkan, semua dana yang nantinya dipercayakan pengelolaannya kepada INA diharapkan terus bertumbuh sehingga menjadi dana abadi dan berkelanjutan dan dapat memakmurkan generasi selanjutnya.

Ia menyatakan akan meneruskan langkah-langkah yang selama ini sudah dilaksanakan dan melihat proyek pembangunan yang berpotensi menarik minat  investor.

 

banner_jangan_asal,_ketahui_ini_dulu_sebelum_investasi_saham

 

Profil Ridha Wirakusumah

Sebelum ditunjuk sebagai CEO Lembaga Pengelola Investasi, Ridha Wirakusumah adalah Direktur Utama PermataBank berdasarkan hasil RUPS Luar Biasa tanggal 13 Desember 2016.

Ridha memperoleh gelar Doctorate in Business Administration dari City University Hong Kong tahun 2016.

Sebelumnya, dia memperoleh gelar Bachelor of Science dari Ohio University pada tahun 1985 dan gelar Master of Business Administration dari Ohio University pada tahun 1987.

Selain Ridha, Jokowi memperkenalkan Arief Budiman sebagai Deputi CEO INA, Stefanus Ade Hadiwidjaja sebagai Chief Investment Officer INA Marita Alisjahbana sebagai Chief Risk Officer INA, dan Eddy Purwanto Chief Financial Officer.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Novy Lumanauw. 16 Febuari 2021. Dirut INA Ridha Wirakusumah akan Bekerja dengan Penuh Integritas. Investor.id – https://bit.ly/3jXbhzz
  • Admin. 16 Febuari 2021. Jadi CEO LPI, Ini 4 Langkah yang Disiapkan Ridha Wirakusumah. Swa.co.id – https://bit.ly/37lPSeF
  • Chandra Gian Asmara. 16 Febuari 2021. Ridha Jadi CEO, Ini Profil Lengkap 5 Direksi SWF Jokowi. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2ZpgcA8
  • Admin. 17 Febuari 2021. Jokowi Tunjuk Ridha Wirakusumah jadi CEO SWF, Perbanas Ingatkan Sejumlah Hal. Bisnis.tempo.co – https://bit.ly/2N51GLr

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3u5aAsP
  • 02 – https://bit.ly/3b7x2sE