Lebaran memang sangat sakral dan dirindukan, namun tahukah Anda apa saja fakta perayaan lebaran yang menarik?

Kita akan membahas fakta tersebut, selengkapnya ada pada artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Lebaran

Perayaan lebaran membuat semua orang bahagia. Karena menantikan momen lebaran sendiri adalah sebuah kebahagiaan. Selain kebahagiaan, banyak juga fakta lebaran yang selama ini kita belum atau tidak sadari.

Oleh karena itu, yuk kita sadari apa saja yang menjadi fakta unik dari merayakan lebaran tersebut.

Apakah fakta ini mempengaruhi bagaimana cara kita merayakan atau mengubah kehidupan kita? Tergantung bagaimana fakta tersebut berhubungan dengan kehidupan kita.

Beberapa fakta sering kita jumpai atau alami. Mewarnai suasana lebaran kita. Sepertinya sudah biasa namun itulah fakta yang sesungguhnya, apa saja? Mari kita simak.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Fakta Perayaan Lebaran

Fakta perayaan lebaran yang selama ini telah terjadi adalah unik. Lalu apa saja yang unik itu, berikut untuk Anda:

 

#1 Membuat dan Makan Ketupat yang Sarat Makna Filosofis

Sudah dipastikan makanan yang satu ini merupakan fakta perayaan lebaran yang paling nyata di hari raya lebaran. Karena ketupat identik dengan lebaran, dan merupakan ciri khas perayaan hari raya lebaran.

Uniknya, di setiap tempat di seluruh penjuru, akan terpajang hiasan-hiasan ketupat selama lebaran. Seperti mall dan tempat lainnya. Ternyata makanan khas lebaran ini mempunyai filosofi tersendiri sehingga bisa menjadi fakta unik

Hikmah Puasa Cara Menabung Pahala di Bulan Suci Ramadhan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Games: Selain Ketupat, Ini 10 Makanan Khas Lebaran yang Wajib Dicoba]

 

Filosofi dari ketupat mengandung 3 makna antara lain:

Anyaman yang sedikit rumit bermakna kesalahan manusia yang sering dilakukan. Kedua, anyaman rumit yang bisa membentuk sebuah wadah menarik, menggambarkan kesatuan umat muslim hingga seluruh dunia pada hari raya ini.

Ketiga, adalah bentuk kesucian umat Islam setelah selesai menjalani bulan Ramadan dengan simbol ketupat yang dibelah berwarna putih. Nah, apakah sebelumnya keunikan filosofi ketupat ini sudah Anda ketahui?

 

#2 Mudik

Bagaimanapun rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan saat merayakan hari raya lebaran adalah kebiasaan mudik. Karena banyak anak perantauan yang berpisah dengan keluarga dan berkumpul kembali pada saat lebaran.

Uniknya saat lebaran, yang melakukan mudik bukan hanya kaum muslim untuk berkumpul bersama keluarga merayakan lebaran bersama. Berhubung perayaan lebaran bersamaan dengan hari libur, maka hari libur lebaran juga banyak dimanfaatkan yang bukan kaum muslim untuk mudik.

 

#3 THR

Fakta perayaan lebaran yang satu ini juga sangat unik dan menarik, juga sangat ditunggu-tunggu banyak orang. Karena THR atau tunjangan hari raya adalah waktunya setiap anak mendapat salam tempel dari keluarga ataupun rekan dan tetangga.

Semua karyawan mendapatkan THR dari kantor masing-masing, jelas ini fakta yang unik dan menyenangkan.

 

#4 Baju Baru

Fakta perayaan lebaran unik lainnya adalah dimana pada saat lebaran banyak orang yang membeli baju baru untuk dipakai pada saat lebaran. Padahal, membeli baju baru bisa dilakukan kapanpun.

Kumpulan Kata-kata Mutiara Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Finansialku

[Baca Juga: Tips untuk Para Wanita dalam Memilih Model Baju Batik]

 

Namun masyarakat sudah menjadikan budaya, membeli baju baru pada saat lebaran. Tapi orang-orang tersebut beralasan, sebagai simbol bahwa untuk menyambut hari yang fitri diperlukan penampilan baru karena sudah fitri kembali atau terlahir kembali

 

#5 Kue Lebaran

Fakta yang satu ini tidak bisa dibantah. Membuat kue saat hari raya bukan hal yang aneh. Semua jenis hari raya, pasti masyarakat ikut membuat kue. Tapi uniknya nama kuenya tetap melekat sebagai kue lebaran.

 

#6 Malam Takbiran

Kegiatan ini memang rutin setiap tahun dilakukan, malam sebelum perayaan lebaran tersebut. Karena disebut sebagai malam takbiran, maka keunikannya adalah di setiap tempat di segala penjuru berkumandang takbir menggema.

 

#7 Ucapan Lebaran

Selain semua fakta tadi yang menjadi ciri khas dan keunikan perayaan lebaran. Ada lagi fakta perayaan lebaran unik lainnya, yaitu ucapan lebaran. Baik melalui kartu ucapan ataupun melalui media sosial sudah menjadi fakta dan keunikan tersendiri.

 

Serunya Lebaran dengan Penuh Kenangan

Itulah keunikan dari hari raya yang selalu kita rayakan setiap tahunnya. Keunikan tersebut menjadi fakta perayaan lebaran yang sangat indah dan membuat bahagia di hari kemenangan ini.


Sekarang kita bisa sadari ya selama ini yang selalu kita lakukan pada saat lebaran itu ternyata sebuah keunikan tersendiri.

Nah, kita sudah selesai membahas fakta perayaan lebaran. Mungkin artikel ini justru membuat kita merasakan homesick.

 

 

Tapi mengingat keadaan pandemi corona, kita rayakan lebaran tahun ini #dirumahaja ya….

Sembari membawa negara kita dalam doa untuk corona segera berlalu. Silakan berbagi artikel ini kepada keluarga kita yang jauh di kampung halaman, sebagai pelepas rindu kita kepada mereka. Terima kasih

 

Sumber Referensi:

  • Dwifantya Aquina. 10 Juni 2019. [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019. Idntimes.com – https://bit.ly/2Vzicoc