“Lebaran sebentar lagi…”. Sudahkah kamu tahu apa saja persiapan lebaran yang wajib dilakukan?

Setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, tibalah waktunya umat muslim akan merayakan hari kemenangan atau dikenal dengan istilah lebaran.

Selagi masih ada waktu, simak persiapan lebaran yang wajib dilakukan untuk menyambut hari yang suci ini. Check it out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Jelang Lebaran, Inilah Persiapan yang Wajib Dilakukan

Lebaran menjadi momentum yang sangat bermakna, meski sebenarnya umat muslim merasakan kesedihan karena harus berpisah dengan bulan Ramadan sebagai bulan penuh keberkahan.

Ketika menyambut hari kemenangan tiba, banyak hal yang dipersiapkan bahkan di berbagai belahan dunia seringkali melakukan tradisi-tradisi unik, beragam, dan menjadi ciri khas daerah masing-masing.

Misalnya saja di Indonesia, tradisi mudik lebaran untuk bertemu sanak saudara di kampung halaman.

Hal yang tak luput dari jangkauan mata nih Guys, yaitu memperindah suasana rumah di hari raya. Kalo kamu, ada persiapan wajib apa nih jelang lebaran?

Nah berikut ini ialah beberapa persiapan jelang lebaran yang sudah pasti harus dilakukan oleh setiap orang, yaitu:

 

#1 Kue Lebaran

Hmm…pastinya kue lebaran sudah menjadi hal yang tak terlupakan ya.

Biasanya saat hari kemenangan tiba, rumah kita akan dilengkapi berbagai jenis kudapan lebaran yang menggugah selera.

Mulai dari nastar, kue keju, putri salju, kacang-kacangan dan banyak juga yang menyediakan tape ketan hitam lho.

Kue Kering Lebaran 06 (Collete and Lola) - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Sudah Mengetahui 10 Tradisi Unik Lebaran di Dunia? Simak Ulasannya]

 

Seperti dilansir Uprint.id (Selasa, 14/5/2019), kue lebaran dipersiapkan untuk menyambut tamu yang datang mengunjungi rumah kita.

But anyway, kalo kamu enggak punya banyak waktu untuk membuat kue lebaran, keep calm.

Saat ini sudah menjamur penjual kue lebaran dengan berbagai jenis, rasa, dan harga. Banyak juga yang sudah menerima pesanan untuk hari raya nanti.

Mungkin karena media sosial semakin banyak digunakan, penjual kue lebaran pun memanfaatkan sarana ini untuk mempromosikan produknya.

Tapi masih ada saja kok yang bertahan dengan pemasaran konvensional, biasanya untuk kue lebaran yang memang sudah punya pelanggan sejak lama.

 

#2 Ketupat Lebaran

Selain kue, makanan andalan di hari lebaran adalah ketupat.

Setiap rumah pasti menyediakan makanan ini dengan berbagai menu tambahannya, seperti opor, rendang, sambal goreng ati, dan sebagainya.

Walaupun hidangan ini sebenarnya sering kita jumpai sehari-hari, tapi kok rasanya beda ya kalo disantap di hari raya.

Ketupat sudah menjadi makanan turun temurun dan menjadi sajian wajib saat lebaran. Intinya lebaranmu nggak lengkap tanpa kehadiran ketupat deh.

 

#3 THR atau Souvenir Lebaran

Ini dia yang pasti ditunggu-tunggu, yup Tunjangan Hari Raya (THR).

Tapi dalam hal ini, THR yang dimaksud memberikan gift kepada saudara yang lebih muda atau istilahnya salam tempel.

Umumnya sih dalam bentuk uang, tapi tidak sedikit juga yang memodifikasinya dengan memberikan permen dan dibalut dengan beberapa uang THR lebaran di permennya.

THR 01 - Finansialku

[Baca Juga: Serba Serbi Angpao Lebaran yang Dinanti-nantikan Anak-anak]

 

Ngomongin tentang THR, sebenarnya momen ini memang menyenangkan.

Tetapi jangan salah, jika kamu termasuk pemberi THR maka kamu harus merencanakan keuanganmu sebaik mungkin supaya tetap stabil sampai nanti hari raya berlalu.

Belajar dari pengalaman banyak orang, mereka tidak mengalokasikan dana atau budgeting khusus dana THR, sehingga setelah lebaran agak kelimpungan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari sampai waktunya gajian nanti.

Daripada kebablasan, lebih baik sedia payung sebelum hujan.

Kamu bisa membuat anggaran atau mencatat pengeluaran keuangan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Caranya gampang banget, kamu tinggal download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Nanti kamu catat deh apa aja pengeluaran rutin kamu yang harus dialokasikan.

Ingat ya, memberi memang baik, tapi bukan berarti memaksakan ya.

Selain itu, kamu juga bisa lho mendengarkan tips dan trik mengenai cara merencanakan keuangan melalui sejumlah podcast dari Finansialku.

Dengan begitu, kamu bisa memahami betul betapa pentingnya mengatur dan merencanakan keuangan bagi siapapun.

Tunggu apalagi? Yuk manfaatkan teknologi yang ada untuk mendapatkan ilmu dengan GRATIS tanpa dipungut biaya apapun!

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

#4 Perlengkapan Ibadah dan Baju Lebaran

Terpenting dari yang penting adalah jangan melupakan perlengkapan ibadah karena di hari kemenangan umat muslim akan melaksanakan salat Ied.

Biasanya, lebaran identik dengan segala sesuatu yang baru. Misalnya perlengkapan salat dan baju baru.

Umumnya anak-anak lebih banyak merengek untuk dibelikan baju baru, lengkap dengan alas kakinya.

Sedangkan orang dewasa cenderung mengutamakan membeli perlengkapan ibadah, meski ada saja yang membeli baju baru.

 

#5 Kartu Ucapan dan Parcel Lebaran

Meskipun media sosial semakin banyak dimanfaatkan untuk mengirimkan kartu lebaran secara digital, tapi masih banyak lho yang memilih untuk mengirimkan ucapan lebaran menggunakan kartu yang biasanya diselipkan bersama parcel lebaran.

Penggunaan kartu ucapan lebaran membuat suasana makin berkesan.

Kartu dan parcel lebaran umumnya diberikan kepada saudara dekat yang berisi berbagai jenis makanan hingga perlengkapan dapur atau rumah tangga bervariasi jenisnya.

So, disarankan untuk membuat kartu ucapan lebaran dengan kata-kata yang menarik dan dikemas unik sehingga kartu tersebut lebih berkelas dan cantik.

Penghasilan Tambahan Ramadan 10a Parcel - Finansialku

[Baca Juga: Penambahan Libur Lebaran Malah Bikin Boros, Apa Sih Penyebabnya?]

 

#6 Bunga Segar Penghias Ruangan

Tidak hanya mempercantik diri, tapi rumah pun pasti jadi sorotan untuk kita hiasi dengan berbagai macam aksesoris misalnya bunga.

Selain karena harumnya yang membuat suasana menjadi segar, bunga juga menambah kesan cantik sebuah ruangan.

 

#7 Mudik Lebaran

Jangan lupakan persiapan satu ini nih untuk menyambut lebaran. Yup, tradisi mudik.

Meski sering kali kita malas melihat antrean kemacetannya, tapi mudik ini memberikan sensasi tersendiri.

Ibarat berjuang untuk meraih apa yang diinginkan, ya seperti itulah mudik berjuang bermacet-macet ria untuk bertemu keluarga.

Persiapan mudik lebaran perlu dilakukan minimal satu bulan sebelumnya.

Sebab, mudik lebaran diperlukan perencanaan yang matang, mulai dari pemesanan tiket transportasi, waktu, dan arus balik.

Asuransi Kecelakaan Diri Mudik atau Lebaran 01 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Udah Tau Belum Tips Belanja Untuk Lebaran? No 5 Gampang Banget!]

 

#8 Menjaga Kesehatan

Mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut lebaran tidak akan berjalan mulus kalo kamu mengabaikan kesehatan.

Sehat itu mahal, benar adanya. Ketika badan sehat kamu dapat melakukan berbagai aktivitas termasuk menyiapkan keperluan hari raya.

Supaya kondisi tetap prima, tidak ada salahnya konsumsi vitamin dan tetap berolahraga.

Meskipun sebelumnya berpuasa, bukan berarti kamu vakum dari olahraga.

 

Persiapan Khusus Bagi Pengusaha Ketika Menyambut Lebaran

Selain delapan poin yang telah diulas sebagai persiapan lebaran yang harus dilakukan, ada juga nih tambahan penting khususnya buat kamu yang berprofesi sebagai pengusaha.

Bagaimanapun, kamu mau kan merayakan lebaran dengan kondisi perusahaan tetap aman terkendali.

Melansir laman Solusiukm.com (Selasa, 14/5/2019), lebaran memang menjadi momen untuk meningkatkan omzet.

Maka, tidak heran jika para pengusaha sudah menyiapkan berbagai hal jelang lebaran.

Termasuk strategi agar target pasar tercapai dan mampu menopang bisnis.

Berikut ini ialah beberapa strategi yang harus dilakukan oleh para pengusaha ketika menyambut lebaran, yaitu:

 

#1 Stock Opname

Stock opname adalah salah satu hal yang sering dilakukan perusahaan manufaktur atau usaha dagang untuk menghitung kembali barang-barang yang ada di gudang dengan menyesuaikan dengan jumlah stok yang tersedia.

Stock opname adalah sebuah cara perhitungan secara manual mengenai jumlah barang yang ada di gudang.

Hal ini dilakukan agar kamu dapat mengetahui jumlah barang yang nantinya dicocokkan dengan jumlah pada sistem.

Hal ini juga bertujuan agar kamu tetap dapat memenuhi kebutuhan pelanggan karena mengetahui jumlah pasti produk yang tersedia.

 

#2 Siapkan SDM

Peningkatan minat produk harus diimbangi dengan ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM).

Karena banyak terjadi ketika pelanggan banyak tapi tidak terlayani dengan baik karena kekurangan SDM sehingga akan menciptakan kesan tidak profesional dan penilaian kurang baik bagi perusahaan.

Seperti contohnya jasa rental mobil. Selain harus mempersiapkan mobil, kamu pun harus mempersiapkan sopir tambahan untuk bisa menghadapi banyaknya permintaan rental mobil menjelang lebaran.

Kebanyakan supir diandalkan karena penyewa tidak ingin terlalu lelah berkendara.

Manajemen Sumber Daya Manusia 02 Finansialku

[Baca Juga: KETUPAT: Moms, Yuk Ketahui Cara Mengakali Pengeluaran Bulan Ramadan Agar Lebaran Tenang dan Damai]

 

#3 Strategi Pemasaran yang Tepat

Mendapatkan momen yang baik di bulan yang penuh berkah dan di hari lebaran, tentunya kamu harus mempersiapkan strategi pemasaran yang tepat.

Persiapan yang harus dilakukan oleh pengusaha menjelang lebaran, salah satunya adalah strategi pemasaran.

Banyak model strategi pemasaran yang bisa diterapkan. Seperti diskon, cashback, atau promo apapun yang bisa meningkatkan penjualan kamu menjelang lebaran ini.

 

Sambut Kemenangan dengan Persiapan Matang

Momentum hari raya lebaran Idul Fitri hanya datang satu kali dalam setahun.

Bahkan tidak ada jaminan di tahun berikutnya kita masih berjumpa dengan hari kemenangan itu.

Selagi masih ada waktu dan kesempatan, yuk kita persiapkan hal-hal yang wajib dilakukan.

Sambut hari yang suci dengan sepenuh hati, menjalin kembali tali silaturahmi dan jangan lupa berbagi.

 

Persiapan mana saja yang sudah kamu lakukan sampai hari ini?

Oiya, kalo kamu punya persiapan wajib lainnya untuk menyambut lebaran jangan lupa share di kolom komentar ya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Persiapan Lebaran Ini yang wajib Ada Setiap Hari Raya Tiba. Uprint.id – https://bit.ly/2vTkDo3
  • Admin. 3 Juli 2016. 6 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menyambut Hari Raya Lebaran. Papasemar – https://bit.ly/2JleJ7U
  • Iskandar Rumi. 5 Juni 2018. 7 Persiapan yang Harus Dilakukan Pengusaha Menjelang Lebaran. Solusiukm.com – https://bit.ly/2Jlex8G

 

Sumber Gambar:

  • Persiapan Lebaran yang Wajib Dilakukan 1 – http://bit.ly/2QrkEcd