Tambang batu bara adalah salah satu sektor industri yang prospektif. Apa saja yang perlu diketahui tentang fakta tambang batu bara?

Yuk, ikuti ulasan lengkapnya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tambang Batu Bara di Indonesia

Indonesia dianugerahi kekayaan alam yang melimpah. Kita bisa menemukan beragam sumber daya alam, seperti logam mulia ataupun batu bara.

Sebagai negara yang makmur, rupanya Indonesia memiliki lahan tambang yang sangat luas.

Menariknya, lahan ini tersebar di berbagai daerah di tanah air. Bahkan beberapa diantaranya menjadi sumber energi nasional dan komoditas ekspor.

 

Fakta Menarik dari Tambang Batu Bara

Walaupun sempat menimbulkan pro dan kontra, bisnis batu bara tak berhenti sampai di sini. Banyak orang berlomba-lomba menggeluti dan terjun langsung ke bisnis tersebut.

Hal ini didukung oleh fakta tambang batu bara yang menyedot perhatian masyarakat. Di balik gemerlapnya dunia tambang di Indonesia, ternyata ada fakta tambang batu bara yang menarik untuk diulik.

Setidaknya 10 fakta berikut akan membuka wawasan Anda terkait tambang di tanah air.

 

#1 Sumber Tambang yang Melimpah

Tak hanya di Indonesia, lahan tambang batu bara sangat mudah dijumpai di berbagai dunia. Inilah mengapa komoditi batu bara cukup melimpah, sehingga bisa dipergunakan untuk pembangkit tenaga listrik.

Di Indonesia sendiri, lahan tambang batu bara menyebar ke seluruh daerah, tak hanya di Pulau Kalimantan. Proses penambangannya pun tergolong mudah, tak sesulit minyak bumi maupun logam mulia lainnya.

 

#2 Daya Jual Tinggi

Jika dibandingkan komoditas tambang lainnya, batu bara punya nilai jual yang sangat tinggi. Ketersediaannya pun terhitung melimpah, sehingga cocok dijadikan sumber energi.

Sampai saat ini, belum ada komoditas tambang lain yang mampu menandingi ketersediaan dan harga batu bara di pasaran.

Alasan ini pula yang membuat para pengusaha tambang berlomba-lomba membeli dan mengklaim lahan tambang privat.

Ini Dia 10 Fakta Tambang Batu Bara yang Menarik dan Menggiurkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Hitung Skema Baru Tagihan Listrik yang Bikin Naik 4x Lipat!]

 

#3 Usia yang Sudah Tua

Tahukah Anda awal mula manusia memanfaatkan batu bara? Ditilik dari sejarah yang ada, batu bara telah dipergunakan sejak Zaman Perunggu. Masyarakat pada waktu itu mulai sadar dan paham nilai guna dari batu bara.

Atas penemuan ini, batu bara pun dianggap sebagai fosil tertua yang pernah ada. Ini berdasarkan atas penggunaan batu bara sebagai sumber energi oleh manusia.

Seperti yang kita tahu, keterbatasan pengetahuan seringkali menjadikan komoditas tambang kurang diminati. Padahal pengelolaan tambang yang tepat bisa menghasilkan peluang bisnis.

Fakta tambang batu bara ini baru disadari oleh masyarakat beberapa tahun terakhir, setelah banyaknya pengusaha tambang yang bermunculan.

 

#4 Batu Bara Memiliki Nilai Fungsional Tinggi

Selain dijadikan sumber energi utama, batu bara rupanya dimanfaatkan pula dalam produksi semen. Sebagian besar pabrik semen menggunakan batu bara sebagai campuran sekaligus bahan bakar.

Dengan begini, proses pembuatan semen dapat berlangsung lancar dan memuaskan.

Hasil yang didapat jauh lebih berkualitas dibandingkan bahan campuran lainnya. Adapun bahan campuran yang ditambahkan dalam produksi semen adalah abu batu bara.

Jadi, tak ada yang terbuang dari batu bara selama proses produksi ini.

 

#5 Bahan Baku Produksi Baja

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan batu bara pada produksi baja meningkat drastis. Pasalnya, produsen baja memanfaatkan batu bara metalurgi untuk memproduksi baja.

Batu bara metalurgi diubah menjadi kokas, material utama dalam produksi baja.

Kokas didapatkan dari memanaskan batu bara dalam oven reduksi yang hampa udara. Saat proses pemanasan berlangsung, suhu yang digunakan benar-benar tinggi.

Proses ini menghasilkan kokas yang bersifat kuat, poros, serta padat. Hasil inilah yang dinamakan kokas dan dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan baja.

Ini Dia 10 Fakta Tambang Batu Bara yang Menarik dan Menggiurkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Harga Batu Bara RI 2019-2020 Merosot, Kok Bisa?]

 

#6 Izin Usaha Batubara

Mengingat ketersediaan lahan tambang batu bara yang luas di Indonesia, pemerintah turut memberi sumbangsih dalam pengelolaannya.

Ini terlihat dari pemberian izin usaha tambang yang mencapai angka 1.555 pada beberapa tahun terakhir sehingga membuat bisnis ini semakin bergairah.

Angka yang cukup tinggi untuk membuka dan mengelola sumber daya alam. Sayangnya, beberapa izin tak mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan, sehingga menimbulkan masalah baru.

Anda tentu sering melihat banyaknya bekas galian tambang yang menelan korban sekaligus merusak ekosistem sekitar.

 

#7 Potensi Logam Tanah Jarang (REE)

Istilah ini mungkin sedikit asing di telinga Anda, terutama masyarakat awam. REE atau Rare Earth Element mengacu pada senyawa tidak bebas yang tersedia di alam.

Untuk mendapatkannya, logam harus dipisahkan dari senyawa lain, sehingga bisa diproses.

Meskipun stoknya melimpah di alam, tetapi wilayah penyebarannya justru sangat luas. Sehingga penambang harus kerja keras menemukan batu bara dalam jumlah besar.

Seringkali penyebaran logam dalam jumlah kecil di sekitar area tertentu dan dibutuhkan usaha besar untuk mencapai lokasi tersebut.

 

#8 Nilai Energi yang Rendah

Seperti yang kita tahu, sebagian besar pembangkit listrik di tanah air menggunakan tenaga uap batu bara. Alasan ini mendorong para pengusaha mengirim komoditasnya ke beberapa pulau di tanah air.

Pulau Kalimantan sebagai penghasil terbesar batu bara pun melakukan hal serupa. Walaupun seringkali menimbulkan masalah, seperti pencemaran sungai dan laut dalam proses pengiriman, rupanya tak menyurutkan pilihan pemerintah.

Pasalnya, energi listrik berbahan batu bara dinilai jauh lebih murah daripada energi lainnya, yakni panas dan minyak bumi.

Dari sisi pengusaha, jelas fakta tambang batu bara ini menjadi komoditas dagang yang menguntungkan. Selama permintaan tetap tinggi, jual dan beli tetap terjadi demi nilai ekonomisnya.

Ini Dia 10 Fakta Tambang Batu Bara yang Menarik dan Menggiurkan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Wah Benar, Ternyata Kaesang Punya Saham Batu Bara!]

 

#9 Konversi Energi

Batubara merupakan tambang yang energinya bisa dikonversi ke dalam berbagai bentuk, termasuk cair dan gas. Penggunaannya tak terbatas pada skala privat, namun juga publik.

Hasil konversinya tentu bisa kita rasakan sekarang, yakni aliran listrik yang menyala hingga mobil hybrid yang menggunakan batu bara sebagai materialnya.

 

#10 Eksportir Terbesar

Siapa yang mengira kalau Indonesia mampu menduduki posisi kelima sebagai eksportir terbesar di dunia? Di balik penolakan masyarakat terhadap pengusaha tambang yang tak taat aturan, rupanya ada hal menarik.

Satu di antaranya tentu komoditas ekspor yang meningkat dari hari ke hari. Indonesia mampu memasok kebutuhan batu bara dunia untuk beberapa negara, sehingga menambah pendapatan dari hasil tambang.

 

Pengelolaan yang Harus Selalu Ditingkatkan

Itu tadi, fakta tambang batu bara yang jarang diketahui banyak orang. Sebagian besar masyarakat hanya mengetahui batu bara sebagai energi alternatif yang sulit diperbaharui.

Pada kenyataannya, hasil tambang ini banyak dimanfaatkan dalam dunia industri. Beberapa diantaranya tentu saja produksi semen dan baja.

Sayangnya, pengelolaan batu bara di Indonesia pun kurang optimal, sehingga berpengaruh pada kuantitas impor untuk kebutuhan dalam negeri.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda jadi tertarik untuk menggeluti dunia tambang batu bara? Bagikan informasi ini untuk menambah wawasan lebih banyak orang, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Fakta Menarik Tentang Batubara. psdg.bgl.esdm.go.id – https://bit.ly/2YTlQtq

 

Sumber Gambar:

  • Batu bara 1 – https://bit.ly/2N9qJJl
  • Batu bara 2 – https://bit.ly/3esQGQt
  • Batu bara 3 – https://bit.ly/3fQnBib