Pernah dengar nama tanaman Bajakah? Apa saja fakta tanaman bajakah yang menarik untuk Anda ketahui?

Tanaman ini dikabarkan bisa menyembuhkan kanker secara total. Karena itu, beberapa waktu belakangan, tanaman bajakah menjadi naik daun dan banyak diulas.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Fakta Tanaman Bajakah

Tanaman Bajakah adalah salah satu tanaman yang tumbuh dengan liar di hutan Kalimantan. Sebelumnya, sebagaimana tanaman liar pada umumnya, tidak banyak orang yang memperhatikan tanaman satu ini.

Kemudian, beberapa waktu lalu ada tiga orang siswa SMA 2 Palangkaraya yang melakukan penelitian dengan menggunakan tanaman liar ini.

Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa tanaman bajakah ternyata memiliki kandungan yang dapat menjadi obat dari penyakit kanker. Bahkan katanya, tanaman bajakah bisa mengobati kanker secara total.

Hasil penelitian ini kemudian dipublikasikan dan menjadi perhatian banyak orang. Apalagi, penelitian tersebut memang diikutkan dalam lomba karya ilmiah internasional.

Hasil penelitian ini pun berhasil mendapatkan medali emas di kompetisi Life Science di Seoul, Korea Selatan yang diadakan pada 25 Juli 2019.

Sebagai obat penyembuh kanker, keberadaan tanaman bajakah tentu saja jadi menarik minat banyak orang. Siapa yang tidak tertarik dengan tanaman yang dapat menyembuhkan salah satu penyakit mematikan di dunia ini?

Kanker Prostat 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mirip Flu tapi Bukan! Hati-hati Kanker Hidung!]

 

Namun, di samping fakta bahwa tanaman bajakah dapat menyembuhkan kanker, ada beberapa fakta lainnya mengenai tanaman bajakah yang menarik untuk Anda ketahui:

 

#1 Tanaman Hutan

Bajakah sebenarnya merupakan tanaman hutan biasa saja yang ada di hutan Kalimantan. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat dan berada di pedalaman hutan.

Untuk bisa mencapai lokasi tumbuh tanaman bajakah, Anda perlu berjalan sekitar 2 jam perjalanan dari lokasi sekolah SMA 2 Palangkaraya.

Pada awalnya, pihak sekolah tidak mau memberi tahu dimana lokasi tanaman bajakah ini berada. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi eksploitasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Akan tetapi, pada akhirnya, pihak sekolah tetap memberi tahu dimana lokasi tanaman bajakah tersebut.

Meskipun termasuk sebagai tanaman merambat, bajakah memiliki batang yang kuat dan besar. Biasanya, tanaman bajakah merambat pada ketinggian di atas 5 meter sampai dengan puncak dari tanaman yang menjadi tumpuan rambat.

Akar tanaman bajakah sendiri berada di tanah yang memiliki aliran air gambut bening kecoklatan. Tanah ini memang merupakan tanah khas hutan Kalimantan.

Bagi Anda yang baru pertama melihat tanaman bajakah, mungkin akan sedikit sulit untuk membedakannya dengan tanaman merambat lainnya.

Akan tetapi, pada umumnya, bajakah akan lebih mudah ditemukan pada area hutan rimbun dengan sinar matahari yang tidak terlalu banyak.

 

#2 Disebut Sebagai Tanaman Mistis

Tanaman bajakah bukanlah tanaman yang banyak ditemukan dimana-mana. Jumlahnya cukup terbatas dan hanya ditemukan di beberapa wilayah saja.

Sejak lama, tanaman bajakah memang sering menjadi tanaman obat dan sudah menjadi warisan turun temurun di kalangan masyarakat suku Dayak, Kalimantan Tengah.

Dapat Sembuhkan Kanker, Begini 5 Fakta Tanaman Bajakah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengerikan, Kenali Gejala Kanker Prostat! Apakah Penyakit Dicover Asuransi?]

 

Akan tetapi, tidak ada penelitian lanjutan mengenai tanaman ini. Sehingga, banyak orang yang akhirnya mengaitkan tanaman bajakah ini dengan hal-hal mistis.

Hal ini juga didukung dengan morfologi tanaman bajakah yang memiliki sulur.

Setelah penelitian ilmiah dilakukan, anggapan mistis yang melekat pada tanaman ini mulai berkurang secara perlahan.

Dari penelitian tersebut diketahui, bahwa manfaat pengobatan yang ada pada tanaman bajakah disebabkan karena kandungan anti kanker yang terdapat dalam tanaman ini.

 

#3 Kandungan Tanaman Bajakah

Setelah dilakukan uji laboratorium, diketahui bahwa ternyata tanaman bajakah memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dari jenis tanaman lain. Bahkan mencapai ribuan kali lipat dari jenis tanaman lainnya.

Selain itu, diketahui juga bahwa tanaman bajakah memiliki hingga 40 zat yang bisa mematikan sel kanker dalam tubuh. Seperti saponin, fenolik, steroid, terpenoid, tannin, alkonoid, dan terpenoid.

Berbagai kandungan fitokimia dan fitonutrien ini memiliki banyak sekali manfaat.

Bukan hanya sebagai anti kanker, tapi juga sebagai antioksidan, memaksimalkan sistem imun dalam tubuh, memenuhi kebutuhan vitamin A, memperbaharui struktur DNA yang rusak, hingga mendetoksifikasi senyawa karsinogen.

 

#4 Cara Mengolah Tanaman Bajakah

Sebelum menjadi perhatian, tanaman bajakah biasa digunakan oleh masyarakat Dayak sebagai obat kanker. Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat dari tanaman bajakah, Anda perlu mengolahnya terlebih dahulu.

Pertama, sebelum diolah, tanaman bajakah yang sudah dipetik perlu dikeringkan alami dengan memanfaatkan sinar matahari.

Dapat Sembuhkan Kanker, Begini 5 Fakta Tanaman Bajakah 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Kanker Kulit Melanoma Bisa Dicover BPJS Kesehatan?]

 

Selanjutnya, setelah tanaman bajakah mengering, cacah batang tanaman tersebut dan tumbuk hingga halus dan menjadi bubuk.

Bubuk yang telah ditumbuk tersebut perlu direbus dulu dengan menggunakan air biasa. Kira-kira selama 30 menit hingga berubah warna.

Hasil rebusan bubuk tanaman bajakah akan memiliki warna dan rasa yang mirip dengan teh hambar. Anda bisa meminum air ini setiap hari sebagai pengganti air minum harian.

Berdasarkan keterangan yang didapat, jika Anda rutin meminum air bajakah selama 2 bulan berturut-turut, maka tumor bisa mengecil secara perlahan-lahan dan bahkan menghilang.

 

#5 Sembuhkan Kanker Payudara Stadium Akhir

Adanya penelitian mengenai tanaman bajakah ini tentu saja merupakan angin segar bagi para penderita kanker.

Meskipun pada praktiknya, manfaat tanaman bajakah sebagai obat kanker masih mengalami perdebatan dan perlu penelitian lebih lanjut.

Namun, bukan berarti tanaman bajakah benar-benar tidak menunjukkan manfaat sama sekali. Kata seorang bernama Daldin, pernah ada seorang penderita kanker yang hidupnya diselamatkan oleh tanaman bajakah ini.

Menurut cerita dari Daldin, pada saat itu, ibunya telah memiliki kanker payudara stadium 4. Bisa dibilang hampir kecil kemungkinan untuk bisa sembuh.

Kemudian, ayah Daldin memintanya untuk meminum air bajakah secara rutin setiap hari.

Dari kebiasaan ini, dalam dua pekan, ibu Daldin telah menunjukkan reaksi positif dan perkembangan yang baik. Kemudian dalam waktu satu bulan, ia berhasil sembuh secara total.

Padahal sebelumnya, kondisi kanker payudara yang diderita ibu Daldin memang sudah sangat parah. Bahkan sampai bernanah dan telah diminta untuk melakukan operasi.

Akan tetapi, ibu Daldin menolak untuk melakukan operasi dan memutuskan untuk rutin meminum air bajakah.

Setelah beberapa hari, luka tersebut mulai mengering. Dan uniknya, ketika diperiksa, kanker dalam payudaranya juga sudah bisa dinyatakan 99 persen tertangani.

 

Tanaman Bajakah Obat Penyembuhan Kanker

Nah, itulah beberapa fakta menarik mengenai tanaman bajakah yang sedang naik daun sebagai obat kanker. Meski dikatakan dapat mengobati kanker secara total, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai tanaman ini.

Salah satunya mengenai bagaimana menjadikan tanaman bajakah sebagai bahan obat penyembuhan kanker.

Sembuh dari penyakit bukanlah hal yang mustahil. Begitu juga dalam mewujudkan mimpi keuangan Anda, semuanya bisa tercapai jika direncanakan dengan tepat.

Anda bisa memulainya dengan membaca buku dari CEO Finansialku, Melvin Mumpuni CFP yang berjudul “Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True”.

Yuk miliki bukunya dengan klik link di bawah ini.

MAKE A PLAN!

 

Apakah Anda sudah mengetahui tanaman bajakah sebelumnya? Tuliskan pendapat Anda mengenai tanaman ini di kolom komentar.

Selain itu, Anda juga bisa membagikan artikel ini kepada kerabat Anda lainnya agar mereka mengetahui informasi mengenai tanaman yang dapat menyembuhkan kanker ini.

 

Sumber Referensi:

  • Luthfia Ayu Azanella. 14 Agustus 2019. 5 Fakta Tanaman Bajakah yang Diklaim Dapat Sembuhkan Kanker. Regional.kompas.com – http://bit.ly/2lVB3KC

 

Sumber Gambar:

  • Fakta Tanaman Bajakah 1 – http://bit.ly/2lQnRXA
  • Fakta Tanaman Bajakah 2 – http://bit.ly/2lOYMwj
  • Fakta Tanaman Bajakah 3 – http://bit.ly/2md8CYN