Banyak cara untuk mendapatkan aset kripto, beberapa diantaranya adalah mining, trading ataupun dengan airdrop, salah satu cara yang juga tidak kalah terkenal adalah melalui faucet crypto.

Pada artikel ini, akan dibahas lebih lanjut apa yang dimaksud dengan faucet crypto dan apakah faucet crypto aman. Simak artikel ini!

 

Faucet Crypto: Pengertian

Faucet berasal dari Bahasa Inggris yang berarti keran, faucet crypto secara harafiah memiliki arti keran aset kripto.

Namun, jika keran mengalirkan air dengan jumlah yang banyak, pada faucet crypto, jumlah aset yang didapatkan sangatlah kecil.

Faucet crypto menunjuk pada situs atau aplikasi yang membagikan hadiah berupa aset kripto dengan jumlah yang kecil. Biasanya aset kripto diberikan apabila pengguna telah menyelesaikan tugas yang diberikan.

[Baca Juga: Apa Itu Manajemen Aset Kripto?]

 

Situs faucet crypto biasanya bekerja sama dengan pihak ketiga, biasanya dalam faktor promosi atau pengenalan produk. Kebanyakan, pengguna akan diberikan tugas untuk mengunduh, menonton, melihat iklan atau mengisi survei.

Selain itu, crypto faucet juga digunakan untuk memperkenalkan aset kripto kepada masyarakat umum.

Pada zaman awal aset kripto, sangat sulit untuk membeli 1 keping Bitcoin karena belum adanya platform yang menawarkan jual beli Bitcoin semudah sekarang.

Hingga saat ini, walaupun aset kripto sudah mulai dikenal masyarakat luas, tetap saja cara penggunaan dan pengetahuan akan aset kripto masih sangatlah rendah.

Dengan adanya program faucet crypto, diharapkan semakin banyak masyarakat yang tertarik dan ingin mulai belajar untuk melakukan perdagangan aset digital.

 

Cara Kerja Faucet Crypto

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan aset kripto gratis adalah dengan cara melakukan registrasi pada situs atau aplikasi faucet crypto yang ada.

Biasanya data yang dibutuhkan adalah email dan alamat dompet digital Anda. Setelah Anda bergabung menjadi member, Anda dapat memulai tugas yang dibutuhkan.

Seperti yang telah disebutkan di atas, beberapa contoh tugas yang harus Anda lakukan adalah menyelesaikan captcha, menonton iklan, meng-klik tautan dan lain sebagainya.

Jika tugas yang diperintahkan sederhana, biasanya imbalan yang didapatkan pun rendah. Sebaliknya, jika tugas yang diperintahkan sulit dan rumit, maka imbalannya pun tinggi.

[Baca Juga: Beginilah Portofolio Cryptocurrency yang Harus Kamu Miliki!]

 

Nantinya, setelah Anda menyelesaikan tugas yang diminta, hadiah (aset kripto) akan ditransferkan ke micro digital wallet.

Situs web atau aplikasi penyedia faucet dapat mengubah nominal rewards dan membuat timelock bagi pengguna untuk mengklaim hadiah. 

Micro wallet merupakan dompet yang disediakan oleh situs tertentu. Berbeda dengan dompet digital pada umumnya, micro wallet biasanya digunakan sebagai dompet penyimpanan untuk menampung aset kripto dalam jumlah kecil.

Ada pula yang memberikan imbalan dengan mentransferkan aset ke dalam wallet internal. Nantinya, jika aset kripto terkumpul sebanyak jumlah minimum penarikan, maka Anda dapat ‘memanen’ tenaga Anda.

Normalnya, untuk mencapai jumlah minimum penarikan, waktu yang dibutuhkan berkisar antara 1 hari hingga 1 minggu.

[Baca Juga: Ketahui Risiko Perdagangan Cryptocurrency Berikut Ini, Penting!]

 

Contoh Aplikasi Faucet Crypto

Dengan berkembangnya aset kripto serta trading-nya, layanan faucet crypto pun sudah semakin banyak.  Selain itu, faucet crypto saat ini sudah memberikan imbalan dengan jenis koin yang beragam.

Selain koin yang terkenal seperti Ethereum dan Bitcoin, Anda pun dapat memanfaatkan faucet crypto untuk memanen koin jenis Monero, ZCash atau tron. Beberapa aplikasi faucet crypto yang dapat Anda coba adalah sebagai berikut.

 

Freebitco.in

Situs freebitco.in merupakan salah satu situs faucet crypto terlama dan terpercaya di dunia. Situs ini diperkenalkan oleh Gavin Andersen, pengembang Bitcoin.

Situs tersebut telah membagikan aset kripto gratis mulai dari tahun 2010 dan telah memiliki lebih dari 35 juta pengguna dari seluruh dunia.

Dulunya, situs ini memberikan hadiah 5 keping Bitcoin untuk tugas sederhana, dimana pada saat itu, konsep aset kripto tergolong baru. Faucet ini digunakan Andersen untuk memperkenalkan Bitcoin kepada dunia.

Pada situs ini, Anda hanya perlu menekan tombol roll setiap jam dan mengisi captcha setiap jam dan mendapatkan aset kripto Bitcoin. Tidak ada batasan maksimum untuk aset kripto yang didapatkan setiap harinya.

Selain itu, situs ini pun memiliki referral program yang memberikan kesempatan bagi para pengguna untuk meningkatkan aset kripto mereka dengan cara mengajak teman untuk bergabung.

Pengguna dapat melakukan withdrawal atau payout. Pengguna harus mencapai saldo minimum sebesar 0,0003 bitcoin baru kemudian dapat melakukan withdrawal.

Sayangnya saat ini, untuk setiap tugas yang selesai, pengguna hanya diberikan imbalan dengan satuan Satoshi (1 Satoshi = 0,0000001 BTC).

Faucet Crypto_ Cara Mudah Mendapatkan Aset Kripto - 02 - Finansialku

Sumber: kaskus.id – https://bit.ly/3CowTgj

 

Moon Bitcoin

Faucet crypto selanjutnya adalah Moonbit. Moon Bitcoin dikenal sebagai faucet yang memberikan Bitcoin gratis setiap 5 menit sekali.

Selain itu, aplikasi tersebut juga memberikan referral program yang menawarkan bonus 1% untuk setiap pengguna aktif yang telah direferensikan.

Cashout dapat dilakukan setiap 5 menit, untuk pengguna baru, melakukan klaim setiap 5 menit lebih dianjurkan karena aset kripto yang dibagikan akan lebih banyak.

Anda juga dapat melakukan cashout setelah bitcoin berjumlah 3 digit atau berjumlah minimal 100 Satoshi dan meng-klik “Claim Now”.

Jika cashout berhasil, aset kripto akan masuk ke dalam micro wallet yang merupakan tempat penyimpanan sementara.

[Baca Juga: Daftar Aplikasi Cryptocurrency yang Terdaftar di BAPPEBTI]

 

Ethereum Faucet, Litecoin Faucet

Faucet crypto ini memiliki cara kerja yang serupa dengan Freebitco.in, namun reward diberikan dalam jenis aset kripto yang berbeda. Untuk Ethereum faucet, maka reward diberikan dalam koin Ethereum.

Beberapa faucet crypto yang memberikan reward dalam bentuk Ethereum adalah sebagai berikut ethereum-faucet.ord, Allcoins.pw, fire faucet, dan dutchy CORP.

Selain, Ethereum faucet, terdapat pula faucet berbeda seperti Litecoin faucet. Litecoin faucet memberikan reward dalam bentuk koin Litecoin. Contoh situsnya adalah Moon Litecoin dan Fire Faucets.

 

Berhati-hati dalam Penggunaan Faucet Crypto

Terdapat banyak cara dimana faucet crypto dapat digunakan sebagai hal yang merugikan pengguna. Pertama, terdapat beberapa faucet crypto yang memberikan tugas untuk meng-klik tautan untuk mendapatkan aset kripto gratis.

Namun tautan tersebut belum tentu aman dan merupakan cyber crime yang bertujuan untuk mencuri data pribadi Anda. Selain itu, salah satu bentuk scam yang paling umum terjadi adalah faucet wallet.

Dalam skema ini, situs atau penyelenggara akan mengajak Anda untuk membuat wallet dan menyetorkan koin. Setelah Anda menyetorkan koin dan melakukan beberapa tugas, Anda diminta untuk melakukan withdraw.

Sekilas tidak ada yang aneh. Sampai akhirnya Anda tidak berhasil melakukan penarikan meski telah mengklik tombol withdraw berkali-kali. Itu artinya, koin Anda telah raib diambil oleh situs penyedia tersebut.

[Baca Juga: Kementrian Perdagangan Akan Dirikan Bursa Kripto, Begini Detilnya]

 

Ingatlah Sobat Finansialku, jika Anda ingin berinvestasi, Anda harus selalu mengetahui seluk beluk instrumen investasi yang Anda pilih. Jangan sampai Anda berinvesasi hanya karena ikut-ikutan.

Seperti misalnya investasi saham, Anda harus paham betul seluk beluk investasi saham.

Bagi Anda yang ingin memulai investasi saham, ada baiknya Anda mendengarkan audiobook di bawah ini agar Anda mengetahui segala hal tentang saham. Anda tentu dapat mendengarkannya secara gratis!banner_jangan_asal,_ketahui_ini_dulu_sebelum_investasi_saham

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda mengetahui lebih jelas informasi mengenai faucet crypto dan lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini. Selamat mencoba!

 

Editor: Maria Christianti

Sumber Referensi:

  • Roy. 11 Feburari 2021. Aplikasi Faucet Crypto Cara Mudah Dapatkan Coin Cryptocurrency Gratis. Androidponsel.com – https://bit.ly/3hilZAC
  • Fathia Nurul Haq. 18 Juni 2021. Apa Itu Crypto Faucet?pluang.com – https://bit.ly/3BTqsl7
  • Admin. 6 April 2021. Faucet Crypto: Giveaway atau Scam? Zipmex.com – https://bit.ly/3l5toV3

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/39msrlG