Pernah berpikiran ingin mencoba bisnis franchise Indomaret? Berapa estimasi biaya dan syarat yang dibutuhkan? Kupas tuntas jawaban pertanyaan tersebut di artikel Finansialku berikut ini. 

 

Summary:

  • Terdapat dua pilihan jika Anda ingin bergabung dengan franchise Indomaret, yaitu, mengambil alih toko yang sudah ada atau membuka cabang baru di lokasi sendiri. 
  • Selain menyiapkan modal dan persyaratan administrasi, pemilihan lokasi yang strategis juga menjadi poin penting berbisnis waralaba Indomaret.

 

Franchise Indomaret, Salah Satu Opsi Waralaba Retail

Pebisnis dan investor kini mulai melirik franchise Indomaret karena menjanjikan keuntungan besar. Jika Anda tertarik memulai bisnis di bidang ritel modern seperti Indomaret, simak informasi berikut ini hingga tuntas, ya. 

Franchise adalah langkah pebisnis untuk mendapatkan keuntungan lebih cepat dan mengurangi nilai rugi dalam usaha yang digelutinya.

Strategi ini menjadikan pebisnis tidak perlu membangun branding, sebab masyarakat luas telah mengenal bidang usaha yang pebisnis pilih.

Namun, strategi ini tidak bisa Anda lakukan begitu saja, terlebih untuk jenis bisnis yang sudah berlisensi seperti franchise Indomaret.

Sebelum Anda mengajukan bisnis ini, yuk, tonton dulu video di bawah agar tidak salah langkah!

 

Info Penting Seputar Franchise Indomaret

Seiring dengan makin terkenalnya minimarket dengan maskot Si Domar, bisnis ritel ini mempunyai prospek jangka panjang. Untuk mendapatkan lisensi ritel modern ini, berikut adalah persiapan yang harus Anda penuhi.

 

#1 Syarat Membuka Gerai Indomaret

Untuk membuka bisnis dengan menggunakan brand minimarket ternama ini, franchisee harus memenuhi beberapa ketentuan sebagai berikut. 

  1. Warga negara Indonesia yang sudah mempunyai area komersial seluas 120 m² hingga 299 m² sebagai lokasi tokonya.
  1. Melengkapi berbagai dokumen untuk mendapatkan izin usaha membuka minimarket dari pemerintah, seperti
    • Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB/IPB ruko)
    • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
    • Franchisee atau pebisnis yang akan melakukan kerja sama dengan franchisor harus menyiapkan dokumen UUG/Ho
    • Surat Izin Usaha Toko Modern/Swalayan (IUTM/S)
    • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    • Pengusaha Kena Pajak (PKP), dan sebagainya.
  1. Harus tersedia modal awal dengan kisaran Rp100-500 jutaan.
  1. Wajib mempunyai jiwa entrepreneurship dan fokus pada sistem waralaba gerai modern ini.

 

#2 Dokumen Utama untuk Pengajuan Lisensi

Sebagai informasi, selain menyiapkan dokumen untuk mendapatkan izin usaha dari pemerintah, calon franchisee juga wajib menyiapkan data pribadi. Di antaranya adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan lain-lain. 

Setiap dokumen wajib Anda sertakan dalam bentuk salinan dengan jumlah sesuai ketentuan yang ditetapkan pihak Indomaret

 

#3 Estimasi Modal Utama Franchise Indomaret

Pada dasarnya, modal utama untuk membuka gerai dengan brand yang telah ada sejak tahun 1988 ini cukup bervariasi. Hal itu tergantung pada opsi bisnis yang akan franchisee jalani. 

Untuk Anda ketahui, terdapat dua pilihan yang bisa Anda pilih saat mengajukan diri untuk bergabung dalam waralaba ini.

Yaitu, mengambil alih toko yang sudah ada dan menjadi investor di dalamnya atau membuka cabang baru di lokasi sendiri. 

Kedua pilihan tersebut jelas memerlukan modal awal dengan jumlah berbeda, pada opsi pertama misalnya. Pebisnis perlu biaya sekitar Rp100-200 jutaan untuk mengambil alih toko yang sudah ada. 

Sementara untuk membuka cabang baru di lokasi yang pilihan pebisnis, modal awal yang Anda perlukan berada di kisaran Rp300 jutaan.

Rincian estimasi biaya untuk membuka gerai baru dengan label Indomaret adalah sebagai berikut. 

  • franchise fee untuk 5 tahun ke depan: Rp36 juta  
  • Promosi serta persiapan membuka toko: Rp9,5 juta 
  • Biaya pembangunan toko/renovasi dan tambah daya listrik: Rp170,5 juta (sesuai kondisi bentuk bangunan) 
  • Menyediakan peralatan elektronik atau non-elektronik sesuai tipe toko: Rp178 juta. 

 

#4 Langkah-Langkah Berbisnis Franchise Indomaret

Selain memenuhi persyaratan, calon franchisee juga harus melakukan registrasi. Pebisnis bisa menghubungi call center Indomaret atau menghubungi via website resminya. 

Jika pebisnis memilih tempat sendiri, tim survei akan melakukan pengecekan dan menilai kelayakan/kestrategisan lokasi. Selanjutnya, akan dilakukan meeting antara pebisnis dan pemilik brand.

Di sini, Anda harus menyiapkan presentasi sebaik mungkin agar pengajuan menjadi franchisee bisa ditindaklanjuti dengan segera. Untuk Anda ketahui, pertemuan ini akan dilakukan sebanyak dua kali. 

Pertemuan pertama yaitu untuk memberi kesempatan pada pebisnis mempresentasikan planning ke depannya. Sementara itu, meeting kedua untuk memberitahukan hasil dari surveinya, apakah disetujui atau sebaliknya. 

Jika disetujui, pebisnis akan mendapatkan surat perjanjian dan izin menggunakan nama brand dari pemilik. Setelah mendapatkan izin, franchisee bisa segera membuka gerai dengan nama Indomaret untuk jangka waktu 5 tahun. 

 

#5 Cara Memilih Lokasi Franchise Indomaret

Guna mendapatkan lisensi lebih cepat, salah satu strategi yang bisa Anda lakukan adalah memilih lokasi yang tepat.

Berikut adalah ciri-ciri lokasi strategis yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin membuka gerai Indomaret. 

  • Pertama, lokasi harus berada di area sebagaimana telah disebutkan, yaitu seluas 120 m² hingga 200 m². 
  • Kedua, lokasi memiliki aksesibilitas kendaraan dan aksesibilitas konsumen. Maksudnya, area bisnis yang akan Anda bangun gerai Indomaret mampu dijangkau kendaraan dan dekat dengan keramaian.
  • Terakhir, area dekat dengan jalan raya agar terlihat orang banyak.

 

#6 Keuntungan Bisnis Franchise Indomaret

Pebisnis akan mendapatkan keuntungan besar jika bergabung di bisnis waralaba ini. Di antaranya adalah mendapatkan pengetahuan tentang bisnis ritel modern.

Kemudian, mempunyai toko dengan brand yang terkenal di mata masyarakat luas sehingga jangkauan pasarnya sudah pasti lebih jelas. 

Selanjutnya, franchisee tidak perlu melibatkan diri secara full time untuk mengembangkan bisnisnya sebab pihak pertama akan membantu. 

Selain itu, peluang bisnis berkembang sangat tinggi, sedangkan risiko rugi terbilang rendah.

Hal ini karena adanya perencanaan awal yang matang dari pebisnis sekaligus pemilik otoritas dari nama yang dipakainya.

 

#7 Bantuan yang Bisa Didapatkan

Sebagai informasi, franchisee akan mendapatkan bimbingan langsung dari tim Indomaret untuk menjamin bisnis tersebut bisa berkembang.

Mulai dari survei kelayakan lokasi, merencanakan biaya pembukaan gerai, pengelolaan gerai dengan karyawan terbaik, dan lain sebagainya. 

 

Menjadi Pebisnis Mandiri dengan Memiliki Franchise

Nah, setelah mengetahui hal-hal seputar franchise Indomaret, bagaimana? Makin tertarik menggeluti bisnis di bidang ritel modern ini? 

Seperti telah Anda ketahui, ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan bergabung di bisnis waralaba ini. Bahkan, tidak hanya keuntungan dalam segi finansial, tetapi lebih dari itu. 

Menariknya lagi, langkah franchise memungkinkan pebisnis pemula membangun bisnis tanpa harus takut rugi.

Sebagai pebisnis pemula, Anda harus mengatur keuangan pribadi dan bisnis dengan baik. Jangan sampai mencampurkan keduanya.

Untuk membantu Anda mengatur keuangannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah dalam ebook berikut ini. Download sekarang karena gratis dan pastinya akan membantu Anda mengelola keuangan sebagai pebisnis!

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

14 Ebook Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

Jika Anda masih kebingungan mengenai pengelolaan keuangan bisnis yang Anda jalani, Anda bisa menghubungi perencana keuangan Finansialku untuk mencari solusinya.

Hubungi dan diskusikan sekarang dengan menghubungi via WhatsApp di nomor 0851 5866 2940.

 

Menarik bukan, tawaran untuk mengambil franchise Indomaret? Karena itulah, jika ada teman Anda yang berminat dengan bisnis ini, jangan lupa untuk share info di atas supaya lebih banyak referensi yang didapatkan, terima kasih.

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Isna Rifka. 5 Februari 2022. Minat Bisnis Franchise Indomaret? Ini Biaya dan Syaratnya. Money.kompas.com – https://bit.ly/3mZq3bz
  • Nur Fitriatus Shalihah. 15 Februari 2022. Cara Memulai Bisnis Franchise Indomaret Beserta Modal dan Syaratnya. Kompas.com – https://bit.ly/3xGGQ82 
  • Ananda. Berapa Modal Franchise Indomaret? Ini Penjelasan Lengkapnya. Gramedia.com – https://bit.ly/3xBkAws