Indomaret merupakan sebuah bisnis waralaba toko ritel yang menjanjikan di Indonesia. Pastinya Anda juga ingin tahu kan peluang bisnisnya?

Untungnya Finansialku sudah merangkum waralaba toko ritel menjanjikan ini loh! Yuk simak ulasannya disini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Mengenal Bisnis Waralaba Ritel

Sebelum memasuki jenis bisnis waralabanya, mari mengenal dahulu konsep waralaba ritel ini.

Pada dasarnya, ritel adalah kegiatan bisnis perdagangan (penjualan barang atau jasa) yang langsung disalurkan kepada konsumen akhir untuk digunakan sebagai kebutuhan pribadi, keluarga atau keperluan rumah tangga bukan untuk dijual kembali.

Pengecer merupakan perantara dalam sistem saluran pemasaran, dimana pengecer mendapatkan barang dari produsen dan atau pedagang besar yang kemudian menjualnya kepada konsumen akhir.

Sedangkan waralaba merupakan sebuah hubungan kontrak kerja antara pemilik waralaba (franchisor) dan penerimanya (franchisee). Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang dengan perjanjian untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu.

Jadi bisa disimpulkan bahwa waralaba ritel adalah sebuah bisnis berupa hubungan kontrak kerja antara franchisor dan franchisee yang memperdagangkan barang atau jasa yang langsung disalurkan kepada konsumen akhir.

Peluang Bisnis Waralaba Indomaret 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Tujuan dibentuknya sebuah bisnis ritel adalah untuk memberikan penawaran produk dan jasa pelayanan dalam unit yang cukup kecil sehingga memungkinkan para konsumen memenuhi kebutuhannya.

Sedangkan bisnis waralaba tercipta dengan tujuan mengekspansi brand-nya dengan cara memperbolehkan orang lain mendistribusikan produknya dengan jaminan kualitas yang sama di mana pun.

Dengan kata lain tujuannya semata-mata demi memberikan kepuasan pada konsumen dan memudahkannya untuk berbelanja sesuai kebutuhannya dimana pun.

Nah, Jika Anda memiliki sebuah bisnis, sudahkah Anda memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis? Begitu pentingnya hal ini harus Anda lakukan. Coba cek ebook berikut ini untuk Anda download dan baca.

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Jika Anda belum memiliki sebuah bisnis dan ingin memilikinya. Anda perlu menghitung dulu berapa modal bisnis yang Anda perlukan. Aplikasi yang dapat Anda gunakan yaitu Aplikasi Finansialku, menu Rencana Keuangan bagian Dana Membeli Barang.

 

Jika Anda tertarik mempelajari lebih lanjut, langsung saja download di Google Play Store.

 

Nah, setelah memahami konsep bisnis waralaba ritel ini, mari melihat Indomaret, bisnis waralaba toko ritel yang menjanjikan berikut ini.

 

Peluang Bisnis Waralaba Indomaret

Indomaret, sebuah jaringan ritel waralaba terbesar di Indonesia ternyata sudah berdiri sejak tahun 1988 di Ancol, Jakarta Utara. Salah satu anak perusahaan Salim Group ini dikelola oleh PT Indomarco Prismatama.

Tahun 1997 merupakan tahun dimana perusahaan ini mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah memiliki lebih dari 230 gerai.

Sampai dengan awal tahun 2017, jumlah gerai sebanyak 13.000 toko. Mitra usaha waralaba ini meliputi: koperasi, badan usaha dan perorangan. Minimarket ini tersebar merata dari Sumatera, Jawa, Madura, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi.

Hingga kini, Indomaret menawarkan peluang kerja sama bagi Anda yang tertarik dalam bisnis ritel sejenis.

Peluang Bisnis Waralaba Indomaret 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Namun tentu Anda ingin melihat peluangnya sebelum memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan Indomaret bukan? Tenang saja, seiring dengan perubahan gaya hidup/lifestyle masyarakat yang kekinian, usaha waralaba minimarket menjadi salah satu bisnis potensial yang patut dilirik.

Kini minimarket merupakan suatu hal yang sudah sangat umum dan sangat dicari oleh masyarakat. Kecenderungan masyarakat untuk berkunjung ke minimarket terdekat juga memungkinkan Anda membukanya di lokasi baru, tak aneh jika menemukan minimarket yang berjarak dekat satu sama lainnya.

Bagaimana dengan potensi keuntungannya?

Melansir dari Indomaret.co.id, Laurensius Tirta Widjaja, Merchandise Development Director Indomaret, mengungkapkan bahwa profit menjalani bisnis waralaba minimarket ini mencapai atau bahkan lebih dari 12 persen per bulan.

“Profit yang didapatkan pewaralaba lebih dari keuntungan deposito,” jelasnya, memberikan perbandingan sebagai gambaran sederhana.

 

Sedangkan Wiwiek Yusuf, Marketing Director Indomaret menjelaskan mengenai risiko kegagalan membuka waralaba minimarket. Wiwiek menguraikan, ukuran risiko kegagalan franchise bisa dilihat dari tingkat kegagalan di bawah 10 persen.

“Artinya dari 100 orang yang berinvestasi waralaba minimarket hanya 10 yang gagal. Tingkat kegagalan waralaba Indomaret di bawah 10 persen.”

 

Lauren menambahkan, payback bisnis minimarket ini bisa terjadi dalam 24-45 bulan.

Data ini merujuk pada pengalaman waralaba Indomaret dengan nilai investasi Rp300-500 juta termasuk franchise fee dan royalty fee, di luar sewa proper atau gedung untuk toko.

Peluang Bisnis Waralaba Indomaret 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

 

Di samping peluang bisnis yang terbuka lebar dengan potensi keuntungan menarik di atas, minimarket ini juga menawarkan beberapa keuntungan berbisnis waralaba bersama mereka.

Adapun beberapa keuntungan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

 

Keuntungan Bisnis Waralaba Indomaret

Adapun beberapa keuntungan dari bisnis waralaba minimarket ini yakni sebagai berikut:

  1. Memiliki Brand Authority yang jelas.
  2. Promosi tingkat nasional.
  3. Transformasi pengetahuan, yang akan menempatkan Anda sebagai pelaku bisnis.
  4. Brand sudah dikenal masyarakat luas.
  5. Adanya bantuan survei lokasi untuk mengoptimalkan potensi pasar.
  6. Dukungan sistem operasional yang sudah terintegrasi, sehingga investor tidak perlu terlibat secara full time.
  7. Adanya peluang berkembang dimana investor bisa memiliki lebih dari satu toko.
  8. Meminimalisasi risiko dengan dukungan penuh dari pihak Indomaret.

 

Persyaratan dan Tahapan Bisnis Waralaba Indomaret

Tertarik menjadi mitra waralaba Indomaret?

Berikut merupakan beberapa persyaratan yang perlu Anda siapkan jika berminat membuka bisnis waralaba toko ritel minimarket ini:

  1. Anda harus merupakan warga negara indonesia (WNI)
  2. Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus mengembangkan bisnis Indomaret
  3. Memiliki perizinan seperti IMB/ IPB ruang usaha/ ruko/ kios, UUG/ HO, SIUP, TDP, NPWP, PKP, dan lainnya.
  4. Memiliki lokasi untuk pembukaan toko di area komersial dengan luas 120 hingga 200 m2.
  5. Menyediakan dana investasi dengan estimasi Rp394 juta.

 

Peluang Bisnis Waralaba Indomaret 05 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Sedangkan tahapan kerja sama yang akan Anda lalui kurang lebih seperti ini:

  1. Presentasi pertama

Supaya presentasi berjalan lebih efektif dan bisa langsung ditindaklanjuti, bagi terwaralaba yang sudah memiliki usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotokopi dokumen pendukung, seperti: Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, serta denah lokasi.

Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detail mekanisme kerja sama, besarnya investasi, keuntungan per bulan dan sistem operasional toko.

  1. Presentasi kedua

Pada presentasi kedua akan dipaparkan hasil survei kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi.

Biasanya pada presentasi kedua ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (Nota Kesepakatan) yang mencakup butir- butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan terwaralaba dalam mempersiapkan pembukaan toko, mulai dari pengurusan perizinan, renovasi bangunan, pembelian peralatan toko, seleksi dan training karyawan, serta termin pembayaran.

  1. Pembukaan Toko

Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Segera setelah toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.

 

BONUS: Program Bernilai Tambah dari Terwaralaba (Franchisor) Indomaret

Kembali melansir dari Indomaret.co.id, disebutkan bahwa meski Indomaret sebagai perusahaan yang menawarkan sistem franchise, mereka tetap berupaya menjadi franchisor yang kreatif mengembangkan program yang memberikan nilai tambah.

Tentunya yang menguntungkan pelanggan dan secara tidak langsung juga dinikmati pewaralaba. Semakin banyak program menarik pembeli semakin bertambah dan penjualan meningkat. Pewaralaba pun menikmati keuntungan dari hal ini.

Peluang Bisnis Waralaba Indomaret 06 - Finansialku

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

 

Kartu keanggotaan yang memberikan berbagai kemudahan adalah salah satunya. Minimarket ini mengklaim memiliki 500.000 anggota dan menargetkan menjadi satu juta sampai akhir tahun 2011.

Kerja sama pengiriman uang untuk TKI melalui minimarket juga menjadi daya tarik lainnya.

“Pewaralaba bisa menikmati profit 12-15 persen dari fee pengiriman uang ini. Setiap pewaralaba bisa menentukan sendiri berapa profit yang ingin didapatkannya.”

 

Nilai transaksi jasa pengiriman uang ini bisa mencapai Rp30 juta per satu kali pengambilan.

“Minimum pengambilan uang Rp3 juta. Tapi bisa lebih hingga Rp30 juta asalkan dengan pemberitahuan sebelumnya.”

 

Program yang dirilis sejak empat tahun lalu ini memudahkan dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan yang tinggal berdekatan dengan gerai. Tentunya karena minimarket buka lebih pagi dan tutup lebih malam daripada bank, misalnya.

Syaratnya hanya satu, gerai tersebut berlogo Western Union yang menjadi pertanda tersedianya layanan jasa pengiriman uang dari luar negeri. Waralaba minimarket membuka peluangnya yang 40 persen dari 4.955 gerai hingga akhir 2010 dimiliki oleh pewaralaba.

 

Anda Berminat Membuka Bisnis Waralaba Indomaret yang Menjanjikan ini? Peroleh Informasinya Sekarang!

Nyatanya ada banyak sekali jenis waralaba yang bisa Anda pilih, namun sayangnya masih banyak juga pebisnis yang kesulitan memperoleh informasi peluang usaha waralaba ini.

Jika Anda juga pebisnis pemula yang ingin mencari informasi lebih lanjut mengenai usaha waralaba Indomaret, Anda bisa menghubungi kontak berikut:

PT Indomarco Prismatama

Kantor Pusat: Jl. Terusan Angkasa B2 Kav-1. Gunung Sahari,

Kemayoran. Jakarta 10610

 

Kami yakin Anda bisa menjadi pebisnis waralaba toko ritel yang sukses, selamat mencoba!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai bisnis waralaba toko ritel yang menjanjikan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Muchlisin Riadi. 18 Oktober 2017. Pengertian, Fungsi dan Jenis Penjualan Eceran (Ritel). Kajianpustaka.com – https://bit.ly/2Q764IW
  • Admin. 100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar. Undercover.co.id – https://bit.ly/2Q8onNI
  • Admin. Syarat dan Tahapan Waralaba. Indomaret.co.id – https://bit.ly/2NXIcVb
  • Admin. Peluang Bisnis Minimarket Masih Terbuka Lebar. Indomaret.co.id – https://bit.ly/32AIjvg

 

Sumber Gambar:

  • Waralaba Minimarket 01 – https://bit.ly/2NzNFm3
  • Waralaba Minimarket 02 – https://bit.ly/2Q4cgkM
  • Waralaba Minimarket 03 – https://bit.ly/32AqRqT
  • Waralaba Minimarket 04 – https://bit.ly/34PnzRS
  • Waralaba Minimarket 05 – https://bit.ly/2NXRelc
  • Waralaba Minimarket 06 – https://bit.ly/2O2CyBl