Sudah tahu fungsi dari kepemimpinan yang seharusnya diaplikasikan oleh para pemimpin?

Simak pembahasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Definisi Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Kepemimpinan atau leadership merupakan ilmu terapan dari ilmu-ilmu sosial, sebab prinsip-prinsip dan rumusannya diharapkan dapat mendatangkan manfaat bagi kesejahteraan manusia.

Berikut ini adalah beberapa definisi kepemimpinan menurut para ahli.

 

F. I. Munson

Kepemimpinan merupakan kemampuan agar dapat mengatasi orang-orang sehingga mencapai hasil yang maksimal dengan kemungkinan gesekan adalah yang terkecil dan pembentukan kemungkinan terbesar dari kerjasama.

 

F. A. Nigro (1965)

Kepemimpinan untuk mempengaruhi aktivitas orang lain.

 

Ordway Tead (1929)

Kepemimpinan sebagai temperamen merger yang membuat seseorang mungkin dapat mendorong beberapa orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan.

 

Kartini Kartono (1994)

Kepemimpinan adalah karakter khas, khususnya, mengambil situasi tertentu. Karena kelompok melakukan kegiatan tertentu dan memiliki tujuan dan berbagai peralatan khusus. Pemimpin kelompok dengan fitur karakteristik adalah fungsi dari situasi tertentu.

 

William G. Scott (1962)

Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan yang diselenggarakan dalam kelompok dalam upaya mereka untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Apakah Anda Sudah Tahu Tentang Fungsi Kepemimpinan Ini Informasinya 02 Leader - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Kepemimpinan Generasi Milenial yang Membawa Keberhasilan?]

 

Hemhill dan Coon (1995)

Kepemimpinan adalah sikap individu yang memimpin berbagai kegiatan kelompok terhadap tujuan yang akan dicapai bersama-sama.

 

Rauch dan Behling (1984)

Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktivitas kelompok yang terorganisir terhadap pencapaian tujuan.

 

Weschler dan Massarik (1961)

Kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi, yang dijalankan dalam situasi tertentu, dan diarahkan melalui proses komunikasi, untuk mencapai tujuan tertentu atau lebih.

 

P. Pigors (1935)

Kepemimpinan adalah proses mendorong dan mendorong melalui interaksi yang berhasil dari perbedaan individu, pengendalian kekuatan seseorang dalam mengejar tujuan bersama.

 

George R. Terry

Kepemimpinan merupakan hubungan yang ada dalam seseorang atau pemimpin dan pengaruh yang lain untuk mau bekerja secara sadar dalam kaitannya dengan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

 

Domination dan P. Pigors

Kepemimpinan merupakan proses yang dapat mengontrol manusia berdesak-desakan untuk mengejar tujuan bersama, yang dikelola melalui interaksi berbagai perbedaan individu.

 

Henry L. Tosj dan Stephen J. Carrol (1977)

Kepemimpinan merupakan proses sesuatu mempengaruhi orang lain untuk melakukan apa yang mereka ingin lakukan.

 

Theo Haiman

Kepemimpinan sebagai proses beberapa orang, dipimpin dalam pemilihan dan pencapaian tujuan.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

William G.Scott

Kepemimpinan merupakan proses dipengaruhi dalam pemilihan dan pencapaian tujuan.

 

Duben (1954)

Kepemimpinan sebagai keputusan dan kegiatan pemerintah pembuat.

 

Reed (1976)

Kepemimpinan merupakan cara agar dapat mempengaruhi perilaku seseorang yang mencoba untuk mengikuti kehendak pemimpin.

 

G. L. Feman dan E. K. Taylor (1950)

Kepemimpinan adalah kemampuan untuk menciptakan kegiatan kelompok mencapai tujuan organisasi dengan efektivitas dan kerjasama dari setiap individu maksimal.

 

James M. Black (1961)

Kepemimpinan adalah kemampuan yang mampu meyakinkan orang lain yang bersedia bekerja di bawah arahannya dalam kesatuan tim untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Apakah Anda Sudah Tahu Tentang Fungsi Kepemimpinan Ini Informasinya 03 Leader 2 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Karakteristik Penting yang Harus Dimiliki Dalam Kepemimpinan Visioner]

 

H. Kootz “Principles

Kepemimpinan sebagai kegiatan untuk dapat membujuk orang agar bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

 

C. Schenk “Leadership”: Infantry Journal. 1928

Kepemimpinan adalah untuk mengetahui orang dengan cara persuasi dan inspirasi daripada melalui briefing, ataupun ancaman terselubung.

 

O’ Donnel

Kepemimpinan sebagai kegiatan agar membujuk orang untuk bekerja sama agar tercapai tujuan bersama.

 

Fungsi Kepemimpinan

Beberapa fungsi kepemimpinan menurut buku Teori dan Praktek Kepemimpinan oleh Sondang P. Siagian, antara lain:

  • Pimpinan sebagai penentu arah dalam usaha pencapaian tujuan.
  • Pemimpin sebagai wakil dan juru bicara organisasi dalam hubungan dengan pihak-pihak di luar organisasi.
  • Pemimpin sebagai komunikator yang efektif.
  • Pemimpin sebagai mediator, khususnya dalam hubungan ke dalam, terutama dalam menangani situasi konflik.
  • Pemimpin sebagai integrator yang efektif, rasional, objektif dan netral (Siagian, 1999).

 

Rivai (2002) memaparkan tentang fungsi kepemimpinan, yaitu bahwa kepemimpinan berhubungan langsung dengan situasi sosial dalam kehidupan kelompok/organisasi masing-masing yang mengisyaratkan bahwa setiap pemimpin berada di dalam dan bukan di luar situasi itu.

 

Fungsi kepemimpinan merupakan gejala sosial, karena harus diwujudkan dalam interaksi antar individu di dalam situasi sosial suatu kelompok/organisasi.

Setidaknya fungsi kepemimpinan sendiri dikelompokkan dalam dua dimensi seperti berikut (Rivai, 2002):

  • Dimensi yang berkenaan dengan tingkat kemampuan mengarahkan (direction) dalam tindakan atau aktivitas pemimpin.
  • Dimensi yang berkenaan dengan tingkat dukungan (support) atau keterlibatan orang-orang yang dipimpin dalam melaksanakan tugas-tugas pokok kelompok/organisasi.

 

Dalam bukunya Kepemimpinan yang Efektif, Hamdani Nawawi memaparkan ada 5 fungsi kepemimpinan, diantaranya adalah sebagai berikut:

 

#1 Fungsi instruktif

Fungsi ini berlangsung dan bersifat komunikasi satu arah, pemimpin sebagai pengambil keputusan berfungsi memerintahkan pelaksanaannya pada orang-orang yang dipimpin.

Pemimpin sebagai komunikator merupakan pihak yang menentukan apa (isi perintah), bagaimana (cara mengerjakan perintah), bilamana (waktu memulai, melaksanakan dan melaporkan hasilnya), dan dimana (tempat mengerjakan perintah) agar keputusan dapat diwujudkan secara efektif.

Fungsi orang yang dipimpin hanyalah melaksanakan perintah. Inisiatif tentang segala sesuatu yang ada kaitannya dengan perintah itu, sepenuhnya merupakan fungsi pemimpin.

 

#2 Fungsi Konsultatif

Fungsi ini berlangsung dan bersifat komunikasi dua arah. Pada tahap pertama dalam usaha menetapkan keputusan, fungsi pemimpin sebagai konsultan untuk mendengarkan pendapat, saran serta pertanyaan dari bawahannya, mengenai keputusan yang akan diambil oleh pemimpin.

 

#3 Fungsi Partisipasi

Dalam fungsi ini pemimpin menjalankan serta mengaktifkan orang-orang yang dipimpinnya, baik dalam keikutsertaan mengambil keputusan maupun dalam melaksanakannya.

Setiap anggota kelompoknya memperoleh kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan yang dijabarkan dari tugas-tugas pokok, sesuai dengan posisi atau jabatan masing-masing. Pemimpin juga tidak hanya ikut dalam proses pembuatan keputusan dalam fungsi ini pemimpin ikut serta dalam proses pelaksanaannya.

Fungsi partisipasi ini bukan berarti pemimpin memberikan kebebasan semaunya, tetapi dilakukan secara terkendali dan terarah berupa kerja sama dengan tidak mencampuri atau mengambil tugas pokok orang lain. 

 

#4 Fungsi Delegasi

Fungsi ini pemimpin sebagai pemegang wewenang tertinggi harus bersedia dan dapat mempercayai orang-orang lain, sesuai dengan posisi atau jabatannya, apabila diberi atau mendapat pelimpahan wewenang.

 

#5 Fungsi Pengendalian

Fungsi pengendalian bermaksud bahwa kepemimpinan yang sukses dan efektif mampu mengatur aktivitas anggotanya secara terarah dan dalam koordinasi yang efektif, sehingga memungkinkan tercapainya tujuan bersama secara maksimal.

Sehubungan dengan itu bahwa fungsi pengendalian dapat diwujudkan melalui kegiatan  bimbingan, pengarahan, koordinasi dan pengawasan.

Dengan bimbingan dan pengarahan, koordinasi dan pengawasan, pemimpin berusaha mencegah terjadinya kekeliruan atau kesalahan setiap unit atau perseorangan dalam melaksanakan volume dan beban kerjanya atau perintah dari pimpinannya.

Pengendalian dilakukan dengan cara mencegah anggota berpikir dan berbuat sesuatu yang cenderung merugikan kepentingan bersama.

 

Terapkan dan Miliki Jiwa kepemimpinan

Setiap orang tentunya membutuhkan jiwa kepemimpinan bukan hanya dalam memimpin suatu hal namun juga diawali dengan kepemimpinan untuk diri sendiri. Jika kita sudah bisa memimpin diri kita dengan baik maka jiwa kepemimpinan akan timbul dengan sendirinya di berbagai situasi dan kondisi.

Selain memimpin diri, memimpin keuangan Anda pun merupakan hal yang tak kalah penting. Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku dalam merencanakan, mengelola, dan mengatasi berbagai masalah keuangan Anda.

Anda dapat download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau melalui link di bawah ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat dekat Anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Pengertian Kepemimpinan, Fungsi, Sejarah Kepemimpinan. Artikelsiana.com – https://goo.gl/GgsRY7
  • Admin. Fungsi-fungsi Kepemimpinan. E-jurnal.com – https://goo.gl/zgugCv
  • Aris Kurniawan. 27 Agustus 2018. 21 Definisi Kepemimpinan Menurut Para Ahli. Gurupendidikan.co.id – https://goo.gl/ZcGggt
  • Budi Kho. 7 Agustus 2017. Pengertian Kepemimpinan dan Teori Kepemimpinan (Leadership). Ilmumanajemenindustri.com – https://goo.gl/ErWVLP

 

Sumber Gambar:

  • Rapat – https://goo.gl/Zu1bQn
  • Leader – https://goo.gl/hVbaCV
  • Leader 2 – https://goo.gl/mbxbJ4