Ternyata gaji pemain esports itu fantastis loh.

Esports adalah salah satu hasil dari perkembangan era digital yang kian modern. Tidak sedikit orang yang akhirnya menggeluti bidang ini secara profesional. Finansialku akan membahasnya dalam artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pemain Esports dengan Gaji yang Menarik

Gemerlap dunia esports memunculkan semangat baru di kalangan masyarakat. Para pemain profesional punya harapan baru dengan menekuni esports.

Jika sebelumnya esports hanya dipandang sebelah mata, kini tidak lagi. Pemerintah dan pihak swasta beramai-ramai memberi dukungan penuh untuk kemajuan bidang satu ini.

Beberapa waktu lalu, esports resmi bergabung ke ajang Asian Games. Dengan bergabungnya esports, pemerintah jelas memberi ruang lebih luas kepada para pemain.

Bahkan para pemain ini telah dilatih dan dijadikan sebagai atlet berprestasi. Tak main-main, demi menjaring pemain berkualitas lainnya, pemerintah mengadakan ajang Piala Presiden setiap tahunnya.

 

Fakta Mencengangkan Dibalik Esports

Melihat antusiasme masyarakat serta sambutan dunia yang luar biasa terhadap esports, ternyata ada fakta menarik terkuak, seperti berikut ini.

 

#1 Gaji Diatas UMR

Percayakah Sobat Finansialku kalau pemain esports menerima gaji rata-rata diatas UMR? Fakta ini tentu cukup mencengangkan sebagian pihak. Pasalnya, para pemain tak melakukan pekerjaan rutin layaknya buruh atau karyawan.

Aktivitas mereka sehari-hari pun hanya berlatih game, seperti AOV, Mobile Legend, atau FreeFire. Besaran gaji pemain esports bisa mencapai angka lebih dari 10 juta setiap bulannya.

WOW Gaji Pemain Esports Rp10 Juta Per Bulan Lho Mau 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Rekomendasi Games Offline Android yang Seru dan Paling Menarik]

 

#2 Bonus Setiap Bulan

Selain menerima gaji bulanan, para pemain juga mendapatkan bonus yang sangat menggiurkan. Nominal bonus bakal disesuaikan dengan prestasi yang telah ditorehkan.

Sponsor bakal melihat kapabilitas serta kemampuan pemain dalam kurun waktu tertentu. Jika memuaskan, bonus pun akan berlipat ganda dan diberi secara rutin.

 

#3 Bebas Biaya Hidup

Untuk para pemain yang telah menandatangani kontrak, kehidupan mereka biasanya telah ditanggung penuh oleh management. Pemain tak lagi memikirkan biaya hidup sehari-hari ataupun tempat tinggal.

Semuanya telah disediakan dan dijamin langsung oleh management maupun sponsor. Dengan begini, gaji yang diterima setiap bulannya benar-benar bersih tanpa dipotong sedikitpun.

WOW Gaji Pemain Esports Rp10 Juta Per Bulan Lho Mau 02 - Finansialku

[Baca Juga: Nostalgia, 5 Games Online Pertama di Indonesia, Ada yang Masih Eksis Hingga Sekarang]

 

#4 Jam Latihan Rutin

Meskipun digaji dengan nominal besar, ternyata ada perjuangan berat dibaliknya. Esports bukan berarti Sobat Finansialku berleha-leha atau sekedar bermain. Semua pemain profesional sudah punya jadwal latihan rutin yang diatur oleh pihak management.

Jadwal harian pun dikontrol dan diawasi dengan ketat, demi meningkatkan prestasi dan kemampuan. Bila terjadi kelalaian atau pelanggaran disiplin, tiap pemain bakal dikenakan sanksi.

WOW Gaji Pemain Esports Rp10 Juta Per Bulan Lho Mau 03 - Finansialku

[Baca Juga: Gamers, Jangan Sampai Salah! Inilah Tips Memilih Ponsel Gaming]

 

#5 Target Bulanan

Tak cuma jadwal latihan yang ditentukan, target bulanan pun demikian. Seperti yang kita tahu, pemain esports tanah air masih direkrut dengan sistem scouting atau transfer. Umumnya, pemain solo dipilih dari kompetisi atau mabar (main bareng) yang diadakan.

 

Berbeda dengan tim, mereka justru harus mendaftarkan diri secara langsung. Pada 3 bulan pertama, pemain maupun tim diberi target tertentu untuk menilai kemampuannya. Dalam kurun waktu tersebut, pihak management berhak melanjutkan kontrak atau sebaliknya.

 

#6 Berperan sebagai Influencer

Di satu sisi, pemain profesional bisa bernapas lega dengan kontrak yang dimiliki. Sayangnya, nominal gaji terkadang masih dirasa kurang. Demi mendapat tambahan lebih besar, mereka harus bisa mempengaruhi khalayak ramai.

Sama halnya dengan influencer, para pemain juga harus mendapat kesan luar biasa dari masyarakat. Semakin besar pengaruh yang diberikan, makin besar pula bonus yang digelontorkan oleh sponsor.

10 Game PC Gratis 2020 Ini, Bikin Betah Kamu Main 10 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Siap Bermain Game Online Terbaru Laplace M?]

 

Tertarik dengan Gaji Pemain Esports yang Menggiurkan?

Apakah Sobat Finansialku tertarik terjun langsung menjadi atlet esports? 6 fakta di atas seharusnya jadi pertimbangan untuk mulai terjun ke dunia esports.

Setidaknya, Sobat Finansialku tahu plus dan minus dari pekerjaan yang booming beberapa waktu belakangan tersebut. Meskipun terlihat mudah di luar, nyatanya esports tak semudah yang dipikirkan.

Mengatur keuangan juga tak semudah yang kenyataannya. Aplikasi Finansialku bisa membantu Sobat dalam mengatur masalah keuangan.

Fitur buat anggaran bisa digunakan untuk menganggarkan pengeluaran tiap bulan sehingga pengeluaran akan lebih terkendali. Segera download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

Tentunya, setelah membaca artikel di atas sampai akhir Anda akan semakin paham fakta menarik tentang esports.

Bagikan juga artikel ini dengan teman-teman pecinta esports agar mereka juga semakin termotivasi, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Pernita Hestin Untari. 09 November 2019. Gaji Pemain Esports Bisa Capai 10 Juta Setiap Bulan, Minat? Techno.okezone.com – https://bit.ly/37MC75W

 

Sumber Gambar:

  • Gaji Pemain Esports 1 – https://bit.ly/39Rx9Gq
  • Gaji Pemain Esports 2 – https://bit.ly/2TaY6ht
  • Gaji Pemain Esports 3 – https://bit.ly/2PgtJp1
  • Gaji Pemain Esports 4 – https://bit.ly/37LdWVy