Gaji Rp4 jutaan mau beli motor sport, bagaimana caranya? Jika Anda adalah karyawan yang memiliki gaji Rp4 juta per bulan dan ingin membeli motor sport, simak artikel ini untuk mengetahui caranya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bercita-cita Memiliki Motor Idaman

Apakah Anda salah satu penggemar motor sport? Jika mengendarai motor sport mungkin Anda akan terlihat sangat gagah dan ‘bergaya’. Tetapi gaji yang dimiliki saat ini hanya berkisar Rp4 juta per bulan. Dengan gaji yang tidak terlalu besar, apakah bisa memiliki motor sport yang harganya relatif mahal jika dibandingkan dengan motor lain? Hal ini tergantung dengan sikap dan kedisiplinan Anda terkait dengan keuangan.

Walaupun memiliki gaji yang tidak terlalu tinggi, Anda bisa saja membeli sebuah motor sport. Tetapi hal itu hanya akan tercapai jika Anda benar-benar berusaha keras dan disiplin untuk menyiapkan dananya. Sebuah motor sport berbeda dengan motor biasa yang harganya tidak terlalu mahal. Anda mungkin sudah sering melihat motor bebek yang menjamur dimana-mana dan bisa dimiliki oleh kalangan apa saja. Tetapi berbeda halnya dengan motor sport yang harganya cukup mahal.

bahaya-uang-muka-kredit-motor-0-persen-bisa-jadi-masalah-keuangan-finansialku

[Baca Juga: Bahaya, Uang Muka Kredit Motor 0 Persen Bisa Jadi Masalah Keuangan]

 

Saat ini ada beberapa alternatif motor sport yang harganya tidak terlalu mahal, harga yang dimaksud tidak terlalu mahal adalah berkisar puluhan juta rupiah. Harga motor tersebut memang tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan sesama motor sport, tetapi jika dibandingkan dengan motor biasa, harganya bisa berkali-kali lipat. Karena itu Anda harus berusaha untuk mendapatkannya jika memiliki gaji yang tidak terlalu besar.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba jika ingin membeli motor sport dengan gaji Rp4 juta per bulan:

Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik, Jangan Salah Pilih Ya 2 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik, Jangan Salah Pilih Ya]

 

#1 Pelajari Berbagai Jenis Motor Sport di Pasar

Ada berbagai macam motor sport yang dijual di pasaran. Mulai dari merek A, B, C sampai Z. Selain itu ada kapasitas mesinnya pun berbeda-beda. Umumnya semakin tinggi kapasitas mesin motor maka semakin mahal harganya. Penting untuk mempelajari berbagai jenis motor sport tersebut karena ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Hal pertama yang harus dipertimbangkan tentu saja adalah harga. Anda harus mengetahui tipe mana yang harganya sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Selain itu, pelajari juga mengenai spesifikasi mesin, performa mesin serta cara perawatannya. Jangan lupa bahwa ketika Anda membeli sebuah kendaraan biaya yang dikeluarkan tidak hanya satu kali ketika membelinya saja. Anda masih harus membayar bahan bakar setiap motor tersebut digunakan, selain itu Anda juga harus membayar uang parkir dan biaya perawatan motor.

Gaji Rp4 Jutaan Mau Beli Motor Sport, Bagaimana Caranya 3 - Finansialku

[Baca Juga: Tanpa Rencana Keuangan, TujuanMu Hanya Harapan Semu]

 

Bisa saja Anda mampu membeli sebuah motor sport yang harganya cukup mahal setelah mempersiapkan dananya selama beberapa tahun. Tetapi bagaimana jika ternyata Anda tidak sanggup membayar bahan bakar motor tersebut karena ternyata mesin motor yang dibeli terlalu boros? Akhirnya motor sport tersebut hanya akan menjadi pajangan di garasi Anda. Karena itu pelajari semua spesifikasi motor dan cara perawatannya.

 

#2 Perhitungkan Keuangan, Beli Cash atau Cicilan

Perhitungkan keuangan Anda saat ini. Sama seperti segala kebutuhan lain dalam keuangan, Anda harus membuat laporan sederhana yang berisikan pengeluaran dan pemasukan Anda. Laporan ini biasa disebut cashflow. Setiap bulan Anda harus menetapkan berapa jumlah uang yang akan disimpan untuk membeli motor sport yang diinginkan. Dana tersebut dapat dikumpulkan untuk dua pilihan yaitu membeli secara cash (tunai) atau dengan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

 Tips Memilih Asuransi Motor Terbaik, Jangan Salah Pilih Ya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Kendaraan All Risk Tidak Berlaku untuk Semua Risiko]

 

Jika Anda memilih untuk membeli secara tunai maka Anda harus menunggu beberapa lama untuk membeli motor tersebut. Sementara jika ingin membeli motor sport dengan KKB Anda tetap harus menyiapkan sejumlah dana untuk membayar uang mukanya terlebih dahulu. Memang jika menggunakan KKB Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk dapat menggunakan motor tersebut. Hanya saja ada biaya tambahan yang harus dibayar yaitu bunga kredit. Sementara jika membeli secara tunai Anda tidak perlu membayar bunga apapun. Dengan kata lain membeli secara tunai tentu lebih murah daripada membeli motor dengan menggunakan sistem cicilan.

Keputusan mana yang lebih baik tergantung dengan kebutuhan Anda. Tidak ada salahnya mengambil cicilan jika Anda memang sangat membutuhkan motor tersebut atau mendapatkan penawaran dengan bunga yang menarik. Namun pastikan Anda mampu membayar cicilan yang ditagih setiap bulannya. Jika kebutuhan motor sport tersebut tidak terlalu mendesak, Anda dapat menundanya dan menyiapkan dana yang lebih besar terlebih dahulu agar dapat membelinya secara tunai.

 

#3 Investasikan Dana yang Dikumpulkan

Anda tidak disarankan untuk menyimpan dana yang dikumpulkan untuk membeli motor sport tersebut di rekening biasa. Apalagi jika dana tersebut disimpan di balik bantal atau di bawah kasur. Lebih baik dana tersebut diinvestasikan. Mengapa? Karena bunga dari rekening tabungan biasa sangatlah kecil, bahkan lebih kecil daripada angka inflasi di Indonesia. Artinya, secara nominal Anda tidak mendapatkan keuntungan apa-apa dari tabungan tersebut. Sementara jika Anda menginvestasikan dana tersebut, dana yang diinvestasikan memiliki peluang berbunga yang biasanya lebih besar daripada angka inflasi Indonesia. Bunga investasi yang didapatkan akan meringankan beban Anda dalam mengumpulkan dana untuk membeli motor idaman.

Gaji Rp4 Jutaan Mau Beli Motor Sport, Bagaimana Caranya 2 - Finansialku

[Baca Juga: Menurut Perencana Keuangan, Apakah Kita Boleh Utang?]

 

Namun sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada suatu produk investasi, pastikan Anda mempertimbangkannya dengan matang. Jangan lupa untuk mempertimbangkan jangka waktu investasi serta profil risiko Anda. Setelah memperhitungkan dana yang dapat Anda simpan setiap bulannya, Anda bisa memprediksikan berapa lama jangka waktu yang dibutuhkan untuk berinvestasi hingga dapat membeli motor tersebut. Jangan sampai salah memilih produk investasi yang jangka waktunya terlalu panjang sehingga hasilnya tidak optimal atau justru membuat Anda menunda membeli motor sport yang diinginkan.

Setelah menentukan nominal dana yang akan diinvestasikan serta dimana Anda akan menginvestasikannya, Anda harus berkomitmen untuk berinvestasi dengan disiplin. Tidak akan ada gunanya jika Anda hanya berinvestasi satu kali dengan nominal yang tidak terlalu besar kemudian melupakan keharusan investasi tersebut di bulan-bulan berikutnya. Jika ingin mendapatkan motor idaman Anda, berdispilinlah dalam berinvestasi.

Kisah Sukses Nadiem Makarim Pendiri Gojek - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Nadiem Makarim Pendiri Gojek]

 

Cari Tipe Motor yang Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Motor sport yang ada di pasaran memiliki merek, tipe, spesifikasi dan harga yang sangat beragam. Carilah tipe motor sport yang sesuai dengan kebutuhan Anda, tetapi yang lebih penting lagi carilah motor yang sesuai dengan kemampuan Anda. Beberapa motor sport super mahal mungkin memiliki spesifikasi yang lebih menggiurkan daripada motor sport yang lebih murah. Misalnya saja Anda mungkin lebih menginginkan motor sport dengan mesin 1.000 cc daripada motor dengan mesin 250 cc. Namun tidak baik memaksakan diri untuk membeli motor bermesin 1.000 cc jika Anda memang belum mampu. Baik membeli secara tunai maupun cicilan, tetaplah berinvestasi secara disiplin. Dengan begitu akan semakin mudah untuk membeli motor idaman Anda.

 

Menurut Anda, apakah Anda melakukan utang saat ingin membeli motor sport? Mengapa? Tuliskan alasan Anda pada kolom di bawah ini. Semoga artikel ini memberikan manfaat yang besar untuk Anda, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Pengendara dan Motor Sport – https://goo.gl/H0Z1ne
  • Pengendara Motor Sport – https://goo.gl/zj31Pr
  • Moge Keren – https://goo.gl/YhRMnz

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang