Gaji UMR Beli Mobil Bekas? Ga salah tuh? Salah satu kesulitan ketika ingin membeli mobil bekas adalah kurangnya dana, apalagi jika hanya bermodalkan gaji UMR.

Pada artikel ini, Finansialku akan memberikan 5 cara untuk membeli mobil bekas walaupun gaji UMR. Simak artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Gaji UMR Beli Mobil Bekas

Memiliki kendaraan pribadi memang merupakan salah satu idaman yang pastinya ingin dicapai setiap orang. Namun, tidak semua memiliki kemudahan yang sama.

Ada yang hanya bekerja sebagai pegawai dengan gaji pas-pasan.

Gaji UMR Beli Mobil Bekas Bisa! Cari Tahu 5 Caranya di Sini 02

[Baca Juga: Pahami 5+ Tips Membeli Mobil Lelang Supaya Tidak Tertipu]

 

Tentu dapat Anda bayangkan sulitnya memenuhi kebutuhan utama dengan gaji UMR, apalagi membeli kendaraan.

Namun, sebenarnya Anda dapat membeli mobil bekas walaupun hanya bermodalkan gaji UMR. Berikut adalah beberapa caranya.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

#1 Rajin Menabung

Menabung bertujuan agar Anda mampu mengumpulkan uang muka untuk membeli kendaraan yang Anda inginkan. Dengan uang muka yang sudah Anda sediakan, Anda dapat fokus untuk mencari dana untuk membayar angsuran.

Selain itu, menabung juga membantu Anda untuk memelihara kebiasaan keuangan yang baik. Apapun tujuannya, jika Anda telah terbiasa untuk menabung, maka Anda akan sangat mudah mencapai tujuan tersebut.

Gaji UMR Beli Mobil Bekas Bisa! Cari Tahu 5 Caranya di Sini 03

[Baca Juga: Hitung Dana Yang Diperlukan untuk Membeli Mobil Murah Bagi Keluarga Muda]

 

Terdapat beberapa tips untuk menabung yang dapat Anda ikuti.

Pertama, pisahkan dana untuk tabungan langsung setelah Anda mendapatkan gaji. Hal ini bertujuan agar dana yang ditabung lebih banyak karena prioritas pertama adalah menabung.

Kedua, tingkatkan jumlah dana yang ditabung sesuai dengan peningkatan penghasilan yang Anda dapatkan. Peningkatan tersebut sebaiknya dalam bentuk persentase dan bukan jumlah.

Ketiga, konsistensi adalah kunci agar tabungan Anda dapat berkembang. Walaupun sedikit, usahakan bahwa Anda tetap menabung. Jika bisa, pisahkan 25% penghasilan Anda setiap bulannya.

 

#2 Berinvestasi

Setelah menabung, Anda dapat memfokuskan diri untuk berinvestasi. Menabung mengamankan dana Anda agar nilai dari uang Anda dapat terjaga, sedangkan investasi bertujuan untuk menambah nilai dari uang Anda.

Selain itu, investasi juga dapat mengurangi beberapa risiko salah satunya inflasi. Memulai investasi tidak perlu dengan dana yang banyak. Anda dapat memilih investasi dengan modal minimal seperti reksa dana.

Selain itu, pilih instrumen investasi yang sesuai dengan keahlian Anda. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan dasar, jangan memilih instrumen investasi yang tergolong rumit hanya karena tergiur dengan keuntungannya.

Perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki risiko dan tingkat keuntungan yang berbeda. Semakin tinggi keuntungan yang ditawarkan semakin tinggi pula risiko yang harus Anda terima.

Pastikan bahwa Anda memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda.

 

#3 Menyediakan Pos Dana Darurat

Salah satu hal yang dapat menguras seluruh tabungan dan investasi Anda adalah kejadian darurat atau tidak terduga.

Kejadian tersebut biasanya membutuhkan dana yang cukup banyak dan jika Anda tidak memiliki pos dana darurat, Anda harus menguras dana dari pos lain yang ada.

Selain itu, tanpa pos dana darurat, Anda akan sangat mudah meminta pendanaan melalui utang maupun kredit bank.

Gaji UMR Beli Mobil Bekas Bisa! Cari Tahu 5 Caranya di Sini 04

[Baca Juga: Konsumen Zaman Now Melakukan 5 Langkah Ini Saat Membeli Mobil Baru]

 

Tentu jika Anda sedang bertujuan untuk membeli kendaraan, utang adalah hal yang harus Anda hindari.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menyediakan dana darurat agar Anda terhindar dari kerugian finansial seperti berutang. Selain itu, pos dana darurat dapat berfungsi sebagai tabungan dana pensiun maupun tabungan pendidikan apabila waktunya tiba.

 

#4 Cari Penghasilan Tambahan

Ketiga cara di atas mungkin sangat sulit untuk diterapkan apalagi jika Anda tidak memiliki cukup dana. Oleh karena itu, Anda dapat mencari penghasilan tambahan.

Penghasilan tambahan dapat Anda cari melalui pekerjaan lepas waktu, bisnis tambahan atau menyalurkan hobi sebagai sumber uang. Misalnya, Anda gemar berfoto, Anda dapat memanfaatkan waktu akhir pekan untuk menjadi fotografer lepas waktu.

Selain industri kreatif, Anda juga dapat memanfaatkan industri lain seperti pendidikan dan keahlian lain seperti menyanyi atau menari. Untuk memudahkan pekerjaan tambahan, Anda dapat memanfaatkan teknologi.

Telah banyak peluang yang diberikan dengan adanya teknologi. Yang pertama, misalnya marketplace yang memberikan Anda peluang untuk menjual barang Anda tanpa memerlukan modal “tempat”. Selain itu, sosial media dapat digunakan sebagai media marketing “gratis”.

Waktu malam hari pun dapat Anda manfaatkan untuk melakukan pekerjaan kedua. Tentu dengan cara ini, akan sangat mudah untuk Anda memenuhi keinginan atau kebutuhan apapun.

 

#5 Sesuaikan Dengan Kemampuan

Jika memang Anda membutuhkan kendaraan, Anda dapat memilih mobil bekas dibandingkan kendaraan baru. Selain harganya yang lebih murah, pilihan mobil bekas dengan harga terjangkau akan lebih banyak.

Anda harus menyesuaikan kemampuan keuangan Anda dengan pilihan kendaraan tersebut. Untuk mencari kendaraan bekas juga sangat mudah. Anda dapat mencari melalui dealer offline maupun online.

Anda pun dapat menanyakan pada teman dan keluarga apakah ada kendaraan yang ingin dijual. Biasanya harganya akan lebih terjangkau karena penjualnya adalah tangan pertama. Bonusnya Anda akan lebih leluasa untuk menawar.

Ingatlah untuk fokus pada kebutuhan daripada keinginan Anda. Jangan membeli kendaraan hanya karena Anda gemar atau menyukai model tertentu namun harganya jauh di atas kemampuan Anda.

 

Gunakan aplikasi Finansialku untuk merencakanan impianmu ini. Unduh aplikasinya pada link di bawah ini.

playstore icon
appstore icon

 

Finansialku juga sudah menyiapkan video nih untuk kamu dengan penghasilan UMR!

 

Setelah Anda membaca artikel ini, semoga Anda mengetahui cara untuk memanfaatkan gaji UMR demi membeli kendaraan.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Firda Nur Asmita. 5 Cara Membeli Mobil Sendiri Meski Gaji Hanya 4 Jutaan! Koinworks.com – https://bit.ly/2vGzLZi

 

Sumber Gambar:

  • Mobil 01 – https://bit.ly/2JDI77g
  • Mobil 02 – https://bit.ly/2Xbqm7A
  • Mobil 03 – https://bit.ly/2X9KWFh
  • Mobil 04 – https://bit.ly/2UJz23b