Apa saja yang harus dilakukan oleh konsumen zaman now ketika membeli mobil baru?

Ternyata membeli mobil juga ada langkah-langkahnya lho! Apalagi untuk konsumen zaman now.

Kali ini, Finansialku akan membahas tentang 5 langkah saat membeli mobil baru.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Beli Mobil Harus Sesuai Karakter Pemiliknya

Pada saat ini masyarakat tidak perlu lagi bingung untuk mencari mobil yang sesuai dengan keinginannya. Pastikan bahwa kendaraan roda empat yang ingin dibeli memiliki spesifikasi sesuai dengan selera Anda.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar tidak menyesal setelah membeli mobil. Ada berbagai hal yang perlu dicermati terlebih dahulu agar diperoleh kendaraan sesuai dengan keinginan.

 

Sales Zaman Now: Pembeli Bisa Salah Pilih Karena Mulut Manisnya

Seseorang yang akan membeli mobil tidak boleh hanya bergantung pada ucapan dari sales saja. Pastikan informasi yang diperoleh ini sesuai dan tidak dilebih-lebihkan.

Jika Anda ingin membeli mobil maka, carilah berbagai informasi terlebih dahulu tentang spesifikasi mobil, harga pasaran dan sebagainya.

Banyak hal yang bisa dilakukan, yaitu dengan membuka informasi dari internet, sehingga pada saat berhadapan dengan sales, Anda bisa berpikir lebih objektif.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Pada dasarnya, seorang sales akan mendapatkan bonus jika berhasil menjual lebih banyak. Hal ini yang harus disikapi oleh pembeli agar bisa menemukan kendaraan sesuai yang diinginkan.

 

5 Langkah Membeli Mobil Baru untuk Konsumen Zaman Now

Pembeli mobil baru sebaiknya sudah melakukan observasi terlebih dahulu yang berhubungan dengan kendaraan sesuai keinginannya.

Jadi, ketika membeli, sudah ada kecenderungan tentang harga, spesifikasi dan biaya lain yang dibutuhkan.

Langkah-langkah yang perlu disiapkan agar mendapatkan barang dengan kondisi sesuai dengan keinginan adalah sebagai berikut:

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Langkah 1: Tentukan Kebutuhan Jenis Mobil

Langkah pertama yang bisa sebaiknya dilakukan sebelum membeli mobil adalah menentukan jenisnya terlebih dahulu.

Ada berbagai macam mobil yang tersedia di dealer. Anda bisa membeli mobil yang tentunya masing-masing mobil memiliki kelemahan serta kelebihan.

Begini Cara Mudah dan Cepat Menurunkan Premi Asuransi Mobil Anda 02 - Finansialku

 [Baca Juga: Fresh Graduate” Gaji Rp5 Jutaan Bisa Beli Mobil Baru? Ini Cara Siapkan DP Mobil!]

 

Langkah 2: Cari Tahu Berbagai Jenis dan Spesifikasi Mobil

Calon pembeli bisa memilih jenis mobil sesuai dengan kebutuhannya dengan memperhatikan spesifikasi dari kendaraan tersebut.

Ada berbagai merek yang memproduksi mobil dari jenis sama, tetapi bisa jadi harganya berbeda. Perbedaan merek tersebut bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

Konsumen Zaman Now Melakukan 5 Langkah Ini Saat Membeli Mobil Baru 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Kredit Mobil Murah Untuk Keluarga?]

 

Model-model baru yang sudah ada di pasaran juga bisa dilihat untuk nantinya dijadikan sebagai pertimbangan pada saat akan membeli.

Anda sebaiknya selalu mencari informasi terbaru sehingga tidak ketinggalan berita tentang mobil berspesifikasi tinggi yang harganya masih promo.

 

Langkah 3: Siapkan Budget Sesuai Kemampuan

Pastikan kondisi keuangan cukup untuk membeli mobil yang diinginkan sehingga dapat memperolehnya dengan tunai. Jika Anda bisa mendapatkannya dengan cara tunai maka akan memperoleh keuntungan berupa BPKB kendaraan.

BPKB kendaraan ini dapat dijadikan sebagai agunan di bank, jika dibutuhkan dalam kondisi mendesak.

Seseorang yang ingin menjadikan surat mobil ini sebagai agunan, maka harus menyiapkan uang untuk angsuran. Hal ini sangat penting agar kendaraan yang telah dibeli tidak sampai disita dimiliki oleh pihak bank.

Mari Kenali Program Asuransi Mobil 02 Asuransi Mobil 2 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Mobil Adalah Barang Investasi?]

 

Pembelian dengan cara kredit juga bisa dijadikan sebagai alternatif dikarenakan jika memilih kredit maka akan butuh waktu sangat lama untuk menabung.

Jika Anda memutuskan untuk membeli mobil dengan cara mencicil, maka Anda harus bisa mengatur keuangan dengan lebih baik. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai angsuran tidak lancar karena berisiko mobil diambil kembali oleh pihak dealer.

Untuk memudahkan perhitungan dan perencanaan Anda saat membeli mobil, maka Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku. Cara ini sangat mudah untuk Anda lakukan untuk menghindari mobil disita.

Silakan download aplikasi Finansialku pada Google Play Store atau akses aplikasi ini melalui website Anda di aplikasi.finansialku.com.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Pada umumnya, pembeli akan mencari harga yang paling murah agar tidak mengeluarkan uang terlalu banyak. Hal ini juga harus dicermati karena jika harga yang ditawarkan terlalu rendah maka bisa berdampak pada pelayanan tidak terlalu baik.

Ketika akan membeli mobil, maka usahakan untuk mencari yang sesuai dengan kemampuan finansial.

Ada kalanya seseorang menemukan mobil yang harganya terlalu mahal. Anda bisa menawar atau melakukan negosiasi harga dengan penjual.

Tentu pengurangan harga ini harus dilakukan setelah mengetahui layanan apa saja yang diperoleh saat membeli mobil. Dealer bisa mengurangi harga dengan menghilangkan beberapa layanan, sehingga pembeli harus mencermati situasi seperti ini.

 

Langkah 4: Langsung Datangi Dealer Resmi

Informasi yang utuh dan lebih terpercaya bisa diperoleh dengan mendatangi dealer resmi secara langsung. Di tempat ini, Anda bisa memperoleh informasi secara lengkap tentang mobil yang ada di sana.

Calon pembeli akan mengetahui dengan jelas mengenai harga, spesifikasi, garansi, dan hal penting lainnya.

Anda juga bisa mencari informasi dari beberapa dealer agar diperoleh harga serta pelayanan yang terbaik. Tentunya membandingkan antara dealer yang satu dan lain ini memakan waktu tetapi bisa dilakukan agar memperoleh mobil terbaik.

Konsumen Zaman Now Melakukan 5 Langkah Ini Saat Membeli Mobil Baru 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Pengajuan Kredit Mobil? Cek Dulu Kerugian dan Keuntungan Kredit Mobil!]

 

Pada saat akan membeli mobil, Anda bisa melakukan test drive dengan tujuan agar Anda benar-benar mengetahui kenyamanan mobil tersebut seperti apa.

Hal ini tentunya akan membuat pembeli semakin yakin dan semakin mantap terhadap pilihannya.

 

Langkah 5: Cari Tahu Juga Tentang Kebutuhan Harian Mobil

Sesuai dengan rencana, apabila Anda ingin membeli mobil maka juga harus memperhatikan bagaimana biaya harian nantinya.

Hal ini dikarenakan antara kendaraan yang satu dan lainnya memiliki cara merawat, onderdil dan lain sebagainya yang berbeda-beda.

Kendaraan dengan tipe sama terkadang memiliki biaya untuk perawatan yang berbeda-beda pula. Hal ini bisa dikarenakan dari merek yang tidak sama.

Membeli-Mobil-Secara-Online-3-Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Mobil Mogok Di Tengah Jalan?]

 

Konsumsi BBM serta perawatan dan jenis yang dipakai antara mobil satu dan lainnya tidak sama. Ada kendaraan yang sangat irit penggunaan bahan bakarnya dan juga sebaliknya.

Biaya harian ini harus dipersiapkan secara rinci karena akan sangat berpengaruh terhadap pengeluaran bulanan Anda.

Harga onderdil antara mobil yang satu dengan mobil yang lainnya sangat berbeda sehingga sebelum memutuskan untuk membeli harus dicermati terlebih dahulu.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Pembeli Zaman Now, Jangan Sampai Tergiur oleh Sales Abal-Abal!

Hal yang penting untuk dilakukan oleh calon pembeli adalah mendapatkan informasi yang benar.

Cari dahulu sebelumnya dengan melihat informasi di internet serta berdiskusi dengan teman yang telah memiliki mobil sebelumnya.

Perkataan yang didengar dari sales harus dipikir terlebih dahulu sehingga tidak tergiur untuk membeli mobil dengan kondisi tidak sesuai kebutuhan.

 

Karena mobil adalah barang yang harganya cukup mahal, membaca artikel ini tentu banyak membantu menentukan jenis kendaraan roda empat paling klik di hati.

Jadi, Anda akan beli model mobil yang seperti apa?

Jangan lupa bagikan informasi di atas pada sesama pecinta otomotif atau yang ingin beli mobil, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Alsadad Rudi. 27 Maret 2018. Lima Langkah yang Kini Konsumen “Zaman Now” Sebelum Membeli Mobil. Kompas.com – https://goo.gl/nUHu8Y
  • Reza Shabrina. 02 Desember 2017. 6 Cara Membeli Mobil Baru Agar Tidak Tertipu Oleh Sales-Sales Nakal. Showroommobil.co.id – https://goo.gl/efH5dh

 

Sumber Gambar:

  • Membeli Mobil Baru 01 – https://goo.gl/yAZyi7
  • Membeli Mobil Baru 02 – https://goo.gl/Pwj8u4
  • Membeli Mobil Baru 03 – https://goo.gl/1bfB7m
Summary
Konsumen Zaman Now Melakukan 5 Langkah Ini Saat Membeli Mobil Baru
Article Name
Konsumen Zaman Now Melakukan 5 Langkah Ini Saat Membeli Mobil Baru
Description
Apa saja yang harus dilakukan oleh konsumen zaman now ketika membeli mobil baru? Ternyata membeli mobil juga ada langkah-langkahnya!
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo