“Fresh Graduate” Gaji Rp5 Jutaan Bisa Beli Mobil Baru? Ini Cara Siapkan DP Mobil!

Apakah fresh graduate bisa membeli mobil baru dengan penghasilan di kisaran 5 jutaan? Bagaimana cara menyiapkan DP mobilnya?

Begitulah salah satu dilemma fresh graduate yang ingin membeli mobil baru.

Bagi para fresh graduate, yang baru bekerja setelah lulus kuliah, jika membeli mobil baru dengan penghasilannya sendiri biasanya menjadi salah satu tujuan keuangan yang mereka inginkan.

Selain dapat digunakan untuk jalan-jalan atau bepergian bersama orang lain, memiliki sebuah mobil bagi para fresh graduate dapat menciptakan rasa bangga bagi orangtua mereka.

Namun salah satu dilemanya adalah Mari kita simak rubrik berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Perencanaan Membeli Mobil

Dengan penghasilan fresh graduate yang berkisar antara 5 jutaan, maka dibutuhkan perencanaan dalam membeli mobil yang baru.

Jika Anda sebagai fresh graduate ingin membeli mobil, tetapi tidak memiliki perencanaan yang matang, maka nantinya yang akan merasakan kesulitannya adalah Anda sendiri.

Ada beberapa hal yang harus dipikirkan, salah satunya adalah mengenai utang dan cicilan.

Ada beberapa orang yang biasanya mengambil cicilan melebihi yang seharusnya, sehingga membuat mereka sulit untuk merencanakan hal lainnya atau terkadang ditolak oleh lembaga peminjaman atau leasing.

Fresh Graduate Gaji Rp5 Jutaan Bisa Beli Mobil Baru Ini Cara Siapkan DP Mobil! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bisa Dapat Mobil Dengan Kredit Mobil Bekas Tanpa DP?]

 

Cicilan biasanya tergantung dari jumlah pendapatan per bulan.

Jika gaji bulanan Rp5 jutaan, maka jumlah cicilan yang diizinkan oleh lembaga keuangan maksimal adalah 30 persennya, atau lebih kurang Rp1,5 jutaan.

Ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan dan pertimbangkan serta cari informasinya dalam merencanakan membeli mobil baru, antara lain:

 

Berapa Harga Mobil Baru yang Ingin Anda Beli?

Oleh karena cicilan yang sesuai untuk Anda adalah cicilan yang berkisar Rp1,5 jutaan, maka mobil yang dapat Anda pilih pun terbatas.

Anda tidak mungkin membeli mobil yang seharga Rp200 juta atau lebih karena cicilan Anda akan melebihi ketentuan yang diizinkan oleh lembaga keuangan yaitu sebesar 30% dari penghasilan Anda.

Kecuali penghasilan Anda sudah lebih besar nantinya.

 


 

Berapa Tarif Bunga Leasing Mobil Anda?

Bunga leasing akan sangat penting karena berkaitan erat dengan cicilan yang nantinya akan Anda bayarkan.

Jika bunga leasing Anda tinggi, maka akan ada kemungkinan angsuran setiap bulannya akan melebihi 30% dari penghasilan Anda.

Dan sebaliknya, jika tarif bunga leasing-nya relatif lebih rendah, maka mungkin Anda dapat mencicilnya. Anda harus mencari leasing mobil yang sesuai dengan penghasilan Anda dan masuk di dalam anggaran Anda.

 

Apa Jenis Asuransinya dan Berapa Tarif Asuransinya?

Asuransi adalah salah satu hal yang wajib dimiliki apabila Anda membeli mobil yang baru. Anda harus menentukan jenis asuransi apa yang Anda inginkan dan berapa tarifnya.

Perbedaan jenis seperti asuransi all risk dan asuransi total lost only, dapat berbeda sebesar ratusan ribu di dalam angsuran bulanannya.

Apa Bisa Dapat Mobil Dengan Kredit Mobil Bekas Tanpa DP 01 - Finansialku

[Baca Juga: Beberapa Hal Ini Mempengaruhi Harga Asuransi Mobil Lho]

 

Ratusan ribu tersebut akan sangat berharga apabila penghasilan Anda berkisar di Rp5 jutaan. Oleh karena itu Anda harus mempertimbangkan hal ini.

 

Berapa Jangka Waktu Cicilannya?

Hal ini juga merupakan salah satu yang harus Anda pertimbangkan karena akan mempengaruhi besarnya cicilan atau angsuran mobil Anda. Biasanya jangka waktu maksimal yang diperbolehkan adalah selama 5 tahun.

Semakin lama Anda mencicil maka jumlah bunga yang Anda bayarkan akan semakin besar tetapi cicilan per bulannya dapat menjadi lebih kecil.

Dan sebaliknya semakin pendek jangka waktu pembayaran cicilannya, maka cicilannya akan semakin besar meskipun jumlah bunga yang dibayarkan semakin mengecil.

 

Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Setelah Anda mencari informasi dan mempertimbangkan 4 hal diatas, maka saatnya Anda menyiapkan uang muka atau down payment Anda (DP).

Tentu saja pada saat Anda telah menentukan mobil dan ingin menyiapkan DP mobil tersebut, berarti Anda tahu bahwa cicilan mobil tersebut sudah sesuai dengan penghasilan Anda.

 

Cara Menyiapkan DP Mobil

Setelah Anda menemukan harga mobil baru yang Anda inginkan, Anda dapat menghitung DP-nya dengan mudah. Biasanya minimal DP yang diperbolehkan adalah sebesar 20% dari harga mobilnya.

Tetapi tentu saja Anda dapat membayar lebih besar lagi DP-nya agar cicilan atau angsuran mobil Anda dapat menjadi lebih kecil lagi.

24 Istilah yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Nego Harga Mobil 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Mobil? Ketahui Dahulu Perbedaan DP dan TDP sebelum Membeli Mobil]

 

Untuk dapat menyiapkan DP mobil tersebut, Anda harus mengetahui besar DP-nya. Setelah Anda mengetahui besar DP yang harus Anda siapkan, Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk menghitung berapa besar yang harus Anda tabung setiap bulannya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jika Anda membuka website Finansialku atau menggunakan aplikasi di smartphone Anda, untuk aplikasi perhitungannya ada di kolom rencana keuangan, lalu ke dana membeli barang.

Fresh Graduate Gaji Rp5 Jutaan Bisa Beli Mobil Baru Ini Cara Siapkan DP Mobil! 03 - Finansialku

[Baca Juga: 24 Istilah yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Nego Harga Mobil]

 

Setelah Anda memilih dana membeli barang, maka Anda harus menginput DP mobil yang Anda inginkan dan dalam waktu berapa lama Anda ingin DP tersebut terkumpul.

Fresh Graduate Gaji Rp5 Jutaan Bisa Beli Mobil Baru Ini Cara Siapkan DP Mobil! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Baru Bisa Mobil, Lebih Baik Beli Mobil Baru Atau Beli Mobil Bekas?]

 

Anda juga harus menentukan berapa asumsi inflasi DP mobil tersebut dan juga hasil pengembalian investasi atau tabungan Anda untuk menyiapkan DP mobil tersebut.

Setelah itu, Anda hanya perlu membiarkan aplikasi tersebut untuk menghitungnya.

Anda akan mendapatkan kesimpulan berupa berapa besar dana yang harus Anda tabung setiap bulannya untuk mendapatkan DP mobil tersebut.

Fresh Graduate Gaji Rp5 Jutaan Bisa Beli Mobil Baru Ini Cara Siapkan DP Mobil! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Perawatan Mobil? 6 Cara Merawat Mobil yang Mudah dan Bisa Menghemat Biaya]

 

Cukup mudah bukan? Yang terpenting adalah kedisiplinan Anda untuk dapat menabung secara konsisten setiap bulannya.

 


 

Prioritaskan Tujuan Keuangan Anda

Memang membeli mobil merupakan salah satu impian yang sangat didambakan para fresh graduate, mungkin Anda salah satunya.

Tetapi jangan Anda lupa bahwa masih banyak prioritas lainnya yang harus Anda penuhi pada saat Anda baru mulai bekerja, seperti dana darurat, asuransi, pernikahan, dana membeli rumah dan lain sebagainya.

Dengan memiliki mobil, sebenarnya Anda akan mengeluarkan biaya tambahan nantinya.

Anda harus dapat memprioritaskan tujuan keuangan Anda, agar Anda nantinya tidak terlibat dalam masalah keuangan. Tetapi pilihan di tangan Anda.

Selamat merencanakan keuangan Anda.

 

Apakah artikel ini membantu Anda untuk lebih memahami bagaimana merencanakan membeli mobil walau dengan penghasilan 5 jutaan?

Apakah artikel ini juga menambah wawasan Anda tentang bagaimana cara menyiapkan DP mobil baru Anda?

Bagikan artikel ini jika artikel ini memberikan wawasan bagi Anda, agar artikel ini juga dapat memberikan wawasan bagi teman-teman atau rekan-rekan kerja Anda.

 

Sumber Gambar:

  • Menyiapkan DP Mobil – https://goo.gl/SH188U
  • Beli Mobil Baru dan DP Mobil – https://goo.gl/kC1Qyp

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2017-10-25T13:40:35+00:00 October 25th, 2017|Categories: Kredit Kendaraan Bermotor, Utang|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download